1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Kami segenap staff IDWS mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436H. Kami juga mengumumkan libur layanan Customer Support dan Membership IDWS pada tanggal 16 s.d. 26 Juli 2015
  3. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
  4. Gratis Gift Maximum 30 hari dengan cara membeli dua Gift VIP 30 hari. Berlaku kelipatan. Informasi lebih lanjut masuk ke sini
  5. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  6. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan tiket pulang pergi Indonesia - Korea bagi mereka yang sudah mendaftar konsultasi di klinik wonjin. Informasi lebih lanjut: Tanya Jawab Soal Plastic Surgery Bareng Klinik Wonjin.
  7. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.

Bagaimana Cara Agar Kentut Tidak Bau?

Discussion in 'Lifestyle' started by ryanyanuarsyah, Nov 9, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ryanyanuarsyah Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 17, 2010
    Messages:
    448
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +41 / -0
    Kentut, sesuatu yang selalu hadir di keseharian kita. Kadang terdengar "nyaring", kadang pelan, kadang berbau dan terkadang juga tanpa bau. Namun tahukah Anda apa kentut itu sebenarnya? Apa manfaatnya bagi tubuh dan orang yang menghirupnya? Baca terus artikel ini.

    Bukan angin sembarang angin. Angin yang satu ini antara benci dan rindu. Benci bila ada orang yang mengeluarkannya. Rindu bila sudah seharian tidak merasakannya. Dan cemas, bila sudah dua minggu tidak mengeluarkannya. Namun yang jelas, semua orang pasti memerlukannya.

    Sebenarnya kentut adalah jalinan proses pengeluaran gas yang berlebihan dari dalam usus melalui anus. Dan ini lebih sering terjadi saat menjelang buang air besar. Banyak faktor yang menentukan tingkat keseringan kentut seseorang. Salah satunya adalah dari pola makan yang biasa dilakukan dan juga pengaruh dari obat-obatan tertentu seperti antibiotik misalnya.

    Seberapa normalkan kentut seseorang yang sehat? Secara rata-rata frekuensi kentut seseorang yang sehat sekitar 10 sampai 14 kali dalam sehari. Dan bila ditampung, volume angin yang diproduksi setiap kali kentut antara 400 sampai *1.600 ml per hari.

    Proses terjadinya Kentut
    Kentut berawal dari proses pencernaan di dalam perut kita. Saat proses pencernaan dan penyerapan makanan terjadi dalam usus halus, makanan yang tidak bisa dicerna serta sulit diserap tubuh akan dibuang ke usus besar atau kolon. Nah, di dalam usus besar ini lah terjadi proses fermentasi yang antara lain menghasilkan sejumlah gas yang dibantu oleh sejumlah bakteri yang bermukin di usus.

    Bila kita mengacu pada proses yang terjadi tersebut, bisa disimpulkan bahwa semakin banyak seseorang mengonsumsi jenis makanan yang sulit dicerna usus, maka semakin meningkat pula proses fermentasi yang dilakukan oleh bakteri. Akibatnya produksi gas pun meningkat. Jenis gas yang diproduksi dalam usus antara lain karbondioksida (CO2), hidrogen (H2) dan metan. Kendati ada pula sumber gas dalam usus yang berasal dari udara luar, seperti nitrogen (N2) dan oksigen (O2). Udara luar ini dapat ikut tertelan akibat aktivitas makan yang tidak benar. Yakni kebiasaan mengunyah permen karet, pemasangan gigi palsu yang kurang tepat, dan sebagainya.

    Sumber Aroma Bau Kentut
    Secara umum, tidak semua kentut mengeluarkan bau kurang sedap. Terjadinya bau yang kurang sedap saat kentut lebih sering diakibatkan oleh adanya proses pembusukan oleh metabolisme bakteri dalam usus besar seprti bau asam akibat mengonsumsi makanan yang tidak sesuai kemampuan organ pencernaannya. Selain itu, makanan berbau tajam seperti petai, durian nangka dan cempedak juga dapat menyebabkan kentut berbau.

    Berdasarkan penelitian, kentut yang tidak berbau lazimnya terdiri atas 5 komponen gas, yakni gas nitrogen, oksigen, hidrogen, metan dan karbondioksida. Kelima gas inilah yang merupakan porsi terbesar dalam kentut. Nah, bila kentut yang berbau, biasanya ada tambahan gas-gas lain yang mengiringi seperti skatol, indol, hidrogen sulfida, dan asam lemak rantai pendek. Gas-gas ini walaupun terdapat dalam jumlah kecil mampu menimbulkan bau yang menusuk hidung.

    Cara Agar Kentut Tidak Bau

    Ada tips pribadi penulis yang bisa dishare disini seputar bagaimana cara agar kentut tidak berbau, yakni dengan buang air besar sesering mungkin. Sisa makanan yang terlalu lama terkurung di dalam usus besar yang sudah berbentuk kotoran, seperti halnya sampah tentu menghasilkan bau yang kurang sedap. Bila tinja ini cepat dibuang, maka usus besar akan cepat kosong dan gas yang ada di dalamnya pun cepat keluar. Namun bila tinja di dalam usus besar ini terlalu lama dipendam dan tidak juga dikeluarkan dalam waktu maksimal 18 jam, maka bau gas akan semakin menumpuk dan menyengat. Sehingga saat kita akan kentut, gas yang seharusnya keluar tidak berbau, akan diboncengi oleh bau kototan yang belum dibuang tadi. Hasilnya kentut akan bau.
    Anda bisa uji coba pengalaman penulis ini. Coba Anda dalam sehari itu buang air besar minimal 2 kali sehari yakni pagi dan malan, niscaya kentut Anda tidak akan berbau. Namun coba pula untuk tidak buang air besar lebih dari sehari, apalagi ditambah sampai tiga hari.... wah, silahkan Anda bedakan hasilnya. Jangankan Anda, semut dan cicak yang ada di sekitar Anda pun akan cepat mengungsi dibuatnya, dikira wedhus gembel gunung Merapi tahap kedua :)


    Maaf kalo :repost:

    cuma ingin share gan. :peace:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.


  3. Offline

    rungga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    1,144
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +3,795 / -0
    jangan makan telur kebanyakan dan makan bawang, ntr bed smell bgt.
    jangan kebanyakan makan ubi, ntr ngeboom mulu.

    yang rutin PUP biar pencernaan bagus dan tidak bau pas entut.

    sgtu tambahan dari saya
     
  4. Offline

    azwi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2010
    Messages:
    903
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +207 / -0
    kalau mau kentutnya ga bau itu jadi vegetarian kayak bokap gw :haha:
    makan buah rutin n minum air cukup!
    kentutnya sering tapi ga bau!

    beda banget sama gw yg suka makan sambel, ngebaso, dll...
    beuuhh.... :dead:
     
  5. Offline

    sagitarius99 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 24, 2010
    Messages:
    17,350
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +8,821 / -0
    kl pengalaman sy sih..., supaya kentut ngg bau tu makan sayur2an... :hehe:
    trus ingat kl pengen boker jangan ditahan2... :awas: itu yg mengakibatkan kentut menjadi bau... :hot:
    btw... :niceinfo: gan...
     
  6. Offline

    hannn Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    nice info gan, iy emg bgs t kalo buang air besar lancar....
     
  7. Offline

    lionassofheaven Beginner Members

    Joined:
    Sep 7, 2010
    Messages:
    207
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    klo kentut ga bau, jadinya kurang asik......kan kentut identik dengan bau. klo kentut ga bau, eksistensi kentutnya dipertanyakan... (apaan niy, ga jelas..) hehehehe
     
  8. Offline

    lazarus0 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 18, 2009
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    biasanya yg bau itu malah yg tidak berbunyi gan ..cuma Psssst..:))
     
  9. Offline

    seriallovers Beginner Members

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    457
    Trophy Points:
    87
    Ratings:
    +1,625 / -0
    bener..kl buang air besarnya rutin setiap hari, umumnya bau kentutnya normal..
    ama perhatiin isi makanannya juga..
    kl konsumsi telur, contohnya, yaa bau juga..

    ama kl kentut gak ada bunyinya juga lebih bau daripada yang bunyi tuh...
     
  10. Offline

    Milky Beginner Members

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    297
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,410 / -0
    thanks infonya...
    gw klo kentut emg gk bau sih..

    tpi baru tau klo ternyata kentut itu ada manfaatnya. XD
     
  11. Offline

    Conky Beginner Members

    Joined:
    Oct 23, 2009
    Messages:
    249
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +19 / -0
    tidak berbunyi lebih susah, kalo di ruangan yang sunyi, tiba tiba, "prett" gak lucu kan... :keringat:
     
  12. Offline

    siegecross Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    824
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +266 / -0
    uda pro yah nih... ahahaha..
     
  13. Offline

    dwkblog Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +13 / -0
    nice info...... gak berbunyi, tapi tiba-tiba tercium aroma busuk, buzzzzz.....................
     
  14. Offline

    norus_rei Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 26, 2009
    Messages:
    434
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +68 / -0
    benar banget nih
    orang yg sulit boker, pasti kentutnya bau :haha:
     
  15. Offline

    LoWa Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    772
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +472 / -0
    ga bau jg tetep aj ga sopan kentut di dpn umum :malu
    tp :niceinfo:
     
  16. Offline

    roenha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 13, 2010
    Messages:
    586
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +8,147 / -0
    Saya kok kalo kentut gak bau,

    tapi temen-temen bilang bau..

    :pusing:
     
  17. Offline

    luthfilipo Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 16, 2009
    Messages:
    156
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +1,234 / -0
    haha,, ilmiah banget nih bahasan kentutnya.. :D
     
  18. Offline

    tjahmagelang Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 19, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    nice inpo. makasih gan. soalnya ane kaga bisa nahan kentut...haha
     
  19. Offline

    jorico Silent Reader Members

    Joined:
    May 12, 2010
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +113 / -0
    hahaha pasti ketahuan lah,.,kan bau,.,
     
  20. Offline

    sasori Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2007
    Messages:
    551
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,585 / -0
    oww brarti harus sering boker ya :XD:
    dulu jg ada mitos....klo kentut bunyinya gede malah ga bau....
    yang ga bunyi itu malah bau.....:lol:
     
  21. Offline

    dadans Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 1, 2009
    Messages:
    507
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +17,090 / -0
    bau kentut menggambarkan isi perut seseorang....
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.