1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Awas! Nonton Kartun Merusak Memori Balita

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Sep 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    TRIBUNNEWS.COM - Sering menonton kartun cepat ternyata merugikan kemampuan balita untuk berkonsentrasi dan memecahkan teka-teki berbasis logika. Parahnya, satu penelitian menyebutkan kebiasaan ini juga bisa merusak memori jangka pendek mereka.
    Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Virginia di AS ini melibatkan 64 anak yang secara acak dibagi dalam tiga kelompok.
    Satu kelompok diminta secara khusus menonton sembilan menit kartun SpongeBob SquarePants yang populer, di mana perubahan adegan terjadi pada rata-rata setiap 11 *******
    Kelompok lain mengamati kartun pendidikan dengan perubahan adegan rata-rata setiap 34 detik, sedangkan kelompok terakhir diizinkan untuk menggambar.
    Setelah itu anak-anak kemudian diminta untuk menyelesaikan berbagai tes. Yang pertama, tes teka-teki, dan tes yang kedua adalah tes mengikuti petunjuk.
    Hasilnya, terlihat kelompok anak yang sebelumnya diminta untuk menonton kartun lebih lambat menyelesaikan berbagai tes, bila dibandingkan dengan kelompok yang menonton kartun yang lambat dan kelompok yang menggambar.
    "Percobaan memperlihatkan anak-anak menunjukkan prestasi yang lebih buruk setelah melihat kartun. Bahkan ada temuan yang didukung penelitian lain yang menemukan efek jangka panjang akan fakta negatif ini," tutup salah satu peneliti Dr Angeline Lillard.

    sumber : http://id.berita.yahoo.com/awas-nonton-kartun-merusak-memori-balita-023902381.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    GreaverS Beginner Members

    Joined:
    Jun 3, 2009
    Messages:
    304
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    emang kalo kecil jangan suka dikasi ntn bnyk2, bisa kecanduan, hahahahaha, ajak maen aj terus, kasinya maenan robot2an, biar imajinasinya tinggi, hahahahahah
     
  4. Offline

    br1g Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    mungkin kalo teori nya ... karet yang ditarik teruuussssss, eh ga tau nya tetep melar alias ga balik ke asal
     
  5. Offline

    zhuko Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    1,183
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +349 / -0
    jiah gan ,.. kenyataannya mah ga segampang itu.. apalagi sekarang udah masa media ketiga.
    tiap orang (termasuk bayi) gen-nya dah nyandu nonton gan,..
    gpp lah dikit2,.. yang penting jgn nonton J*V aja...
    :cekek:
     
  6. Offline

    Estherzilla Post Hunter Moderator

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,765
    Trophy Points:
    232
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,008 / -0
    ga juga... aku dari kecil nonton film kartun, dibandingkan dengan adekku yang sejak kecil nonton sinetron(karena udah dari kecil ga tertarik sama kartun), masih lebih pinter aku.. :boong:

    justru film kartun menambah daya imaginasi kita.. :hmm:
     
  7. Offline

    kacamataku Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 30, 2009
    Messages:
    2,035
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +17,832 / -0
    tergantung kartunnya juga tuh kk :cool2:
    ga semua yg bikin ga bagus

    doraemon bagus kok :hahai:
     
  8. Offline

    hooligan29 Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 10, 2010
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    betul gan, jadi jangan sampai anak/adik kita yang masih balita nonton kartun cepat macam sponge bob.
     
  9. Offline

    narsuy Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 3, 2011
    Messages:
    166
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +134 / -0
    jangan ampe tuh kalo ane punya anak nonton kartun ampe lupa waktu

    apalagi tuh sponge bob tayangnya ada yg malem bikin anak jd lupa solat sama males blajar
     
  10. Offline

    NekoMaoMao Members

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    barti balita harus dihindarkan dari TV dunks.. :swt:

    g ada pendidikan visual dunks untuk si balita... :swt:
     
  11. Offline

    ni2ina Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    ada batasan umurnya gan.. setau ane umur <3 tahun memang lebih baik nonton yang yang jalan ceritanya nga terlalu cepat bos, seperti : baby einstein, bob builder, barney, postman pat dll.. yang pasti no spongebob deh... jangan sampe karena supaya anak diam / tenang malah kita kasih tontonan yang menghambat proses pengenalan dan penganalisaannya terhadap objek/benda, situasi, dan aksi-reaksi dari tontonannya itu CMIW..
     
  12. Offline

    davelf Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    792
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +65,097 / -0
    :yareyare: peneliti2 emang lebay kadang. Adik ane dari kecil nonton dora, tom n jerry, spongebob, nga ngefek d.
     
  13. Offline

    ZiiRClove Selfish Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 1, 2011
    Messages:
    1,391
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +9,052 / -5
    kalo buat anak2 gede yang udah beumur ngaruh gk yah ? :???:
    soalnya aku suka anget sama yang namnya nonton kartun :hehe: apa gara2 itu aku jadi loyo kalo yang namanya di suruh belajar :lol:
     
  14. Offline

    zulfikarfahmi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +102 / -0
    efek yang paling buruk dialami teman ane,
    ampe sekarang kaya orang idiot gara2 anime
    :yareyare:
    parah dah
    kayak orang IDIOT
     
  15. Offline

    baymawarto Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    178
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +1,215 / -0
    klo menurut gw kartun SpongeBob SquarePants itu malah lebih pantas untuk anak SMP ke atas..
    soalnya banyak hal-hal bodoh yang dilakukan disana, yang tidak pantas dilakukan anak2
     
  16. Offline

    funzer Beginner Members

    Joined:
    Apr 23, 2010
    Messages:
    296
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +297 / -0
    hmm
    tergantung film kartun yg diberikan jg.. dan kita harus menjaga waktu balita untuk menonton film kartun..
    jgn terlalu sering..
    beri batasan waktu.. ato beri kegiatan lain :peace:
     
    • Like Like x 1
  17. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Kartun kuning itu emang gw liat agak aneh lama2.
    Banyak kata2 yg sengaja diulang2, jadi kesannya kayak film propaganda gitu, tapi sasarannya ke anak2.
    No offense loh, cuma sharing pendapat aja, gw ngerasanya sich begitu pas nonton SBSP.
     
  18. Offline

    reisher Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    488
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +74 / -0
    Wah, serius? Soalnya keponakan gw (< 3 tahun) doyan banget nonton Shawn the Sheep (dan maen Plant VS Zombie). Mungkin emang harus dipaksa dikurangin nontonnya... pasti ngambek sih, tapi apa boleh buat.
     
  19. Offline

    shygywu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 19, 2010
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +62 / -0
    gua juga suka t nonton Shwan the Sheep :hahai:

    keponakan gua suka nonton si Oscar.. ank sekarang mana mau disuruh maen mobil2an,boneka.. mending nonton tv da..
     
  20. Offline

    vettelizz11er Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    517
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +166 / -0
    kartun kan memang tidak dirancang untuk memperkuat memori balita...
    melainkan acara pendidikanlah yg memang dirancang untuk itu...

    maka dari itu biasakan balita membaca, bukannya nonton...
     
  21. Offline

    ILove_United Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 19, 2011
    Messages:
    101
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    Hmm menganggu pola kerja otak ya,
    tapi ada juga tontonan kartun yang memang menstimulasi otak lebih baik:)
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.