1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Atlantis (Peradaban dan Kota yg Hilang)..Indonesia kah...???

Discussion in 'Random Images' started by uNTa_aRAb, Apr 22, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    uNTa_aRAb Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2008
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +17 / -0
    Mitos tentang Peradaban Atlantis pertama kali dicetuskan oleh seorang filsafat Yunani kuno bernama Plato (427 - 347 SM) dalam buku Critias dan Timaeus.
    [​IMG]
    Garis besar kisah pada buku tersebut Ada sebuah daratan raksasa di atas Samudera Atlantik arah barat Laut Tengah yang sangat jauh, yang bangga dengan peradabannya yang menakjubkan. Ia menghasilkan emas dan perak yang tak terhitung banyaknya. Istana dikelilingi oleh tembok emas dan dipagari oleh dinding perak. Dinding tembok dalam istana bertahtakan emas, cemerlang dan megah. Di sana, tingkat perkembangan
    peradabannya memukau orang. Memiliki pelabuhan dan kapal dengan perlengkapan yang sempurna, juga ada benda yang bisa membawa orang terbang. Kekuasaannya tidak hanya terbatas di Eropa, bahkan jauh sampai daratan Afrika. Setelah dilanda gempa dahsyat,
    tenggelamlah ia ke dasar laut beserta peradabannya, juga hilang dalam ingatan orang-orang.
    [​IMG]
    Jika dibaca dari sepenggal kisah diatas maka kita akan berpikiran bahwa Atlantis merupakan sebuah peradaban yang sangat memukau. Dengan teknologi dan ilmu pengetahuan pada waktu itu sudah menjadikannya sebuah bangsa yang besar dan mempunyai kehidupan yang makmur.
    Tapi kemudian saya mempunyai pertanyaan, apakah itu hanya sebuah cerita untuk pengantar tidur pada jamannya Plato atau memang Plato mempunyai bukti2 kuat dan otentik bahwa atlantis itu benar-benar pernah ada dalam kehidupan di bumi ini?

    Suatu hari di tahun 1968, kepulauan Bimini di sekitar Samudera Atlantik di gugusan Pulau Bahama, laut tenang dan bening bagaikan kaca yang terang, tembus pandang hingga ke dasar laut. Beberapa penyelam dalam perjalanan kembali ke kepulauan Bimini, tiba-tiba ada yang menjerit kaget. Di dasar laut ada sebuah jalan besar! Beberapa penyelam secara bersamaan terjun ke bawah, ternyata memang ada sebuah jalan besar membentang tersusun dari batu raksasa. Itu adalah sebuah jalan besar yang dibangun dengan menggunakan batu persegi panjang dan poligon, besar kecilnya batu
    dan ketebalan tidak sama, namun penyusunannya sangat rapi, konturnya cemerlang. Apakah ini merupakan jalan posnya kerajaan Atlantis?

    Awal tahun ‘70-an disekitar kepulauan Yasuel Samudera Atlantik, sekelompok peneliti telah mengambil inti karang dengan mengebor pada kedalaman 800 meter di dasar laut, atas ungkapan ilmiah, tempat itu memang benar-benar sebuah daratan pada 12.000 tahun silam. Kesimpulan yang ditarik atas dasar teknologi ilmu pengetahuan, begitu mirip seperti yang dilukiskan Plato! Namun, apakah di sini tempat tenggelamnya kerajaan Atlantis?

    Tahun 1974, sebuah kapal peninjau laut Uni Soviet telah membuat 8 lembar foto yang jika disarikan membentuk sebuah bangunan kuno mahakarya manusia. Apakah ini dibangun oleh orang Atlantis?
    [​IMG]
    Yang lebih menghebohkan lagi adalah penelitian yang dilakukan oleh Aryso Santos, seorang ilmuwan asal Brazil. Santos menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang ini disebut Indonesia.
    Dalam penelitiannya selama 30 tahun yang ditulis dalam sebuah buku “Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato’s Lost Civilization” dia menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia. Sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia, menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.
    [​IMG]
    Santos menetapkan bahwa pada masa lalu Atlantis itu merupakan benua yang membentang dari bagian selatan India, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, terus ke arah timur dengan Indonesia (yang sekarang) sebagai pusatnya. Di wilayah itu terdapat puluhan gunung berapi yang aktif dan dikelilingi oleh samudera yang menyatu bernama Orientale, terdiri dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.
    [​IMG]
    Sedangkan menurut Plato Atlantis merupakan benua yang hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene). Dengan meletusnya berpuluh-puluh gunung berapi secara bersamaan yang sebagian besar terletak di wilayah Indonesia (dulu) itu, maka tenggelamlah sebagian benua dan diliput oleh air asal dari es yang mencair. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung Semeru/Sumeru/Mahameru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera yang membentuk Danau Toba dengan pulau Somasir, yang merupakan puncak gunung yang meletus pada saat itu. Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda.

    Santos berbeda dengan Plato mengenai lokasi Atlantis. Ilmuwan Brazil itu berargumentasi, bahwa pada saat terjadinya letusan berbagai gunung berapi itu, menyebabkan lapisan es mencair dan mengalir ke samudera sehingga luasnya bertambah. Air dan lumpur berasal dari abu gunung berapi tersebut membebani samudera dan dasarnya, mengakibatkan tekanan luar biasa kepada kulit bumi di dasar samudera, terutama pada pantai benua. Tekanan ini mengakibatkan gempa. Gempa ini diperkuat lagi oleh gunung-gunung yang meletus kemudian secara beruntun dan menimbulkan gelombang tsunami yang dahsyat. Santos menamakannya Heinrich Events.

    Dalam usaha mengemukakan pendapat mendasarkan kepada sejarah dunia, tampak Plato telah melakukan dua kekhilafan, pertama mengenai bentuk/posisi bumi yang katanya datar. Kedua, mengenai letak benua Atlantis yang katanya berada di Samudera Atlantik yang ditentang oleh Santos. Penelitian militer Amerika Serikat di wilayah Atlantik terbukti tidak berhasil menemukan bekas-bekas benua yang hilang itu. Oleh karena itu tidaklah semena-mena ada peribahasa yang berkata, “Amicus Plato, sed magis amica veritas.” Artinya,”Saya senang kepada Plato tetapi saya lebih senang kepada kebenaran.”

    Namun, ada beberapa keadaan masa kini yang antara Plato dan Santos sependapat. Yakni pertama, bahwa lokasi benua yang tenggelam itu adalah Atlantis dan oleh Santos dipastikan sebagai wilayah Republik Indonesia. Kedua, jumlah atau panjangnya mata rantai gunung berapi di Indonesia. Di antaranya ialah Kerinci, Talang, Krakatoa, Malabar, Galunggung, Pangrango, Merapi, Merbabu, Semeru, Bromo, Agung, Rinjani. Sebagian dari gunung itu telah atau sedang aktif kembali.

    Believe Or Not...???

    SUMBER "misteridunia.wordpress.com"

    Tidak menolak "Thanks""..
    :onion-79::onion-79::onion-79:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zegun~kun Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    9,183
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +4,614 / -0
    wow keren gan,, :top:
    gq nyangka atlantis masuk ke wilayah indo..

    gw pernah denger katanya dalam beberapa puluh tahun kedepan atlantis bakal nongol lagi??
    kalo misal kenyataan, gw mw liat reaksi orang2 Malingsia:onion-50:
     
    • Like Like x 1
  4. Offline

    sangar Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    mm mana yang bener ya..
    tapi gw sama sekali ga kepikiran indonesia ampe baca artikel ini..
    nice post deh..
     
  5. Offline

    bapaktrigan Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    gile,, keren yah,,, kan dah ada tempat bermain,, namanya atlantis,, hehe,,
     
  6. Offline

    Sunoe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,949 / -0
    keknya baru sebatas omongan doank deh (teori) mengenai atlantis...
    lagian si Plato dapet tuh dari mimpi...
     
    • Like Like x 1
  7. Offline

    kiva88 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 2, 2009
    Messages:
    497
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,811 / -0
    Klo theory Santos itu benar mengenai tumbuh-tumbuhan seperti tanaman padi,
    sistem irrigationnya serta antara binatangnya seperti gajah terdapat
    di Atlantis itu. Maka secara logika suasana dan iklimnya Atlantis itu serupa
    dengan kawasan Equator, maka theory Santos mengatakan Atlantis itu
    Indonesia adalah masuk akal menurut saya :D
     
  8. Offline

    andi msc Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,443
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,802 / -2
    ternyata atlantis dulu keren yah..

    pulaunya mirip-mirip bangunan yunani dahulu

    trus tempatnya kayaknya strategis banget..
     
  9. Offline

    korio Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 14, 2008
    Messages:
    361
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +630 / -0
    dari model nya kayak gitu

    kira2 atlantis bener2 tengelam

    ato malah terbang ya? :D

    kayak ufo sih, kalo melingkar gitu
     
  10. Offline

    hanimon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    1,928
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,196 / -0
    ya mungkin aja
    soalnya orang indonesia kan aslinya pinter2
    tapi sayang terlalu baik sampe2 dibohongi n dijajah
    n gara2 kebanyakan dijajah sifat tamaknya n suka perangnya keluar kembali
    kayak bangsa atlantis yang suka perang n haus kekuasaan
     
  11. Offline

    uNTa_aRAb Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 30, 2008
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +17 / -0
    kaLo Pendapat ini gw setuju..soalnya bangsa kita dulunya termasuk bngsa yg dperhitungkan dlm dunia politik dahulunya...

    tp skarang msh jauh..btw gpp lah..yg penting doanya supaya bangsa Indonesia biar tambah maju..
     
  12. Offline

    satoshi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 6, 2009
    Messages:
    490
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +189 / -0
    wah.. keren kalo itu bener2 punya indo wkwkwk..
     
  13. Offline

    hoayuko Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 2, 2009
    Messages:
    332
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,469 / -0
    Kalau Indonesia dulu atlantis, kok skrg melarat gini ya ?
     
  14. Offline

    lapotoh Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    177
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,374 / -0
    pengen coba ngerasain idup di atlantis yang sejahtera tuh gimana ya......
     
  15. Offline

    maka Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    390
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +49 / -0
    kurang tau nih
    klo emang bener asik dong
     
  16. Offline

    wilson Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    bukannya atlantis di deket kepulauan bahama gitu ya, kaya ada batuan yang ga mungkin buatan alam gede gitu katanya
     
  17. Offline

    SaintRains Silent Reader Members

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    :onion-15:
     
  18. Offline

    itsuken Beginner Members

    Joined:
    Jan 21, 2009
    Messages:
    226
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +387 / -0
    wah..
    gw baru tau kalo ada kota kyk gtu..
    makasih info nya bro..
    menarik jg..
     
  19. Offline

    bipbipbip Members

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    bner apa atlantis ntu ada??

    ???????????
     
  20. Offline

    xaverd Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 6, 2008
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    1 word.. keren.. sip2..
     
  21. Offline

    GODSPEED Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    613
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +44 / -0
    hmmm.....
    benar ga ya Indonesia itu atlantis?? :???:
    percaya g percaya gw
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.