1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Asal Mula Nama Ragnarok

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by Shuichi, Mar 9, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +152,588 / -2
    Ragnarok Menurut Mitologi Nordik

    [​IMG]

    Mitologi Nordik (bahasa Inggris: “Norse Mythology”, Norþ: utara) merupakan kepercayaan masyarakat Eropa utara (negara Denmark, Norwegia, Islandia dan Swedia) sebelum kedatangan agama Kristen. Kepercayaan dan legenda ini menyebar ke negara-negara Eropa utara lain, termasuk Islandia yang memiliki sumber-sumber mitologi tersebut.

    Mitologi tersebut merupakan kumpulan dari kepercayaan kuno orang-orang Eropa utara yang berisi kisah-kisah tentang makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos-mitos lainnya yang ditulis berbentuk puisi atau prosa dan terangkum dalam Edda. Mitologi tersebut ditulis sebelum dan setelah kedatangan agama Kristen di Eropa utara.

    Dalam cerita rakyat Skandinavia, mitologi tersebut masih bertahan, dan di daerah pedesaan, tradisi-tradisi kuno tersebut masih tampak sampai sekarang. Mitologi tersebut juga memberi pengaruh dan inspirasi dalam kesusastraan zaman sekarang.

    Sumber-Sumber

    Mitologi Nordik dituturkan dari mulut ke mulut dan kini sudah banyak ditinggalkan atau hilang. Pada zaman dulu, kisah-kisah tersebut dikumpulkan dan dicatat oleh sarjana-sarjana Kristiani, terutama dalam Edda dan Heimskringla. Edda yang ditulis berbentuk prosa dan syair, isinya menceritakan tentang karakter Dewa-Dewi dan kisah-kisah mitologi. Beberapa Edda itu ditulis oleh Snorri Sturluson, yang merupakan seorang penyair, sastrawan, dan sarjana Kristiani yang menganggap bahwa Dewa-Dewi Nordik lebih mirip manusia daripada dianggap sebagai setan.

    Di samping sumber-sumber tersebut, ada legenda hidup yang berkembang di masyarakat Skandinavia, misalnya beberapa legenda yang muncul dalam kesusastraan Jerman, dan cerita-cerita mitologi di Deor. Ketika beberapa cerita itu bertahan, para ahli bisa mengungkapkan cerita yang belum ditulis. Sebagai tambahan, ada ratusan tempat di Skandinavia yang dinamai setelah Dewa-Dewa mereka.

    Ada beberapa peninggalan yang mengungkapkan kisah-kisah dalam mitologi Nordik. Peninggalan-peninggalan tersebut berupa lukisan, arca, dan pahatan.

    Kosmologi

    [​IMG]

    Dalam mitologi Nordik, dikenal adanya sembilan dunia, yang mana sembilan dunia tersebut dihubungkan oleh pohon Yggdrasil. Dalam mitologi Nordik, pohon Yggdrasil merupakan pusat dunia. Pada cabang-cabang dan akar-akarnya terdapat dunia-dunia yang berbeda, yaitu:

    * Asgard, dunia para Æsir atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Asgard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh Mata air Urd.
    * Vanaheim, dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa.
    * Alfheim, dunia para elf atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.
    * Midgard, dunia manusia sebagai dunia makhluk yang tidak abadi
    * Jötunheimr, dunia para Jotun atau para raksasa
    * Svartálfheim, dunia para Svartálfar (bahasa Inggris: Swart elfs/elves) atau Dökkálfar (bahasa Inggris: Dark elfs/elves) yaitu kaum elf dari kegelapan
    * Niddhavellir, dunia para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam
    * Niflheim, dunia bawah tanah yang dingin, rumah para Jotun (raksasa) es, dikuasai oleh Hel, saudara perempuan Loki
    * Muspell atau Muspellheim, dunia api dan rumah bagi Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api

    Makhluk supernatural

    [​IMG]

    Menurut mitologi Nordik, Ada tiga golongan makhluk yang lebih berkuasa daripada manusia, yaitu: Æsir, Vanir, dan Jotun. Æsir dan Vanir merupakan golongan yang sangat dekat, karena merupakan golongan para Dewa. Æsir dan Vanir bersama-sama menciptakan alam semesta, mengatur kehidupan manusia, meskipun mereka pernah bertarung dengan sesama.

    Musuh para Æsir dan Vanir adalah para Jotun atau raksasa (bahasa Inggris kuno: Eontenas atau Entas). Mereka mirip dengan para Titan dan Gigantes dalam mitologi Yunani. Kata Jotun sering diterjemahkan sebagai raksasa, meskipun kata troll atau setan lebih cocok. Para Jotun atau raksasa tidak selamanya jahat. Æsir sebagai golongan para Dewa berselisih dengan Jotun, meskipun para Dewa dan Jotun pernah menjalin hubungan dan saling menikah, seperti Thor menikah dengan Járnsaxa; Odin bersaudara dengan Loki; Hel (setengah Dewi setengah raksasa) bersaudara dengan Loki. Dalam mitologi, Jotun wanita biasanya tidak jahat (seperti dalam kisah, Grid membantu Thor) dan menikahi golongan Dewa (seperti dalam kisah, Thor menikahi Járnsaxa).

    Selain Dewa dan raksasa, mitologi Nordik juga menyebutkan adanya monster seperti Jörmungandr (Si ular laut) dan Fenrir (srigala raksasa) yang dapat ditemukan di sekitar Midgard. Dua monster tersebut dikatakan sebagai anak buah Loki, Dewa pencari masalah, seorang keturunan Jotun. Makhluk mitologi yang lain adalah Hugin dan Munin (yang berarti “pikiran” dan “ingatan”), dua gagak yang menjaga Odin.

    Makhluk dalam mitologi Nordik

    * Ymir: raksasa pertama
    * Ask: pria pertama
    * Embla: wanita pertama
    * Odin: Dewa pertempuran, kematian, syair, dan ilmu gaib. Penguasa Asgard.
    * Loki: Si penipu, tukang pencari masalah. Dia membunuh Balder melalui tipu muslihat.
    * Fenrir: srigala raksasa buas, tangan kanan Loki, yang seperti monster. Akhirnya berhasil diikat oleh rantai yang dibuat para Dwarf setelah ia memakan tangan Tyr yang berkorban agar Fenrir mau diikat.
    * Jörmungandr: ular (atau cacing) raksasa, anak buah Loki
    * Thor: Dewa petir dan kilat, Dewa perang.
    * Njord: Dewa laut.
    * Iðunn: Dewi kemudaan. Ia memiliki buah apel yang dapat membuat hidup abadi.

    Raja-raja dan para pahlawan

    Kesusastraan mitologi berhubungan dengan legenda tentang para raja dan para pahlawan, selayaknya makhluk supernatural. Legenda dan kisah-kisah itu dianggap sebagai cerita asal mula negara mereka. Beberapa legenda dianggap pernah terjadi, dan sarjana-sarjana Skandinavia berusaha menggali sejarahnya melalui mitos dalam kisah kepahlawanan.

    Peribadatan bangsa Skandinavia kuno

    Pada masa lalu, pemujaan terhadap Dewa-Dewi kuno dan pengorbanan manusia dilakukan orang Skandinavia. The Blot adalah bentuk pemujaan yang diterapkan orang Jerman kuno dan orang Skandinavia. Mereka memakai batu yang disusun yang disebut “horgr” sebagai altar sederhana atau sarana pemujaan. Ada pusat pemujaan yang penting seperti Skiringsal, Lejre, dan Uppsala. Kuil di Uppsala memiliki tiga patung Dewa atau berhala: Thor, Odin, dan Freyr. Sistem kependetaan ada, namun belum tergambar sempurna. Pada masa itu, Dewa yang banyak dipuja adalah Odin dan Thor. Pada masa kini, tidak ada kuil-kuil untuk pemujaan terhadap Dewa-Dewi Nordik kuno. Persembahyangan dan peribadatan hanya dilakukan oleh orang-orang masa lalu. Bekas kuil masa lalu banyak yang tak tersisa atau sudah dihancurkan pada masa Kristianisasi di Eropa.


    Ragnarok Menurut Mitologi Norse

    Prolog :

    Bangsa Skandinavia sesungguhnya merupakan kumpulan bangsa-bangsa yang mendiami daerah Eropa bagian utara. Mereka terdiri dari bangsa Norwegia, Denmark, Swedia, dan juga sebagian dari daerah Jerman, dan Islandia. Bangsa Skandinavia sering disebut juga Norseman, atau Northman yang berarti orang utara. Orang Skandinavia yang paling dikenal, kemungkinan adalah orang-orang Viking, para petualang dan bajak laut dari Norwegia.

    Penjelajahan kelompok Viking ini ke berbagai daerah Eropa Utara dan sekitarnya, ada kemungkinan sebagai penyebab berkembangnya mitos dan cerita legenda mereka. Seperti bangsa-bangsa besar lainnya seperti Yunani, bangsa Skandinavia juga memiliki kepercayaan sendiri tentang dewa-dewa yang melindungi mereka dan bagaimana dunia ini diciptakan oleh mereka.

    Akan tetapi jarang sekali mitos mereka dikenal luas oleh bangsa-bangsa lain, berbeda dengan mitos bangsa Yunani yang lebih populer. Padahal jika kita mencermati kisah mitologi mereka ada beberapa fakta yang sangat mirip anatara kisah dewa-dewa di dunia ini, baik itu Yunani atau Skandinavia.

    Sesuai dengan sejarahnya orang-orang jaman dahulu banyak yang menganut Paganisme, aliran kepercayaan yang memuja dewa-dewa alam. Para dewa ini dianggap sebagai pencipta alam semesta dan manusia. Demikian juga yang terjadi dengan bangsa-bangsa di Eropa Utara ini.

    Tetapi karena campur tangan para sejarawan Kristen di abad pertengahan mengakibatkan banyaknya perubahan dan terhadap kebudayaan, dan cara pemujaan mereka. Harap diingat jaman dahulu kepercayan Pagan umumnya melibatkan persembahan berupa makhluk hidup, bahkan manusia. Hal ini tentu saja sangat bertentangan dengan kebudayaan agama modern. Sebagai akibatnya banyak juga mitologi dan legenda mereka yang hilang dan tidak tercatat. Atau beberapa tidak dapat dipastikan lagi keasliannya karena tidak adanya dukungan fakta.

    Untuk mempertahankan kepercayaan ini kemudian banyak informasi mengenai mitos Skandinavia yang disimpan didalam literatur-literatur kuno yang disebut Eddas, biasanya dalam bentuk prosa dan puisi, selain itu berkembang juga dalam bentuk dongeng turun temurun.

    Karena mitologi ini banyak bermunculan di berbagai belahan Eropa Utara, maka lazimnya ada berbagai macam versi. Ini biasanya terjadi karena mitos tersebut disesuaikan dengan daerah yang bersangkutan. Begitu juga dengan nama-nama para dewa dan peranan mereka, serta kejadian-kejadian penting, seperti Odin dikenal juga dengan nama Wotan di Jerman, atau Woden di Inggris.

    Penciptaan Alam Semesta Dan Isinya

    Alam semesta dan semua isinya menurut mitologi Skandinavia tercipta dengan cara yang unik. Dikatakan pada suatu waktu di dunia ini hanya ada 3 dunia yaitu, sebuah jurang besar (abyss), yang disebut Ginnungagap. Lalu di bagian utara dari tempat ini terdapat sebuah daerah yang selalu dingin, gelap dan membeku yang disebut Nifleheim. Kabut es selalu muncul dari dalam sumur Hvergelmer, dan membentuk aliran air yang mengaliri sebelas sungai yang bermuara ke Ginnungagap.

    Nifleheim sendiri sebuah tempat yang nantinya menjadi dunia orang mati, setiap orang atau dewa sekalipun yang telah masuk kemari tidak akan bisa keluar lagi. Bahkan Nifleheim juga masih akan selamat dari kehancuran Ragnarok nantinya.

    Dari sisi selatan Ginnungagap, terdapat Muspellheim sebuah daerah yang keadaannya panas membara, percikan api dan aliran lahar. Lahar panas dari Muspellheim juga mengalir menuju Ginnungagap. Pertemuan dari dua iklim yang saling bertentangan ini menghasilkan dua divine being pertama.

    Yang pertama seekor sapi yang bernama Audhumbla, dan yang kedua seorang raksasa yang bernama Ymir. Ymir mendapatkan makanan dari susu Audhumbla, sedangkan sapi ini mendapat makan dari bongkahan es yang menempel di bebatuan. Hingga pada suatu saat kedua makhluk ini melahirkan makhluk-makhluk lainnya.

    Dari bongkahan es yang dijilat oleh Audhumbla lambat laun terbentuk wujud manusia. Manusia ini disebut Buri, yaitu nenek moyang para dewa yang suatu saat akan memiliki keturunan yang terkenal yaitu Odin, Vili, dan Ve.

    Di lain pihak Ymir juga melahirkan makhluk lain dari bagian-bagian tubuhnya, yaitu sepasang raksasa es dan monster berkepala 3, terkadang ada juga yang mengatakan monster berkepala 6.

    Dari kedua kelompok divine beings ini sering timbul pertentangan dan kebencian. Hingga pada akhirnya Odin dengan kedua saudaranya berhasil membunuh Ymir dan membuat tubuhnya sebagai fondasi atas dunia yang mereka ciptakan. Tubuh Ymir berubah menjadi tanah, darahnya menjadi lautan, tulang-tulangnya menjadi pegunungan, rambut dan giginya menjadi pohon dan batu.

    Sedangkan tengkoraknya digantung di udara dan diubah menjadi langit. Odin lalu melihat ada binatang yang memakan mayatnya di tanah, untuk itu dia mengubah mereka menjadi dwarf dan dark elves, yang bertugas menambang bebatuan. Binatang lain yang hidup dari dalam tanah, diubahnya menjadi light elves yang ditempatkan berbeda di Alfheim.

    Darah Ymir yang berubah menjadi lautan berhasil menenggelamkan seluruh kaum raksasa kecuali satu yang selamat. Kejadian ini selanjutnya akan membawa akibat panjang permusuhan kaum raksasa dengan para dewa yang akan berakhir pada Ragnarok. Untuk membuat cahaya yang menerangi dunia mereka mengambil percikan api dari Muspellheim.

    Odin dan para saudaranya juga membuat tempat tinggal untuk para raksasa es dan batu yang disebut Jotunheim, para raksasa sering disebut Jotuns, berada di tingkatan yang sama dengan Midgard. Antara Midgard, dunia tempat tinggal manusia yang mereka ciptakan, dengan Jotunheim terdapat pemisah berupa sungai besar yang airnya tidak pernah membeku.

    Untuk tempat tinggal mereka sendiri, dipilih langit sebagai lokasinya. Mereka membuat sebuah tempat yang disebut Asgard ( ada juga yang menyebutkan kalo asgard terletak di pucak pohon yggradasil ). Di samping Asgard masih ada satu dunia lagi di tingkatan yang sama yaitu Vanaheim. Vanaheim merupakan kediaman dewa dari ras Vanir.asgard sndiri merupakan tempat tinggal dewa dari ras Æsir

    Di dalam Asgaed yang luas terdapat banyak aula tempat tinggal beberapa dewa dewi salah satunya adalah Valhalla, tempat Odin menjamu Einherjarnya setiap malam. Valhalla digambarkan begitu luasnya sehingga memiliki lima ratus empat puluh pintu, pilar-pilar penopang atapnya dari tombak, atapnya sendiri terbuat dari kumpulan perisai, kursi-kursinya berlapis breast plate armor. Seekor serigala menjaga salah satu pintu bagian barat, sedangkan seekor elang terbang mengitari bangunan ini. Dari tempat inilah delapan ratus orang Einherjar akan berbaris keluar untuk ikut serta dalam Ragnarok

    Asgard dan Vanaheim sendiri dipisahkan oleh sebuah dinding besar yang dibuat oleh manusia bernama Blast, yang sebenarnya raksasa yang menyamar. Sebagai imbalan pembangunan dinding ini dia minta bulan dan matahari serta Dewi Freya sebagai istri.

    Walaupun akhirnya dia tidak pernah mendapatkan imbalannya karena akal bulus Loki dan Odin. Di mana Odin menyuruh Loki untuk menggagalkan rencana pembangunan ini sebelum tempo 6 bulan selesai. Untuk itu Loki berencana menarik jauh Svaldifari kuda milik Blast yang digunakannya untuk menarik beban berat. Maka Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina dan merayu kuda tersebut pergi, setelah rencana Blast gagal maka Odin tidak perlu menepati janjinya. Beberapa hari kemudian Loki dan Svaldifari kembali, dengan membawa keturunan mereka Sleipnir yang diberikan sebagai hadiah untuk Odin.

    Penghubung antara Asgard dan dunia di bawahnya yaitu sebuah jembatan berwarna pelangi, Bifrost. Jembatan ini dibuat dengan menggunakan 3 elemen yaitu air, api, dan udara sehingga berwarna warni seperti pelangi. Jembatan Bifrost dijaga oleh Dewa Heimdall, yang tugasnya mengawasi kesembilan dunia yang ada.

    Heimdall memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam ke segala arah. Midgard sendiri sebagai tempat tinggal manusia dihuni oleh 2 manusia pertama, yaitu Ask dan Embla. Menurut mitos mereka tercipta dari 2 batang pohon yang menurut Odin dan para saudaranya memiliki keindahan.

    Untuk itu mereka memberinya jiwa, perasaan, gerak, darah dan warna. Setelah itu Norns, 3 dewi pengatur nasib dan takdir memberikan roh yang akan mengikuti setiap manusia sejak lahir sampai mati. Dari dalam Ginnungagap sendiri tumbuh sebuah pohon ash raksasa yang besar bernama Yggdrasil.

    Pohon ini memiliki banyak cabang dan akar yang melingkupi sembilan dunia yang ada. Karenanya sering disebut juga "pohon dunia". Yggdrasil sebagai pohon yang menjadi tulang punggung alam semesta memiliki tiga akar yang paling kuat berada di 3 alam yaitu Asgard, Midgard, dan Niflheim (Helheim).

    Dikatakan di bawah Nifleheim ini berdiam seekor ular bernama Nidhogg, yang menggigiti akarnya dan setelah berhasil maka itu tandanya Ragnarok tiba. Tapi ada juga versi yang mengatakan Ragnarok terjadi saat Surt membakar Yggdrasil.

    Di atas pohon Yggdrasil inilah Odin pernah menusuk dirinya sendiri dengan Gungnir selama 9 hari 9 malam untuk mendapatkan pemahaman tentang 18 rune (penjelasan tentang 18 Rune silahkan cek Disini Selain itu dalam versi game Valkyrie Profile diceritakan bahwa pohon Yggdrasil hanya melingkupi 3 alam, Asgard, Midgaed, dan Nifleheim dan tidak pernah disinggung peranannya dalam kehancuran dunia.

    Cerita Tentang Æsir

    Aesir
    Dalam mitologi Nordik, Æsir (bentuk tunggal: Ás, wanita: Ásynja, wanita-jamak: Ásynjur, Anglo-Saxon Ós, dari bahasa Proto-Jerman Ansuz) adalah Dewa-Dewi pokok dan utama di antara ras Dewa-Dewi dalam phanteon mitologi Nordik. Dewa-Dewi utama tersebut seperti: Odin, Frigg, Baldr, Thor, dan Tyr. Mereka adalah Dewa-Dewi yang sering muncul dalam mitologi Norwegia.

    Dewa-Dewi dalam mitologi Nordik / Norse

    Dewa-Dewi dalam mitologi Nordik adalah makhluk yang hidup abadi, punya kemahakuasaan, wujudnya seperti manusia namun bukan manusia. Beberapa di antaranya berasal dari keturunan raksasa (Jotun). Mereka adalah suatu ras dari makhluk yang lebih berkuasa dari umat manusia. Mereka tidak bisa mengalami penyakit dan tidak terkena dampak usia tua, karena memakan apel dari Idun. Mereka bisa terbunuh dalam pertempuran, namun bisa juga hidup abadi sampai Ragnarok tiba. Kisah-kisah mengenai mereka tertulis di dalam kitab-kitab yang disebut Edda.
    Penyembahan kepada para Dewa-Dewi kini tidak begitu penting dan jarang muncul dalam mitologi. Namun Dewa Odin dan Thor sangat penting dan terkenal, baik dalam mitologi maupun pemujaan.


    Berikut ini informasi mengenai deities Aesir:

    Odin
    Penguasa dunia dan pemimpin para Aesir (meskipun ujung-ujungnya mati di Ragnarok). Odin merupakan anak dari raksasa Bor dan Bestla. Selain Valhala, Odin juga punya aula lain yang disebut dengan Valaskialf, yang beratapkan perak murni. Disini terdapat tahtanya yang disebut Hlidskialf, dimana dia bisa melihat seluruh dunia. Tombaknya bernama Gungnir sedangkan cincinnya bernama Draupner (Cincin Kekuatan) yang dibuat oleh kurcaci kembar, Brokk dan Eiti. Odin punya dua serigala yang bernama Freki dan Geri. Dua gagak, Huginn ("Pikiran") dan Muninn ("Ingatan"), bertugas membawa berita dari seluruh dunia untuknya. Odin memimpin gerombolan penunggang kuda ketika Wild Hunt berlangsung. Mereka berkelana pada malam hari, dari malam musim dingin, 31 Oktober (Liat hubungannya dengan Hallowen?) sampai May Eve, 30 April (Ga' ngerti artinya), khususnya pada malam perayaan pagan Yule, 21 Desember. Melihat mereka pada saat mereka sedang "jalan-jalan", bisa berarti itu adalah akhir dari hidupmu.

    Ve (Lodur)
    Saudara Odin dari ortu yang sama yang menganugerahi manusia kemampuan bicara. Dikenal juga dengan Lodur, Lodar atau Lother. Bersama dengan 2 saudaranya yang lain, Odin dan Vili, membunuh raksasa Ymir dan menciptakan dunia.

    Vili (Hoenir)
    Saudara Odin dan Ve dari ortu yang sama.

    Balder / Baldr
    adalah Dewa kedamaian, keindahan, kegembiraan, dan kesucian dalam Mitologi Nordik. Dia adalah putera kedua Odin. Istrinya Nanna dan putranya bernama Forseti. Balder memiliki kapal terbesar yang pernah dibuat, bernama Hringhorni, dan sebuah balairung yang bernama Breidablik.

    Ia mati karena ulah Loki yang memperdaya Hodhr.

    Code:
    The beloved one she called.
    With orion's Belt in hand.
    As the foremost Asyniurs,
    with Odin as spouse.
    Frigg
    
    Her son dreamed
    an omnious dreams
    Here she took an oath,
    that he would harm by none.
    Baldr
    
    Thus, he was unharmed.
    The trickster witnessed
    the beloved got visited,
    at the hall of Fensalir,
    He changed into woman
    The trickster asked,
    towards the oath.
    "The mistletoe" she revealed,
    then the trickster Vanished.
    Loki
    
    There the blind,
    stood at the edge,
    the mistletoe he took,
    that, he was being fooled,
    Following trickster directions,
    so Baldr get shot,
    hoor
    
    Gylfaginning -- Prose Edda
    Thor
    Dewa petir. Thor merupakan anak Odin dengan raksasa wanita, Jörd, Fjörgyn atau Hlódyn (dewi bumi). Wilayah kekuasaannya bernama Thrudvangar dengan 540 apartemen. Thor punya aula dimana dia tinggal, yang disebut Bilskirnir. Thor memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing, Tanngniost dan Tanngrisnir. Thor punya senjata khusus berupa palu yang bernama Mjolnir, buatan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti . Setiap kali Thor melemparkannya ke musuh2nya, palu tersebut selalu kembali ke tangannya. Hal ini disebabkan karena Thor memakai sarung tangan besi ajaib yang bernama Járngreipr. Selain itu, Thor juga punya Megingjarpar (girdle [girdle=korset] of might), yang membuat dia menjadi tidak terlihat. Musuh utama Thor adalah Jörmungand alias Midgard Serpent.

    Tyr
    Dewa perang dan keberanian, bertangan satu. Kemungkinan anak dari Odin dan Frigg atau raksasa perempuan Fjorgyn. Tyr saudara mudanya Thor.

    Heimdall
    Dikenal juga sebagai White As. Merupakan anak dari Nine Waves (9 raksasa perempuan yang semuanya bersaudari). Itu artinya Heimdall punya 9 ibu. Nine Waves merupakan anak dari Aegir. Heimdall dikenal juga sebagai Rig, pencipta umat manusia. Nama lainnya Hallinskidi dan Gullintanni. Heimdall adalah penjaga Bifrost. Dia tinggal di aulanya, Himinbjörg ("Cliff of the Hills" atau "Heavenly Fall") yg terletak di ujung Asgard. Heimdall punya pendengaran dan penglihatan yang super tajam. Dia adalah penjaga yang tidak pernah tidur yang bertugas mencegah para raksasa memasuki Asgard. Pedangnya disebut Hofund (Heimdall's Head). Seperti Odin, Heimdall juga minum air dari sumur Mimir dan untuk itu dia mengorbankan salah satu telinganya. Pada perang terakhir antara para dewa dan raksasa jahat, dengan menunggang kudanya, Gulltopp dan membawa pedangnya, Hofund, Heimdall dan Loki saling berbunuhan dalam pertempuran.

    Loki
    Dewa api. Anak dari raksasa Fárbautia (Farbautia, "Cruel-Striker") dan Laufey ("Tree Island") atau Nal. Saudara dari Byleist dan Helblindi. Menikah dengan Sigyn, ayah dari Narfi (Narvi) dan Vali (Beda dgn Vali anak Odin dan Rin). Melalui raksasa Angerboda ("Distress Bringer"), Loki menjadi ayah dari Hel, dewi kematian; Jörmungand (Jormungand), sang Misgard Serpent; dan Fenrir, si serigala raksasa. Loki juga menjadi ibu dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari. Ceritanya, Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina untuk menjauhkan Svadilfari dari pemiliknya, raksasa Hrimthurs, untuk mencegah sang raksasa menyelesaikan pembangunan Asgard. Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Aesir, namun tidak jarang menimbulkan kesulitan untuk dewa2 tersebut. Loki dikenal sebagai Trickster dan Shape-changer. Sebenarnya Loki adalah frost giant, tetapi sejak menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Aesir yang sangat penting. Meskipun tidak ada dewa yang seperti dia, Loki diperkanankan untuk makan di Asgard. Lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap dan sinis, mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandiangan para dewa baik. Dia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu Frigg untuk mengetahui apa yang bisa membunuh Balder dan menggunakan Hod, saudara Balder untuk membunuh dewa tersebut. Atas kejahatannya, Loki dihukum dengan dikurung di sebuah gua. Pada saat Ragnarok tiba, Loki memimpin perlawanan terhadap para dewa.

    Ull
    Dewa keadilan, berburu dan duel. Anak Sif, istri Thor. Ull kemudian menikahi Skadi, mantan istri Njord. Ull tinggal di Ydalir (Yew Dales or Yewdale) di Asgard.

    Bragi
    Dewa puisi. Anak Odin dan raksasa Gunlod. Istri Bragi adalah Idun, dewi musim semi dan masa muda. Bragi juga merupakan dewa pidato.

    Forseti
    Dewa keadilan dan hukum. Anak Balder dan Nana.

    Vidar
    Anak Odin dengan raksasa perempuan Grid. Vidar dikenal sebagai silent god atau silent As karena dia jarang berbicara. Di antara Aesir, dia yang terkuat kedua setelah Thor. Dia tinggal di Brushwood yang bisa jadi itu adalah istananya atau daerah kekuasaannya seperti yang tertulis di Poetic Edda:

    Code:
    Brushwood grows and high grass
    widely in Vidar's land;
    and there the son proclaims on his horse's back
    that he's keen to avenge his father.
    
    Grimmar's Sayings 17 from the Poetic Edda
    translated by Carolyne Larrington
    Vidar salah satu yang selamat dari Ragnarok dan berhasil membalas kematian ayahnya dengan membunuh serigala raksasa, Fenrir.

    Vali
    Anak Odin dengan raksasa perempuan Rind. Vali lahir pada hari yang sama dengan hari kematian Balder. Sebelum usianya mencapai 1 malam, Vali tumbuh menjadi seukuran pria dewasa dan membalas dendam untuk kematian Balder dgn membunuh Hod.

    Hod
    Dewa yang buta, anak dari Odin dan Frigg, saudara Balder. Dia adalah dewa musim dingin dan kegelapan.
    Loki menipu Höd dengan melempar mistletoe(?) kepada saudaranya, satu-satunya benda yang bisa membunuh Balder. Vali membalas kematian Balder dengan membunuh Höd.

    Hermod
    Pembawa pesan para dewa. Anak dari Odin dan Frigg, saudara Balder dan Höd (Hod). Ketika saudaranya yang buta, Hod membunuh saudara mereka, Balder, hanya Hermod yang berani pergi ke dunia bawah, menemui Hel, dewi kematian. Hermod meminta Hel membiarkan balder hidup kembali. Hel menyetujuinya dengan satu syarat bahwa setiap mahluk harus meneteskan paling tidak 1 tetes air mata untuk Balder untuk membuktikan bahwa Balder adalah dewa yang dicintai. Hermod gagal memenuhi persyaratan tersebut setelah seorang raksasa perempuan menolak menangis untuk Balder.

    Mirmir
    Dewa Aesir yang paling bijak. Selama masa damai antara Aesir dan Vanir berlangsung, kedua belah pihak saling bertukar sandera. Aesir menerima Njörd (Njord) dan Freyr, sementara Vanir menerima Mimir and Hoenir. Mimir mati setelah kepalanya dipenggal oleh para Vanir karena suatu kejadian.

    Magni and Modi
    Dua anak Thor dari raksasa perempuan Jarnsaxa (Iarnsaxa, "Ironwood") yang berhasil selamat dari Ragnarök dan mewarisi palu ayah mereka, Mjollnir.

    Cerita Tentang Venrir

    Vanir:
    Vanir adalah ras dewa lain setelah Aesir. Vanir lebih berhubungan dengan kesuburan dan kemakmuran. Mereka tinggal di Vanaheim (Vanaheimr atau Vanaland). Vanir dan Aesir adalah musuh satu sama lain dan mereka memiliki perbedaan yang mencolok. Vanir bisa dikatakan sebagai perwujudan cahaya sedangkan Aesir lebih suram dan gelap (karena kesukaan mereka pada perang). Ketika perdamaian tercipta diantara kedua ras dewa ini, kedua belah pihak saling bertukar sandera. Jika Aesir menyerahkan Mimir dan Hoenir, maka Vanir menyerahkan Njord, Freyr dan Freyja. Ketiga Vanir ini kemudian menjadi terkenal dikalangan Aesir, sedangkan Hoenir dan Mimir bernasib tidak terlalu bagus dikalangan Vanir. Sangat sedikit informasi yang diketahui mengenai Vanir, kecuali mengenai Njord, Freyr dan Freyja sendiri. Vanir kemungkinan lebih terkenal di Swedia dimana banyak tempat pemujaan untuk mereka ditemukan. Perbedaan lain yang mencolok antara Vanir dan Aesir adalah bahwa Vanir memberlakukan praktek inses. Hal ini bisa diketahui dari fakta bahwa Njord dan saudarinya yang tidak dikenal (kemungkinan saudarinya itu adalah Nerthus, seorang Germanic Deities) adalah suami istri. Begitu pula anak kembar mereka berdua, Freyr dan Freyja, juga merupakan suami istri. Ketika ketiga Vanir ini tiba di Asgard, mereka bisa menemukan pasangan lain untuk mereka dari kalangan Aesir. Aesir, sudah jelas, tidak menyukai praktek inses.

    Para Vanir:

    Njord
    Dewa angin dan lautan. Merupakan pemimpin para Vanir, sebelum bergabung dengan Aesir. Mengenai dimana dia tinggal, siapa istri dan anak2nya serta kebiasaan para Vanir, sudah dijelaskan diatas. Yang jelas, ketika tinggal di Asgard, Njord menikahi raksasa perempuan Skadi, anak dari Thiassi. Pernikahan mereka berdua tidak berlangsung lama karena suatu perbedaan: Njord suka tinggal di laut, sedangkan Skadi lebih senang tinggal di gunung. Skadi meninggalkan Njord sebelum dia menikah dengan Ull. Menurut Vafthrudnismal (Lay of Vafthrudnir), Njord dikatakan kembali ke Vanaheim ketika Ragnarok tiba. Tidak dijelaskan apakah dia selamat atau tidak.

    Freyr
    Dewa cahaya, matahari, hujan, pertanian, kesuburan dan kemakmuran. Asal usulnya sudah dijelaskan diatas. Freyr memliki nama lain, Yngvi atau Yngvi-Freyr. Nama lainnya lagi Ingi-Freyr. Hewan keramat Freyr adalah babi dan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti membuatkannya seekor babi hutan dengan bulu emas yang bernama Gullinbursti yang berarti bulu emas untuk menarik keretanya. Sturluson juga menyebutkan bahwa babi itu kemungkinan adalah Slidrugtanni, sebagai ganti dari Gullinbursti. Untuk kuda, Freyr juga punya Blodughofi yang banyak melahirkan keturunan2 yang kuat, Atridi, Gils, Falhofnir, Glaer dan Skeidbrimir. Freyr juga punya kapal yang dapat dilipat, buatan Sons Of Ivaldi yang bernama Skidbladnir (Wooden-bladed). Kapal ini dapat menciut menjadi kecil sehingga muat masuk ke kantung ketika Freyr sedang tidak menggunakannya. Freyr menetap di Alfheim dan menjadi pemimpin para Elf. Freyr punya tiga pembantu, Byggvir ("Barley"), Beyla dan pembawa perisainya, Skirnir ("Shining One"). Byggvir dan Beyla muncul di puisi Lokasenna, dari Poetic Edda. Sementara Skirnir muncul di puisi Skirnismal. Diantara Vanir, Freyr adalah yang terkuat dan terberani. Freyr menikah dengan raksasa Gerd, anak dari raksasa Gymir dan Aurboda. Awalnya Gerd tidak mau menikah dengan Freyr. Untuk itu, Freyr meminta bantuan pelayannya, Skirnir untuk membujuk Gerd agar bersedia menikah dengannya. Skirnir meminta pedang ajaib milik Freyr sebagai bayarannya dan Freyr menyetujuinya. Gerd baru setuju menikah dengan Freyr setelah Skirnir mengancamnya akan mengubah sosok Gerd dari wanita cantik menjadi perempuan tua. Keduanya kemudian memiliki anak yang bernama Fiolnir. Freyr memiliki tanduk rusa jantan yang digunakannya untuk membunuh raksasa Beli. Pada saat Ragnarok, Freyr berperang dengan raksasa api, Surt. Tanpa pedang ajaibnya yang sudah diberikannya kepada Skirnir, Freyr hanya bisa menggunakan tanduk rusa jantannya untuk mengalahkan Surt. Sayangnya, Freyr yang harus mati terlebih dahulu.

    Freyja
    Dewi cinta, kecantikan, kesuburan, sihir, perang dan kematian. Asal usul Freyja sudah dijelaskan diatas dan seperti juga ayah atau pun saudaranya, Freyja adalah seorang Vanir, yang kemudian menjadi seorang dewi utama Aesir. Freyja dikenal dengan julukannya, Vanadis, yang berarti dis of Vanir dimana kata dis adalah kata dalam bahasa Norwegia untuk dewi. Kata ini biasanya digunakan dalam bentuk jamak, disir. Informasi mengenai Freyja terkadang tercampur dengan informasi mengenai Frigg, istri Odin, yang mana nama mereka berdua, Freyja dan Frigg sama-sama berarti Lady. Dengan dewi yang lainpun, informasi mengenai Freyja terkadang tercampur, yaitu dengan Idun, sang penjaga apel awet muda. Freyja digambarkan luar biasa cantik, berambut pirang dan bermata biru. Diceritakan bahwa Freyja menikah dengan seorang dewa bernama Od atau Odur dan menjadi ibu dari dua orang anak perempuan, Nossa atau Hnossa dan Gersimi (Nama kedua anak tersebut sama2 berarti Permata). Bagaimanapun juga, Od secara misterius menghilang dan Freyja berkelana ke seluruh penjuru dunia untuk menemukan suaminya itu sambil meneteskan air mata emas. Setelah suaminya menghilang (Od), dia menjadi "yang tidak pilih-pilih" diantara semua dewi yang ada. Freyja mungkin lebih tepat disebut sebagai dewi seks /gg daripada dewi kesuburan. Dia memiliki banyak love affairs, dengan para dewa, manusia, Elf bahkan kurcaci. Freyja sering terlihat sebagai gundik Odin. Loki menuduh Freyja telah tidur dengan semua dewa yang ada di Asgard dan semua Elf di Alfheim (Lokasenna dari Poetic Edda). Loki bahkan menuduh Freyja telah tidur dengan saudaranya sendiri, Freyr. Tetapi baik Freyr maupun Freyja memang suami istri di kalangan Vanir. Freyja juga sangat dicari-cari oleh kalangan Raksasa. Dua raksasa, Hrimthurs dan Thrym ingin menikahi Freyja. Thor membunuh keduanya. Freyja juga sangat menyukai pertempuran dan peperangan. Dia turun ke medan perang dimana dia menerima setengah dari seluruh ksatria yang mati (setengahnya lagi masuk ke Valhalla) yang mana para ksatria ini tinggal di aula agungnya, Fólkvangar ("Battlefield"), didalam istananya Folkvang ("Field of Folk"). Aula Freyja yang lainnya adalah Sessrumnir. Freyja juga sangat menyukai emas dan dia memiliki kalung berharga yang disebut Brisingamen yang diperolehnya dengan tidur dengan 4 kurcaci yang dikenal dengan para Brising (Nama keempatnya kemungkinan adalah Alfrigg, Berling, Dvalin dan Grerr). Odin yang tidak senang dengan tingkah laku Freyja, mengirim Loki untuk mencuri Brisingamen. Penjaga Asgard, Heimdall yang punya penglihatan super, melihat si pencuri. Dia mengejar Loki dan mengembalikan Brisingamen kepada Freyja. Freyja juga mendapatkan hadiah lain berupa mantel dari bulu burung yang membuatnya dapat berubah bentuk menjadi elang. Kereta Freyja ditarik oleh dua ekor kucing (Jelas sudah, kenapa di Sea of Troll dikatakan bahwa kucing adalah hewan keramatnya Freyja). Hewan kesukaannya yang lain adalah babi atau babi hutan. Kekasih manusianya, Ottar, menyamarkan dirinya sendiri sebagai babi hutan perang dengan bulu emas yang bernama Hildesvini. Freyja terkadang disebut Sýr (sow), sebuah julukan(?). Freyja juga dikenal suka berjalan-jalan di pedesaan pada waktu malam dalam bentuk kambing betina. Tambahan, Freyja juga dewi ilmu sihir yang dikenal dengan nama seiðr (seið atau seior). Kecintaannya pada emas dan ilmu sihir membuatnya sering dikira sebagai dewi Vanir yang lain, Gullveig dan si penyhir wanita, Heid yang merupakan reinkarnasi dari Gullveig.

    Sif
    Dewi jagung dab kesuburan(?). Sif merupakan dewi dengan rambut emas yang indah. Sedikit yang diketahui tentang Sif, selain bahwa dia adalah salah satu dewi Vanir, sama seperti Freyja. Sif adalah istri Thor dan ibu dari Ull. Aslinya, Sif kemungkinan adalah seorang peramal yang bernama Sibyl, yang Snorri Sturluson sebutkan didalam pembukaan Prose Edda. Sibyl ini menikah dengan Tror (Thor), yang ditemuinya di dunia Thrace(?), yang oleh Snorri disebut Thrudheim. Ada sebuah cerita tentang Sif, dimana Loki memotong rambut emas Sif sebagai bentuk leluconnya kepada sang dewi. Thor yang marah karena peristiwa itu, berniat membunuh Loki, jika Loki tidak bisa mengembalikan rambut Sif seperti sedia kala. Loki kemudian pergi menemui para kurcaci, Sons of Ivaldi. Mereka kemudian membuat sebuah wig yang terbuat dari emas. Sihir pada wig tersebut membuat emas tumbuh seperti rambut asli. Cerita lengkapnya ada pada bagian lain, Gifts of the Dwarves.

    Idun
    Dewi awet muda dan musim semi. Idun adalah penjaga apel awet muda, yang membuat para dewa tetap muda dan abadi.Di dalam Lokasenna, Loki "accused" Idun untuk tidur dengan pembunuh saudara laki-lakinya. Siapa saudara laki-laki Idun ini? Tidak ada yang tahu. Tidak dijelaskan pula, siapa orang tua Idun. Karena itulah, maka kemungkinan Idun awalnya adalah dewi Vanir yang kemudian menjadi dewi Aesir setelah dia menikah dengan Bragi. Sebuah kisah bercerita mengenai raksasa Thiassi, yang membangun Valhalla, menuntut Loki untuk menyerahkan Idun dan apel awet mudanya sebagai bayaran. Loki menculik Idun dan mencuri keranjang Idun yang berisi apel dan menyerahkannya kepada Thiassi. Tanpa apel awet muda, para dewa Aesir mulai menua. Dewa2 Aesir kemudian menuntut Loki untuk membawa kembali Idun dan apelnya. Loki mengubah dirinya menjadi elang dan terbang di atas rumah Thiassi. Dia mengalihkan perhatian sang raksasa sebelum Thiassi masuk ke dalam rumahnya. Kemudian Loki mengubah Idun menjadi kacang dan membawanya pergi. Idun kembali ke Asgard dengan membawa apel awet muda dan para dewa Aesir pun kembali muda.

    Code:
    The Ever Youth.
    The keeper of apples,
    wich grant eternal youthfulness,
    The maiden, she is ---
    
    With Bragi, they feasted,
    the beloved she had.
    The trickster insulted her,
    Man-crazed he smeared.
    She was being accused,
    with other man she had slept.
    
    Lokasenna --- Poetic Edda
    Gullveig and Heid
    Gullveig adalah dewi Vanir dan kemungkinan adalah dewi penyembuhan. Gullveig adalah tipe dewi yang kecanduan pada emas dan hal ini sangat mengganggu para dewa Aesir. Gullveig kemudian diserang tiba2 di aula Odin dan disiksa: ditombak berkali-kali dan dibakar di api besar sampai 3 kali. Bagaimana pun, Gullveig selalu hidup kembali. Vanir yang tidak senang dengan perlakuan terhadap Gullveig kemudian meminta status dan hak yang sama dengan para Aesir. Pihak Aesir menolak dan terjadilah perang antara Vanir dan Aesir yang berlangsung selama 10 tahun, sebelum akhirnya Aesir memenuhi permintaan para Vanir. Sedangkan Heid, dia adalah perwujudan dari Gullveig ketika sanf dewi dibakar di api oleh para Aesir. Heid kemudian mempraktekkan ilmu sihir jenis seiðr.

    Kvasir
    Yang paling bijak diantara Vanir. Dia lahir dari perpaduan air liur dewa2 Aesir dan Vanir ketika perdamaian tercipta diantara keduanya. Pada waktu itu, Aesir dan Vanir sama-sama meludah ke dalam sebuah bejana. dari sanalah, Kvasir lahir. Kvasir terbunuh oleh dua kurcaci, Fjalar dan Galar yang bosan mendengar ceramahnya. Kedua kurcaci ini mencampur darah Kvasir dengan madu di dalam ketel (Odhrorir) dan membuat mead of poetry. Siapa pun yang meminum mead of poetry ini akan mendapatkan kepandaian atas puisi dan kebijaksanaan. Raksasa Suttung memaksa kedua kurcaci ini untuk memberikan mead of poetry tersebut dan meminta putrinya, Gunnlod untuk menjaga mead of poetry tersebut di gua di Jotunheim. Ketika Odin mendengar tentang benda pusaka tersebut, dia berniat memilikinya untuk dirinya sendiri. Dia bekerja untuk Baugi, saudara Suttung selama 1 tahun dengan menyamar sebagai seorang petani. Odin meyakinkan Baugi untuk membiarkan dirinya minum mead of poetry dengan masuk ke dalam gua dan menggoda Gunnlod untuk membiarkannya minum mead of poetry sampai 3 kali.

    Vanir dan para Elf
    Vanir dikatakan dekat sekali hubungannya dengan Elf (bahasa Norwegia: Alfar). Mereka sama-sama pengatur kesuburan dan juga pengatur alam. Meskipun demikian, Elf dan Vanir juga dikatakan memiliki status yang berbeda. Elf merupakan Dewa kecil yang menguasai kesuburan, sedangkan Vanir adalah Dewa utama yang menguasai kesuburan.

    Cerita Tentang Jotun

    Jotun

    Raksasa, musuh utama para dewa Aesir. Di dunia Norse, raksasa disebut dengan []Jotun[] atau []Iotun[]. Ada
    beberapa tipe raksasa, namun yang paling umum adalah Frost Giant. Mereka tinggal di Jotunheim,
    salah satu dari sembilan dunia. Ibukota Jotunheim adalah Utgard, benteng para frost giant dan rumah bagi Utgard-Loki atau Utgardaloki. Jotunheim adalah dunia yang besar namun hampa, kosong dari bentuk2 geografis fisik. Yang diketahui mengenai tanah raksasa ini adalah Jotunheim terletak di timur Midgard, dipisahkan oleh sungai2 dan hutan yang disebut dengan Jarnvid (Iron Wood). Jarnvid dihuni oleh troll-wives yang dikenal sebagai Jarnvidjur, dimana mereka adalah keturunan raksasa dalam bentuk serigala. Jotunheim terdiri dari banyak tempat selain Utgard. Raksasa Hrungnir tinggal di perbatasan Jotunheim, yang disebut dengan Griotunagardar. Raksasa Thiassi tinggal di pegunungan yang disebut Thrymheim, bersama dengan anak perempuannya, Skadi. Jenis raksasa lainnya adalah raksasa api yang tinggal di Muspelheim. Raksasa api Surt menjadi pemimpin disana. Perlu dicatat bahwa beberapa raksasa perempuan kemudian didewakan karena hubungan mereka dengan para dewa2. Mereka, antara lain adalah Jord, Grid, Gerd dan Rind. Para raksasa perempuan ini kemudian menjadi Asyniur. Kebanyakan dewa2 Aesir berasal dari keturunan para raksasa. Paling sedikit salah satu orang tua mereka adalah raksasa. Contohnya Odin, Thor, Tyr dan Heimdall. Mungkin yang paling penting/terkenal mengenai hal ini adalah keberadaan Loki. Kedua orang tuanya adalah raksasa, namun dia sendiri menjadi dewa Aesir. Loki kemudian menjadi pemimpin para raksasa ketika Ragnarok tiba.

    Para raksasa:

    Ymir
    Raksasa pertama. Para frost giant menyebutnya Aurgelmir. Ymir merupakan mahluk pertama yang
    tercipta di alam semesta. Ymir adalah ayah dari ras frost giant. Para frost giant lahir dari keringat yang berasal dari ketiak Ymir.Pertama-tama, Ymir menjadi ayah dari seorang raksasa yang tidak dikenal yang punya enam kepala yang diberi makan oleh sapi raksasa, Audumla. Audumla menemukan makanan dengan menghisap bebatuan. Batu ini kemudian menjadi berbentuk seperti manusia, kemudian menjadi dewa pertama, Buri. Buri menjadi ayah dari dewa utama lainnya, Bor. Bor dan Bestla kemudian menjadi orang tua dari 3 dewa, Odin, Vili dan Ve. Odin dan kedua saudaranya, kemudian membunuh Ymir. Mereka menggunakan tubuh Ymir untuk menciptakan dunia. Tulangnya digunakan untuk menciptakan langit dan alisnya digunakan untuk menciptakan Midgard atau Middle Earth, rumah bagi umat manusia. Ymir juga menjadi ayah dari Thrudgelmir dan kakek dari Bergelmer.

    Buri
    Leluhur para dewa. Masih diperdebatkan apakah Buri termasuk golongan raksasa atau dewa.

    Bor
    Dewa utama. Anak dari Buri. Bor kemungkinan lebih tepat disebut sebagai dewa daripada raksasa. Dia menikah dengan Bestla dan menjadi ayah dari Odin, Vili dan Ve.

    Bergelmer
    Anak dari Thrudgelmir dan cucu dari Ymir. Ketika dewa membunuh Ymir, darahnya membanjiri dunia, menenggelamkan semua frost giant kecuali Bergelmer dan istrinya. Selamat dari banjir besar, Bergelmer kemudian menjadi leluhur dari ras frost gaint.

    Surt
    Raksasa api. Tinggal di Muspelheim (negeri api) yang dikatakan ada di selatan. Disana Surt menjadi pemimpinnya. Pada saat Ragnarok, Surt yang membunuh Freyr, dewa pertama yang gugur. Surt mengakhiri perang dengan membakar habis 9 dunia. Hampir tidak ada mahluk hidup yang bertahan.

    Vafthrudnir
    Raksasa yang paling bijaksana, menurut salah satu puisi dari Poetic Edda, Vafthrudnismal ("Vafthrudnir's Sayings"). Selain info yang mengatakan bahwa dia adalah anak dari raksasa Im, tidak banyak yang diketahui mengenai dirinya. Vafthrudnir tidak disebutkan di puisi manapun. Vafthrudnir pernah terlibat dalam permainan tanya jawab antara dirinya dan Odin. Pada saat itu, Odin menyamar sebagai seorang pengelana yang menyebut namanya sebagai Gagnrad dan menantang kebijaksanaan yang dimiliki oleh Vafthrudnir. Sang raksasa menerima tantangan tersebut dan baru menyadari bahwa lawannya itu adalah Odin di akhir permainan, ketika dia tidak bisa menjawab pertanyaan dari Odin.

    Hrimthurs
    Raksasa yang membangun dinding disekeliling Asgard. Pemilik dari kuda ajaib, Svadilfari. Hrimthurs mengatakan bahwa dia bisa menyelesaikan pekerjaannya hanya dalam waktu enam bulan. Jika dia berhasil, maka Freyja harus menjadi istrinya. Begitu pula bulan dan matahari harus diserahkan kepadanya. Akibat perbuatan Loki, dia kalah dalam taruhan tersebut. Thor kemudian membunuhnya.

    Thrym
    Pemimpin para raksasa di Jotunheim. Suatu ketika Thrym mencuri palu ajaib milik Thor, Mjolnir. Dia mengatakan bahwa dia akan mengembalikan palu itu kepada Thor jika Freyja mau menjadi istrinya (Kenapa selalu Freyja Huh? ? ). Thor kemudian menyamar menjadi Freyja dan pergi ke Jotunheim. Disana dia ditemani dengan Loki. Disana, Thrym dan raksasa lainnya terpaku melihat ulah Freyja palsu ini. Dia memakan seekor lembu, 8 salmon dan 3 tankards of mead besar. Loki membuat alasan licik dengan mengatakan bahwa Freyja palsu tersebut tidak makan selama 8 hari karena begitu terkejutnya akan menikah dengan raja para raksasa. Thrym kemudian mencoba mengintip ke balik kerudung Freyja palsu tersebut. Sekali lagi Thrymn dikejutkan dengan api yang keluar dari mata Freyja palsu (Thor). Sekali lagi, Thrym meminta penjelasan, Loki menjawab bahwa Freyja sangat terpesona dengan pernikahan itu. Ketika Thrym meletakkan Mjolnir di pangkuan pengantin wanitanya, Thor keluar dari penyamarannya dan menyerang Thrym. Dia membunuh sang raja raksasa dan seluruh raksasa yang ada di tempat itu.

    Hrungnir
    Seorang raksasa dari Griotunagardar, daerah perbatasan Jotunheim. Hrungnir menyatakan bahwa dia adalah raksasa terkuat di dunia. Kepala dan jantungnya terbuat dari batu. Hrungnir memiliki seekor kuda bernama Gullfaxi ("Golden Mane"), kuda tercepat di Jotunheim, tetpai Odin mengatakan bahwa Sleipnir-nya lebih hebat. Perkataan Odin ini menyebabkan Hrungnir menyatakan bahwa dia dia akan datang ke Valhalla dari Jotunheim, menghancurkan Asgard dan semua dewa Aesir kecuali Freyja dan Sif, yang akan diambilnya sebagai gundik. Thor kemudian menantangnya dalam duel. Hrungnir lalu datang ke Asgard tanpa senjata. Dia berkata bahwa Thor harus menemuinya di Griotunagardar. Di sana, para raksasa yang lainnya membuat persiapan menghadapi Thor dengan membuat raksasa dari lumpur yang disebut Mokkurkalfi. Mereka berharap dapat menggunakan raksasa buatan ini untuk menakut-nakuti Thor. Mokkurkalfi memiliki ukuran yang luar biasa besar, tinggi 9 leagues dan lebar 3 leagues. Bersenjatakan batu asahan besar, Hrungnir melemparkannya ke arah Thor. Meskipun Mjolnir menghancurkan batu asahan tersebut menjadi tinggal setengah, salah satu serpihan dari pecahan batu menyangkut di kepala Thor. Mjolnir juga menghancurkan kepala batunya Hrungnir sehingga sang raksasa mati dan menimpa leher Thor. Thor tidak bisa memindahkan tubuh Hrungnir dari badannya, namun Magni berhasil. Kemudian Thor memberikan Gullfaxi kepada Magni.

    Hymir
    Frost Giant. Hymir adalah ayah dari dewa perang Tyr.

    Geirrod
    Frost Giant. Merupakan ayah dari dua raksasa perempuan Gialp ("Yelper") dan Greip ("Gripper"). Geirrod dan kedua anaknya berusaha membunuh Thor. Meskipun Geirrod telah mengusahakan agar Thor tidak membawa senjatanya, namun Thor mendapatkan senjata lain dari Grid yang digunakan oleh sang dewa petir untuk membunuh Geirrod beserta kedua anaknya.

    Thiassi
    Frost Giant. Merupakan anak tertua dari Olvaldi atau Allvaldi dan saudara dari Idi dan Gang. Ayahnya sangat kaya dan tinggal di Thrymheim. Ketika ayah Thiassi meninggal, tanah tersebut dibagi untuk ketiga bersaudara tersebut. Thiassi memiliki kemampuan berubah menjadi elang. Dia juga punya seorang anak perempuan yang cantik bernama Skadi. Thiassi adalah raksasa yang menculik Idun, penjaga apel awet muda yang dilakukannya dengan bantuan Loki. Loki kemudian dipaksa untuk menyelamatkan Idun. Thiassi kemudian mengikuti Loki ke Asgard dalam bentuk seekor elang raksasa, tetapi langsung dibunuh oleh para Aesir begitu dia melewati dinding Asgard. Skadi yang ingin membalas dendam atas kematian ayahnya mendapat tawaran damai dari para Aesir. Dia boleh memilih suami dari kalangan Aesir. Odin juga mengambil mata Thiasii dan melemparkannya ke langit dan dua bintang baru pun tercipta.

    Suttung
    Frost Giant. Suttung ("Sup Heavy") merupakan anak dari raksasa Gilling. Ketika dua kurcaci, Fjalar dan Galar membunuh orang tuanya, Suttung berniat membunuh kedua kurcaci tersebut sebagai bentuk balas dendam. Suttung bersedia melepaskan keduanya, tetapi imbalannya adalah Mead Of Poetry. Suttung kemudian memerintahkan anak perempuannya, Gunnlod untuk menjaga benda pusaka tersebut. Cerita selanjutnya baca bagian Gunnlod di bawah. Ketika Odin melarikan diri ke Asgard, Suttung mengejarnya dalam wujud seekor elang, namun Suttung tidak berhasil mengejar Odin. Dia pun tidak bisa mengembalikan Mead Of Poetry ke keadaan semula.

    Gunnlod
    Seorang raksasa perempuan. Gunnlod atau War Summon adalah anak perempuan raksasa Suttung. Gunnload adalah penjaga Mead Of Poetry. Ketika ayahnya mendapatkan benda pusaka tersebut, dia meminta Gunnlod untuk menjaganya di dalam gua. Ketika Odin berhasil masuk ke dalam gua tersebut, Gunnlod mengizinkan sang dewa untuk meminum Mead Of Poetry tersebut, tetapi dengan syarat Odin harus bersedia tidur dengannya (Apa-apaan ini? ). Jadi, Odin tidur dengan Gunnlod selama 3 malam dan Odin pun berhasil mendapatkan keinginannya.

    Hrym
    Di dalam mitologi Norse tentang Ragnarok, Hrym adalah raksasa yang menjadi kapten dan mengemudikan kapal Naglfar. Naglfar dibuat dari kuku orang mati yang tidak dipotong . Hrym akan membawa para Frost Giant dari Jotunheim ke dataran Vigrid

    Aspilian
    Raksasa yang tinggal di hutan dan pegunungan dari Lungbardi (Lombardy), yang muncul di Thidrekssaga (c. 1200). Aspilian meneror beberapa daerah pertanian yang dimiliki oleh sebuah biara. Aspilian telah menantang orang-orang di biara tersebut untuk menghadapinya, jika para rahib di biara itu ingin tanah mereka dikembalikan. Pada waktu itu, seorang pahlawan, Heimir sedang singgah di biara tersebut untuk menebus dosa masa lalunya. Heimir, sekali lagi mencabut pedangnya yang bernama Naglhring dan membunuh Aspilian. Heimir bertemu kembali dengan teman lamanya, Thidrek, ketika sang raja mendengar bahwa Heimir telah berhasil membunuh Aspilian.

    Bestla
    Raksasa perempuan. Merupakan anak perempuan dari raksasa Bolthor. Bestla kemudian menikah dengan dewa utama yang bernama Bor, putra Buri. Dia adalah ibu dari Odin, Vili dan Ve.

    Angerboda
    Frost Giant. Melalui Loki, dia adalah ibu dari Hel, Midgard Serpent (Jormungand) dan Fenrir, si serigala raksasa.

    Skadi
    Frost Giant. Skadi adalah anak perempuan dari Thiassi dari pegunungan Thryheim. Ketika ayahnya dibunuh oleh para Aesir, Skadi hendak berperang dengan pihak Aesir. Pihak Aesir kemudian melakukan perjanjian damai hanya jika mereka bisa membuat Skadi tertawa dan Skadi boleh memilih suami diantara para dewa Aesir yang ada. Loki dengan muda membuat Skadi tertawa namun memilih suami merupakan situasi yang lebih sulit. Karena itu, Skadi akan memilih suaminya berdasarkan kakinya. Awalnya, Skadi mengira bahwa dia memilih Balder karena kakinya yang indah. Ternyata suami barunya justru Njord. Pernikahan antara Skadi dan Njord tidak berlangsung lama karena perbedaan tempat tinggal favorit keduanya yang berbeda jauh, satu di laut sementara yang lain ada di pegunungan. Karenanya kemudian mereka bercerai. Skadi kemudian menikah dengan Ull. Sama seperti Gerd atau pun raksasa perempuan lainnya, Skadi kemudian menjadi Asyniur, dewi pegunungan, ski dan sepatu salju. Terkadang Skadi dianggap sebagai ibu dari Freyr dan Freyja. Yang benar bahwa dia hanyalah ibu tiri mereka berdua.

    Grid
    Frost Giant. Grid ("Damai") adalah seorang raksasa perempuan yang bersahabat yang memperingatkan Thor akan pengkhianatan Geirrod. Suatu ketika Thor pergi ke rumah Geirrod tanpa senjata, karena Loki telah menyarankan Thor untuk meninggalkan Mjolnir di istananya. Grid kemudian memberikan Thor tongkat sihirnya (Grídarvöl), begitu juga dengan sebuah sarung tangan besi (Járngreipr) dan sebuah korset (Megingjord). Thor menggunakan hadiah pemberian Grid ini untuk mengalahkan Geirrod beserta dengan anak perempuannya yang jahat. Grid adalah ibu dari Vidar melalui Odin.

    Gerd
    Raksasa perempuan yang menjadi istri Freyr. Gerd adalah putri dari raksasa gunung Gymir dan Aurboda. Gerd memiliki saudara yang tidak bernama yang mati terbunuh. Freyr bisa jatuh cinta pada Gerd setelah dewa itu duduk di Hlidskialf, tahta Odin yang ada di salah satu aulanya, Valaskialf. Tahta ini memungkinkan setiap orang melihat seisi dunia, tidak peduli berapa pun jauh jaraknya. Freyr kemudian mengutus pelayannya, Skirnir untuk merayu Gerd agar mau menikah dengan Freyr. Awalnya, Skirnir menawarkan berbagai hadiah untuk Gerd. Namun semua ditolaknya, bahkan ketika Skirnir mengancam akan memenggal kepalanya dengan menggunakan pedang Freyr. Gerd baru mau menerima tawaran Skirnir ketika Skirnir mengatakan akan mengutuk Gerd dengan mengubah dirinya menjadi seorang wanita yang jelek. Gerd berjanji akan menemui Freyr di sebuah hutan kecil yang disebut Barri. Meskipun cerita tersebut tidak pernah menjelaskan apakah keduanya jadi menikah, banyak penulis yang menyebutkan bahwa keduanya kemudian memiliki anak yang diberi nama Fiolnir. Gerd kemudian menjadi dewi cahaya, seorang Asyniur, sama seperti raksasa perempuan Skadi yang juga menjadi Asyniur.


    Jarnsaxa
    Raksasa perempuan. Jarnsaxa or Iarnsaxa adalah ibu dari Magni dan Modi melalui Thor. Sedikit yang diketahui mengenai sosok yang satu ini, kecuali bahwa dia adalah saingan Sif dalam memperebutkan cinta Thor. Orang tuanya tidak diketahui. Namanya sendiri berarti "Iron Sax" dan muncul di daftar para raksasa perempuannya Sturluson

    Fenia & Menia
    Dua raksasa perempuan yang bekerja sebagai budak kepada raja Denmark, Frodi seperti yang tertulis di dalam puisi Grottasong atau "Song of Hand-Mill" dari Poetic Edda, namun Snorri Sturluson juga memasukkan versinya sendiri untuk cerita tersebut, kematian Raja Frodi. Frodi adalah anak dari Fridleif dan cucu dari Skiold. Skiold adalah pendiri dinasti Danish, dikenal sebagai Skioldungs. Skiold adalah anak Odin. Frodi adalah raja yang terkenal karena berhasil membawa "Frodis' Peace" di negara2 utara. Frodi hidup di masa Kristus. Dia tinggal di Denmark yang waktu itu dikenal dengan nama Gotland. Frodi juga berhasil membawa kemakmuran untuk kerajaannya. Rahasia dibalik itu semua karena Frodi telah membeli dua budak dari raja Swedia, Fiolnir. Kedua budak ini dipekerjakan di penggilingan. Penggilingan ini dapat menghasilkan apa pun, termasuk emas. Itu sebabnya kerajaan Frodi selalu kaya. Dan yang bekerja di penggilingan itu tidak lain tidak bukan adalah si dua raksasa perempuan, Fenia dan Menia yang bekerja tanpa istirahat, menghasilkan barang demi barang. Kedamaian yang dihasilkan oleh Frodi akhirnya usai ketika dia dibunuh oleh Mysing, raja viking. Kematian Frodi tidak mengubah nasib Fenia dan Menia. Mereka tetap menjadi budak dengan bekerja di penggilingan yang ada di dalam kapal Mysing. Hal ini disebabkan karena Mysing lebih tertarik pada garam daripada emas. Karena harus bekerja tanpa henti, Fenia dan Menia akhirnya membuat garam yang banyak, yang karena banyaknya akhirnya menenggelamkan kapal Mysing dan seluruh isinya, termasuk kedua raksasa perempuan itu. Puisi menjelaskan inilah alasannya kenapa air laut itu memiliki rasa asin.
     
    Last edited: Feb 27, 2010
    • Thanks Thanks x 5
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +152,588 / -2
    intinya ,, Perang Ragnarok itu adalah Perang yg terjadi pertama kali di dunia cc !!!
    Perang antara Manusia Dan Dewa-Dewi gitu !!!
     
  4. Offline

    Bian_Zoldark Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 14, 2008
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    bagus infonya, sangat inspiratif.

    btw kalo gw gak salah, ini mitos celtic kan ? (celtic myth)
     
  5. Offline

    Shuichi Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,528
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +152,588 / -2
    Yuph ...
    nii Mitos yg brasalh dr suku myth di Norwegia ...
     
  6. Offline

    Moderator Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 9, 2009
    Messages:
    36
    Trophy Points:
    46
    Ratings:
    +38 / -0
    pokok na ada dewa loki, chaos, iris, fenrir

    nama2 dewa itu di pake sebagai nama server ragnarok indo :D
     
  7. Offline

    hanimon Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 20, 2008
    Messages:
    1,928
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,196 / -0
    trus artinya ragnarok apa? :???:
     
  8. Offline

    Bian_Zoldark Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 14, 2008
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Norwegia yah......

    hmmm..... gw jadi inget ama cerita Vikings.......

    gimana kalo di tambahin aja sekalian ama Mitos Bangsa Vikings ?
     
  9. Offline

    Izan Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    2,886
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,750 / -0
    mungkin ragnarok itu perang antar dewa kali ya ??
     
  10. Offline

    Bian_Zoldark Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 14, 2008
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Ragnarok itu juga bisa diartikan KIAMAT.

    atau sebuah perang yang amat besar sehingga menyebabkan kehancuran total di muka bumi.
     
  11. Offline

    firstlarc Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    261
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,482 / -0
    :onion-50:Oh gitu ya pantes banyak game terinspirasi dari situ kayak serial Tales
    :bye:
     
  12. Offline

    xaea Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2008
    Messages:
    1,519
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +14,810 / -0
    jadi pengen maen Age of Myth lagi.. :P
     
  13. Offline

    darknightzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    754
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +1,916 / -0
    akankah semua valkrie se-bohay valkrie Lenneth & Silmeria???
     
  14. Offline

    xaea Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 17, 2008
    Messages:
    1,519
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +14,810 / -0
    kagak. kurang lebih kaya Colonel Claus von Stauffenberg lah ntar valkyrienya..
     
    • Like Like x 1
  15. Offline

    darknightzz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    754
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +1,916 / -0
    setidaknya kga mirip colonel Sanders...
    hohoho :tt1::tt1::tt1::tt1:
     
  16. Offline

    Ryosuke Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    2,077
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,031 / -0
    panjang juga...tapi:top:
    jadi inget maen age of myth...
     
  17. Offline

    rudy_gen Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 24, 2008
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +38 / -0
    owhhhhh

    peperangan ato kiamat ya ati dari RAGNAROK tuh....
     
  18. Offline

    nunuyasha Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 13, 2008
    Messages:
    826
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,086 / -0
    Ragnarok ,,, norse myth,,,
    ragnarok == Battle of The Gods,,,
    and when it's over, mankind raise ,,,

    tapi kpanjngan,,, ribet bacanya ,,,
    nais post niwey bro ~~
     
  19. Offline

    Shar2012 Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +16 / -1
    yang tersisa Lif dan Lifthrasir?
    wah itu bisa di samakan dengan manusia pertama tidak?
    yang menjadi cikal bakal peradaban manusia di bumi
     
  20. Offline

    gyula Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 13, 2008
    Messages:
    724
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +2,574 / -0
    Kalo Brunhilde (kalo bener nulisnya) itu juga valkyrie kan? Dia berperan penting ga sih dalam perang ragnarok, soalnya dia kan kalo ga salah anak dewa (trus kalo cari pake thesaurus gitu, satu2 nya valkyrie yang tercantum cuma dia aja)
     
  21. Offline

    ARX Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 25, 2009
    Messages:
    2,519
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,244 / -0
    hmm.... lumayan...

    Tapi bukannya RO make myth bangsa viking yah?

    Odin-odin.... emang suka cari masalah, udah dikasih hampir segala sesuatu dari loki malah bilang loki berkhianat.... ngga tahu terima kasih..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.