1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Apa itu fanfic???

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by aoisugimoto, Sep 8, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    aoisugimoto Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    190
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +176 / -0
    wktu gw nulis fanfic di idws kebanyakan pada ga tau!!!
    sekedar informasi aja mengenai apa itu fanfic... kali aja ada yang seneng mu nulis fanfic jugaaa...

    FanFic, singkatan dari fans fiction, adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar berdasarkan kisah, karakter atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film , komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya. Terkadang sejumlah fanfic menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak.

    Plot sebuah Fanfic merupakan hasil imajinasi para fans. Konsep sederhana yang digunakan dalam menulis sebuah fanfic adalah “What if…” atau “Bagaimana jika…”. Dengan konsep itu fans bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka. Fanfic menjadi sebuah art-project yang menyenangkan bagi seorang fans disamping proyek lain seperti membuat wallpaper, scrap book, craft design, atau art work lainnya yang menyangkut bintang atau karakter pujaannya.

    Konsep “What If…” atau “Bagaimana jika…” memungkinkan pengembangan plot fanfic bisa berhubungan dengan kisah aslinya atau bahkan tidak berhubungan sama sekali. Konsep tersebut juga membebaskan para fans (penulis fanfic) untuk bereksperimen mengeksplorasi dan memodifikasi karakter yang sudah ada atau bahkan menggabungkan karakter dan plot dari beberapa kisah sekaligus. Konsep tersebut juga berlaku pada fanfic selebritis, yaitu fanfic yang ditulis dengan menggunakan karakter para selebritis atau orang terkenal.

    Untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, penulis fanfic biasanya mencantumkan kategori "fanfic" dalam tulisannya dan memberikan disclaimer, semacam pengakuan hak cipta, untuk penulis aslinya. Sedangkan untuk menghindari protes atau pertanyaan dari fans lain, biasanya para penulis fanfic selalu memberikan sedikit catatan-catatan “peringatan” atas variasi-variasi eksperimen yang dia gunakan dalam fanfic-nya.

    Beberapa istilah yang umum dikenal dalam dunia “per-fanfic-an” antara lain :

    -OC (Other Character), artinya penulis telah menambahkan tokoh lain (yang murni rekaan penulis) dalam cerita fanfic tersebut.
    -OOC (Out Of Character), artinya karakter yang diambil akan berbeda dengan karakter mereka dalam kisah aslinya.
    -Cross-gender, artinya ada karakter yang dirubah jenis kelaminnya
    -Crossover, artinya fanfic yang bersangkutan dibuat dengan mencampur plot dan karakter dari dua buah cerita atau lebih,
    Dan sebagainya.

    Dari segi teknik penyajiannya, fanfic bisa dibagi beberapa macam, yaitu:

    -Drable, atau umumnya dikenal dengan istilah cerpen 100 kata. Panjang cerita sekitar 100 kata dan biasanya karakter atau setting yang dipakai tidak menyimpang dari cerita aslinya.
    -Shortshoot (cerpen). Format penyajiannya seperti cerpen, karakter atau setting yang dipakai tidak menyimpang dari pakem, masih berhubungan dari cerita, biasanya mengeksplorasi dari bagian-bagian cerita asli yang tidak terekspos.
    -Longshoot (cerbung). Sama seeprti cerpen, hanya berbeda dari segi jumlah kata. Sebuah longshoot bisa terdiri dari ribuan kata.
    -Songfic, adalah sebuah fanfic yang ditulis dengan menggunakan karakter, setting dan pakem cerita yang sudah ada, namun menggunakan plot lagu atau puisi sebagai pengembangannya.
    -Alternate universe, yaitu fanfic yang ditulis berbeda dan tidak berhubungan dengan pakem aslinya.
    -Crossover, yaitu fanfic yang dibuat dengan menggabungkan dua cerita atau lebih. Misalnya, menggabungkan karakter Harry Potter dengan Prince of Tennis.

    Mungkin dalam dunia menulis Indonesia, fanfic masih belum begitu dikenal. Namun di dunia tulis-menulis dunia maya dunia, fanfic memiliki komunitas penulis yang tidak kalah aktif dan antusias. Salah satu situs fanfic paling terkenal adalah www.fanfiction.com, yang merupakan komunitas terbesar penulis fanfic dunia. Sejumlah komunitas-komunitas yang lebih kecil bisa dilihat dalam situs-situs blog macam www.LiveJournal.com atau www.blogspot.com.

    Definisi yang terkesan bersifat plagiarisme membuat fanfic tidak mungkin diterbitkan dalam dunia nyata. Itu sebabnya fanfic lebih berkembang dalam dunia maya. Lagipula tidak semua pengarang mengijinkan karyanya dibuat fanfic. Anna Rice (pengarang novel Interview With The Vampire) adalah salah satu contoh yang secara tegas melarang siapapun yang menggunakan karakter dalam buku-bukunya untuk dibuat menjadi fanfic. Biasanya komunitas fanfic sudah mencantumkan nama-nama pengarang yang memberikan larangan semacam itu sehingga penulis fanfic tidak akan menggunakan karakter dalam cerita mereka.

    Banyak yang menganggap fanfic bukan cerita yang orisinal. Namun bagi saya pribadi, fanfic justru baik dipakai sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan menulis. Fan biasanya selalu bersemangat ketika mereka mengerjakan sebuah proyek yang berhubungan dengan idola mereka. Menulis fanfic akan membuat mereka menikmati kegiatan menulis.

    Fanfic juga bagus digunakan sebagai media latihan menulis mereka yang ingin memperhalus gaya bahasa, memperdalam pemahaman karakter, mengembangkan plot dan memperbaiki cara penulisan. Setting dan karakter yang sudah tersedia memungkinkan penulisnya bisa lebih berfokus pada pengembangan tekhnik penulisan dan tekhnik bahasa yang mereka miliki.

    Masalah orisinalitas ide atau bukan, sebuah karya yang indah tetap membutuhkan kemampuan yang cukup baik dari penulisnya. Apa salahnya mengapresiasi sebuah karya fanfic?

    Jadi, menulis fanfic, mengapa tidak?
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    IzanaGi_No_OoKaMi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    354
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +43 / -0
    gan gw juga sering baca fanfic yg series persona :smiley_beer:

    truz gan itu web fanfic salah tuh bukannya fanfiction.net:th_104_:
     
  4. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    ...aq juga nulis koq... jaman SMA...
     
  5. Offline

    Chopsuey03 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 11, 2009
    Messages:
    709
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +133 / -0
    Fanfic terakhir yang ku baca tuh dari gamenya Elderscroll IV:Oblivion yang digabungin ama ceritanya Fable .... bisa kok dilihat di elderscroll.com bagus deh critanya
     
  6. Offline

    lucifershinigami Silent Reader Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +262 / -0
    fan fic diotak guwe banyak,kerasukan toku anime
     
  7. Offline

    85e Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +68 / -0
    Baru tau :swt:
     
  8. Offline

    IzanaGi_No_OoKaMi Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    354
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +43 / -0
    yg plg gw suka itu persona series yg All he sees is reed.....:lol:
     
  9. Offline

    aoisugimoto Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    190
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +176 / -0
    buat yang suka ato dah bikin fanfic bagi-bagi donk fanficnyaa,,,,,,
     
  10. Offline

    kaisarnaga Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2009
    Messages:
    542
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +108 / -0
    berarti fanfic itu mirip doujinshi ya? plesetan/parodi/sidestory?
     
  11. Offline

    bowniebonsky Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    166
    Trophy Points:
    36
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +276 / -0
    jd kaya novel euy....writing gtuw yaa...klo sama blog apa bedanya?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.