1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Anwar: Demokrasi RI Lebih Baik dari Malaysia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by windzero, Jul 30, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    windzero Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 9, 2011
    Messages:
    805
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +49,671 / -1
    Pemimpin oposisi Malaysia Datuk Anwar Ibrahim mengatakan demokrasi di Indonesia jauh lebih baik bila dibandingkan dengan Malaysia.

    "Di Indonesia sangat baik, kebebasan ada, di kita sistem betul-betul mencengkram," ungkap Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, pada Forum Publik dengan Datuk Seri Anwar Ibrahim tentang akses terhadap Keadilan, di Puri Imperium, Jakarta, Sabtu, 30 Juli 2011.

    Anwar mencontohkan, media massa di Indonesia tidak terkooptasi dan diatur langsung oleh pemerintah untuk memberitakan yang diperbolehkan saja. "Itu yang terjadi di Malaysia, media di kontrol," ungkapnya.

    Selain itu, kata Anwar, diskriminasi rasial sangat terbuka di Malaysia dengan adanya slogan dari partai penguasa yaitu 'satu Malaysia, Melayu' semakin membuat etnis minoritas terpinggirkan.

    "Tahun 2007 saya menulis kebijakan ekonomi Malaysia yang harus meninggalkan pendekatan etnik dan pribumi, jangan anggap etnis China adalah pendatang yang baru semalam," kata Anwar.

    Namun, lanjutnya, perjuangannya justru menuai kecaman dari masyarakat melayu yang diprovokasi oleh penguasa bahwa jika oposisi menang, maka bangsa melayu akan terpinggirkan.

    "Saya muslim dan saya Melayu, suatu hari ada anak China tidak mampu, anaknya pedagang kecil, mau mendapat beasiswa tidak bisa karena dia China, sangat diskriminatif," kata Anwar.

    Anwar berkali-kali memuji proses demokrasi di Indonesia yang jauh lebih baik daripada Malaysia terutama terkait kebebasan berpendapat, kebebasan pers, dan penghapusan diskriminasi rasial.

    Kekurangan yang sangat besar, lanjut Anwar, di Malaysia adalah tidak adanya kebebasan pers untuk dapat menjadi penyeimbang pemerintahan sehingga masyarakat dapat mengawasi seperti di Indonesia.

    "Social Network, dia bicara kebebasan, kalau media di kita di kontrol," katanya.

    Dia berharap, dengan upaya-upaya yang dilakukannya bersama kelompok yang menamakan Bersih 2.0 beberapa waktu lalu dapat membuka pandangan masyarakat Malaysia dan dunia bahwa di Malaysia tidak sedang baik-baik saja.

    "Saya yakin suatu saat rakyat mendengar dan bisa memilih dengan hati nurani dan akal sehat," pungkasnya.

    Korupsi Lebih Canggih

    Namun untuk urusan korupsi, angka korupsi di Indonesia termasuk besar dibanding di Malaysia. Namun korupsi di Malaysia dilakukan lebih canggih.

    "Di Indonesia kan lebih jelas. Kalau di Malaysia menggunakan amplop dan yang memberi juga bilang 'Pak ini harus dibaca yah', lebih canggih kan?" ujarnya.

    Menurutnya dengan pendapatan bersih dari hasil minyak sebesar US$25 miliar, namun perekonomian dipandang tidak membaik. Pengangguran di Malaysia juga dinilai tinggi. "Kesenjangan di Malaysia paling tinggi di ASEAN lebih parah dari Indonesia," kata Anwar. (umi)
    • VIVAnews
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    kyuubi_naruto Carefree Spirit Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 3, 2012
    Messages:
    2,064
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +11,550 / -4
    haha link sumbernya dong gan :minta:

    ini sih joke aja :haha:
     
  4. Offline

    rizqal Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 4, 2010
    Messages:
    988
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +218 / -1
    "Di Indonesia sangat baik, kebebasan ada, di kita sistem betul-betul mencengkram," ungkap Pemimpin oposisi Malaysia

    bebas sih bebas, tapi terlalu bebas juga bisa bikin ancur gan :oghoho:
     
  5. Offline

    Reyn15 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 16, 2012
    Messages:
    836
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +108 / -0
    Di Indonesia memang ada kebebasan tapi masih di batasi.
    Mungkin ini yang membuat Malaysia suka menghina bangsa lain :oghehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.