1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Antioksidan Tingkatkan Resiko Diabetes

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by Nawainruk, Oct 8, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Nawainruk Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,165 / -0
    [​IMG]

    Zat antioksidan selama ini dikenal dengan manfaatnya untuk melindungi atau mencegah sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel dengan menyerang partikel yang disebut dengan reactive oxygen species (ROS) yang merupakan oksidan yang sangat reaktif.

    Tetapi apabila Anda termasuk dalam penderita diabetes tipe 2 tahap awal, sebaiknya hindari mengkonsumsi antioksidan. Karena, antioksidan justru mempercepat terjadinya diabetes.

    Itu diketemukan oleh Tony Tiganis dari Monash University, Australia dalam risetnya yang dilakukan dalam uji coba hewani.

    Stres oksidatif terjadi bila keseimbangan terganggu dimana jumlah ROS sangat meningkat karena kapasitas sistem antioksidan tubuh sangat menurun. Stres oksidatif tersebut diketahui dapat mempercepatnya perkembangan beberapa penyakit, termasuk diabetes tipe 2.

    Menurut Tiganis, cara kerja stres oksidatif bukanlah merusak tubuh namun mencegah enzim yang merusak kemampuan tubuh menggunakan insulin pada awal terjadinya diabetes. Dan antioksidan diperkirakan mengganggu mekanisme perlindungan tersebut.

    Meskipun penelitian ini baru sebatas pada tikus percobaan dan bukan pad manusia, namun Tiganis mengatakan bahwa sudah ada beberapa riset stui yang menyatakan bahwa antioksidan tidak melindungi tubuh dari penyakit diabetes. Sarannya, "Bila tak ingin kena diabetes, saran saya adalah memiliki pola makan sehat dan olahraga, bukan mengurangi konsumsi suplemen antioksidan."
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.