1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Antioksidan Pada Spirulina

Discussion in 'Lifestyle' started by kirinochan, Dec 7, 2017.

  1. Offline

    kirinochan Silent Reader Members

    Joined:
    May 25, 2016
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    Antioksidan adalah senyawa yang membantu sel bertempur untuk melawan kerusakan DNA yang menyebabkan kanker, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Sebenarnya tubuh juga memproduksi antioksidan sendiri, namun dia juga mendapat bantuan dari luar terutama dari makanan.

    Menurut National Cancer Institute seperti yang dilansir melalui livescience mengatakan bahwa penelitian belum menemukan bahwa suplemen antioksidan dapat menurunkan risiko kanker. Mengonsumsi suplemen antioksidan kemungkinan besar juga tak akan membantu menurunkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes.

    Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise tahun 2010 lalu menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu para atlet pulih dari stres akibat latihan berat yang menyebabkan kelelahan otot.

    Mereka menunjukkan bahwa spirulina mengandung beberapa senyawa yang mengandung sifat antioksidan termasuk senyawa fenolik, phycocyanins, tokoferol dan beta-karoten.

    Studi lain yang dilakukan pada tahun 2008 menguji penurunan lipid (seperti minyak, lilin atau vitamin)spirulina pada 78 orang dewasa dengan rentang usia antara 60-87 tahun. Para peserta penelitian mengonsumsi 8gr spirulina setiap hari selama 16 minggu. Pada akhir penelitian, para peserta penelitian menunjukkan penurunan kadar kolesterol yang signifikan.

    Studi lainnya yang mengikutkan sekitar 52 orang dengan usia antara 37-61 tahun dengan kolesterol tinggi menunjukkan adanya efek spirulina pada kolesterol. Para peserta diminta mengonsumsi sekitar 1gr suplemen spirulina setiap hari selama 12 minggu.

    Pada akhir penelitian, mereka mengalami penurunan trigliserida yang merupakan kolesterol jahat. Hanya saja, tekanan darah, dan berat badan mereka tak berubah.

    Saat ini para ahli mengakui bahwa penyakit jantung tak hanya disebabkan oleh gangguan kolesterol dan trigliserida tinggi, tetapi juga bisa disebabkan oleh penyakit peradangan kronis.

    Terkait dengan itu, spirulina dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan sifat antioksidan yang dimilikinya. Hanya saja para ahli mengungkapkan bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut. Hal ini disampaikan para ahli melalui jurnal Cardiovascular Therapeutics.

    Sumber : meredeka
     
  2. Offline

    son1cx Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +32 / -0
    baru denger ini spirulina :D
     
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.