1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Collection Aneka Masakan Jepang

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by Luciela, Sep 2, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    Luciela Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2008
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    Bungkus Tofu (tahu jepang) dengan kain bersih
    Tekan airnya keluar lalu potong kecil - kecil
    Panaskan ,imyak dalam wajan
    Tumis Tofu tersebut dan tiriskan, rebus kaldu dan masukkan tofu
    Cairkan miso dengan sedikit kaldu lalu masukkan ke kaldu
    Tambahkan bayam yang telah dipotong dan masak hingga kaldu mendidih
     
    Last edited by a moderator: Nov 22, 2014
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Luciela Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2008
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    Shabu-Shabu

    Untuk Porsi 5 orang

    Bahan-bahan

    Bahan:

    * 500 gram daging sapi sukiyaki
    * 12 buah jamur shitake segar
    * 1 buah tahu putih, ukuran besar, potong berbentuk dadu
    * 75 gram soun, rendam dalam air panas, tiriskan
    * 100 gram sawi putih, potong-potong
    * 3 batang daun bawang, potong serong ukuran 2 cm
    * 100 gram sawi pok choy, potong-potong
    * 1 1/4 liter kaldu ayam

    Saus pencelup:

    * 150 cc kecap kikkoman
    * 100 cc ponzu/air jeruk lemon
    * 1 sendok makan gula pasir
    * 5 cm lobak, parut halus
    * 3 siung bawang putih, haluskan
    * 3 cm jahe, parut halus
    * 1 sendok makan biji wijen, sangrai, haluskan


    Cara membuat

    Bahan: didihkan kaldu ayam, masukkan daun bawang, aduk rata, lalu masukkan daging sapi, jamur, tahu, soun, sawi putih, dan sawi pok choy, masak hingga matang, jangan diaduk-aduk.
    Saus pencelup: campur kecap kikoman, gula pasir, dan ponzu/air jeruk lemon, aduk rata, didihkan, angkat, dinginkan, lalu masukkan lobak parut, bawang putih, jahe, dan wijen, aduk rata.
    Biasanya shabu-shabu disajikan bersama-sama dengan saus pencelup.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    Luciela Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2008
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    SUP SALMON BAYAM JEPANG (4 porsi)

    Bahan :
    - 1 sdm minyak sayur
    - 1 sdt ketumbar bubuk
    - seujung sdt bubuk kunyit
    - 2 batang cabai hijau, buang biji, iris tipis
    - 2 butir bawang merah iris – iris
    - 2 batang serai , iris tipis bulat
    - 5 siung bawang putih, cincang
    - 3 cm jahe, iris korek api secukupnya
    - 2 2 batang daun bawang, iris tipis
    - ½ buah kulit jeruk purut, diparut
    - 2 buah jeruk limau, peras air
    - 250 cc air
    - 1 sdt kaldu ikan
    - 1 sdt garam
    - 1 sdt penyedap rasa
    - ¼ sdt lada bubuk
    - 500 gr salmon, potong dadu
    - 2 ikat bayam jepang (heronso), siangi
    - daun ketumbar secukupnya

    Cara membuat :
    tumis bawang putih, bawang merah, ketumbar, jahe, serai, kunyit hingga harum
    masukkan air, kaldu ikan, cabai hijau, garam, lada, penyedap rasa, parutan kulit jeruk, masak hingga mendidih
    masukkan ikan salmon, masak sebentar, masukkan bayam, masak hingga matang, angkat
    hidangkan panas – panas dengan di beri perasan air jeruk limau
     
  5. Offline

    Luciela Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2008
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    chicken teriyaki

    Bahan-Bahan :
    500 gram daging ayam, potong 2 x 4 cm
    2 sendok makan minyak sayur

    Bahan Bumbu:
    5 sendok makan saus teriyaki botolan , siap pakai
    1 sendok makan daun bawang iris halus
    1 sendok teh bawang putih parut
    1 sendok teh jahe parut
    ½ sendok teh minyak wijen
    ½ sendok teh garam

    Bahan Taburan:
    2 batang daun bawang, iris halus

    Cara Mengolah :
    1. Aduk potongan ayam dengan Bumbu hingga rata.
    2. Diamkan selama 1 jam hingga meresap.
    3. Panaskan minyak, tumis ayam berikut bumbunya.
    4. Aduk hingga kaku.
    5. Masak hingga ayam matang dan kuah habis.
    6. Taburi daun bawang.
    7. Sajikan hangat.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    donjuliano86 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 8, 2008
    Messages:
    160
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +7,101 / -0
    Resep Okonomiyaki

    ikut ngeramein ya!!

    Resep Okonomiyaki

    Bahan:

    * 120 gr terigu (tepung okonomiyaki atau tepung tempura kalau ada)
    * 175 cc air atau dashi
    * 200 gr kol
    * 1 butir telur ayam
    * daun bawang sesuai selera
    * bahan isi: daging, udang, atau cumi-cumi (berat dan jumlah sesuai selera)
    * saus okonomiyaki
    * mayones
    * katsuobushi

    Cara membuat:

    1. Encerkan tepung dengan air atau dashi yang dibuat dari katsuobushi dan kombu, aduk-aduk hingga rata, tapi jangan diaduk terlalu lama karena adonan bisa menjadi keras
    2. Tambahkan telur ke dalam adonan
    3. Campurkan irisan kol (lebar kira-kira 1 cm) ke dalam adonan, aduk sedemikian rupa agar udara masuk ke dalam campuran adonan agar hasil gorengan tidak keras
    4. Tuang sedikit minyak ke atas penggorengan datar, tuangkan campuran kol dan tepung terigu dan bentuk bulatan dengan diameter sekitar 25 cm dan ketebalan 2,5 cm.
    5. Hias dengan topping telur (atau telur mata sapi), daging, makanan laut dan sebagainya sesuai selera
    6. Tunggu hingga bagian bawah adonan matang betul lalu balik dengan menggunakan dua buah sodet secara bersamaan seperti ketika penjual martabak membalik martabak. Kalau ada, kote (sodet untuk menggoreng okonomiyaki) bisa digunakan untuk membalik okonomiyaki. Bagian paling unik dari memasak okonomiyaki adalah sewaktu membalik okonomiyaki agar tidak patah berantakan.
    7. Tunggu hingga daging matang dan kecilkan api
    8. Olesi atau tuang dengan saus okonomiyaki sesuai selera
    9. Tambahkan mayones Jepang bila suka dan bentuk motif garis-garis agar bagus
    10. Taburkan katsuobushi dan aonori di atasnya bila suka
    11. Potong-potong sewaktu masih berada di atas penggorengan dan hidangkan bersama penggorengannya.

    ITADAKIMASU!!!

    Tips:

    * Simpan campuran adonan tepung terigu dengan air di dalam lemari es sekitar 8 jam agar gluten yang terdapat dalam tepung terigu menjadi stabil dan okonomiyaki yang dihasilkan tidak menjadi keras.
    * Daging yang susah matang atau tebal sebaiknya digoreng dulu secara terpisah.
    * Tambahkan tauge atau rebusan mi telor untuk merubah Okonomiyaki menjadi Hiroshimayaki.
    * Tuangkan sekitar 2-3 sdm adonan tepung di atas irisan kol sewaktu membuat Hiroshimayaki agar kol tidak menjadi berantakan sewaktu dibalik.
    * Kalau membuat okonomiyaki yang tebal, tutupi dengan tutup panci sewaktu menggoreng agar lebih mudah matang.
    * Sewaktu digoreng, okonomiyaki sebaiknya tidak ditekan-tekan karena udara yang berada di dalam okonomiyaki akan terdesak keluar dan hasil gorengan menjadi keras.

    hmmm bentar lagi mau ngasih resep TAKOYAKI beserta gambarnya nih... buatan sendiri loh
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    donjuliano86 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 8, 2008
    Messages:
    160
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +7,101 / -0
    YAKITORI alias Sate Ayam
    [​IMG]

    Bahan-bahan:
    tusuk sate
    4 potong paha ayam
    2 batang bawang daun
    bawang bombay
    kecap manis
    saus teriyaki
    rice vinegar bole gantiin dengan cuka campur gula deh
    garam secukupnya...

    Cara buat
    campur kecap manis, saus teriyaki, rice vinegar, garam. potong ayam menjadi dadu ukuran 2x2 cm rendam dengan campuran tadi selama kurang lebih 3 jam. potong bawang daun panjang2 sekitar 4 centi dan bawang bombay. tusuk daging ayam dengan tusuk sate diselingi dengan bawang daun dan bawang bombay hingga menjadi 3 daging dalam 1 tusuk. bakar hingga setengah matang lalu di beri campuran kecap lagi dan bakar hingga matang (agak gosong juga enak). sajikan...

    ITADAKIMASu!!
     
    Last edited: Sep 13, 2008
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  8. Offline

    gorasul Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 18, 2008
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +1,236 / -0
    iya nih sama >_<

    dr dulu pengen banget buat Japanese Dish yg enak2, tp gak bisa nemuin bahan2-nya d supermarket terdekat >_<
    -> nanya ke penjaga toko-nya, malah dtanya balik: "apaan tuh?"
    :onion-96:
     
  9. Offline

    CottonBud Senpai Veteran

    Joined:
    Feb 10, 2008
    Messages:
    5,589
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29,539 / -0
    Kalo di Bandung bisa cari di Supermarket Setiabudi. banyak / hampir semua barang impor ad di sana... ^_^
     
  10. Offline

    Palmia Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 25, 2008
    Messages:
    280
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +194 / -0
    kalau di jakarta itu bisa ke supermarket Jepang yang namanya Cosmo di daerah Darmawangsa Square (di daerah yang ada Poke Sushi nya) atau Kamome (yang ini lupa di daerah mana)^^
     
  11. Offline

    donjuliano86 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 8, 2008
    Messages:
    160
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +7,101 / -0
    katsuboshi bole diganti ebi, abon ikan... abon sapi juga bole, gak ada larangan koq...
    kalo mirin aku juga gak pake soalnya beralkohol (kecuali disulut api biar alkoholnya nguap) bole diganti sama vinegar/cuka campur gula
     
  12. Offline

    Luciela Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2008
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    Kari Jepang Daging & Kentang

    Kari Jepang kecuali lebih mudah dibuat, tidak berlemak juga memakai shoyu atau kecap sebagai ciri khas sehingga rasanya sedikit manis. Supaya lebih cepat lunak, daging diiris tipis dan ditambah sayuran segar sesuai selera. Rasanya? Hmm … sangat sedap!

    Bahan:
    1 sdm minyak sayur
    50 g bawang Bombay, cincang
    1 siung bawang putih, memarkan
    100 g daging has sapi, iris tipis
    1 sdt bumbu kari bubuk
    75 ml kecap Jepang
    100 ml air
    200 g kentang, rebus, potong kasar
    50 g kapri muda, bersihkan

    Cara membuat:
    # Tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu.
    # Masukkan daging sapi, aduk hingga kaku dan berubah warna.
    # Tambahkan bumbu dan air, didihkan.
    # Masukkan kentang dan kapri, masak hingga seluruh kuah habis.
    # Angkat. Sajikan hangat.

    Untuk 4 orang



    Kari Daging Khas Jepang

    [​IMG]

    Bahan:
    300 g Daging Sapi, potong-potong
    600 g Bawang Bombay, potong-potong
    120 g Wortel
    400 g Kentang
    200 g Curry Roux, siap pakai
    1,200 ml Air atau kaldu
    30 ml Kecap
    30 g Saus tomat
    30 ml Minyak sayur
    30 g Mentega

    Cara Membuat:
    Tumis daging dan sayuran dengan minyak dan mentega didalam wajan sampai bawang bombay berubah menjadi layu dan kecokelatan.
    Tambahkan air atau kaldu dan didihkan. Besarkan api, masak hingga sayuran empuk. Angkat.
    Tambahkan Kare Roux, aduk hingga lumer.
    Masak dengan api kecil selama 10-15 menit sambil aduk-aduk hingga kental.
    Angkat. Sajikan panas di atas nasi hangat.

    Untuk 10 orang
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  13. Offline

    Luciela Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2008
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    Takoyaki

    Ini dapet dari mbak Nonong di http://nzarno.multiply.com

    TAKOYAKI

    Bahan :

    - Tepung terigu 250 gr
    - Tako 100 gr potong kecil kecil ( gurita )
    - Hondashi kira-kira satu bungkus kecil (kaldu ikan)
    - Merica 1/2 sdt
    - Garam secukupnya
    - Jahe 1/4 bagian parut
    - Telur 2 biji
    - Ebi merah kalau suka
    - Nori bubuk secukupnya
    - Katsuoboshi 2 bungkus atau secukupnya *katsuoboshi = ikan tongkol yg dikeringkan lalu di kerok jadi seperti rabuk papan yg di pahat*
    - Air 1,5 cup
    - Mayones
    - Saus tomat

    Kalau di jepang ada juga tepung yg siap pake tinggal dikasih jahe ama, telur saja.

    Cara membuat :
    Kocok telur lalu masukan jahe, merica , garam, hondahsi, lalu tambahkan tepung terigu aduk tambahkan air kira-kira encernya seperti buat bakwan, kemudian panaskan cetakan takoyaki dengan sedikit diolesi minyak, masukan adonan tadi, setelah itu masukan tako atau gurita lalu ebi, katsuoboshi, masak setangah matang lalu balik masak sampai matang kemudian anagkat, sajikan dng menabur nori, katsuo boshi lalu mayones dan saus tomat.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  14. Offline

    gorasul Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 18, 2008
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +1,236 / -0
    eh, itu yg resep kare, bubuk kare-nya sama gak sih ama bumbu yg dipake ama masakan2 indo?
    soalnya dulu gw pernah coba buat pake kare yg buat masakan indo, hasilnya malah gmn gt >_<
     
  15. Offline

    Luciela Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2008
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0

    Hmm sebaiknya sih jgn pake bubuk kare indo, agak beda sih, coba cari bubuk karen jepang biar hasilnya lbh mantap :onion-31:
     
  16. Offline

    Luciela Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 14, 2008
    Messages:
    106
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +54 / -0
    California Rolls Sushi

    Sushi, saat ini sepertinya masakan dari negeri sakura ini lagi "booming" :)
    Karena selain dari rasa yang lezat dan bentuknya yang unik, Sushi memiliki gizi yang cukup tinggi, kita coba membuat sushi yuk :em0100:

    [​IMG]

    Sumber : disadur dari Australian Women Weekly


    Bahan-Bahan :

    500 gram beras
    80 ml cuka arak beras
    1 sendok makan gula
    1 sendok teh garam
    Rumput laut kering
    Mayonaise


    Bahan Isi (sesuai selera) :
    Alpukat
    Timun
    Telur
    Salmon asap
    Tuna


    Cara Mengolah :

    1. Masak nasi seperti biasa.
    2. Ketika nasi hampir matang campur dengan cuka arak beras, gula dan garam.
    3. Dinginkan nasi dan atur menjadi lapisan tipis di atas satu lembar rumput laut kering.
    4. Atur isi yang sudah dipotong melintang di atas satu sisi nasi yang diatur di atas rumput laut.
    5. Bumbui dengan mayonaise lalu gulung ke arah berlawanan.
    6. Potong-potong dan sajikan.


    Note :
    Untuk variasi, rumput laut yg sudah diberi nasi dapat digulung dengan bentuk kerucut lalu diisi dengan campuran isi dan mayonaise.

    Biasanya beras yang digunakan adalah jenis beras Jepang yang pendek dan gemuk karena lebih lekat.
     
    • Like Like x 1
  17. Offline

    yuji_koi_reina Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +108 / -0
    nambahin ah...
    berdasarkan resep dan pengalaman^^

    Gyoza
    bahan:
    -20 lembar kulit gyoza/pangsit siap pakai
    -minyak goreng

    bahan isi:
    -100 g daging sapi cincang
    -1 batang daun bawang, iris halus
    -1 siung bawang putih, parut
    -1/2 sdt minyak wijen
    -1 kuning telur ayam
    -1/2 sdt merica bubuk
    -1 sdt garam
    -bisa juga di tambah kol,jamur shiitake kering(klo sya pake jamur kancing)

    bahan saus:
    - 1/4 cup shouyu
    - 2 butir bawang putih parut
    - daun shage kering
    # campur semua bahan saus,masukan dalam lemari pendingin selama satu jam
    agar meresap,baru deh di hidangkan

    cara membuat:
    # Jika memakai kulit pangsit, gunting kulit pangsit hingga berbentuk bundar
    diameter 8-10 cm(asal bulet juga ga apa)
    # Aduk semua adoan isi hingga rata.
    # Rendam setengah bagian kulit gyoza
    # Isi tiap lembar kulit gyoza dengan 1 sdt adonan isi.
    # Lipat jadi dua lalu lipat keliling sisi lipatannya hingga berbentuk setengah
    lingkaran.
    # panaskan wajan anti lengket masukan 1 sdt minyak sayur.ratakan ke seluruh
    permukaan wajan,masukan gyoza masak dengan api sedang
    # ketika bagian bawah gyoza sudah berwarna kecoklatan,besarkan api masukan
    air panas(jangan banyak banyak karena ini bukan bikin sup)
    # klo air dah mulai mengering dan mengeluarkan bunyi letup,prtanda gyoza dah
    matang,siram dengan 1 sdm minyak wijen.matikan api
    # letakan piring di atas wajan lalu balik wajan hingga bagian bawah gyoza berada
    di permukaan.
    # sajikan selagi hangat
    untuk 20 buah

    hehe...
    karena ga tau musti ganti shouyu sama apa,akhirnya saya cuman nyampurin saus tomat ama saus cabe^^
    maw ngepost gambarnya,tapi karena bego,akhirnya ga di post deh..T_T
     
  18. Offline

    yuji_koi_reina Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    139
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +108 / -0
    oh...bertanya!!
    kan ada tuh resep yang bumbunya bisa di ganti ama campuran gula dan cuka...
    nah perbandingannya berapa banding berapa tuh...
     
  19. Offline

    gorasul Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 18, 2008
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +1,236 / -0
    err...

    drpd pake perbandingan2 segala, knp gak dicicipin aja biar sesuai selera?

    klo kurang asem, tambahin cuka...
    klo kurang manis, tambahin gula...
    klo keaseman ato kemanisan tinggal tambahin air...
     
  20. Offline

    CottonBud Senpai Veteran

    Joined:
    Feb 10, 2008
    Messages:
    5,589
    Trophy Points:
    267
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +29,539 / -0
    hahaha

    setidaknya ada takarannya bro...

    klo kebanyakan nyobain ntar mati rasa lidahnya :p
     
  21. Offline

    gorasul Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 18, 2008
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +1,236 / -0
    yah tp kan seru tuh, biar ada pengalaman baru: kehilangan indera pengecap XD

    tp palingan perbandingannya sih gak beda2 jauh
    antara 1 (cuka) :3 (Gula) ato 2:3
    -> krn blom gw coba, jd tauk dah bener ato endak XD

    dgn kata lain, klo mau pastinya harus nunggu yg nge-post, tp klo gak sabaran, tes aja saran gw XD
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.