1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Ane Gak Bisa Nahan Air Mata Waktu Lihat Ini Gan....

Discussion in 'Motivasi & Inspirasi' started by mazznoer1, May 6, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    mazznoer1 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 12, 2010
    Messages:
    1,079
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,224 / -0
    Lihat gan, ini replika tandu Pak Dirman
    [​IMG]


    Beliau - dalam keadaan sakit parah, paru2 tinggal sebelah - tetap memaksakan diri bergerilya melawan Belanda. Bukan materi yg beliau kejar, bukan gaji besar, bukan fasilitas. Beliau bahkan tidak digaji. Presiden dan Perdana Menteri sudah ditangkap Belanda dalam Agresi Militer (Aksi Polisionil) Belanda ke-2. Beliau menjual perhiasan istrinya untuk modal perjuangan, berpindah dari hutan ke hutan, dengan kondisi medan yg sangat berat, dibayang-bayangi pengejaran tentara Belanda lewat darat dan udara.

    [​IMG]
    Pak Dirman -dalam keadaan sakit parah digerogoti TBC & paru2 tinggal satu- memimpin perang gerilya dari atas tandu.

    [​IMG]
    Inilah para gerilyawan yang beliau pimpin, berjuang keluar masuk hutan naik turun gunung demi kita anak cucu mereka.

    [​IMG]
    Berjuang dengan persenjataan seadanya, melawan musuh yang memiliki persenjataan modern didukung kekuatan laut dan udara.

    [​IMG]
    Gerilya berdasar kepada taktik hit and run, dan ini ampuh untuk merontokkan moral Belanda.

    Di tengah kondisi kesehatan beliau yg makin mengkhawatirkan itu, banyak pihak yg menyarankan agar beliau berhenti bergerilya, namun semangat juang beliau tidak dapat dipatahkan oleh siapapun juga.
    Beliau terus gigih berjuang, tidak mempedulikan lagi keselamatan dirinya. Bagi beliau, lebih baik hancur dan mati daripada tetap dijajah.

    Berkat perjuangan yg tak kenal menyerah itulah, Belanda kewalahan secara militer. Kekuatan gerilya Pak Dirman luar biasa. Belanda hanya mampu menguasai perkotaan, sedangkan di luar itu, sudah masuk wilayah gerilya tentara dan pejuang kita. Di sisi lain, tekanan diplomatis terhadap Belanda juga bertubi2, karena dunia internasional melihat bahwa dengan eksistensi TNI yg ditunjukkan oleh Pak Dirman membuktikan bahwa Republik Indonesia itu ada, dan bukan sekedar kumpulan gerombolan ekstrimis seperti yg santer dipropagandakan Belanda.

    Akhirnya, Belanda pun benar2 angkat tangan, dan terpaksa mengajak RI untuk berunding kembali. Perjanjian Roem Royen pun terwujud pada tanggal 7 Mei 1949, dimana Indonesia dan Belanda sepakat untuk mengakhiri permusuhan. Presiden pun telah dibebaskan oleh Belanda dan dikembalikan ke ibukota negara, waktu itu masih Yogyakarta. Namun ini masih belum final dan Pak Dirman tetap belum yakin dengan hasil perjanjian itu. Beliau tetap bersikeras melanjutkan perjuangan sampai seluruh tentara Belanda benar-benar hengkang dari tanah air.

    Akhirnya Sri Sultan Hamengkubuwono IX meminta kepada Kolonel Gatot Soebroto untuk menulis surat kepada Pak Dirman agar bersedia kembali ke ibukota. Berikut adalah penggalan surat Kolonel Gatot Soebroto yang meminta Pak Dirman untuk berhenti bergerilya dan beristirahat (di-EYD-kan):

    Quote:

    "...tidak asing lagi bagi saya, tentu saya juga mempunyai pendirian begitu. Semua-semuanya Tuhan yang menentukan, tetapi sebagai manusia diharuskan ikhtiar. Begitu pula dengan keadaan adikku, karena kesehatannya terganggu harus ikhtiar, mengaso sungguh-sungguh, jangan mengalih apa-apa. Laat alles waaien.

    Ini bukan supaya jangan mati konyol, tetapi supaya cita-cita adik tercapai. Meskipun buah-buahnya kita tidak turut memetik, melihat pohonnya subur, kita merasa gembira dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Yang Maha Kuasa.

    Ini kali saya selaku Saudara tua dari adik minta ditaati..."
    Pak Dirman pun akhirnya luluh. Bagaimanapun, perjuangan adalah jalan beliau, dan kini beliau menyadari, bahwa hasil perjuangan itu sudah mendekati akhirnya.

    Sebagai persiapan pulangnya Pak Dirman ke ibukota, Sri Sultan pun mengirimkan pakaian kebesaran. Namun dengan halus dan bijaksana, kiriman itu beliau tolak. Pak Dirman memilih datang sebagaimana adanya sebagaimana ketika meninggalkan ibukota untuk bergerilya, dengan segala kekurangan dan penderitaan.

    Beliau datang dengan tandu, dikawal banyak sekali anak buah beliau yang mencintai beliau. Setibanya di Gedung Agung, Presiden Soekarno langsung menyambut dan merangkul beliau.
    [​IMG]



    Bung Karno merangkul Pak Dirman yang akhirnya tiba kembali di ibukota negara setelah berbulan2 bergerilya keluar masuk hutan. Bung Karno sendiri tidak tahan melihat kondisi Pak Dirman yang tampak kurus dan sangat lusuh...

    Perundingan pun berlanjut kepada Konferensi Meja Bundar. Puncaknya, tidak lama berselang, Belanda terpaksa mengakui kedaulatan RI pada tanggal 27 Desember 1949, dan benar-benar hengkang dari ibu pertiwi.
    [​IMG]

    Pengakuan Kedaulatan RI oleh Belanda, 27 Desember 1949, yg merupakan hasil jerih payah perjuangan Pak Dirman

    Sayang sekali, seakan-akan senada dengan ucapan Pak Gatot Soebroto yg dibold di atas, Pak Dirman sepertinya memang ditakdirkan hanya untuk berjuang, bukan untuk menikmati kemerdekaan yg telah beliau perjuangkan. Beliau wafat dalam sakit beliau pada tanggal 29 Januari 1950, hanya berselang 1 bulan setelah pengakuan kedaulatan RI.
    [​IMG]


    Pemakaman Pak Dirman, 29 Januari 1950, hanya 1 bulan berselang setelah Pengakuan Kedaulatan RI

    ---
    [​IMG]
    Apa yg ingin ane sampaikan gini gan:



    Pak Dirman
    kami anak cucumu yang dulu engkau perjuangkan
    kami anak cucumu yang dulu engkau bela mati-matian
    kini hidup dalam negeri Indonesia yang merdeka
    kami dapat belajar, bekerja dan bersenang-senang dengan tenang
    karena kita sudah merdeka

    Dulu, engkau rela dan gigih berjuang
    tak pedulikan nyawamu, tak pedulikan kesehatanmu
    hanya agar kami anak cucumu ini
    bisa hidup dalam alam kemerdekaan

    Kini

    walaupun namamu diabadikan
    menjadi nama jalan utama di seluruh Indonesia

    walaupun patungmu ditegakkan dimana-mana
    (dan aku yakin engkau tak suka ini)

    walaupun namamu tertera di seluruh buku sejarah

    Tapi
    pastilah bukan itu yang engkau inginkan
    terpikir dalam benakmu pun tidak
    karena kita semua mengenalmu
    mengenal sosok yang sangat sederhana
    yang sangat tidak menyukai pujian

    Yang engkau inginkan dari kami adalah
    agar kami mengisi kemerdekaan yang telah engkau perjuangkan ini
    sesuai dengan teladanmu
    yakni ketulusan, kejujuran, dan semangat juang yang tak kunjung padam

    Kami yakin
    di alam sana, engkau prihatin melihat kondisi bangsa ini
    banyak penerusmu yang tidak tulus, tidak jujur, dan lemah
    sungguh, sudah seharusnya lah
    mereka mengambil teladan darimu

    Terimakasih Pak Dirman
    atas segala pengorbananmu dan teladanmu
    Kami anak cucumu
    akan mencoba menjadi yang lebih baik

    Walaupun mungkin kami tak akan pernah bisa seperti Bapak
    namun mudah-mudahan
    Bapak tetap bisa bangga terhadap kami
     
    • Thanks Thanks x 26
    • Like Like x 14
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    iya tu, waktu jaman tahun 40-an, TBC itu penyakit yg ditakutin banget...
    karena obat buat TBC belum banyak yg ditemukan, otomatis TBC belum terlalu bisa diobati dengan maksimal.
    apalagi Pak Dirman kecapean gitu berpindah2 terus demi bergerilya :sigh:
     
    • Like Like x 1
  4. Offline

    syahalam Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    471
    Trophy Points:
    141
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,108 / -0
    saLute bwd bpk sudirman..
    doa kami selalu menyertaimu..
    semangat bapak selalu memotivasi kami,,
    semoga dimasa depan benar2 menjadi sebuah kenyataan pepatah "Mati Satu Tumbuh Seribu" akan ada orang2 yg berjiwa seperti pahlawanku..

    mengheningkan cipta..
    mulai..
    :matabelo:
     
  5. Offline

    neoark99 Beginner Members

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    365
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +719 / -0
    jendral terbaik yang pernah dimiliki bangsa ini.......
     
  6. Offline

    dicky1b Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 4, 2009
    Messages:
    516
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +24 / -0
    salut bro bangsa indonesia banyak pahlawan2 yg berani berjuang demi kemerdekaan
     
  7. Offline

    ansi Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 25, 2008
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    ane tetep salutttt ma pahlawan qta semua brooo
     
  8. Offline

    benih Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    484
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,282 / -0
    Panglima Sudirman is the best
     
  9. Offline

    tygrex Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 29, 2009
    Messages:
    564
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +335 / -0
    :top:................................. tx sanggup lagi q berkata
     
  10. Offline

    gravitazy Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    477
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +960 / -0
    kata orang "bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawan nya'
    namun apa dikata "alangkah lucunya negeri ini" :[​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 1
  11. Offline

    subharkah Beginner Members

    Joined:
    Nov 17, 2009
    Messages:
    256
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +281 / -0
    Hmm... bener juga gan... :maaf:
    ane juga nyadar, dari contoh kecil aja uda banyak banget perbuatan kita yang kurang menghargai pahlawan2 bangsa...:cry4:
    misalnya ane cekikikan pas lagi upacara hari senin di sekolahan...:grin4:
     
  12. Offline

    rakun Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,085
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +877 / -0
    :sedih:....pak dirman jasa dan pengorbanan mu akan tetap dikenang anak cucu bangsa ini semoga bangsa ini kedepannya dapat lebih baik lagi.....:sedih:
     
  13. Offline

    Will Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,279 / -0
    :sedih: abis baca ini jadi kebayang, pasti pak dirman sedih kalau ngeliat bangsa ini jadi kacau balau kaya sekarang

    udah susah payah dibela, malah kita sekarang ga berterima kasih oleh beliau.

    aku udah tau kalo pak dirman kena TBC, tapi apa maksudnya paru"nya tinggal 1?
     
  14. Offline

    poing2x Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 8, 2010
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    T_T....

    inget film naga bonar jadi dua "Turunkan Tanganmu Jendral" T_T
    sebagai generasi penerus bangsa,saya akan mengisi kemerdekaan dengan sebaik2nya:hero:
     
  15. Offline

    Will Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,279 / -0
    bener bro, sedih banget, pas adegan itu aku beneran nangis :nangis:
     
  16. Offline

    masuakal Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    4,511
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,650 / -0
    malu nih
    pas upcaranya aja gag serius . . . .
    padahl pak dirman yang di hinggapi penyakit yang waktu itu seremnya sama kaya gag ada abisnya . . .
    berjuang terus . . . tak peduli akan kesehatanya
    senang hanya dengan melihat pohon subur walaupun tidak memetik buahnya :terharu:

    salute . . . . .
     
  17. Offline

    dark_chris Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,109
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,076 / -0
    salut buat semua pahlawan yg telah berjuang demi bangsa indonesia ini..


    ane juga bangga sama presiden soekarno juga...

    tetep ingat jasa" pejuang..
     
  18. Offline

    yvesdakempo Beginner Members

    Joined:
    Apr 17, 2009
    Messages:
    333
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +53 / -0
    best of the best...HIDUP PAK DIRMAN!!!!HIDUP INDONESIA!!!!....
     
  19. Offline

    azkhaz Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 6, 2009
    Messages:
    2,210
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +121,624 / -1
    Berharap Semoga pengikut nya masih tersisa yang mempunyai semangat membangun bukan merusak , memberi bukan merampok, menjaga bukan Membiarkan dan Mencintai bukan membenci ... :doa:
     
  20. Offline

    pep_chi_entik Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 5, 2010
    Messages:
    671
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +991 / -0
    pak dirman :top:
    beda dgn org2 pemerintahan sekarang... belum melakukan apa2, udh minta ini itu... :yareyare:
     
  21. Offline

    onaben Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 22, 2009
    Messages:
    500
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +147 / -0
    jendral terbaik milik indonesia
    seanfainya semua orang pemerintah kayak dia:nangis:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.