1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

All about Telur Asin >>>>>

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by dantekasep_69, Jun 25, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    dantekasep_69 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 14, 2010
    Messages:
    830
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,968 / -0
    [​IMG]

    Siapa yang suka telur asiiiiiiin :cihuy:
    mudah, praktis, tinggal belah lalu hap.,.,., :hmm:
    ternyata nilai gizi teur asin tidak dapat disepelekan lhooooo :awas:
    berikut ulasannya >>>> CEKIDOOOOOOT.,,., :maaf:

    Telur asin, telur itik olahan berkalsium tinggi. Juga mengandung hampir semua unsur gizi dan mineral, maka telur asin baik dikonsumsi oleh bayi hingga lansia.

    Telah banyak kajian mengenai kandungan gizi pada sebutir telur. Orang juga sudah banyak tahu betapa besar kandungan proteinnya. Namun, kajian mengenai nilai gizi telur asin belum begitu populer. Padahal selain mengandung hampir semua unsur gizi dan mineral lengkap, kandungan kalsium meningkat 2,5 kai setelah pengasinan.

    Telur merupakan hasil ternak yang mempunyai andil besar dalam mengatasi masalah gizi masyarakat, karena telur sarat akan zat gizi yang diperlukan untuk kehidupan yang sehat. zat-zat gizi yang ada pada telur sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh.

    Itulah sebabnya, maka telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh-kembang, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, serta usia lanjut.

    Bobot dan ukuran telur itik rata-rata lebih besar dibandingkan dengan telur ayam. warna kulit telurnya agak biru muda. karena bau amisnya yang tajam, penggunaan telur itik dalam berbagai makanan tidak seluas telur ayam. Selain baunya yang lebih amis, telur itik juga mempunyai pori-pori yang lebih besar, sehingga sangat baik untuk diolah menjadi telur asin.

    Pengolahan Telur Asin
    Awalnya masyarakat kita mengenal pengasinan sebagai salah satu upaya untuk mengawetkan telur (memperpanjang masa simpan), membuang rasa amis terutama telur itik. Namun kemudian selain telur yang mengalami pengasinan tersebut awet disimpan, rasanya juga khas, sehingga banyak diminati. Maka kemudian muncul budaya memasak telur asin.

    Berdasarkan proses pengolahannya, telur asin dapat dibuat dengan cara merendam dalam larutan garam jenuh atau menggunakan adonan garam. Adonan garam merupakan campuran antara garam, abu gosok, serbuk bata merah, dan kadang-kadang sedikit kapur.

    Pembuatan telur asin dengan cara merendam dalam larutan garam jenuh sangat mudah dan praktis. Namun, cara pembuatannya dengan menggunakan adonan garam akan menghasilkan telur asin yang jauh lebih bagus mutunya, warna lebih menarik, serta cita rasa lebih enak, tapi prosesnya lebih rumit.

    Garam berfungsi sebagai pencipta rasa asin dan sekaligus bahan pengawet karena dapat mengurangi kelarutan oksigen (oksigen diperlukan oleh bakteri), menghambat kerja enzim proteolitik (enzim perusak protein), dan menyerap air dari dalam telur.

    Berkurangnya kadar air menyebabkan telur menjadi lebih awet. Garam (NaCl) akan masuk ke dalam telur dengan cara merembes ke poris-pori kulit, menuju ke bagian putih, dan akhirnya ke kuning telur. Garam NaCl mula-mula akan diubah menjadi ion natrium (Na+) dan ion chlor (Cl-). Ion chlor inilah yang sebenarnya berfungsi sebagai bahan pengawet, dengan menghambat pertumbuhan mikroba pada telur.

    Makin lama dibungkus dengan adonan, makin banyak garam yang merembes masuk ke dalamnya, sehingga telur menjadi awet dan asin.

    Nilai Gizi
    Dalam telur itik, protein lebih banyak terdapat pada vagian kuning telur, 17%, sedangkan bagian putihnya terdiri dari ovalbumin (putih telur) dan ovavitelin (kuning telur). Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat.

    Hasil penelitian mendapatkan, sebutir telur mempunyai nilai kegunaan protein (net protein utilization) 100% dibandingkan bagian putihnya 11&. Protein telur terdiri dari ovalbumin (putih telur) dan ovavitelin (kuning telur). Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat.

    Hasil penelitian mendapatkan, sebutir telur mempunyai kegunaan protein (net protein utilization) 100% dibandingkan dengan daging ayam (80%) dan susu (75%). Berarti jumlah dan komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang, sehingga hampir seluruh bagiannya dapat digunakan untuk pertumbuhan maupun penggantian sel-sel yang rusak. Hampir semua lemak dalam sebutir telur itik terdapat pada bagian kuningnya, mencapai 35%, sedangkanm di bagian putihnya tidak ada sama sekali. lemak pada telur terdiri dari trigliserida (lemak netral), fosfolipida (umumnya berupa lesitin), dan kolesterol.

    Fungsi trigliserida dan fosfolipida bagi tubuh adalah sebagai sumber energi, satu gram lemak menghasilkan 9 kilo kalori energi. Lemak dalam telur berbentuk emulsi (bergabung dengan air), sehingga menjadi lebih mudah dicerna.

    Cara Menyimpan Telur Asin
    Secara umum, telur asin (baik yang masih mentah maupun yang sudah direbus) mempunyai daya awet yang tinggi, sehingga dapat disimpan dalam suhu kamar. Walaupun demikian, akan lebih baik jika penyimpanan telur asin dilakukan pada suhu 12-15 derajat C dan kelembaban udara 70-80%.

    Telur dapat disimpan di dalam lemari es. Untuk mencegah kerusakan, memperlambat hilangnya kelembaban, dan mencegah terserapnya bau tajam dari makanan, saat menyimpan di lemari es sebaiknya telur asin dibungkus dengan wadah karton. Bagian tumpul menghadap ke atas.

    Tanda telur asin yang baik

    Telur asin yang baik, akan terlihat jika sudah dibelah. Tandanya, kuningnya berada di tengah, minyaknya hanya di bagian pinggir atau masir, rasa dan aromanya enak.

    Kalsium Meningkat

    Bagian kuning telur mengandung hampir semua macam vitamin (kecuali vitamin C) dan juga sumber mineral seperti : besi, fosfor, kalsium, tembaga, iodium, magnesium, mangan, kalium, natrium, seng, klorida, dan sulfur serta vitamin D alami.

    Kandungan mineral yang lengkap pada telur tidak sama dengan bahan-bahan pangan tunggal lainnya, kecuali susu. Mineral-mineral penting yang terkandung dalam telur asin dibandingkan dengan telur itik segar, hampir ridak ada perubahan nilai gizi yang berarti akibat proses pengasinan. Kenaikan zat gizi yang cukup berarti terlihat pada kadar kalsiumnya, yaitu dari 56 mg pada telur itik segar menjadi 120 mg telur asin.

    Kenaikan kadar tersebut kemungkinan berasal dari kalsium yang ada pada gara, dapur (sebagai kontaminan), abu gosok, serta kapur yang dipakai dalam pembuatan media pengasin. Masuknya kalsium berlangsung melalui cara yang sama seperti unsur natrium dan klorida, yaitu melalui pori-pori kulit telur.

    Penurunan nilai gizi yang cukup berarti terlihat pada kandungan vitamin A-nya, yaitu dari 1.230 SI pada telur itik segar menjadi 841 SI telur asin. Sejumlah ahli gizi merekomendasi, mengkonsumsi telur asin, tak perlu takut kolesterol atau jantung. (Ibu & Anak)

    Sumber : http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/15/telur-asin-asin-tapi-berkalsium-tinggi/

    naaaah diatas telah dijelaskan sedikit tentang telur asin, bagi KK KK yg punya inpo yg lbih mendalam lagi boleh bgt share disini.,.,., mohon bantuannya :maaf:

    maap bila sayah repost :repost:

    bila berkenan sumbangan cendolnya akan sangat berguna bagi TS :grp:
    terimakasih bnyk bwt KK yg sudi berkunjung.,.,., :bye:
     
    • Like Like x 10
    • Thanks Thanks x 7
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    dejivrur Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,103 / -2
    jangan kebanyakan awas darah tinggi... keasinan juga bisa bikin rambut rontok

    konsumsilah dalam batas wajar, misalnya sehari maks 2 biji
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. Offline

    Kerrigan Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 12, 2008
    Messages:
    1,276
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +938 / -0
    memangnya kenapa kalo kebanyakan :???:
     
  5. Offline

    EsTelite Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 15, 2010
    Messages:
    447
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +694 / -0
    wah brarti walaopun bergizi tapi kalo kebanyakan jadi gundul deh :no:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. Offline

    galuhrestu Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    474
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,073 / -0
    kira'in kalo telur asin disimpan di kulkas gak baik,, ternyata gak apa-apa ya.. makasih bro infonya...
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  7. Offline

    Will Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,278 / -0
    dulu waktu kecil suka banget nih, tapi sekarang mulai ga terlalu suka

    ternyata kandungan gizinya banyak banget

    :niceinfo:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  8. Offline

    nayaxoe Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    110
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    ooo begitu tuh apalagi makannya sama soto daging wuihhh mantab abis, makan makan makan
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. Offline

    shinminho Senpai Veteran

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,202
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,814 / -0
    banyak gizinya sih tapi sayang dari dulu gw ga suka telur asin mungkin bagi gw terlalu asin sih
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. Offline

    Ragn Beginner Members

    Joined:
    Nov 30, 2009
    Messages:
    291
    Trophy Points:
    31
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +32 / -0
    baru tahu kanndungannya sebanyak itu kirain telur yang biasa yang lebih bergzi harus dicatat ni
     
  11. Offline

    vinclz Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    kenapa ga dijelasin bahwa kandungan natriumnya juga naik berkali-kali lipat karena rendaman air garamnya (kontaminan?)??
     
  12. Offline

    lostnumber Members

    Joined:
    Jun 30, 2010
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    Wah, makanan kesukaan ane nih dari kecil. Ternyata nilai gizinya cukup tinggi juga ya...
     
    • Like Like x 1
  13. Offline

    seifra Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 8, 2009
    Messages:
    364
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +43 / -0
    Tanda telur asin yang baik
    Telur asin yang baik, akan terlihat jika sudah dibelah. Tandanya, kuningnya berada di tengah, minyaknya hanya di bagian pinggir atau masir, rasa dan aromanya enak.

    Nah,ms pas mo bli dbelah dulu boss?:???:
     
  14. Offline

    fahamzah Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 27, 2009
    Messages:
    778
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +172 / -0
    klo telur asin mah :top: praktis, tinggal belah dan hantAMMM :haha:
    jangan lupa baca basmallah dulu :tampan:
     
  15. Offline

    yueyoong Beginner Members

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    315
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +6 / -0
    ane suka nih telur.

    praktis kalo gak ada lauk lain soalnya hoho
     
    • Like Like x 1
  16. Offline

    PercivaL Post Hunter Super Moderator

    Joined:
    Jan 5, 2010
    Messages:
    2,404
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +2,114 / -0
    gw juga demen banget nih makan telur asin..
    enak tp gizinya tinggi juga ya wkakak
     
  17. Offline

    5rimul3 Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    wah penting nih... pas klo lage makan soto di warung... sy tidak pernah memperhatikan bentuk nya.. soale saking lapernya dah ngga' pusing hal-hal ginian..
     
  18. Offline

    7thchild Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +142 / -1
    :niceinfo: ini jg favorit gw bgt tp skrg jarang makan coz susah nemunya :haha:
     
  19. Offline

    delucoaxz Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    108
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    makan rawon paling enak digado ama telur asin
     
  20. Offline

    chessboard Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2007
    Messages:
    47
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +30 / -0
    kok ga ada yg bahas tentang negatifnya dari telor asin ya (selain kalo makan kebanyakan)
     
  21. Offline

    anggarafayumi Beginner Members

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    260
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -0
    kayak pohon aja,, menggugurkan rambut jika kekurangan rasa manis...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. apa bisa abu gosok dipakai berkalikali dlam telur asin

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.