1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info "" All About Surabaya "" sebuah Souvenir

Discussion in 'Surabaya & Malang' started by auli123, Mar 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    Bercerita tentang Surabaya emang tak ada matinya .. :boong:

    Sebagai salah satu ikon Indonesia .. :top:
    Surabaya adalah salah satu kota Besar dengan segala keragamannya .... :panik:

    Sebuah keinginan tuk mendedikasikan sebuah thread khusus kepada wong Suroboyo Dan Wong Jawa Timur.. :hero:

    Bukti sejarah menunjukkan bahwa Surabaya sudah ada jauh sebelum zaman kolonial, seperti yang tercantum dalam prasasti Trowulan I, berangka 1358 M. Dalam prasati tersebut terungkap bahwa Surabaya (churabhaya) masih berupa desa ditepian sungai Brantas sebagai salah satu tempat penyeberangan penting sepanjang sungai Brantas.

    Surabaya (Surabhaya) juga tercantum dalam pujasastra Negara Kertagama yang ditulis oleh Prapanca tentang perjalanan pesiar baginda Hayam Wuruk pada tahun 1365 dalam pupuh XVII (bait ke-5, baris terakhir).

    Walaupun bukti tertulis tertua mencantumkan nama Surabaya berangka tahun 1358 M (prasasti Trowulan) & 1365 M (Negara Kertagama), para ahli menduga bahwa Surabaya sudah ada sebelum tahun-tahun tsb.

    Menurut hipotesis Von Faber, Surabaya didirikan tahun 1275 M oleh Raja Kertanegara sebagai tempat pemukiman baru bagi prajuritnya yang berhasil menumpas pemberontakan Kemuruhan tahun 1270 M. Hipotesis yang lain mengatakan bahwa Surabaya dulu bernama Ujung Galuh.

    Konon setelah mengalahkan tentara Tartar, Raden Wijaya mendirikan sebuah kraton di Ujunggaluh, dan menempatkan Adipati Jayengrono untuk memimpin daerah itu. Lama-lama karena menguasai ilmu Buaya, Jayengrono makin kuat dan mandiri sehingga mengancam kedaulatan Majapahit.

    Untuk menaklukkan Jayengrono diutuslah Sawunggaling yang menguasai ilmu Sura. Adu kesaktian dilakukan di pinggir Sungai Kalimas dekat Paneleh. Perkelahian adu kesaktian itu berlangsung selama tujuh hari tujuh malam dan berakhir dengan tragis, karena keduanya meninggal kehabisan tenaga.

    Kata "Surabaya" juga sering diartikan secara filosofis sebagai lambang perjuangan antara darat dan air, antara tanah dan air. Selain itu, dari kata Surabaya juga muncul mitos pertempuran antara ikan Suro (Sura) dan Boyo (Baya atau Buaya), yang menimbulkan dugaan bahwa nama Surabaya muncul setelah terjadinya peperangan antara ikan Sura dan Buaya (Baya).

    Supaya tidak menimbulkan kesimpang-siuran dalam masyarakat maka Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Surabaya, dijabat oleh Bapak Soeparno, mengeluarkan Surat Keputusan No. 64/WK/75 tentang penetapan hari jadi kota Surabaya.

    Surat Keputusan tersebut menetapkan tanggal 31 Mei 1293 sebagai tanggal hari jadi kota Surabaya. Tanggal tersebut ditetapkan atas kesepakatan sekelompok sejarawan yang dibentuk oleh pemerintah kota bahwa nama Surabaya berasal dari kata "sura ing bhaya" yang berarti "keberanian menghadapi bahaya" diambil dari babak dikalahkannya pasukan Mongol oleh pasukan Jawa pimpinan Raden Wijaya pada tanggal 31 Mei 1293.

    Tentang simbol kota Surabaya yang berupa ikan sura dan buaya terdapat banyak sekali cerita. Salah satu yang terkenal tentang pertarungan ikan sura dan buaya diceritakan oleh LCR. Breeman, seorang pimpinan Nutspaarbank di Surabaya pada tahun 1918.

    Lambang Kota Surabaya yang berlaku sampai saat ini ditetapkan oleh DPRS Kota Besar Surabaya dengan Putusan no. 34/DPRDS tanggal 19 Juni 1955, diperkuat dengan Keputusan Presiden R.I. No. 193 tahun 1956 tanggal 14 Desember 1956 yang isinya :

    • Lambang berbentuk perisai segi enam yang distilir (gesty leerd), yang maksudnya melindungi Kota Besar Surabaya.
    • Lukisan Tugu Pahlawan melambangkan kepahlawanan putera-puteri Surabaya dalam mempertahankan Kemerdekaan melawan kaum penjajah.
    • Lukisan ikan Sura dan Baya yang berarti Sura Ing Baya melambangkan sifat keberanian putera-puteri Surabaya yang tidak gentar menghadapi sesuatu bahaya.
    • Warna-warna biru, hitam, perak (putih) dan emas (kuning) dibuat sejernih dan secermelang mungkin, agar dengan demikian dihasilkan suatu lambang yang memuaskan.

    ----------------------------------------------------------------------------------------------

    Kalau boleh dibilang Suroboyo Punya tempat khas yang sangat menarik,punya jalan yang menarik dan Rendezvous yang uasyikk tenan.
    Ada beberapa pilihan tempat yang menarik untuk dikunjungi :

    Mau yang superior :haha:
    maskulin :tampan:
    romantis :sayangku:

    Tempat Paling Superior
    -----------------------------------------
    +=+ JEMBATAN MERAH +=+
    Jembatannya warna merah...penuh kenangan akan kepahlawanan arek suroboyo :hero:

    +=+ TuGu PAHLAWAN +=+
    sapa sih yg gak tau tugu segede ini di tengah kota :hahai:

    +=+ Pasar Keputran +=+
    Pasar ngetop dunia malam dengan pedagang sayuran yang bejibun pasar sumpoek ditengah kota...tapi tempat favorit seluruh wong koTa :lol:

    Tempat Paling Romantis
    -------------------------------
    +=+ BON BIN +=+
    Bertemunya segala macam mahluk hidup :lol: ,mulai dari yang kecil sampe yang gede..
    mulai dari yang pengen madakno rupo :hahai: ,sampe yang pengen pacaran :malu:

    +=+ KEN jEran +=+
    memadu kasih tanpa melihat pasir putih tak akan indah..
    memadu janji tanpa terang cahaya sangat romantis..
    bila sudah kebelet...nggak janji !! :hahai:

    Tempat Paling pResTise
    ----------------------------------
    +=+ JEMBATAN SURAMADU +=+
    Mega proyek Wong suroboyo,yang akan menjadi IKON baru wong suroboyo
    semoga bisa smakin mempersingkat jarak surabaya dan madura :top:

    +=+ A. YANI + Darmo +=+
    Jalan paling panjang...macet...protokol utama.... :motor:

    +=+ TANJUNG PERAK +=+
    Tempat sandar banyak kapal,dermagane wong suroboyo ,tempat pendaratan dari air,dan tempat mancing paling sueger :boat:

    +=+ JUANDA +=+
    Pendaratan terakhir sesudah terbang kesana kemari,pintu gerbang selatan surabaya..seng akeh motor muluk mabuRRRRR :mental:

    Tempat Paling menanTang
    -----------------------------------

    +=+ DoLLy +=+
    .nah ini tempatnya..katanya sih terbesar di asia tenggara ....survey dapat dilakukan malam hari...

    +=+ WONOKROMO +=+
    Daerah kumuh ...yang sekarang lagi bersolek ...sbelah kiri mewah...sebelah kanan..dangdutan (pinggir rel)

    ayo ngaku, sopo sing tau dolan mrunu :hahai:
    credit to boyzone

    ntar ge tambahin dah :panas:

    Masih Banyak Yang musti disebutin....
    Monggo Jika ada yang mau Nambahin........
     
    Last edited: Mar 18, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    anggatitanium Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 1, 2009
    Messages:
    1,323
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +123,932 / -0
    kya kya kembang jepun ga masuk ikon :???: sejarah juga kul :ngacir:
     
  4. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    makane tambahin juga kembang jepun gmn :panas:

    lah, yg di atas bukannya dah ada sejarahnya ya :panda:
     
  5. Offline

    Rando Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    1,282
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,086 / -0
    dolly gak dimasukan ? terbesar se asia tenggara jeh
     
  6. Offline

    prince_of_darkness Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,682 / -0
    aq kurang ngerti suroboyo, masio aq lahir nang kene tapi gede ku nang luar pulau.dadi kurang bgitu ngerti.

    lek bambu runcing pie uL?trus mesjid cheng-ho, karo ampel uL?
     
  7. Offline

    prince_of_darkness Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,682 / -0
    jarene ono semacam penjaga ne pak obama mampir dolly, wegh sing nggenah ae... :kaget: :kaget:
     
  8. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    udah di atas gmn :lol:

    [​IMG]

    peta surabaya jam dulu, dari sebuah sketsa

    [​IMG]

    surabaya sekarang ruwet :muntah:
     
    Last edited: Mar 18, 2010
  9. Offline

    giganticskies Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,705
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,726 / -1
    Kurang bang... Tempat kuliner di Surabaya barat ada G-walk daerah Citraland :lalala:
    Ada banyak resto enak :angel3:
     
  10. Offline

    Rando Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    1,282
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,086 / -0
    saran jeh, rumah hantu darmo :takut:
     
  11. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    ayo lah, cari info juga jgn saran aja :hahai:

    post di sini juga biar lengkap :lalala:
     
  12. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    "Lokasi Perobekan bendera "

    hotel oranye / yamato / majapahit ;hero:

    [​IMG]
    pic hotel sekarang

    Kisah heRoik Yang Terjadi :


    Tanggal 19 September 1945 pada saat kelompok orang-orang Sekutu atau Belanda yang tergabung dalam Mastiff Carbolic merupakan salah satu organisasi Anglo Dutch Country Saction (ADCS) yang bergerak di bidang spionase dengan kedok Petugas / Organisasi Palang Merah Internasional beroperasi di Surabaya dan mengunjungi Markas Besar Tentara Jepang yang berkedudukan di Surabaya.

    Maka pada saat yang sama ada beberapa orang Belanda yang tergabung dalam Komite Kontak Sosial mengibarkan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) pada tiang bendera sebelah kanan (Utara) Gapura Hotel Yamato (Orange / Mojopahit sekarang). Sehingga dinilai oleh para pejuang dan Arek-arek Suroboyo tindakan orang-orang Belanda tersebut sangat congkak dan tidak simpatik karena merupakan lambang akan ditegakkannya kembali kekuasaan Pemerintah Kolonial Belanda di Bumi Surabaya.

    Kemudian Resimen SUDIRMAN dengan mengendarai Mobil Sedan Hitam mendatangi Hotel Orange dan memerintahkan dengan tegas kepada Komite Perwakilan Sekutu untuk segera menurunkan bendera Belanda tersebut. Tetapi justru perintah Residen Sudirman tidak diindahkan sama sekali oleh orang-orang Sekutu/Belanda yang berada di Hotel Orange, bahkan Residen Sudirman yangdalam kedudukannya sebagai Pejabat dan Wakil Pemerintah Indonesia malahan ditodong dengan pistol Revolver oleh seorang pemuda Belanda pada waktu itu.

    Sehingga memicu perkelahian massal yang tidak seimbang antara 20 orang sekutu/Belanda berhadapan dengan massa - rakyat / Pemuda Surabaya yang berasal dari Genteng, Embong Malang, Praban dan sekitarnya.

    Akhirnya beberapa orang pemuda berhasil mendekati dan memanjat dinding serta puncak Gapura Hotel, berhasil menurunkan bendera Belanda dan menyobek bagian birunya serta menaikkan kembali bendera Merah-Putih dengan ukuran yang tidak seimbang dengan diiringi pekikan "MERDEKA", "MERDEKA", "MERDEKA", yang disambut dengan gempita oleh massa Rakyat yang berkerumun di bawah tiang bendera dan berada di depan Hotel Orange.

    [​IMG]

    Tercatat dalam insiden penyobekan bendera Belanda di Hotel Orange tersebut telah gugur sebagai Kusuma Bangsa 4 (empat) orang Pemuda / Arek Suroboyo yaitu Sdr. SIDIK, Sdr. MULYADI, Sdr. HARIONO dan Sdr. MULYONO :terharu:. Sedangkan dari pihak Warga Belanda Mr. Ploegman tewas terbunuh oleh amukan massa ditusuk senjata tajam :dead:.
     
  13. Offline

    prince_of_darkness Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +1,682 / -0
    makanan khas nya :
    Lontong balap, Tahu tek, Tahu campur, Lontong Kikil, Rujak congor eh cingur dll

    Supportter :
    Bonek e.

    Monumen :
    Monkasel, Tugu Pahlawan, Hotel e Bung tomo iku jeneng e opo lali aq (Oranje/yamato, duduk yo?)

    kosakata ne :
    J4nc0k dkk

    Taman :
    taman bungkul,taman pelangi, dll


    ta golek i info+link e, segera menyusul.
    uL, khusus tempat tok ta?? ga ono mambu panganan, dan ciri khas lain dari surabaya?
     
  14. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    @princess

    judul trit e ae all about surabaya... jadi segala hal tentang surabay bisa di share di sini :top:
     
    • Like Like x 1
  15. Offline

    brick Beginner Members

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    442
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +393 / -0
    rawon HOROR cak ... :nikmat: <--- emot mangan gak enek ... tak gawe emot iki ae .. :P
     
  16. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    lak ngerti yo ndang di post info2ne to jal :hahai: mengko tk kei boto gawe omah :lol:
     
  17. Offline

    brick Beginner Members

    Joined:
    Dec 1, 2009
    Messages:
    442
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +393 / -0
    ~ RAWON SETAN ~

    [​IMG]

    Rawon Setan apakah itu ?? ...
    sebenarnya nggak beda jauh dengan SEGAWON [Sego Rawon] lain, asal namanya jg nggak ada hubungannya sama sekali dengan hal-hal berbau makhluk Ghaib. Kalopun ada itu hanyalah jam buka warung ini, yaitu pkl. 23.00 - dini hari ... dimana pada jam ini diyakini sebagai waktu buat setan berkeliaran. Namun kini seiring dengan makin ramainya konsumen, Rawon setan mulai buka mulai pkl. 21.00. Kalo makin rame lagi bisa2 buka mulai pkl. 20.00 ato malah pkl. 19.00 ... kalo begini unsur SETAN-nya bisa2 malah hilang .. :sigh:

    Pemiliknya adalah seorang mbah yang ditemani oleh 3 cucunya. Mbah ini sudah berjualan nasi rawon selama 43 tahun. Entah gosip atau bukan, katanya Rawon Setan ini difranchise-kan dg harga Rp 100 juta tapi nggak boleh buka di kota Surabaya.

    UPS ... Buat yang belum tahu apa itu Rawon ... nih ada info dari tante wiki ..
    Rawon Setan terletak di Jl. Embong Malang, untuk lebih mudahnya cari saja Tunjungan Plaza di Jl. Basuki Rahmat, teruusss aja lurus (ambil sisi sebelah kiri). Nanti kalau ada pertigaan lurus/kiri aja (kalau kanan ke Grahadi). Nah sampai deh di Jl. Embong Malang, berhentilah begitu sampai di hotel JW Marriott, Rawon Setan ada di seberang hotel tsb, persis di pinggir jalan dengan billboard yg cukup mencolok.

    [​IMG]

    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada dasarnya Rawon Setan nggak beda jauh dengan rawon lain. Nasinya dicampur langsung dengan kuah rawon. Di pinggir piringnya sudah ada sambal yang tinggal dicampur kalau suka. Perbedaan Rawon Setan dengan rawon lain terletak pada dagingnya yang sedikit berlemak dengan ukuran EXTRA ... meskipun begitu dagingnya empuk puk puk, fresh, sekaligus lembut seratnya.

    source --> tekan kene, kene, karo kene ...

    --------------------------------------------------------------------------------------------​
    @ auli ...
    mana janji manismu ... :matabelo:
     
    Last edited: Mar 19, 2010
  18. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    " MLaku -mLAku Nang TunJungAN "

    Sejarah panjang tergores dalam catatan perjuangan Arek Suroboyo. Hanya beberapa bangunan dan kawasan yang menyisakan cerita. Sekitar Tunjungan satu di antaranya.

    Kawasan Tunjungan tercatat mempunyai daya tarik sejak jaman dulu. Mulai dari era Adipati hingga jaman pemerintahan masa kini di Surabaya. Dari sekedar taman, area pertama untuk menerima tamu raja yang berasal dari pedalaman. Hingga kini Tunjungan menjadi pusat bisnis paling ramai di Kota Pahlawan ini.

    Merunut perkembangan kawasan Tunjungan, tidak bisa lepas dari sejarah munculnya Surabaya. Walaupun nama Tunjungan sudah disebut-sebut sejak jaman Kadipaten Surabaya, tapi baru menunjukkan perkembangannya setelah masa pendudukan VOC. Semakin menjadi jalur utama kota ketika kota ini diduduki sekutu.

    Di jaman penguasaan VOC, Surabaya kian hari terus tumbuh, pengembangan wilayah kota tak bisa dihindari. Salah satu yang tampak pasti adalah kebutuhan para penguasa jaman itu untuk mendapatkan lokasi kediaman lain di luar kawasan kota.

    Pada tahun 1795 penguasa VOC, Dirk van Hogendorp, membuat tempat kediaman baru rumah taman (tuinhuis) di selatan kota Benteng tadi, yang sekarang menjadi Grahadi. Disebabkan pusat aktivitas VOC masih di sekitar Jembatan Merah, maka tak heran bila tiap hari dia harus pulang pergi dari Jembatan Merah ke rumah tinggalnya yang di kawasan Simpang itu. Rumah ini kemudian berubah menjadi rumah residen (residentswoning).



    Jalur yang dilewati penguasa ini dari rumah ke kawasan ibukota itu melalui kawasan Tunjungan, ini berlangsung hingga tahun 1800. Yang kemudian tercatat sebagai akhir dan masa keruntuhan VOC, lalu diambil alih Hindia-Belanda.


    "Pada tahun 1878 dibuka jalur sepur pertama di Surabaya, dari Stasiun Semut ke Pasuruan. Kemudian jalur berikutnya dari Semut ke Perak," tambahnya. Dengan perkembangan itu Surabaya mulai menjadi kota besar.
    Sekitar tahun 1921, pada masa jabatan Walikota Surabaya yang kedua, G.J. Dijkerman, rencana membangun gedung Balai Kota diwujudkan. Gedung utama Balai Kota di Taman Surya, Ketabang, itu selesai dibangun pada tahun 1923, dan baru ditempati sekitar tahun 1927.

    Arsitek yang mendesain bangunan yang hingga kini masih kokoh berdiri itu adalah C. Citroen. Maka jadilah Surabaya sejak itu menjadi kota dengan pusat pemerintahan di Balaikota, kawasan perumahan mewah di Darmo, pusat pabrik di jalan Niaga.



    Seiring perkembangan Surabaya itu, kawasan tunjungan pun kian mekar. Tunjungan setelah menjadi jalur yang dilewati bangsawan VOC, lambat laun berubah menjadi jalan protokol. Pada akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20 Surabaya menjadi Kota Dagang dan Industri terbesar. Terlebih didukung kondisi politik lebih terbuka, maka berangsur Surabaya kian berkembang. Dan kawasan tunjungan pun makin ramai.

    "Di sepanjang jalan protokol itu mulai bermunculan toko-toko mesin, diesel ada di sana, tepatnya di sebelah selatan hotel Mojopahit sekarang. Yang terbesar adalah toko Metro. Hotel Mojopahit baru dibangun pada tahun 1905. Bangunan hotel itu desainnya masih terbuka, belum ada bangunan di depannya," Kemudian di sekitar sana juga dibangun gedung Whiteway, yang merupakan gedung bisnis. Bangunan itu kemudian dikenal dengan nama Toko Nam, sayang kini hanya tinggal puing-puingnya saja.

    Salah satu bangunan tertua di sekitar Tunjungan adalah yang sekarang SMP 3 atau SMP Praban. "Bangunan itu diduga semula merupakan gudang milik seorang pemilik modal besar, Han Tie Ko. Rumahnya kira-kira di jalan Blauran 57, juga sempat dipakai sebagai asrama mahasiswa Unair. Kemudian paviliunnya diduga kira-kira sekarang menjadi bangunan di jalan Embong Malang 60.

    Bangunan lama lainnya adalah gedung Balai Persahabatan, yang dibangun oleh seorang berkebangsaan Jerman, yang sekarang menjadi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Konon Dibangun sekitar 1820 -an. Konon di jaman perjuangan kemerdekaan sempat pula menjadi markas Palang Merah Internasional (International Red Cross Committee).

    Data tentang wilayah Surabaya sampai dengan tahun 60 -an, batas selatan adalah sampai Wonokromo, utara sampai Sidotopo. Sisi paling baratnya adalah Pasar Turi, sementara timur hingga batas rel kereta api di Jagir Wonokromo.

    Perkembangan Tunjungan konon juga didukung oleh hinterland Surabaya. Sehingga menjadikan kawasan Tunjungan sebagai CBD (Central Business District) pada masa itu. Selain itu juga didukung dengan kemampuan Surabaya untuk berkembang menjadi kota industri secara besar-besaran.

    Pernah ada catatan yang menyebutkan di sepanjang kawasan Tunjungan terdapat sekitar 126 toko. Di kawasan Tunjungan juga terdapat Toko Nam, yang dulu merupakan gedung pusat bisnis. "Sekarang yang tersisa hanya puing-puingnya, namun demikian juga ditetapkan sebagai cagar budaya. Kabarnya, karena masih termasuk kawasan Hotel Orange. Jadi Hotel Orange itu mempunyai arti karena adanya Toko Nam dan Toko Metro.



    Gedung Perjuangan Pers, sekarang menjadi gedung salah satu merek jam tangan, walau bangunannya tidak terlalu tua kemudian bernilai historis karena di tahun 1945 terutama ketika terjadi insiden perobekan bendera, gedung tersebut ditempati sebagai kantor wartawan, dan Bung Tomo termasuk di dalamnya.

    Kini di sepanjang jalan Tunjungan sudah dijadikan kawasan cagar budaya, karena relatif bangunan yang ada di sana berusia cukup tua, minimal lebih dari 50 tahun. Bangunan-bangunan seperti yang sekarang ditempati beberapa bank dan kantor asuransi, hingga kini masih menunjukkan pesonanya.
     
  19. Offline

    yani Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    348
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,408 / -0
    ane pernah kesana 2 kali, pertama malem hari ama temen2 waktu jaman kul. kedua siang hari ama keluarga cowokku. tapi satu hal yg pasti, aku ga pernah masuk ke rumahnya.. :hehe:

    rumah hantu darmo ini ada di perumahan darmo harapan surabaya. versi kematian keluarga yg tinggal disitu macem2, mulae dari dibunuh sekeluarga oleh pencuri ato pembunuh bayaran, rumah itu dulunya sarang hantu, sampe tenggelam di laut selatan.. :takut:
    yang jelas rumah itu sekarang terbengkalai n rusak.

    [​IMG]

    lumayan rame buat tempat foto2:
    [​IMG]
    kesimpulan versi aku:
    1. rumahnya tinggal rangka alias bodinya doank. segala macam perabotan, pager, jendela, pintu dll gada. bahkan genteng pun diambili :lol:
    2. karna cuma tinggal rangka, jadi terkesan horror gitu d..
    3. pendapatku pribadi, yg disetujui ama beberapa temen kampus n cowokku.. software aka makhluk halusnya cuma dikit, buat yg bisa liat gituan bilangnya cuma ada 1 yaitu mbak kunti. pertama kali dateng kesana (walopun malem) ga brasa sama sekali hawa seramnya. yg kedua juga sama aja..

    sekedar crita bozz, infonya catut dari sana-sini.. :piss:
     
    • Like Like x 4
    • Thanks Thanks x 4
  20. Offline

    auli123 Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 2, 2008
    Messages:
    9,196
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +16,155 / -0
    yg di ats itu poto mu a mabk :hehe:

    ayo, yag lain share donk :lalala:
     
  21. Offline

    yani Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    348
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,408 / -0
    yo ga lah... aku ga se-sexeh iku :hot:
    aku nemu info alamat RS sby, di share pisan ta?? :???:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.