1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  4. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  5. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

News All About Hijab

Discussion in 'Fashion' started by kb0cking, Dec 10, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    kb0cking Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 3, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +82 / -0
    Assalamualaikum bidadari IDWS :angel:

    Kali ini saya mau share tentang hijab/ jilbab secara umum ^^, selamat menyimak.

    Ukuran:

    1. Segi Empat

    Jilbab segi empat adalah jilbab persegi dengan beragam ukuran. Standar ukuran minimalnya 115 x 115 cm. Bahan yg dipakai untuk jilbab persegi empat ini sekarang juga beragam. Kalau dulu kita hanya mengenal jilbab segi empat berbahan katun "paris", kini variasi bahan sudah digunakan, sifon salah satunya.Jilbab persegi sangat mudah dalam pemakaian, mudah dibentuk dan cocok untuk pemula ^^.

    2. Segi Panjang

    Jilbab segi panjang adalah jilbab dengan ukuran panjang minimal 2 x ukuran lebarnya. Jilbab seperti ini biasa disebut juga dengan pashmina. Ukurannya beragam. Mulai dari 160 x 50 cm, 180 x 70 cm, hingga premium quality pashmina berukuran 75 x 200 cm. Semuanya sesuai dengan kebutuhan kamu ^^. Saat ini beragam jenis bahan digunakan untuk pashmina. Serat katun, tenun dan yg paling populer adalah chiffon. Pashmina terutama yg berbahan chiffon mempunyai kelebihan bisa dibentuk dengan bermacam model yg cantik. Biasanya pashmina ini dipakai oleh hijabers yang memiliki style pashmina yg cantik-cantik ^^.


    Jenis Bahan:

    1. Katun


    [​IMG]

    Salah satu bahan favorit untuk dijadikan hijab. Bahan ini lembut, tipis, adem, dan tidak licin. Selain itu, bahan katun ini gampang untuk dimodifikasi.


    2. Chiffon

    [​IMG]
    Chiffon sangat banyak macam dan jenisnya, salah satu yang paling terkenal ialah Cerutti. Jenis bahan ini biasanya agak licin, lembut, ringan, "jatuh". Salah satu keunggulan bahan ini ialah, coraknya yang menarik dan tidak mudah lecek/ kusut.


    3. Satin
    Kain satin, sedang tren saat ini. Keunggulan bahan ini tentu saja "shining" berkesan mahal dan elegant. Kekurangannya, coraknya belum sebanyak chiffon, selain itu sangat licin (beberapa orang bahkan ada yang tidak bisa memakainya ^^) dan panas. Kata- kata "Beauty is Pain" cocok disematkan untuk bahan ini ^^.


    4. Cashmere

    [​IMG]
    Bahan ini biasanya memiliki rumbai - rumbai diunjungnya. Terdapat beberapa tingkatan pada bahan ini, dari kasar hingga halus sekali. Keunggulan bahan ini, multifungsi bisa menjadi jilbab maupun menjadi syal. kekurangan bahan ini, agak tebal sehingga berat apabila dipakai dan agak panas ^^.

    Yap, itu sharing singkat tentang hijab. Silakan ditambahkan, semoga membantu kamu dalam menentukan pilihan hijab kamu :cihuy:

    *Kami menyarankan untuk senantiasa memakai hijab menutupi dada* :angel:


    :tkp1:
     
    Last edited by a moderator: May 16, 2014
    • Thanks Thanks x 7
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    aera Silent Reader Members

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    hijab untuk hadiah istimewa, bahan yang sipp apa juragan ?
     
  4. Offline

    siti99 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 15, 2013
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    12
    Ratings:
    +304 / -0
    cara menyiasati supaya tidak terlalu panas saat menggunakan bahan Cashmere adalah membuat model yang agak longgar dan tidak menjadikannya penutup utama.
     
  5. Offline

    kb0cking Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 3, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +82 / -0
    Pake bahan yang biasa dipake doi gan :tkp1:
    Tanya aja langsung, daripada beliin trus tiba tiba ga dipake kan sayang :angel:

    Terima kasih bidadari ^^

    Aku masukin post 1 ya :angel:
     
    Last edited by a moderator: Feb 28, 2014
  6. Offline

    phie3 Beginner Members

    Joined:
    Jul 25, 2013
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +143 / -1
    Kalo berdasarkan pengalaman,hijab yg bs dkreasikan tapi tetep menutup dada adalah min.ukuran 115cm x 115cm utk yg persegi n 200cm x 70/75cm utk pasmina
    Jgn lupa pake daleman ninja or hijab ddobel kalo bahannya terlalu tipis,biar g menerawang...
    Suka sedih kalo ada yg bhijab tp rambutnya msh keliatan,bahkan ada yg lbh panjang rambutnya drpd hijabnya shg g ktu2p sempurna...
    Just my opinion...

    Sent from my LG-E400 using Tapatalk 2
     
  7. Offline

    choli Superstar Super Moderator

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    10,486
    Trophy Points:
    186
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,189 / -2
    Pengen nanya aja nih..
    Sebenernya perbedaan hijab dengan jilbab itu apa yah?
    :iii:
     
  8. Offline

    phie3 Beginner Members

    Joined:
    Jul 25, 2013
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +143 / -1
    Menurutku sama aja...
    Cuma beda istilah,walo pengertiannya tetep sama..
    CMIIW

    Sent from my LG-E400 using Tapatalk 2
     
  9. Offline

    kb0cking Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 3, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +82 / -0
    Menurut saya istilah hijab, ialah sebutan lain jilbab yang lagi ngetrend saat ini :tkp1:

    Setuju sekaliiiiii :angel:
     
    Last edited by a moderator: May 16, 2014
  10. Offline

    Estherzilla Post Hunter Moderator

    Joined:
    Apr 17, 2010
    Messages:
    3,768
    Trophy Points:
    232
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +20,887 / -0
    dari zaman Rasulullah dulu juga disebut hijab. Setelah islam datang ke Indonesia juga tidak banyak perempuan yang berhijab. kebanyakan hanya sebatas menggunakan penutup kepala seperti kita lihat pada nenek-nenek kita, atau diselendangkan saja tanpa tertutup rapat seperti kebanyakan artis yang datang ke pengadilan :hihi:

    Kalau sekarang sudah berkembang pesat. Hijab pun muncul dengan berbagai model. Wanita Islam modern jaman sekarang tidak ada yang mau disebut kurang modis. Semoga saja hijab yang dimodel-model tetap menutup hingga dada, sehingga fashionnya dapat, ibadahnya juga dapat.. :hmm:
     
    Last edited: May 16, 2014
  11. Offline

    badakungu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 19, 2010
    Messages:
    766
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +339 / -0
    Sebenarnya, hijab itu hanya mengacu pada penutup kepala / kerudung, atau seluruh bagian dari tutup kepala hingga penutup kaki ?
     
  12. Offline

    Kierara Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 5, 2013
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +40 / -0
    ini ada beberapa penjelasan perbedaannya...Semoga membantu...[​IMG]
    1. Hijab
    Setiap Jilbab adalah Hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sebagaimana yg tampak. Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu. Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum, bisa brupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, dan pembatas atau aling-aling lainnya. Memang terkadang kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab.
    Adapun makna lain dari hijab adalah sesuatu yg mnutupi atau menghalangi dirinya. Hijab biasa juga digunakan sebagai pembatas interaksi saat sedang syuro. Pernah lihat ada yg rapat dgn menggunakan Hijab?


    2. Jilbab
    Jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Hal ini tertuang dlm perintah Allah dalam AlQuran surat Al-Ahzab ayat 59 "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka...". Secara terminologi, dalam kamus yang dianggap standar dalam Bahasa Arab, Jilbab berarti selendang, atau pakaian lebar yang dipakai wanita untuk menutupi kepada, dada dan bagian belakang tubuhnya.
    Dapat kita ambil kesimpulan bahwa jilbab pada umumnya adalah pakaian yang lebar, longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh. Sebagaimana disimpulkan oleh Al Qurthuby: "Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh." Kecuali Wajah dan telapak tangan. Adapun #jilbab dalam surat Al-Ahzab (33) : 59, sebenarnya adalah baju longgar yang menutupi seluruh tubuh perempuan dari atas sampai bawah.

    3. Khimar
    Khimar menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Khimar ini tidak Khimar merupakan pakaian atas atau penutup kepala. Desain pakaian ini yaitu menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka).
    Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karena jika hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Jadi khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala ke seluruh dada tertutupi. Khimar seringkali disebut kerudung, tapi sebenarnya berbeda. Perintah Khimar terdapat dalam QS An-Nur ayat 31. Khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka.

    4. Kedurung / Kudung

    Kerudung hampir mirip dengan Khimar , namun kerudung tidak dianjurkan dalam Islam, karena desain kerudung cuma sebagai penutup kepala saja. Kerudung yang hanya sebagai penutup kepala, tidak sepanjang khimar yang mampu menutupi dada wanita sekaligus. Kerudung hanya menutup kepala atau leher saja, akan tetapi bentuk lekuk tubuh pada bagian leher dan dada masih terlihat.
     
  13. Offline

    kb0cking Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 3, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +82 / -0
    Minta izin aku masukin post 1 ya ^^

    Salam bidadari :angel:
     
  14. Offline

    aizy Chewbacca Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,761
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +63,725 / -0
    selain jilbab, ada juga tuh jubah, terus juga turban....
    masing2 beda kan..?? :???:
     
  15. Offline

    badakungu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 19, 2010
    Messages:
    766
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +339 / -0
    turban ( atau sorban ? ) itu yang biasanya di pakai laki2. Tutup kepala dari kain yang dilipat sedemikian rupa bukan ?
     
  16. Offline

    aizy Chewbacca Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,761
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +63,725 / -0
    cewek juga make turban kok... iyah yang bentuknya kaya sorban....:iii:
     
  17. Offline

    kb0cking Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 3, 2010
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +82 / -0
    Menurut pendapat pribadi aku, sebaiknya dihindari... terlalu banyak bagian yang terbuka :angel:
     
  18. Offline

    kinur van Oranje Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    6,960
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,637 / -2
    • Like Like x 1
  19. Offline

    kookie_buin Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    2,045
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +1,887 / -0

    aku juga berhijab :hmm:
    tapi yang harus kita ingat sebagai orang yang berhijab adalah esensi berhijab. Hijab bukan asesoris dan karena latah trend :centil:
    berhijab modis tapi ikut aturan :hmm: hindari hal2 yang kek gini.
    [​IMG]
    cr : FB Kang Jumee

    Tapi kalau yang masih proses belajar berhijab harus diapresiasi :makasih-g:
     
    Last edited: Dec 12, 2013
  20. Offline

    phie3 Beginner Members

    Joined:
    Jul 25, 2013
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +143 / -1
    Setuju....
    Sbg wanita berhijab,aku jg tetep pengen tampil modis tp jg tetep berusaha syar'i n pake hijab menutup dada...
    Seneng sih liat perkembangan jilbab/hijab saat ini,jd lbh bervariasi n makin byk yg pake..
    Tapi kdg sedih jg kalo ada yg pake hijab cm skedar ngikutin trend n jd g konsisten alias bongkar pasang... :hiks:


    Sent from my LG-E400 using Tapatalk 2
     
  21. Offline

    kookie_buin Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    2,045
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +1,887 / -0
    bener .... :hmm:
    jangan sampe kita disebut kerdus (kerudung dusta) :peace:
    banyak kok yang syar'i tapi fashionable.. :centil:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.