1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Alasan Wanita Sering Alami Mimpi Buruk

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Sep 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Setelah bangun dari yang penuh mimpi, banyak wanita merasa pengalaman itu seolah-olah terjadi di dunia nyata. Perasaan panik dan takut kerap masih terasa dari mimpi buruk seperti dikejar-kejar makhluk asing, pembunuhan, hingga kematian.

    Namun, mimpi antara pria dan wanita memiliki perbedaan. Pria biasanya lebih sering bermimpi sesuatu yang membosankan hingga mereka tidak mengingatnya dengan jelas.

    "Wanita cenderung mengalami mimpi yang lebih luas daripada pria," ujar
    peneliti mimpi Professor Kelly Bulkeley, salah satu penulis 'Dreaming In The Classroom', dikutip dari Daily Mail.

    Menurutnya, mimpi yang dialami wanita lebih cenderung mengarah pada mimpi buruk, lebih emosional, terasa lebih nyata, hingga mengganggu kualitas tidur.

    Uniknya, penelitian menunjukan bahwa salah satu sebab pengalaman mimpi buruk adalah hormon. "Peneliti menemukan bahwa siklus hormon wanita dapat memengaruhi mimpi. Kita cenderung memiliki mimpi yang emosional atau mimpi buruk tepat sebelum menstruasi," ujar Davina Mackail, penulis 'The Dream Whisperer'.

    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas West of England menemukan, bahwa perubahan suhu tubuh wanita yang disebabkan oleh siklus bulanan adalah sebab variasi mimpi yang terjadi. Temperatur tubuh wanita akan naik setelah ovulasi dan turu sebelum menstruasi.

    "Sebelum menstruasi, wanita cenderung bermimpi lebih agresif, dan dapat mengingat apa yang ia mimpikan," ujar pemimpin penelitan Dr Jennie Parker.

    Masa kehamilan juga membuahkan mimpi yang sangat jelas. "Selama masa kehamilan, tingkat hormon naik, dan wanita akan menghabiskan waktu tidur mereka untuk mengalami REM, masa dimana mimpi seolah terasa nyata," ujar Victoria Dawson, pakar tidur dan salah satu penulis 'Insomnia: The Essential Guide'.

    Tak hanya itu, masa akhir kehamilan juga dapat mengganggu tidur. Mereka akan lebih sering mengalami REM, dan lebih mungkin mengingat mimpi. "Kehamilan memiliki dampak besar bagi munculnya mimpi. Akan lebih banyak mimpi yang muncul dengan berbagai macam kejadian, termasuk mimpi buruk," ujar Kelly Bulkeley.

    Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Parker pun menemukan bahwa wanita mengalami mimpi buruk lebih banyak dibandingkan pria. "Hanya 19 persen responden pria yang mengalami mimpi buruk. Sedangkan, terdapat 30 persen wanita yang mengalami mimpi buruk," ia menambahkan.

    Dan, uniknya, jika pria lebih cenderung melupakan apa yang ia mimpikan, wanita justru lebih dapat mengingat mimpi mereka. Penelitian menunjukkan bahwa ketika bermimpi wanita lebih fokus dibanding pria. Fokus pada sebuah pengalaman penting akan mengaktifkan wilayah otak yang berhubungan dengan memori. Jadi, wanita mengalami mimpi yang lebih dramatis. Semakin detil mimpi yang terjadi, semakin mereka mengingatnya.

    "Sifat-sifat seperti keterbukaan terhadap pengalaman baru, ekspresi emosional, dan sensitif juga cenderung terjadi pada wanita, dan semua hal membuat wanita lebih dapat mengingat mimpi," ungkapnya.

    Mungkin semua hal tersebut terdengar positif, tetapi pengalaman-pengalaman tersebut justru membuat wanita lelah dan tidak dapat menikmati tidur mereka.

    Tidak hanya faktor hormonal, beberapa jenis makanan juga diklaim dapat memicu mimpi buruk seperti keju, alkohol, rokok, cokelat, dan kafein.

    "Namun, tidak ada satu makanan pun yang menyebabkan peningkatan pengalaman mimpi. Mereka hanya stimulan yang sulit dicerna sehingga mengganggu pola tidur, dan membuat kemungkinan terbangun ketika REM," ujar Davina Mackail.

    Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari makan 2 jam sebelum tidur. Cobalah juga untuk mandi sebelum tidur karena dapat membantu menaikkan suhu tubuh dan ketika suhu tubuh turun, Anda siap utuk tidur. Hindari pula minuman yang merangsang seperti soda, kopi, dan teh setelah jam 6 malam. Jangan menonton tv dan mengecek email satu jam sebelum tidur. Sebaliknya, cobalah untuk mendengarkan musik klasik atau suara-suara relaksasi.

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/247056-alasan-wanita-sering-alami-mimpi-buruk
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    semutkecil Beginner Members

    Joined:
    Oct 27, 2008
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,488 / -0
    wah teorinya ga terbukti nih hehe... mungkin yang diambil sampel belum mewakili semua wanita kali yah... kalo menurut gw mimpi itu hadir baik yg buruk atau ngga tergantung suasana hati kita.. dan yang paling penting jangan lupa berdoa sebelum tidur..
     
  4. Offline

    br1g Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    pernah baca katanya mimpi itu gara2 waktu tidur kondisi pikiran tidak dalam keadaan rileks .. Dan emang biasanya wanita lebih suka memikirkan sesuatu secara detail.
     
  5. Offline

    NekoMaoMao Members

    Joined:
    Sep 5, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    gimana kalo ngatasinya dengan drinking a milk before sleeping?? :bloon:
     
  6. Offline

    kairoskun Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 17, 2011
    Messages:
    81
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    Betul bro, dengan minum susu biasanya tidur lebih nyenyak loh .. :hmm:
     
  7. Offline

    Thomsondric Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 14, 2011
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +97 / -0
    Biasanya sie lupa cuci kaki n gosok gigi gannn.. hehehhe jadinya bauu smua.. makanya dedemit pada doya.. hehehhee
     
  8. Offline

    lingzhee Beginner Members

    Joined:
    Jul 11, 2012
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +1 / -0
    nice inpoh gan..
    ane pake yang mnum susu dah..
    biar tidur ane nyenyak..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.