1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Istilah keren dalam kerja kantoran

Discussion in 'Lifestyle' started by bimasakti, Apr 30, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. bimasakti M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2010
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +5,135 / -0
    Penting nih buat yang baru masuk kerja kantoran ato bahkan dah lama kerja tapi ga gaul2..


    ASAP
    Singkatan dari As Soon As Possible, biasanya dipakai oleh atasan yang minta laporan dari bawahannya. Paling males dapet email yang subjectnya ASAP pake huruf gede. Biasanya laporan ini sifatnya dadakan bgt. Celakanya, bagi bawahan, laporan inilah yg biasanya paling lama dicuekin, alias gak diduga2 kalo sewaktu2 bos minta, walhasil..JEBRET! Lembur sampe pagi!

    TENTATIVE
    Kata sakti yang biasanya dipakai untuk menjelaskan sesuatu di masa depan yang kurang jelas menjadi lebih gak jelas. Apalagi kalo dalam suasana meeting yang udah sangat gak produktif dan super ngebosenin, kalo bisa semua keputusan bersifat tentative. Yang penting cepet pulang.

    MEETING

    Harusnya sih RAPAT dalam EYD. Tapi mo gimana lagi? Dah bekennya begitu, kalo bilang rapat, kesannya mo ke pak RT atau pak Lurah aja.

    TARUH DI MEJA SAYA
    Salah satu dari sedikit kalimat berbahasa Indonesia yang dapat mewakili status si pengucapnya. Biasanya kalimat ini diucapkan oleh : Owner kepada Direktur. Direktur kepada GM. GM kepada Manager. Manager kepada Supervisor. Supervisor kepada Staff . Staff kepada OB dan terakhir OB kepada tukang bubur ayam. Kebayang kan ? Betapa susahnya kalo sang owner mo sarapan bubur?

    AFTER LUNCH
    Untuk menunjukan waktu yang HARUSnya jam 1 siang, tapi biasanya kalimat ini dipakai kalo janjian dengan level sesama manager atau diatasnya. Kalau masih janjian sesama staff or supervisor mah simple aja “Abis makan deh” atau “Makan dolo bro, baru kita sambung” Note : Setinggi2nya level anda, jangan sampai bilang “Makan dolo bro.” ke owner.

    COFFEE BREAK
    Kebiasaan para pegawai malas yang tidak produktif. Sering dilakukan oleh bos atau para staff. Bos punya jadwal coffee break maksimal cuma 2 kali sehari dan melakukannya di ruangan sendiri. Nah, kalau staff sering mencoba melakukan gerilya coffee break sesering mungkin di pantry, kantin atau smoking room. Dan sering panik kalau bos tiba2 memanggil. Ketika ditanya kemana, alesannya kreatif sekali. Fotokopi lah, ngejilid lah, toilet lah sampai alesan minta data dari komputer temen, gara2 YM-nya lagi trouble.

    LEGALITAS
    Campuran Indonesia-Inggris yang menunjukan keadaan pekerjaan yang sudah sampai ke level menengah keatas. Biasanya kata ini terucap ketika hasil atau proses produksi perusahaan tersandung sengketa. Heran, kenapa selalu kesebut kalo lagi kisruh ya? Contoh kalimat favorit “Kok bisa begitu? Legalitasnya kan sudah OK semua! Apa? Dia ngajak bawah tangan? Kuliah di mana sih tu orang?”

    OVERTIME
    Bahasa Indonesianya Lembur. Tapi somehow, overtime lebih keren. Soalnya kalo lembur kayak OB & Driver.

    13th SALARY / BONUS
    I love this word. Kalau nggak mengundang uang, seenggaknya mengundang kehebohan dalam kebersamaan. Dimana divisi2 yang tadinya bermusuhan & berseteru, tiba2 bersatu padu dalam kekompakan nan mengharu biru.

    BREAKFAST / LUNCH / DINNER MEETING
    Kalau owner atau direktur yang melakukannya, terbukti efisien dan tepat guna. Kalau manager yang melakukannya terbukti menjadi alesan ulur2 jam istirahat dan pemborosan budget perusahaan, sementara hasilnya tetep gantung. Kalau perlu melebar ke shopping meeting, karaoke meeting atau outbound meeting (biasanya ke Puncak. Sukur2 Bali)

    ENTERTAINMENT
    Hampir sejenis dengan penjelasan diatas. Bedanya produk yang dihasilkan berupa New Project atau sekedar ucapan terima kasih. Namun buntutnya lebih panjang, apalagi menyangkut new project. Budget yang disediakan pun lebih besar. Biasanya dilakukan oleh pimpro. Jenis entertaint juga bermacam2 tergantung sifat pimpro-nya. Ada yang cuma sekedar dinner, karaoke malah sampai ke meja panti pijat plus plus di sekitar Fatmawati, Melawai atau daerah Kota & MangBes. Dengan satu tujuan mulia : Yang penting proyek jebol.

    OUTING / OUTBOUND
    Inisiatif management perusahaan dalam me-re-fresh karyawannya. Dengan tujuan agar lebih bugar dan kompak menghadapi masalah2 di kantor. Sementara terkadang para karyawan mendapat hasil yang jauh lebih maksimal dari pada sekedar bugar. Affair. Moment jo. Moment.

    925 (NINE TO FIVE)
    The International Office Hours. Bedanya, di negara maju dengan 925 bisa mencapai hasil yang maksimal, kalau di Indonesia 825 pun harus dibumbui overtime, dengan catatan gak janji beres ya.

    24/7 (TWENTY FOUR SEVEN)
    24 jam sehari 7 hari seminggu. Kalimat sakti para bos untuk mengintimidasi tangan kanannya, dengan diiming-imingi bonus yang masih berada di gray area (baca : Kerja rodi dulu, bonus belom tentu, tergantung jebolan proyek)

    PANTRY
    Seharusnya sih tempat persiapan para OB untuk bikin kopi, nyiapin sarapan dan sejenisnya. Tapi sesuai kebutuhan dan kreatifitas daya khayal karyawan, ruangan ini bisa menjadi multifungsi sebagai smoking room, gossip room, breast pump room, dan room2 bagi komunitas underground lainnya. Pokoknya dari semua ruangan, pantry adalah ruangan
    paling top!

    OB (OFFICE BOY)
    Para malaikat penyelamat. Pahlawan tanpa tanda jasa. Percayalah, bila tak ada OB , niscaya hancur seluruh kegiatan ekonomi perusahaan. Telepon boleh mati. Fax boleh rusak. Tapi kalo OB sakit? Stress menghinggapi seluruh kantor.

    MESENGGER
    Teman seperjuangan OB. Nasibnya-nya kurleb sama dengan OB. Tapi bedanya mesangger lebih mobile karena tugasnya mengantarkan dokumen2 penting. Pekerjaan nan mulia sungguh. Walau terkadang jadi korban tangan2 karyawan jahil yang ingin menitipkan kado ke pacar yg letak kantornya (sangat amat) berjauhan.

    JOBDESC
    Stands for Job Description. Detail pekerjaan karyawan yang dituang dalam kontrak kerja. 80% dari JobDesc biasanya dianggap sepele dan dicuekin. Sebaliknya, apabila gaji dipotong 80% malah akan menjadi bencana & malapetaka.

    TOILET
    Selain tempat buang hajat n dandan, toilet bisa menjadi ruangan pemersatu umat. Dimana sekali seminggu, sebulan, setahun atau bahkan seumur hidup si kasta rendah bisa berada satu ruangan dengan si kasta agung (kalo beruntung malah dalam keadaan celana melorot, dasi kena kencing, kolor longgar, lagi ngeden, bau kentut dsb)

    YM-an
    Sejatinya, YM bisa berguna sebagai data transfer device yang sangat efisien tanpa harus melibatkan kehadiran flash disc. Namun ditangan2 orang yg tidak bertanggung jawab, alat ini berubah fungsi menjadi tempat pembicaraan kaum underground mengenai bentuk muka si bos yang aneh, ketidak puasan kebijakan management.

    SOUNDING
    Istilah untuk pemberitahuan sesuatu yang harus di-update kepada divisi2 yg bersangkutan. Walopun harusnya bersifat tulisan dan resmi, namun di tangan karyawan kebanyakan, sounding selalu bersifat verbal / or*l Sehingga pada akhirnya yang terjadi bukan updated yang didapat melainkan word up atau malah fist up-(baca : tuduh2an / lempar2an) alamakjan.

    CC & REPLY ALL
    Istilah email yang selalu jadi bahan pembelaan nomor satu apabila proses sounding menjadi kisruh. Berdoa aja emailnya beneran nyampe, bukan mailer daemon atau lebih parah lagi masih ada di draft folder, hehehe.

    MAN BEHIND THE DESK / ORANG KANTORAN
    Ledekan para tenaga operasional lapangan kepada karyawan administrasi, apalagi yang berdasi. Namun karyawan adminstrasi menyikapi dengan bijak, berupa keputusan tahan gaji, memotong uang lembur atau penyulitan administrasi kasbon dan cuti. Dengan alasan cerdas yang bersifat sangat teknis nan membingungkan tentunya.

    AFFAIR
    Bahasa indonesianya : SELINGKUH artinya (some might says) SELingan INdah KeluarGa UtuH. Salah satu dari sangat sedikit hal yang membuat semangat datang ke kantor.

    FOLLOW UP
    Kegiatan yang paling enak diucapin namun paling males dilakuin.

    CONCERN
    Bentuknya macem2 ada Tax Concern, Managemet Concern. Salary Concern, Employees Concern Namun apapun dan bagaimanapun bentuknya, concern2an ini pasti berujung dengan meeting nan membosankan yang sangat menguras waktu dan tenaga.

    KASBON
    Selamat hari ini. Celaka hari esok.

    REIMBURSEMENT

    Kata benda yang sangat diharap2kan kehadirannya oleh karyawan. Terutama bagi karyawan yang sangat mengabdi pada perusahaan. Karena bagi lidah orang Indonesia kata ini sangant sulit dilafalkan, maka dapat disingkat menjadi rembes atau rembesan. Contoh :
    “Eh cuy, rembesan gw dah keluar belom?
    “Belom nih cong, masih nyangkut di plafon”
    “Dipercepat dong. Bokek nih”
    “Beres. Jangan lupa traktirannya ya. Udah gw bantuin nih. Lo kan tau si bos paling lama soal begituan”
    Jadi, reimbursement juga dapat menjadi semacam pungutan liar bagi bagian keuangan.

    I HATE MONDAY
    Terucap seminggu sekali. Biasanya di Senin pagi pukul 6. Hidup terasa berat & membosankan. Apalagi kalau pekerjaan menumpuk & jadwal meeting yg padat ada di depan mata.

    MIDWEEK MADNESS
    Ngambil istilah dari acara Rock MTV tahun 90-an. Saking annoyingnya gw males ngejelasinnya. Pokoknya pasti pada ngarti dah ya.

    THANKS GOD IT’S FRIDAY
    Hari dimana 925 sama sekali gak berlaku. Istirahat 2 jam, dengan alasan solat jumat. Padahal malah ngelayap ke Gramedia / Gunung Agung. Karyawan wanita pun gak mo kalah dengan merayakan jumat siang dengan shopping dan makan siang di ujung dunia. Kayaknya bahagiaaaaa bgt!

    ANNUAL LEAVE
    Sesuat yang lebih ditunggu2 kehadirannya. Saking kreatifnya, karyawan bisa mengatur jadwal cutinya sesuai dengan keluarnya bonus sekaligus ketika pas kejadian proyek lagi ribet2nya.

    LONG WEEKEND
    Gak ada kata yg tepat untuk mendeskripsikan kalimat ini kecuali : Anugerah Yang Terindah Yang Pernah Kumiliki by Sheila on Seven.

    Maaf kalo Repost:piss:, kami hanya ingin share saja.:tkp1: Jika anda keberatan, silakan berikan komentar:hmm:
     
    • Like Like x 7
    • Thanks Thanks x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. litinium M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 2, 2008
    Messages:
    495
    Trophy Points:
    156
    Ratings:
    +1,156 / -0
    :lol: SELINKGUH

    :lol: Selamat hari ini. Celaka hari esok.

    lumayan nih biar tau istilah2 kerja. :top:
     
  4. Shuichi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    8,579
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +158,160 / -3
    Ciakakkaka.... :lol:
    mantep bener kata-katanya... :top:
     
  5. bolmeteux Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +20 / -0
    really2 pgn ngomong THANKS GOD IT’S FRIDAY
     
  6. z13r0 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    :lol: numpang ketawa gan liat tulisannya but nice inpoh..... :niceinfo:
     
  7. Ziedrich M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    3,291
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,234 / -0
    pak, tolong print kan saja ini, lalu TARUH DI MEJA SAYA :haha:
     
  8. kanga6us M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,194
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +328,493 / -1
    bahasanya aneh2 smua...:haha:
     
  9. _windwalk_ Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    TENGGO donk bleh ... masa gk di jelasin xixixi
     
  10. scaglietti M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    258
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +52 / -0
    menurut gw,
    sangat disayangkan karena harus menggunakan Bahasa Inggris..
    Tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang kita bangga2kan sebagai Warga Negara Indonesia :(

    Terima kasih karena telah berbagi yah :piss:

    Beberapa kata2 tersebut memang sudah biasa *terhingar-bingar* di telinga gw :piss:
     
  11. ayamkampung Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +22 / -0
    :jimat: bagus informasinya. lumayan buat nambah bendahara kata2 neh. walau tak kerja kantoran tapi butuh tahu juga biar ngerti apa yg dibicarain org tuh. :hihi:
     
  12. makanan12 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    425
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +2,796 / -0
    seenggaknya buat persiapan kerja d kantor,,,

    kasbon hahahaha
     
  13. Ziedrich M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    3,291
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,234 / -0
    bener tuh tenggo.. gw baru tau istilah itu setelah gw kerja :haha:
     
  14. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Izin komentarin beberapa... :piss:
    Lucu bener TSnya sampe dapet aja ide kek gini :lol:

    Istilahnya, money unites all :lol:

    Jadi sarangnya underground dong kalo gitu...
    Office underground rules :lol: :lol:

    Akibat mengandalkan OB di berbagai kesempatan :lol:

    Very, very like this! :top:

    Lagi2 undergroundism berbicara :lol:

    Ini sengaja yah, merembes ke plafon :lol:
     
  15. ch4mele0n Members

    Offline

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    penjelasannya innocent bro
     
  16. ckdoubleyou M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,248
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,013 / -0
    MIDWEEK MADNESS :???:
    itu apa si kk?? ngga ngerti aku
    ADOOOOH SI AGAN MALEM2 NGAKAK nih baca tulisannya :lol:
    yah ngga jauh beda lah ama anak sekolahan kkkk duh jadi orang kantoran tuh gitu ya??
     
  17. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,738
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,332 / -0
    skalian numpang tanya donk, FYI (For Your Information) tuh istilah apaan toh :???: kaga ngerti2 :keringat:
     
  18. Red_Tomato M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    490
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +327 / -0
    bener2 mantab nih tutornya :siul:
     
  19. ckdoubleyou M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,248
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,013 / -0
    istilah apa ya?? tapi emang orang banyak banget yang sering bilang
    mungkin arti harfiahnya "menambahkan info buat yang belom tau"
    semoga dapet pencerahan
     
  20. kouga320 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 23, 2009
    Messages:
    2,789
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +1,672 / -1
    tambah!!

    Ngeprint

    B*ker. saya tau ini waktu kunjungan ke sebuah kantor.
    awalnya bingung. ngapain ngeprint di toilet?
     
    • Like Like x 1
  21. bloody_hound47 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +4 / -0
    KASBON, Like This !!
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.