1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

8 Makanan yang Paling Sering Jadi Sumber Alergi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by onishoushi, Oct 12, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    onishoushi Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 24, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +245 / -0
    [​IMG]

    Makanan paling sering menyebabkan reaksi alergi. Dari sekian banyak makanan, 8 jenis makanan ini paling sering menyebabkan orang alergi, bahkan hingga 90 persen. Makanan apa saja?

    Alergi makanan merupakan reaksi sistem kekebalan yang terjadi segera setelah makan makanan tertentu. Pada orang yang alergi, sistem kekebalan tubuh keliru mengenali protein makanan sebagai zat yang berbahaya. Jadi jangan heran bila kebanyakan makanan yang memicu alergi adalah makanan yang tinggi protein.

    Bahkan sejumlah kecil dari penyebab alergi makanan dapat memicu gejala seperti masalah pencernaan, gatal-gatal atau bengkak saluran udara. Pada beberapa orang, alergi makanan juga dapat menyebabkan gejala parah atau bahkan reaksi yang mengancam nyawa yang dikenal sebagai anafilaksis, seperti dilansir MayoClinic, Rabu (12/10/2011).

    Tidak semua makanan dapat menyebabkan alergi. Berdasarkan US Food Allergy, 8 makanan ini merupakan 90 persen dari makanan penyebab alergi, yaitu:

    1. Susu sapi
    Alergi susu sapi paling umum terjadi pada anak-anak, alergi susu mempengaruhi 2-3 persen dari bayi di negara maju. 90 persen dari anak-anak ini biasanya akan sembuh dari alergi pada saat mencapai usia 4 tahun.

    2. Telur
    Telur juga merupakan makanan penyebab alergi yang sangat umum pada anak-anak dan biasanya berlanjut hingga dewasa. Sebagian besar anak akan sembuh dari alergi ini pada usia 5 tahun. Sesuatu yang harus diperhatikan jika Anda atau anak Anda memiliki alergi telur adalah waspada pada beberapa vaksin, termasuk vaksin flu, karena mengandung protein telur yang dapat memicu reaksi alergi yang serius pada individu.

    3. Kacang tanah
    Protein kacang sangat mahir memprovokasi sistem kekebalan tubuh menjadi serangan mematikan pada tubuh dan memang alergi kacang merupakan penyebab utama kematian terkait makanan. Namun, kematian ini masih cukup langka.

    4. Kacang pohon
    Alergi kacang pohon lebih banyak terjadi pada anak-anak ketimbang dewasa. Kacang pohon mencakup sebagian besar jenis kacang yang sering dimakan, antara lain almond, walnut, kacang mede, kacang Brazil, kemiri, kacang macadamia, dan lain-lain.

    5. Gandum
    Alergi gandum cukup umum pada orang dewasa, setidaknya sekitar seperempat dari semua alergi makanan. Banyak anak juga mengalami alergi gandum. Ada masalah terkait yang disebut penyakit celiac, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang usus kecil setiap kali protein gluten (pada gandum) tertelan.

    Gluten hadir dalam jumlah besar pada gandum, rye dan barley. Untuk orang dengan penyakit celiac atau alergi gandum, diet bebas gandum sangatlah penting.

    6. Kedelai
    Alergi kedelai lebih sering terjadi pada anak-anak. Anak yang mengalami alergi kedelai biasanya dimulai ketika minum susu formula yang banyak mengandung protein kedelai. Meski kebanyakan anak akan sembuh dari alergi kedelai saat usia 3 tahun, tapi alergi kedelai bisa bertahan hingga dewasa. Banyak makanan yang mengandung kedelai seperti kecap, tempe, tahu, roti atau tepung kedelai.

    7. Ikan
    Alergi makanan laut seperti ikan dan kerang adalah penyebab paling umum dari alergi makanan. Makanan laut dapat menjadi alergen yang kuat pada beberapa orang, bahkan menyebabkan reaksi yang mengancam jiwa. Alergi makanan laut biasanya akan berlangsung seumur hidup.

    8. Kerang (custacea dan moluska)
    Seperti ikan, alergi kerang sangat umum terutama di kalangan orang dewasa. Menariknya, orang cenderung alergi crustacea (misalnya kepiting, lobster, dan udang) atau moluska (misalnya cumi-cumi, kerang, remis, tiram dan kerang) hanya 14 persen dari penderita alergi makanan laut yang alergi terhadap keduanya.
     
    Last edited by a moderator: Dec 7, 2011
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    refal Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    alergi biasanya disembuhin pake obat, ada ga cara lain yang bisa dilakuin buat ngilangin alergi pada ikan. masa harus kecanduan obat trus buat penderita alergi?
     
  4. Offline

    dyelewer Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 20, 2010
    Messages:
    4,133
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +5,040 / -0
    kalo ga mau pake obat,, ya mungkin ga usah makan yg jadi penyebab.. toeh banyak juga makanan lain
     
  5. Offline

    yuma Senpai Veteran

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    5,764
    Trophy Points:
    201
    Ratings:
    +3,001 / -0
    Jenis alergi saya nggak masuk di situ: alergi cokelat yang nggak murni :haha:

    Ternyata alergi kacang cukup fatal juga ya akibatnya. Kalau nggak salah di salah satu J-drama/movie ada kasus pembunuhan di mana korbannya alergi terhadap kacang :iii:
     
  6. Offline

    adnanunique Superstar Veteran

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,133
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,195 / -0
    Yg punya alergi segera cari tau apa yg membuatnya alergi

    coz alergi itu sangat berbahaya

    bisa berujung pada kematian kalo sangat parah :dead:

    pasti pernah liat di TV dong orang alergi sama obat amoxicillin dan tubuhnya langsung gosong melepuh setelah meminum obat itu
    :takut: :madesu:
     
  7. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,176 / -0
    Ya kalo di barat dan negara 4 musim... Lumayan banyak org yg alergi kuat thdp kacang.
    Sampai2 mereka harus selalu kantongin ep*pen [epinefrin injeksi dlm bentuk pen] atau steroid atau antihistamin buat jaga2 kalau2 tiba-tiba mengalami reaksi alergi.

    ==sent from zz11's taplak==
     
  8. Offline

    Harlin Silent Reader Members

    Joined:
    May 14, 2009
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    teman saya alerginya bawang, semua jenis bawang sampai daun bawang-nya juga.
    pernah tiba2x kumat alerginya, dibawa ke RS, eh tambah parah pas di inject obat alergi.
    ternyata dia juga alergi sama obat alerginya, dari tadinya gapapa cuma muka bengkak, sampai harus masuk UGD gara2x disuntik obat.

    ngeri juga ya...

    trus ponakan balita saya alergi susu formula... :(
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.