1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Other 8 Hasil Rekaan Fiksi Ilmiah Jules Verne yang Menjadi Kenyataan

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by blacksheep, Jun 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,963 / -0
    8 Hasil Rekaan Fiksi Ilmiah Jules Verne yang Menjadi Kenyataan


    Jules Gabriel Verne , (8 Feb 1828 - 24 Maret 1905) adalah seorang penulis Perancis dari Brittany yang memelopori genre fiksi ilmiah. Ia terkenal karena novel seperti Twenty Thousand Leagues Under the Sea (1870), A Journey To The Center Of The Earth (1864), dan Around the World in eighty days (1873). Verne menulis tentang ruang, udara, dan perjalanan bawah air sebelum perjalanan udara dan kapal selam praktis diciptakan, bahkan sebelum perjalanan ruang angkasa telah dirancang. Dia adalah penulis individu ketiga paling diterjemahkan di dunia, menurut Index Translationum. Beberapa buku-bukunya juga telah dibuat menjadi film. Verne, bersama dengan Hugo Gernsback dan HG Wells, sering populer disebut sebagai "Bapak Fiksi Ilmiah"..

    Hari Selasa (8 Februari 2011) kemarin bertepatan dengan hari kelahiran Jules Verne yang ke 183 tahun. dan jika ia masih hidup untuk melihat tahun 2011, maka penulis fiksi ilmiah Perancis ini akan melihat banyak penemuan-penemuan rekaan fantastisnya yang telah menjadi kenyataan.

    Berikut adalah 8 hasil rekaan Jules Verne yang menjadi kenyataan :

    1. Kapal Selam Listrik
    [​IMG]
    Dalam novel yang paling terkenal, Twenty Thousand Leagues Under the Sea, Kapten Nemo melakukan perjalanan di lautan dunia menggunakan sebuah kapal selam listrik raksasa, Nautilus.

    Selain dari fasilitas-fasilitas utama, ruang makan formal, dan kemewahan lain, Nautilus tidak berbeda jauh dari beberapa kapal selam modern seperti "Alvin" yaitu kapal selam tiga penumpang, yang didukung oleh baterai timbal-asam.

    Seperti Alvin, Nautilus sepenuhnya didukung oleh listrik, "yang pada waktu itu memiliki semacam aura magis," kata Rosalind Williams, seorang sejarawan teknologi di Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

    Dalam buku Kapten Nemo menggambarkan listrik sebagai "agen yang kuat, patuh, cepat, mudah, yang sesuai dengan menggunakan setiap, dan memerintah tertinggi di kapal saya."

    2. Siaran Berita
    [​IMG]
    Dalam artikel tahun 1889 Jules Verne menggambarkan metode alternatif untuk surat kabar: "daripada dicetak, berita di bumi setiap pagi dibacakan kepada para pelanggan".

    siaran berita pertama baru ada pada tahun 1920, menurut Associated Press-hampir 30 tahun setelah Verne membayangkan itu. Siaran jaringan televisi pertama baru ada 28 tahun kemudian, menurut CBS News.

    3. Layar Surya
    [​IMG]
    Pada karya fiksi ilmiahnya di tahun 1865 ,From The Earth To The Moon (Dari Bumi ke Bulan), Jules Verne berspekulasi tentang pesawat ruang angkasa bertenaga cahaya. Saat ini, teknologi tersebut memiliki nama: layar surya, salah satunya adalah foto dibawah ini adalah konsep NanoSail berorbit buatan NASA.

    Hari ini, Verne secara luas dianggap sebagai penulis yang banyak membayangkan teknologi modern bahkan dekade sebelum mereka ada.

    "Dia memperkirakan banyak hal yang pada saat ini telah terjadi, tapi itu karena ia banyak membaca dan berbicara dengan orang dan ia tahu apa yang sedang terjadi di dunia sekelilingnya, jadi mengapa kita harus terkejut?" kata Williams dari MIT.

    "Ini bukan sihir. Ia hanya memperhatikan banyak hal."

    4. Lunar Module
    [​IMG]
    Jules Verne juga menulis tentang apa yang sekarang disebut modul lunar, seperti kapsul kru berbentuk kerucut di bawah ini adalah roket NASA yang meluncur Dari Bumi ke Bulan, ia menggambarkan "proyektil" yang dapat digunakan untuk membawa penumpang ke Bulan.

    Verne membayangkan "sebuah pistol besar meluncur, dan Anda mendapatkan cukup kekuatan untuk menerobos gravitasi". Verne umumnya bersusah payah untuk menjelaskan bagaimana membayangkan temuan rekaannya dapat bekerja. Verne hanya membayangkan ide-ide tentang bagaimana Anda melakukan sesuatu selalu didasarkan pada realitas materi." kata Williams dari MIT.

    5. Skywriting
    [​IMG]
    Jules Verne adalah pengamat dunia di sekelilingnya, dan salah satu bidang yang ia perhatikan adalah iklan. Pada tahun 1889, Verne menjelaskan tentang "Iklan atmosfer" mirip dengan skywriting.

    "Semua orang akan melihat iklan tersebut sangat besar tercermin dari awan," Verne menulis, "begitu besar sehingga mereka dapat dilihat oleh penduduk di seluruh kota atau bahkan seluruh negara."

    Meskipun Verne memiliki minat dan ketertarikan dengan gadget dan mesin, Verne tidak memiliki pelatihan teknik, dia memiliki latar belakang hukum "dan bekerja di teater,akan tetapi ia memiliki teman-teman yang tertarik pada ilmu pengetahuan dan penemuan dan eksplorasi." kata Williams dari MIT.

    6. Video Conference
    [​IMG]
    Pada tahun 1889, Jules Verne menggambarkan tentang "phonotelephote" yaitu pelopor teknologi videoconference hari ini, seperti pada gambar di atas, digunakan untuk menghubungkan anggota keluarga jauh di Korea Utara dan Korea Selatan pada tahun 2005.

    Phonotelephote ini memungkinkan "transmisi gambar melalui cermin sensitif yang dihubungkan dengan kabel," tulis Verne.

    Phonotelephote Verne adalah referensi ke sebuah videophone dalam fiksi, menurut Technovelgy.com, website yang menyusun katalog penemuan dan ide dari fiksi ilmiah.

    Imajinasi Verne itu juga sangat dipengaruhi oleh jurnal ilmiah dan teknis, kata William.

    "Dia membaca dengan lahap,"katanya. "Dia pergi ke klub pria di mana semua jurnal itu berada dan ia mengambil catatan, jadi dia tahu bahwa ada sebuah kapal selam yang sedang diuji coba di Laut Utara, misalnya."

    7. Taser
    [​IMG]
    Topik favorit Jules Verne bukan hanya tentang spekulasi kendaraan, tapi ia juga menulis tentang senjata yang belum ada. Misalnya, dalam Twenty Thousand Leagues Under the Sea, ia menggambarkan sebuah senjata yang memberikan sentakan listrik yang kuat, seperti sebuah "alat kontrol elektronik" Taser.

    Verne menulis: "Bola yang dikirim oleh senjata ini bukanlah bola biasa, tetapi serpihan-serpihan kecil dari kaca. Serpihan ini ditutupi dengan casing baja, dan diberi bobot dengan pelet timbal." -perangkat abad ke 18 yang digunakan untuk menyimpan listrik statis-"dimana listrik dipasang pada tegangan yang sangat tinggi dan dengan sedikit kejutan mereka akan mengalir habis, bahkan hewan yang kuat sekalipun itu mungkin akan jatuh dan mati."

    8. Splashdown Spaceship
    [​IMG]
    Pada Novel From The Earth To the Moon, Verne membayangkan pendaratan pesawat ruang angkasa di laut dan mengambang, sama seperti ini kapsul Mercury pada gambar diatas.

    Ada penulis Perancis lain pada abad ke-19 yang juga menceritakan tentang teknologi masa depan menjadi karya mereka, akan tetapi Verne lebih dikenang karena dia juga kebetulan menjadi pendongeng yang hebat, Williams mengatakan. "Dia bekerja 20 tahun di teater,"katanya. "Karakternya yang sederhana. Kejeniusan Verne adalah menggabungkan alur cerita yang mendalam dengan hal-hal yang up-to-date dan menggairahkan tentang ilmu pengetahuan dan penemuan."
    Code:
    http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/06/8-hasil-rekaan-fiksi-ilmiah-jules-verne.html
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    rakun Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    3,084
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +877 / -0
    wow :matabelo:... ternyata pemikiran orang zaman dulu maju ya (cm ilmu dan alat aja blom ada waktu itu)
    apakah rekaan orang zaman sekarang bakal tercapai juga di kemudian hari ?
     
  4. Offline

    rixx00 Beginner Members

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    238
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    :malu2:woh emang keren jules verne. 20000 league under the sea bner2 layak buat dibaca.
     
  5. Offline

    Paddy_McHoley Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2011
    Messages:
    1,602
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +2,463 / -0
    jules verne memang banyak memberikan inspirasi bagi penemuan2.
    saiang bukunya ga ada versi terjemahannya:sedih:
     
  6. Offline

    faisal69 Beginner Members

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    314
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +307 / -0
    wow
    ternyata dia udah mikirin duluan
    hebat hebat
    ada lagi ga kk selain di atas ?
     
  7. Offline

    Double_DecaKiva_DenBlades Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,524
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,657 / -0
    jules verne mungkin karyanya jadi inspirasi orang untuk membuat nya jadi kenyataan:iii:
    kayak film flash gordon yang jadi inspirasi orang ke bulan:matabelo:
    atau catatan leonardo da vinci yang didalamnya ada rancangan helikopter:iii:
     
  8. Offline

    riobastian Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 1, 2009
    Messages:
    1,009
    Trophy Points:
    111
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +860 / -0
    Mungkin jaman beliau nulis buku dulu dianggap terlalu lebay kali ya sama masyarakat sekitar...
     
  9. Offline

    ibnumakshum Silent Reader Members

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    kecerdasan yang melampaui waktu indonesia ada gag ya yang jadi penerus Verne
     
  10. Offline

    HiddenSkills Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,018
    Trophy Points:
    47
    Ratings:
    +83 / -0
    sangat bagus untuk memberikan insprasi bagi kehidupan modern :ogtop:
    salut deh buat mereka :matabelo:
     
  11. Offline

    harjoks Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 21, 2012
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kekuatan imajinasi emang luar biasa, everything starts from a dream and imagination
     
  12. Offline

    fheirbryand Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 30, 2010
    Messages:
    158
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    wah ternyata julius verne dah dapet wangsit terlebih dahulu toh hehehe
     
  13. Offline

    locke cole Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 9, 2008
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    masih lbh keren leonardo da vinci gan
    dy bikin konsep parasut, tank, walau jaman itu belon memunkinkan
     
  14. Offline

    REDATO Beginner Members

    Joined:
    Mar 26, 2012
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0

    8 hal rekaan yang dijadikan suatu hal asli :matabelo:
    pemikiran orang terhadulu memang tidak kalah dengan pemikiran orang modern :ehem:
     
  15. Offline

    komikb4 Rockstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    37,206
    Trophy Points:
    172
    Ratings:
    +9,901 / -0
    jade inget herge waktu bikin Tintin ke bulan...ternyata tak berselang lama....manusia "konon' ke bulan
     
  16. Offline

    titio Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 27, 2011
    Messages:
    641
    Trophy Points:
    141
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,524 / -0
    bearti teknologi sekarang sudah di fikirkan orang2 dulu ya :hoho:
     
  17. Offline

    dive2blue Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2010
    Messages:
    580
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +52 / -0
    wah imajinasi nya menjadi kenyataan ya
    keren dah
    apa lagi yang skywriting ntu
     
  18. Offline

    banoth Silent Reader Members

    Joined:
    May 16, 2012
    Messages:
    77
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    sebenernye semua berasal dari khayalan , tergantung maukah kita merealisasikannya
     
  19. Offline

    kundalinew Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 16, 2011
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    jadi pengen baca 20000 league under the sea. Bagus gak yaa...
     
  20. Offline

    siiz Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    89
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    smuanya berawal dari imajinasi n kreatifitas
     
  21. Offline

    Joshualoves Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 13, 2012
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +32 / -0
    Banyak juga teknologi sekarang yang berasal dari imajinasi puluhan tahun lalu. Misalnya personal computer, handphone, teknologi wireless, dlsb. Kayaknya teknolgi transmisi listrik wireless juga segera akan jadi kenyataan. Bahkan kl saya baca di thread sudah ada tapi belum maksimal. Memang kekuatan imajinasi yang hebat.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.