1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

8 buah yang baik dikonsumsi di bulan puasa

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by khuma_putry, Aug 3, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,416
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,474 / -8
    Berpuasa tentunya bukan halangan dong buat kalian para mahasiswa, namun walaupun begitu kita juga mesti menjaga Stamina tubuh yang prima untuk melaksanakan ibadah puasa.

    Nah untuk mendapatkan stamina prima, tubuh kita memerlukan zat gizi yang cukup. diataranya bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Ada delapan jenis buah yang baik dikonsumsi. selama bulan Puasa. Beberapa buah tersebut adalah buah lokal Indonesia yang banyak dijumpai di bulan Ramadan.
    1. BLEWAH

    [​IMG]

    Mencegah Kekurangan Cairan

    Kandungan kalium blewah sangat baik, 267 mg/100 g, natrium hanya 16 mg/100 mg. Rasio kalium-natrium 161. Makanan digolongkan sehat untuk jantung dan pem-buluh darah bila rasio kalium-na-trium minimal 51.

    Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Nah, kalium yang tinggi memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh.

    Blewah kaya akan gula dari mo-nosakarida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.

    2. SEMANGKA

    [​IMG]

    Penyejuk Tubuh yang Kaya Likopen

    Semangka mengandung vitamin A dan C yang cukup baik. Kombinasi vitamin A dan C adalah sumber antioksidan yang baik. Antioksidan diperlukan untuk mengoksidasi kolesterol jahat LDL, sumber penyakit jantung dan stroke.

    Warna merah semangka menandakan tingginya likopen, salah satu komponen karotenoid. Konsumsi semangka merah lebih disarankan daripada semangka kuning. Dibandingkan antioksidan lain (khusus vitamin C dan E), likopen semangka lebih ampuh memerangi radikal bebas. Likopen mencegah kanker, terutama kanker sel epitel seperti pros-tat, paru, kolon, ovarium, payudara. Semangka juga mengandung sitrulin dan arginin,yang berperan dalam pembentukan urea di hati, sehingga meningkatkan produksi urin. Asam amino sitrulin meningkatkan produksi nitrit ok-sida, yang berperan meningkatkan kemampuan ereksi pada pria.

    3. PEPAYA

    [​IMG]

    Murah dan Menyehatkan

    Tahun 1992, the Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington meneliti manfaat 40 jenis buah. Penilaian didasarkan sembilan jenis vitamin, kalium, dan serat pangan yang terkandung dalam buah terhadap angka kecukupan gizi yang dianjurkan (AKG). Hasilnya, pepaya ditetapkan sebagai buah yang paling menyehatkan, disusul melon jenis cantaloupe, stroberi, orange, dan tangerine.

    Pepaya matang unggul dalam be-takaroten (276 mkg/100 g), beta-cryptoxanthin (761 mkg/100g), serta lutein dan zeaksantin (75 mkg/ 100 g). Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas. Vitamin A dari 100 g pepaya matang 1.094-18.250 SI, tergantung varietasnya. Betacryptoxanthin, lutein, dan zeaksantin lebih berperan sebagai antioksidan untuk mencegah timbulnya kanker dan berbagai penyakit degeneratif.

    Vitamin yang menonjol adalah vitamin C (62-78 mg/100 g) dan folat (38 mikrog/100 g). Serat per 100 g buah masak 1,8 g, memperlancar proses BAB dan mencegah sembelit Satu potong pepaya ukuran 140 g menyumbang vitamin C 150 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta serat 10 persen.

    Komposisi mineral pepaya matangsangat bagus, dominan kalium (257 mg/lOOg) dan sedikit sodium (3 mg/100 g). Rasio potasium terhadap sodium yang tinggi mencegah hipertensi. Mineral lain yang terkandung dalamjumlah luma-yan adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium.

    4. PISANG

    [​IMG]

    Kaya Kalium Vitamin A

    Komponen gizi pisang paling menonjol adalah karbohidrat, berbentuk pati atau gula. Pisang mentah mengandung karbohidrat yang tersusun atas pati. Pada buah matang, sebagian karbohidrat berubah jadi gula, sehingga rasanya manis.

    Kandungan energi bervariasi, antara 68-146 kkai per 100 g. Energi bersumber dari karbohidrat, kadarnya 17,2-38,2 g per 100 g. Protein dan lemak sangat rendah.

    Pisang mengandung vitamin A, kadarnya per 100 g bervariasi, yaitu 75 SI pada raja uli, 76 SI angleng (ampyang), 79 SI mas, 112 SI raja sereh (susu), 146 SI ambon, 618 SI lampung, dan 950 SI raja.

    Mineral yang menonjol pada pisang adalah kalium. Pisang ukuran sedang menyumbang 440 mg kalium. Rasio yang tinggi antara kali- um dan natrium dalam pisang sangat menguntungkan untuk pengobatan tekanan darah tinggi dan mendukung proses relaksasi otot.

    5. MANGGA

    [​IMG]

    Sumber Energi, Serat, dan Vitamin

    Selain air, karbohidrat, dan serat, mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, macam-macam asam, tanin, zat warna, dan zat volatil. Zat volatil inilah yang memberikan aroma harum khas pada buah mangga.

    Karbohidrat daging buah mangga terdiri atas gula sederhana (sukrosa, glukosa, fruktosa), pati, dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.

    Kadar pati mangga masak lebih sedikit daripada mangga mentah karena telah banyak diubah menjadi gula. Serat panganjadi bagian dari karbohidrat terutama selulosa dan pektin.

    Mangga mengandung vitamin A,

    C, dan B kompleks, terutama BI, B2, B3, dan B6. Mangga muda mengandung vitamin C lebih tinggi daripada mangga matang, tapi kadar vitamin A nya lebih rendah.

    Mangga mengandung mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Empat mineral terakhir ini juga berperan sebagai antioksidan. Keuntungan lain, rasio antara Na dan K rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi.

    6. ANGGUR

    [​IMG]

    gizinya luar biasa

    Anggur bernilai gizi luar biasa, mengandung vitamin C, BI, B6, serta mineral seperti mangan dan kalium. Mangan diperlukan dalam sintesis energi, sehingga membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah. Juga untuk metabolisme lemak serta pembentukan jaringan ikat dan tulang. Kadarnya 0,07 mg per 100 g buah.

    Anggur mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur-jam biologis tidur. Melatonin juga efektif untuk mengatasi hipertensi. Studi yang dilakukan Frank Scheer di Harvard Medical School membuktikan, laki-laki yang mendapat asupan melatonin selama tiga minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik secara signifikan. Khasiatnya antara lain mengatasi kelelahan dan hipoglikemia karena kandungan gula alaminya sangat tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa.

    7. APEL

    [​IMG]

    untuk Sehat dan Cantik Gizi apel sangat tinggi, terutama vitamin dan mineral. Rahasia apel sebagai pencegah penyakit terletak pada karoten dan pektin. Karoten sebagai vitamin A dan antioksidan menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Konsumsi satu apel sehari membuat tetap cantik dengan kulit halus dan tubuh langsing. Pektin adalah serat pangan larut air. Karena berbentuk gel, pektin memperbaiki otot pencernaan dan .mendorong sisa makanan di saluran pembuangan. Pektin mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Pektin juga menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak feses, serta mengikat dan menghilangkan racun dari usus. Hasil penelitian manfaat apel (1) Menurunkan kolesterol (2) Menurunkan tekanan darah; (3) Menstabilkan gula darah; (4) Meningkatkan kolesterol baik; (5) Membunuh virus infeksi; (6) Mengurangi selera makan; (7) Memperlancar pencernaan; (8) Mempertahankan kesehatan saraf; (9) Agen antikanker; dan (10) Menjaga kesehatan jantung.[/Spoiler]

    [B][COLOR="red"]8. PIR,(pear)[/COLOR][/B]

    [CENTER][IMG]http://4.bp.blogspot.com/_lh3L16MVBeg/SwZI4owptxI/AAAAAAAAABA/ftTV73hPXvk/s1600/pear.jpg[/CENTER]

    Menghilangkan Racun dan Radikal Bebas

    Pir mengandung asam kloro-genat, salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat. Asam hidroksi si-namat berperan sebagai antioksidan yang membendung pembentukan sell kanker-1 serta mampu1 mencegah pertumbuhan bakteri Shigella sonnei, penyebab penyakit pada saluran pencernaan.

    Asam hidroksi sinamat mencegah terjadinya kanker kolon. Asam tersebut bekerja mengikat nitrat di dalam perut, sehingga menghambat terbentuknya nitrosamin, senyawa penyebab kanker. Asam hidroksi sinamat banyak terkumpul pada bagian kulit pir. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, konsumsi pir bersama kulitnya.

    Pir baik untuk mencegah radikal bebas disebabkan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memacu sel darah putih melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus, serta meregenerasi vitamin E. Tanpa kehadiran vitamin C, vitamin E akan teroksidasi oleh radikal bebas.

    Konsumsi pir dapat menghindari kerusakan organ hati karena kandungan glutathione-nya. GIu-tathionedalzm pir diperlukan dalam metabolisme hati untuk menghilangkan racun dan juga sebagai antioksidan utama di dalam tubuh.

    Oleh Mardiana Makmunikutip dari Gaya Hidup Se-. hat, Prof. DR. Made Asta wan, ahli teknologi pangan dan gizi dari Institut Teknologi Bandung (IPB) mengatakan, buah yang baik dikonsumsi di bulan Ramadan sebaiknya mengandung beberapa hal, yakni air, vitamin dan mineral, gula, serat, dan aroma yang enak. Kadar air dalam buah, kata Made, berguna untuk memberikan sumbangan cairan dan menyegarkan tubuh selama berpuasa. Vitamin dan mineral untuk membantu kelancaran proses metabolisme tubuh. Gula buah berguna untuk menaikkan kadar glukosa darah yang turun selama berpuasa. Serat pangan untuk memberikan rasa kenyang yang lama dan memudahkan proses buang air besar, sedangkan aroma untuk membangkitkan selera makan.

    sumber : http://bataviase.co.id/node/345797
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Alovera Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    655
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,573 / -0
    Kalau ane sih paling sering konsumsi apel....lumayan sekalian buat nge jaga jantung....
     
  4. Offline

    kazuya40 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 4, 2009
    Messages:
    70
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +656 / -0
    tapi kok kurma ngga ada yaa? kan padahal itu sunnahnya malah dianjurin batalin puasanya pake kurma
     
  5. Online

    jarmen_kerll Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    493
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +22 / -0
    ya ne kok kurmanya gak ada ne... tu buah khan manis banget
     
  6. Offline

    hentaigumi Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    2,150
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,759 / -0
    Saya setiap sahur selalu konsumsi pisang dua, buka juga makan pisang dua.
    Memang terasa kok puasa jadi ringan sekali, gak ada haus, lemes, pusing akibat dehidrasi.
     
    Last edited by a moderator: Aug 3, 2011
  7. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    mau nambahin ya TS.. :hmm:
    Buah kurma juga baik di konsumsi di bulan puasa.. :hmm:
    karena buah Kurma mengandung banyak Vitamin yang baik untuk tubuh.. :elegan:
     
  8. Offline

    tQa Beginner Members

    Joined:
    Mar 21, 2011
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +244 / -0
    ga nyangka semangka ternyata banyak manfaatnya,,,
    tapi kalo enakan lebih enak yang merah dari yang kuning, ternyata yang banyak manfaatnya juga yang merah..
    :yahoo:
     
  9. Offline

    khuma_putry Senpai Regional Leader

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,416
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +114,474 / -8
    kurmanya kelupaan :aaaa:

    mungkin ni yang d maksud dengan buah yang segar yang ada d indonesia :XD:
     
  10. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Gw pindahin ke Health ya :top:

    Kecuali semangka, buah2 yg disebutkan memang enak2.
    Manfaatnya juga banyak...
    Jadi buat yg tidak puasa sekalipun, buah ini harus dikonsumsi :top:
     
  11. Offline

    dayoun Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2010
    Messages:
    975
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +6,756 / -0
    Kurma kuk gk masuk yah???:???:
     
  12. Offline

    Artanis Superstar Veteran

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,980
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +72,561 / -1
    Indonesia kagak punya pohon kurma gan..
    pohon kurma hanya ada di daerah timur tengah..
    indonesia hanya mengimpor buah kurma.. :elegan:

    lebih lengkap dan terjangkau gan harganya.. :hihi:
    apalgi banyak kan klo lagi bulan pusa yang jualnya... :hoho:
     
    Last edited by a moderator: Aug 6, 2011
  13. Offline

    Andy1985 Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    Setuju sama yang nanya " Kurma ko ngga masuk?"

    Bukannya kalo dari cerita2 nabi itu bahwa buah kurma juga bagus ya? (ato karena di jazirah sana,buah yang lain jarang ditemui kali ya)
     
  14. Offline

    4sEgAf Beginner Members

    Joined:
    Jul 20, 2011
    Messages:
    299
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +60 / -0
    klw ane biasa'y cuma blewah ama pisang.
    coz di rumah cuma ada itu doang.
    :sedih:
     
  15. Offline

    kankanovic Beginner Members

    Joined:
    May 11, 2009
    Messages:
    367
    Trophy Points:
    51
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,558 / -0
    abis buka puasa klo banyakan makan buah ga sanggup lagi makan nasi :haha:
     
  16. Offline

    Superlivy29 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +12,683 / -0
    No 1 sampe 5 tu buah yang cukup murah meriah. Kalau semua buah itu dari no 1 - 8 dicampur jadi es buah pasti :top: enak seger & sehat
     
  17. Offline

    styrgwyr Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 4, 2010
    Messages:
    556
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +66 / -0
    Buah2 tropis kali ini ya :iii: seger smua jadi ngiler :swt:

    Seger2 tu pas dimakan pas lagi buka puasa :onegai: mana bermanfaat lagi :top:

    beli sop buah buka puasa ah ntar:tkp3:
     
  18. Offline

    MeguroUematsu Beginner Members

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    247
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    ane suka buah pir, kayak apel dan kandungan airnya banyak:top:
     
  19. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    bener tuh makan buah2 seperti itu, setelah makan kitanya jadi segar :top:
    udah banyak serat dan air, banyak manfaatnya juga :hehe:
     
  20. Offline

    vierza77 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 3, 2011
    Messages:
    806
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +357 / -0
    paling" kalau puasa ak makan pisang ma apel . .

    karena buah favorit :top: . . .
     
  21. Offline

    clarabink Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 25, 2010
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    ada buah kesukaan ane nih... SMANGKA hahah.. jd pengen makan hahah
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.