1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Sejarah Telepon Seluler

Discussion in 'History and Culture' started by gusrus, Feb 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. gusrus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,432 / -0
    Kali ini saya mencoba untuk memposting tulisan tentang ponsel,setelah sebelumnya banyak memposting tulisan tentang komputer. Artikel ini sudah banyak di gunakan sebagai modul di pelatihan-pelatihan teknisi handphone,atau di kampus-kampus yang mengambil jurusan teknik elektro.Disini saya cuma ingin mengajak pembaca untuk mengingat kembali sejarah handphone,karena handphone saat ini bukan menjadi barang mewah atau barang yang hanya di pakai oleh kalangan menengah ke atas,seiring perkembangan zaman handphone saat ini sudah menjadi barang yang dipakai oleh semua lapisan masyarakat.sesuatu hal yang janggal bila kita pemakai handphone,tapi tidak tahu sejarahnya.Insya Allah untuk kedepannya saya akan memposting lebih mendalam tentang handphone,mengenai reparasi handphone, minimal kita dapat memperbaiki kerusakan kecil pada handphone sendiri..hehehe

    Ponsel merupakan gabungan dari Teknologi Radio yang dikawinkan dengan Teknologi Komunikasi Telepon. Telepon pertama kali ditemukan dan diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. sedangkan komunikasi tanpa kabel (wireless) ditemukan oleh Nikolai Tesla pada tahun 1880 dan diperkenalkan oleh Guglielmo Marconi.

    Akar dari perkembangan digital wireless dan seluler dimulai sejak 1940 saat teknologi telepon mobil secara komersial diperkenalkan. Apabila dibandingkan dengan perkembangan sekarang yang begitu pesat, sebenarnya teknologi ini mengalami hambatan dalam perkembangan kurang lebih selama 60 tahun. Hal ini di karenakan perkembangan teknologi yang murah seperti transistor atau semi konduktor belum dikembangkan dengan baik. Setelah di temukannya transistor maka dimungkinkan perkembangan teknologi menjadi lebih pesat.

    Perkembangan Teknologi Seluler

    Dengan perkembangan teknologi wireless yang sedang berkembang pesat saat ini yaitu teknologi telepon tanpa kabel (wireless) diantaranya AMPS (Advance Mobile Phone System), GSM (Global System for Mobile system) dan CDMA (Code Division Multiple Access).

    AMPS (Advance Mobile Phone System)

    AMPS merupakan generasi pertama pada teknologi selular. System ini di alokasikan pada Band 800 Mhz. jaringan ini mengguatkan sirkuit terintergrasi yang sangat besar yang terdiri dari Computer Dedicated dan System Switch.

    AMPS menggunakan range frekuensi antara 824 Mhz - 894 Mhz yang diperuntukan pada ponsel analog. AMPS hanya di operasikan pada band 800 Mhz dan tidak menawarkan fitur lain yang umum digunakan pada layanan seluler seperti e-mail dan browsing di web. Kualitas suara yang kurang bagus serta beberapa permasalahan teknis menjadi kendala dari system AMPS ini sehingga system ini tidak berkembang dan bahkan ditinggalkan setelah teknologi digital berkembang.

    GSM (Global System for Mobile telekomunication)

    GSM merupakan generasi kedua setelah AMPS, GSM pertama kali dikeluarkan pada tahun 1991 dan mulai berkembang pada tahun 1993 dengan diadopsi oleh beberapa negara seperti Afrika Selatan, Australia, Timur Tengah, dan Amerika Utara. Perkembangan pesat dari GSM disebabkan karena penggunaan system yang digital sehingga memungkinkan pengembang untuk mengekploitasi penggunaan algoritma dan digital serta memungkinkannya penggunaan Very Large Scale Intergration (VLSI). Untuk mengurangi dan memperkecil biaya Handled terminalnya, pada saat ini GSM telah menggunakan fitur Intelegent Network (jaringan kecerdasan).

    GSM adalah system telekomunikasi bergerak dengan menggunakan system selular digital. GSM pertama kali dibuat memang dipersiapkan untuk menjadi system telekomunikasi bergerak yang memiliki cakupan internasional berdasarkan pada teknologi Multyplexing Time Division Multiple access (TDMA). GSM mempunyai frekuensi 900 Mhz selain itu GSM juga menggunakan frekuensi 1800 Mhz dengan nama Personal Communication Network. GSM juga menyediakan layanan untuk mengirimkan data dengan kecepatan tinggi yang menggunakan teknologi High Speed Circuit Switch Data (HSCSD) yang mampu mengirimkan data sampai 64 Kbps hingga 100 Kbps. Di Indonesia jaringan GSM di tempati oleh PT. Telkomsel, Exelkomindo, Satelindo, Indosat.

    CDMA (Code Devision Multiple Access)

    CDMA merupakan generasi ketiga (3G). teknologi telpon tanpa kabel sangat dirasakan perkembangannya, dengan munculnya berbagai macam jenis telepon selular. Sekarang ini yang sedang berkembang adalah telepon tanpa kabel yang menggunakan Code Devision Multiple Access yang menggunakan teknik penyebaran spectrum. Berbeda dengan metode Global System for Mobile Communication (GSM) yang menggunakan Time Division Multiplexing (TDM), CDMA tidak memberikan penanda pada frekuensi khusus pada setiap user. Setiap channel menggunakan spectrum yang tersedia secara penuh. Percakapan individual akan di encode atau di sandikan dengan pengaturan digital secara pseudo random. CDMA merupakan perkembangan AMPS yang pertama kali di gunakan oleh militer Amerika Serikat sebagai komunikasi.

    Konsep Dasar Teknologi Selular

    System selular adalah system yang canggih sebab system ini membagi suatu kawasan dalam beberapa sel kecil. Hal ini digunakan untuk memastikan bahwa frekuensi dapat meluas sehingga mencapai ke semua bagian pada kawasan tertentu sehingga beberapa pengguna dapat menggunakan ponsel mereka secara simultan tanpa jeda dan tanpa terputus-putus.

    Definisi Selular

    Pada system seluler, untuk menggambarkan cakupan area secara geografis digunakanlah penggambaran heksagonal. Area inilah yang disebut sel (Cell). Mengapa bentuknya heksagonal bukan lingkaran untuk menggambarkan sebuah sel?

    [​IMG]
    Gambar 1

    Anda dapat melihat pada gambar 1, jika anda menggambarkan sebuah sel dalam bentuk lingkaran, maka sel satu dengan yang lainnya tidak akan dapat saling berkesinambungan dengan sempurna. Pada system selular, semua daerah dapat dicakup tanpa adanya gap sel satu dengan yang lain sehingga kurva heksagonal lebih mewakili, kerena cakupan area dapat tergambarkan dengan rapih serta mencakup keseluruhan area.

    Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat pada gambar 2, dimana sebuah Antena akan dapat mengirim dan menerima sinyal pada tiga daerah yang berbeda, dimana setiap sel hanya tercakup sebagian saja dari ketiga sel yang tercakup.

    [​IMG]
    Gambar 2

    Beberapa komponen penting pembentuk system dari seluler adalah peralatan seluler itu sendiri seperti Base Station Radio, Antena dan Base Station Controller yang akan mengatur lalulintas dari beberapa sel dan saling berhubungan pula dengan jaringan telepon publik.

    Arsitektur Jaringan GSM

    Jaringan di dalam Global System for Mobile Telecommunication (GSM) disusun dari beberapa entitas fungsional yang dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu:

    Mobile Station

    Mobile Station yang merupakan perangkat dibawa oleh pelanggan atau kata lain telepon selulernya yang akan menerima maupun mengirimkan data. Mobile Station terdiri dari Radio transceiver, Display dan Digital Signal Proccesor (DSP) dan kartu SIM (Subscriber Identity Module). Dalam Global System for Mobile telecommunication (GSM) identitas panggilan tidak dihubungkan dengan handphonenya tetapi dengan kartu SIM sehingga bila kartu SIM dimasukan keterminal lain maka pengguna akan tetap menerima panggilan dan dapat melakukan pemanggilan dari terminal tersebut serta dapat menerima layanan pelanggan yang lainnya. Mobile Equipment atau Handphone secara unik dapat dikenali dengan International Mobile Subscriber Identity (IMEI) sedangkan kartu SIM memiliki InternationalMobile Subscriber Identity (IMSI) yang dapat mengidentifikasi pelanggan.

    Akan tetapi IMEI dengan IMSI tidak saling tergantung maka dapat digunakan dalam mobilitas pribadi. Dengan kata lain kita dapat memindahkan kartu SIM ke Handphone manapun juga.

    [​IMG]
    Gambar 3

    Base Station Subsystem (BBS)

    Base Station Subsystem (BBS) merupakan peralatan yang mengendalikan hubungan antara radio dengan mobile station. Base Station Subsystem terdiri atas dua bagian yaitu : Base Transceiver Station (BTS) yang mengandung transceiver radio yang menangani sebuah cell atau daerah dan berhubungan dengan mobile station dan Base Station Controller (BSC) yang cara kerjanya mengatur hubungan radio antara satu dan beberapa Base Transceiver Station. Selain itu juga Base Transceiver Station merupakan penghubung antara Mobile station dengan Mobile Service Switching Center (MSC).

    [​IMG]
    Network Subsystem

    Network Subsystem yang merupakan bagian utamanya adalah mobile Service Switcing Center (MSC) kegunaannya untuk melakukan switching pengguna jaringan bergerak dengan pengguna jaringan bergerak atau tetap. Mobile Service Switching Center (MSC) juga menyediakan hubungan dengan jaringan PSTN dan ISDN. Penysalan di antara entitas fungsional ini menggunakan Signaling Sistem Number 7 (SS7) yang digunakan untuk Trunk Signaling dalam ISDN dan digunakan secara luas di jaringan umum sekarang.

    Informasi mengenai mobile station disimpan dalam dua Location Register yang merupakan sebuah basis data. Yang pertama adalah Home Location Register (HLR) yang berisi semua informasi administrasi dari semua pelanggan yang terdaftar disuatu jaringan GSM beserta lokasi dari mobile station.

    Lokasi dari suatu Mobile Station disimpan dalam bentuk Mobile Station Roaming Number (MSRN). Sedangkan yang kedua adalah Visitor Location Register (VLR) berisi informasi berisi administrasi terpilih dari Home Location Register (HLR) yang dibutukan untuk control pangilan dan izin bagi pengguna service berlangganan untuk setiap pengguna. Register lain yang digunakan untuk autentikasi dan keamanan adalah Equipment Identity Register (EIR) yang merupakan basis data yang berisi daftar Mobile Station yang valid dalam jaringan GSM yang teridentifikasi lewat nomor IMEI. Sedangkan Autenthication Center adalah basis data terproteksi yang menyimpan salinan PIN (Personal Identity Number) yang digunakan untuk autentifikasi.

    [​IMG]

    Semoga berguna !!!


    :idws:
    :idws:
    :idws:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. notox Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,824
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,024 / -0
    Waw keren bro info nya :top:
    Tapi ini artikel lama ya :???:
    Klo sekarang evolusinya :
    AMPS --> GSM --> 3G --> CDMA --> WCDMA --> HSDPA --> HSUPA --> 4G(MIMO)

    Lebih bagus klo di tambah lgi update nya bro :piss:
     
  4. Safarudin4 M V U

    Offline

    ~Hikki~

    Joined:
    Apr 5, 2009
    Messages:
    5,627
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,127 / -5
    @notox:
    kelebihan WCDMA apa ea :???:
    kalo N70 masuk ga :???:
    thanks sbelumnya :xiexie:
     
  5. notox Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,824
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,024 / -0
    WCDMA = Wideband CDMA
    Bedanya di transfer rate nya lebih besar dari CDMA biasa.

    Ciri sbuah handphone mendukung WCDMA = di spec handphone nya tertulis CDMA 1xEV-DO support
     
  6. Safarudin4 M V U

    Offline

    ~Hikki~

    Joined:
    Apr 5, 2009
    Messages:
    5,627
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,127 / -5
    N72 spesifikasinya ada WCDMA, apa bs d pakaikan kartu CDMA:???:
     
  7. sabar_reload M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    888
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,275 / -1
    kira2 4G kapan di rilis???? sepertinya perkembangan teknologi emang berkembang pesat utk saat ini.....gila juga.... 3G ajha gw lom bisa nikmatin sepenuhnya.....:madesu:
     
  8. shabutaro M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 7, 2008
    Messages:
    2,658
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,236 / -0
    masih inget hape pertama nokia...
    gedenya seperti 9500, harga mendekati, tapi kualitas cuman buat telpon-sms doang... :hahai:

    sekarang hape ga cuman buat telpon-sms doang... :swt:
     
  9. hebat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 1, 2010
    Messages:
    67
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    oooo,,, klo kedepannya telpon selular ntarnya jadi kaya gimana ya?
     
  10. jerukno15 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,951
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,486 / -0
    wah, teknologi memang jalannya cepat sekali :top:
    saia pakai hape yang penting fungsional sih, yang penting bisa nelpon, sms, internet kalau tambahan fitur nya jarang dipakai juga :yareyare:
     
  11. djackdani M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 28, 2009
    Messages:
    386
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +45 / -0
    We ga ngerti sm sekali gan..........yang pasti gw pegang handphone asal pake aja :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.