1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Sukrosa Penyebab Utama Keroposnya Gigi Anak

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by free2mamat, Feb 16, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. free2mamat Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 27, 2009
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]

    Makanan yang mengandung sukrosa atau gula tebu merupakan penyebab utama gigi anak mudah keropos maka dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan.

    Asisten Manajer Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia, Drg. Peter Andreas, M.Kes mengatakan kandungan sukrosa mudah menjadi asam sebagai tempat pertumbuhan kuman.

    Menurut dia, agar gigi anak tetap sehat dan tidak mudah keropos minimal melakukan gosok gigi dua kali sehari, yakni setelah sarapan pagi dan menjelang tidur.

    Peter berharap, jangan sampai anak balita minum susu botol sambil tidur, karena mulut akan menjadi asam dan sebagai sarang kuman yang menyebabkan gigi mudah keropos. Boleh saja anak makan permen tetapi kebersihan gigi tetap harus dijaga.

    Sebagai pengganti sukrosa pada permen atau makanan lain, katanya, dapat diberikan pemanis alami pengganti gula tebu yang biasa terdapat pada sayuran dan buah.

    Ia mengatakan, merawat kesehatan mulut gigi, dan gusi sejak usia dini sangat penting. Mulut merupakan salah satu sumber awal masuknya bakteri dan kuman yang dapat mengganggu kesehatan seluruh tubuh.

    "Untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh, harus diawali dengan menjaga kesehatan mulut, termasuk di dalamnya gigi dan gusi," katanya.

    Selama ini, katanya, masyarakat kurang memperhatikan kesehatan gigi susu anak, karena beranggapan nanti akan berganti gigi.

    Menurut dia, merawat gigi susu sangat penting karena jika gigi susu rusak maka akan mengganggu aktivitas anak.

    Nara Sumber :
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. hadibangun84 M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 6, 2009
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +5 / -0
    waduh...b'arti minum susunya sebelum gosok gigi yah....???

    kebiasaan mah gosok gigi ---> minum susu ----> trus bobo...

    :piss:
     
  4. sosmall Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 10, 2009
    Messages:
    5,266
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +74,296 / -0
    Gigi emank harus dijaga dengan baik :hehe:

    biaya untuk perbaikan gigi kan mahal, seperti kawat gigi gt :haha:

    Mending dijaga dari kecil :hmm:
     
  5. baru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 10, 2008
    Messages:
    1,755
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,788 / -0
    penyebab karang gigi ya?
    kalo fructose apa juga menyebabkan gigi rusak? :???:
     
  6. mujito M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 24, 2009
    Messages:
    530
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +9,917 / -1
    Gigi keropos pada balita sangat mungkin akibat kebiasaan adanya makanan/ minuman manis yang tersisa di mulutnya ketika ia berangkat tidur. Biasa terjadi pada anak yang diberi minum susu pada saat berangkat tidur, atau terjaga di malam hari dan orang tuanya menyodorinya minuman manis agar tertidur kembali.

    Pada saat tidur air liur berhenti mengalir dan sisa manis yang masih berada di mulutnya menjadi makanan lezat bagi para kuman di mulut. Kuman ini dalam proses hidupnya menghasilkan zat-zat kimiawi yang merusak gigi-geligi. Keadaan ini disebut pula sebagai tooth decay syndrome. Coba kembali bandingkan dengan kakaknya, apakah pada saat masih kecil dulu juga terbiasa minum manis di kala tidur

    ? Anak ibu doyan sekali makan/ minum, dan makanan pilihan yang cepat menggemukkan adalah yang manis-manis (termasuk susu dalam porsi besar), walaupun bukan berarti permen atau coklat. Benarkah? Terus terang cokelat manis adalah musuh gigi terbesar, sebab sering sisa cokelat menempel di antara gigi dan tak bersih tersikat.

    Para orang tua juga harus waspada dengan berat badan anak jika diatas rata-rata (gemuk), sebab problem gigi yang belum selesai bisa ditambah dengan persoalan kegemukan yang bisa berlanjut sampai dewasa nanti. Persoalan gemuk kelihatannya bakal lebih rumit mengatasinya daripada gigi keropos.

    Sebenarnya gigi sulung rusak tidak apa, asal sedikit saja dan rusaknya menjelang gigi bungsu saatnya tumbuh (lewat balita). Terlalu awal rusak seperti yang terjadi pada anak ibu kelak dapat menyebabkan proses pembusukan yang dapat menimbulkan nyeri dan kerusakan akar gigi, serta mesti rajin ke dokter gigi untuk diperbaiki/ dirawat secara khusus (mana tahan, kata ibu ...:).

    Gigi rusak tidak pertanda ia kekurangan kalsium. Gosok gigi sebelum tidur dan tidak makan/ minum apapun (kecuali air putih) setelahnya hingga terjaga pagi hari adalah cara terbaik untuk mencegah gigi lainnya ikut-ikutan rusak. Selain sikat gigi sebenarnya kalau mau lebih bersih lagi penggunaan benang gigi (dental floss) amat dianjurkan, terutama pada mereka yang memiliki susunan geligi yang rapat.
     
  7. yuyuni386 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    525
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +19 / -0
    Jadi kudunya minum susu dulu baru sikat gigi yah
     
  8. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    Haduh salah kamar :iii:
    gw move ke Keep Up Your Health :top:

    Sukrosa kan gula tebu atau gula meja.
    Sukrosa adalah disakarida hasil reaksi glukosa dan fruktosa, menghasilkan kondisi asam di mulut kalau tidak hati2 menggosok gigi.
    Jadi betul tuh referensinya, bagus nih semua mesti pada tau :top:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.