1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Promosi IDWS Store Bulan Mei: VIP 30 Hari RP.20.000. dan Maximum 30 Hari RP.35.000. Pembelian terbatas. Informasi lebih lanjut baca di sini
  3. Zona All About Story sedang membutuhkan bantuanmu, segera daftarkan diri kamu di open recruitment: moderator AAS
  4. Kini kamu bisa mengupload files menggunakan PC, Mac dan Android ke Maknyos IDWS, informasi lebih lanjut cek: Maknyos IDWS Uploader
  5. Gratis VIP selama 5 Hari khusus untuk member Registered dan MVU, syaratnya hanya login di sini.

Info 7 Minuman Keras Asli Indonesia

Discussion in 'Random Images' started by bsuck, Jun 17, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    bsuck Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 27, 2010
    Messages:
    156
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +264 / -0
    [​IMG]Cap Tikus merupakan minuman keras dari Manado hasil penyulingan Sagoer. Sagoer sendiri adalah cairan yang disadap dari pohon enau dan mengandung sedikit kadar alkohol sekitar 5%. Setelah disuling dengan cara tradisional, minuman khas Minahasa ini menjadi pendorong kerja untuk kalangan petani. Namun saat ini Cap Tikus lebih menjadi sarana pelampiasan dan mabuk-mabukan. Begitu berbahayanya minuman ini hingga orang-orang tua mengingatkan agar bisa menahan atau mengontrol minum minuman Cap Tikus. Sejak dulu pula dikenal pameo menyangkut Cap Tikus, minum satu seloki Cap Tikus, cukup untuk menambah darah, dua seloki bisa masuk penjara, dan minum tiga seloki bakal ke neraka.
    [​IMG]Tuak merupakan minuman keras khas Indonesia hasil fermentasi dari bermacam buah. Bahan-bahan tuak biasanya beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira kelapa atau aren, legen dari pohon siwalan atau tal, atau sumber lain. Di daerah Batak tuak dibuat dari pohon aren yang mirip pohon kelapa maka sering disebut bir panjat. Bar-bar tradisional yang menyediakan tuak disebut lapo tuak. Sebenarnya tuak tersebar di begitu banyak daerah di Indonesia sehingga sering disebut dengan nama-nama lain, namun tuak di sini mengacu pada minuman hasil fermentasi dari buah yang manis. Sama seperti temannya dari Manado tuak juga sangat memabukkan dengan kadar alkohol yang lebih ringan. Di salah satu lapo tuak tertulis Segelas tuak penambah darah. 2 gelas, lancar bicara. 3 gelas, mulai tertawa-tawa. 4 gelas, mencari gara-gara. 5 gelas, hati membara. 6 gelas, membuat perkara. 7 gelas, semakin menggila. 8 gelas, membuat sengsara. 9 gelas, masuk penjara dan 10 gelas, masuk neraka.
    [​IMG]Mirip dengan tuak, arak bali merupakan minuman keras hasil fermentasi dari sari kelapa dan buah-buahan lain. Kadar alkoholnya 37-50%. Arak ini dari namanya saja sudah jelas berasal dari Bali dan sering digunakan dalam upacara-upacara adat. Dalam upacara menghormati para dewata arak akan dituangkan ke daun pisang yang sudah dibentuk seperti tangkup dan kemudian arak akan dicpiratkan tangan kanan dengan bantuan sebuah bunga. Arak-arak untuk upacara biasanya mutu terendah karena arak terbaik akan diminum. Arak ini cukup populer juga di kalangan wisatawan di Bali dan salah satu resep cocktail yang terkenal adalah “arak attack” yaitu campuran Arak Bali dan orange juice. Meskipun banyak turis mancanegara tidak akan terkesan dengan rasa arak dibanding minuman keras dunia lainnya namun keberadaan Arak Bali jelas membantu seorang asing menikmati liburannya dan mempromosikan pulau dewata.
    [​IMG]Sopi adalah minuman keras asal Maluku yang dilarang di sana namun sudah sangat populer dan mendarah daging. Sopi sendiri merupakan fermentasi dari pohon aren (jadi masih bersaudara dengan minuman keras Indonesia lainnya) dan memiliki kadar alkohol diatas 50%. Pembuatan Sopi yang menghasilkan rasa khasnya adalah penambahan bubuk akar Husor dan penggunaan bambu untuk penyulingan. Para pembuat Sopi tradisional meskipun terlarang sangatlah makmur sampai bisa menyekolahkan anak-anak mereka sampai ke bangku kuliah maka ada sebutan di Maluku sudah ada orang yang menjadi profesor-profesor karena Sopi ini. Ada yang bilang rasa Sopi mirip Vodka.
    [​IMG]Nah minuman keras asal Yogyakarta ini reputasinya sungguh buruk. Coba saja Anda cari di google mengenai minuman ini, halaman awal akan didominasi kisah-kisah tragis penegak lapen, dari kebutaan, kelumpuhan, sampai kematian massal. Namanya pun sudah cukup sangar Lapen merupakan singkatan dari “langsung pening”. Memang cara pembuatannyapun akan membuat kita geleng kepala. Alkohol 98,5% dicampur 15 liter air mineral ditambah gula dan pemanis lainnya, didiamkan 12 jam siap untuk dikonsumsi. Anda yang jeli akan bertanya alkohol apa yang dipakai? Disitulah masalahnya karena tidak jelas maka minuman ini sering terkontaminasi Methanol yang sangat beracun (bahan kosmetik, pembersih, dll) yang akan menjadi asam di dalam tubuh dan menyerang sistem saraf terutama saraf mata. Lebih parahnya lagi di Yogyakarta para pemuda yang hilang arah sering adu keberanian dengan mencampur Lapen dengan berbagai cairan lain untuk memperkuat rasanya, dan yang kami maksud cairan bukan hanya cairan minuman tapi bisa karbol, formalin, dan bahan kimia apapun yang bisa Anda pikirkan. Tidak heran halaman demi halaman pencarian google untuk “Lapen” dihiasi obituari dan berita pengerebekan polisi.
    Ciu merupakan sebuah nama sebutan untuk minuman keras khas dari daerah Banyumas dan Bekonang, Sukoharjo. Meskipun mungkin ada hubungannya tapi tidak sama dengan Ang Ciu atau arak merah Cina. Di Banyumas Ciu merupakan hasil fermentasi dari beras dengan kadar alkohol mencapai 50-90%. Di tempat ini Ciu illegal dan dengan aktif diberantas oleh pemerintah daerahnya. Di Bekonang di lain pihak, pembuatan Ciu ini didukung oleh pemerintah daerahnya, sehingga menjadi sangat populer dan dipasarkan ke seluruh Karesidenan Surakarta, Surabaya hingga Madura. Pada jaman dahulu setiap ada hajatan malamnya pasti diikuti dengan acara mabuk “Ciu Bekonang”. Ciu ini pembuatannya menggunakan tape dan ketan sehingga hasil fermentasi dari singkong tidak seperti saudaranya di banyumas. Kedua Ciu tidak berwarna, bening dan rasanya sangat kuat.
    [​IMG]Meskipun masih menjadi polemik dan perdebatan di kalangan rohaniawan, minuman keras produksi skala besar telah menjadi bisnis yang sangat besar. Lihat saja grup orang tua yang dari anggur kolesomnya bisa merambah hingga ke bisnis makanan lain. Bir produksi dalam negeri (yang rasanya kalah jauh dengan bir luar negeri) juga populer di kalangan masyarakat kecil. Minuman-minuman itu ada di daftar ini hanya karena mereka dibuat di Indonesia meskipun kecil nilai tradisinya.

    [​IMG]

    Hanya Berusaha Memberi Info

    Maaf Apabila Terjadi :repost:

    Full Tahnks For :idws:
     
    • Terimakasih Terimakasih x 11
  2. Ghattotkacha Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.
  3. Offline

    lo3kie Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 3, 2011
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1,001 / -0
    [​IMG]

    wkwkwkwk like father like son .. ^^
     
  4. Offline

    HoRny Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    1,950
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +699 / -0
    mantap gan keliatannya :hero:
    tapi ane gk brani nyoba :elegan:
     
  5. Offline

    shinigamidika Superstar Staff Member Moderator

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    15,979
    Trophy Points:
    222
    Ratings:
    +74,782 / -0
    ternyata banyak juga miras jadi nusantara...
    ane cma tau arak bali doang :swt:
    Lapen --> jogja --> ane malah gak tau...:bloon:
    pakai alkhol 98% pula..gimana gak berbahya tu...
    ane tetep gak mau minum minuman keras...
    tetp setia ma AP...
     
  6. Offline

    niluhkadek Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 10, 2010
    Messages:
    458
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +68 / -0
    iya ternyata banyak juga ya... gw cuma tau arak bali, ciu
    yg banyak dijual di toko2 itu gw pikir barang impor
     
  7. Offline

    Paddy_McHoley Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 9, 2011
    Messages:
    1,598
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2,436 / -0
    miras oplosan ga ada yang masuk ya?
    hasil budaya kita tuh:p
     
  8. Offline

    cyruss Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    462
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +7 / -0
    cap tikus? -.-'a

    Nga bs pilih nama lbh bgs lg yah? wkwkwk..
     
  9. Offline

    Ywaaji Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 22, 2011
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +5 / -0
    ya elah, namanya aja cap tikus, lu bakalan sama nasibnya kyk tikus2 dirumah gw...
     
  10. Offline

    reignover1 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 20, 2011
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2 / -0
    wah mirassss bisa bunuh org nih produk2 wkwkwk
     
  11. Offline

    adi_bayumi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 21, 2011
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    61
    Ratings:
    +1,553 / -0
    astaga yang dari Jogja itu ga kebayang minum nya gimana...
    90 % ke atas alkoholnya..... gile aje....
    ckckck
     
  12. Offline

    singodrono Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 23, 2010
    Messages:
    61
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2 / -0
    Ane tambahin gan..

    Minuman khas Semarang : Cong Yang

    [​IMG]

    congyang adalah minuman beralkohol khas Semarang dan sekitarnya. resminya bermerk dagang "cap tiga orang", namun tak tahu mengapa kok lebih populer disebut cong yang. minuman ini termasuk minuman beralkohol golongan B dan mengandung alkohol 19,5 %.

    komposisi: hasil fermentasi beras putih, spirit, gula pasir, aroma, pewarna makanan Karmoisin CI No. 14720, Tartrazin CI No. 19140, Brilliant Blue CI No. 42090.

    diproduksi: Pers. Tirto Waluyo, Semarang






    Balinese Wine : Hatten

    [​IMG]
    [​IMG]

    Kayaknya ni satu2 nya wine buatan winery di Indonesia, tepatnya dari sanur, bali. Seperti wine biasanya Hatten merupakan hasil fermentasi anggur dgn kandungan alkohol 10.5%.

    Diproduksi oleh : PT. ARPAN BALI UTAMA


    Cekap semanten rumiyin atur kula, menawi wonten lepat nyuwun pangapunten..
    Matur Nuwun...

    :thx: :grp:
     
    • Terimakasih Terimakasih x 1
  13. Offline

    megapro04 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    409
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,988 / -0
    Hahahahaaha.. CIU mbekonang... Solo punya cerita saat kita touring bersama.. mantap broer!!
     
  14. Offline

    bernardgo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 9, 2011
    Messages:
    521
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +126 / -0
    kayak boorwater yah gan??

    hehehehee,....
     
  15. Offline

    greenberry Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +0 / -0
    arak oplosan gak ada ya wkwkwkwkw
     
  16. Offline

    shinobi32 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,259
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +66,882 / -4
    seumur2 cuman tuak yang pernah gw cobain.
    itu juga karena gak enak ud ditawarin senior
     
  17. Offline

    subobp10 Beginner Members

    Joined:
    Jul 19, 2011
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +6 / -0
    sudah berhenti minum saya, setelah muntah jackpot..

    skrg cukup :rokok: aja gan..
     
  18. Offline

    Scrapper Beginner Members

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +88 / -0
    cukrik ga ada kk? itu miras tradisional kk, kadangkala disebut arjo (arak jowo) banyak ditemui di daerah jatim...berefek sama seperti miras umumnya...

    ini contoh kasus di kepolisian gara2 miras jenis itu....http://www.surya.co.id/2011/06/01/6-kali-bobol-rumah-paman-demi-cukrik :panda: :onion-07:

    setelah qw googling ga ada penjelasanya....ada yg nambahin?? hehehe:haha:
     
  19. Offline

    Artanis Superstar Staff Member Super Moderator

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    11,003
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +71,567 / -0
    semuanya juga ane gak suka minuman kek gini..
    kek-nya gak baik untuk kesehatan.. :hoho:
     
  20. Offline

    free_2ef Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 16, 2009
    Messages:
    3,097
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +11,694 / -0
    minuman keras, miras...
    apapun namamu~~~~
    tak akan ku sentuh lagi dan tak akan ku teguk lagi walau setetes (setetes)
    :dugem:

    sungguh terlalu
    :garing:
     
  21. Offline

    users4go Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +2 / -0
    waduh rasanya gmn tuh?
    g mau ikutan minum ah
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS.ID

Indowebster, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.