1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

7 Keluhan Pelayan Hotel yang Harus Kita Ketahui

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by BlankFsd, Mar 26, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. BlankFsd M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 24, 2010
    Messages:
    11,051
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +37,554 / -0
    [​IMG]

    Saat menginap atau liburan di hotel, ada beberapa etika sebagai tamu yang harus Anda ikuti. Salah satunya dengan berlaku sopan kepada pelayan hotel. Mungkin sebagian orang menganggap pekerjaan mereka tidak terlalu penting. Tapi, pelayan hotel memikul tugas yang cukup berat. Memberi sedikit apresiasi dengan berlaku sopan, bisa menjadi penghargaan terbesar untuk mereka. Pelayan hotel tidak diperbolehkan mengeluh kepada tamu hotel, dan diwajibkan selalu berlaku sopan. Berikut 7 Keluhan Pelayan Hotel yang Harus Kita Ketahui, yaitu :

    1. Kami Tidak Mau Membangunkan Anda Dengan Mengetuk Pintu Kamar di Pagi Hari, Tapi Kami Harus Melakukannya
    Rata-rata, seorang pelayan hotel harus membersihkan 13 sampai 15 kamar per harinya, bahkan bisa lebih. Mereka harus selesai membersihkan semuanya dalam waktu empat jam. Jadi meskipun Anda telah berpesan kepada resepsionis hotel agar tidak ada yang mengganggu saat tidur, pelayan harus tetap mengetuk pintu untuk masuk dan membersihkan kamar.

    2. Pekerjaan Kami Paling Berbahaya di Hotel Ini
    Menurut Unite Here, serikat pekerja di Amerika dan Kanda, pelayan hotel berisiko mengalami kecelakaan 50 persen lebih tinggi dibandingkan staf hotel lainnya. Sebuah survey yang dilakukan kepada lebih dari 600 pelayan hotel di Amerika dan Kanada mengungkap bahwa 91 persen-nya menderita sakit karena bekerja. "Yang paling buruk adalah mengangkat tempat tidur. Membuat punggung Saya sangat sakit. Rekan kerja saya yang lain setiap hari mengeluh sakit pada kaki, lutut dan tangan," ujar Lisa, salah satu pelayan hotel di Long Beach, California, yang membersihkan 22 sampai 30 kamar sehari. Pekerjaan mereka sudah cukup berat setiap hari, dan mereka pasti lebih mengharapkan senyum ramah dari pengunjung hotel dibandingkan wajah angkuh dan tak bersahabat.

    3. Kami Sangat Senang Jika Anda Memberikan Tip
    Memberikan tip merupakan sebuah apresiasi pengunjung pada pelayan hotel. Jika Anda ingin memberi tip, jangan diletakkan terbuka di atas meja tanpa catatan apapun. Pelayan hotel tak akan berani mengambilnya karena mereka tidak yakin apakah itu uang tip untuknya atau uang pengujung yang tertinggal. "Selipkan uang tip di bawah bantal, itu biasanya tanda bahwa uang itu diberikan untuk pelayan," tambah Lisa. Namun kebiasaan setiap hotel di tiap negara bisa saja berbeda, jadi akan lebih baik jika Anda menyertakan tip bersama catatan.

    4. Kami Mendengar Dan Melihat Semuanya
    Pelayan hotel memang diwajibkan ramah kepada setiap tamu hotel yang datang menginap, tapi mereka bisa mengamati saat mood tamu tidak baik atau tindakan kasar dari tamu. Seburuk dan sekasar apapun perlakuan tamu, pelayan hotel harus bersabar sebisa mungkin. "Saat kami mengetuk pintu dan tamu tersebut tidak mau kami masuk, kadang mereka mengumpat dan memaki. Saya coba tidak mengambilnya secara personal, tapi itu (mengumpat) bukan sesuatu yang bisa kami tahan terus sepanjang hari," ungkap salah satu pelayan hotel yang tak mau disebut namanya. Saat menginap di hotel, cobalah untuk berlaku sopan kepada pelayan hotel. Bagaimanapun juga, mereka adalah manusia yang memiliki hati. Mereka tidak perlu perlakuan buruk dari Anda setelah lelah bekerja seharian.

    5. Kami Tidak Ingin Mempersulit Anda Mencari Barang-barang Anda
    Jika Anda tipe orang yang suka membiarkan barang kepunyaan Anda menumpuk di lantai, jangan kaget jika setelah kembali ke kamar Anda akan menemui barang-barang Anda tertata rapi di lemari atau laci. Sudah menjadi prosedur tetap bagi pelayan hotel untuk merapikan baju-baju yang tercecer di lantai. Namun ada baiknya jika Anda meringankan pekerjaannya dengan menaruh barang pribadi Anda pada tempatnya. Ingat, hotel adalah tempat umum, bukan rumah pribadi.

    6. Sudah Tugas Kami Untuk Membersihkan Kamar Anda, Tapi Kadang Kekacauan Yang Anda Buat di Luar Tugas Kami

    Ada tamu hotel yang suka kerapihan, tapi ada juga yang tidak peduli dengan kebersihan. Terkadang ada tamu yang membiarkan botol minuman atau bungkus makanan berserakan. Belum lagi minuman soda yang meninggalkan noda karena tumpah, juga sisa makanan berserakan di lantai. Membersihkan kamar memang tugas mereka, tapi merapikan sisa pesta yang berserakan, itu di luar tugas mereka. Jika Anda mengadakan pesta atau berkumpul di kamar hotel, sebaiknya bereskan sendiri sisa atau sampah makanan/minuman agar pekerjaan pelayan hotel tidak bertambah berat.

    7. Jika Anda Akan Keluar Hotel Hari Itu, Pelayan Hotel Harus Membersihkannya Lebih Awal Untuk Ditempati Tamu Baru

    Mereka juga harus tahu apakah Anda akan pergi sesuai jadwal atau menambah hari menginap," jelas Lara Weiss, managing director salah satu hotel mewah. Mungkin Anda akan merasa terganggu dengan pelayan yang mengetuk dan masuk, tapi coba bersabar dan mengerti bahwa mereka hanya melakukan tugasnya.

    Code:
    Sumber : http://blog-apa-aja.blogspot.com/2012/03/7-keluhan-pelayan-hotel-yang-harus-kita.html
    Maaf sebelumnya kk klo :repost:
     
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Heather M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 20, 2011
    Messages:
    533
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,184 / -0
    emang berat juga yaa jadi pelayan hotel....:keringat:

    butuh kesabaran dan energi ekstra....

    dan gw yakin...bayarannya juga tidak seberapa :sedih:
     
  4. HiddenSkills M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,018
    Trophy Points:
    47
    Ratings:
    +83 / -0
    itulah kenapa :

    :hehe:
     
  5. farly_agha Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 19, 2011
    Messages:
    215
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +40 / -0
    pelayan hotel tuh sama aja kaya jasa guru ,
    hehe sorry kalo so tahu
     
  6. choli SUPERMOD

    Online

    Superstar

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    13,144
    Trophy Points:
    311
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,216 / -19
    YAng agak aneh tuh: ada pernyataan kalo mereka bekerja 4 jam sehari..
    Trus ngapain mereka yah kalo udah ngga bekerja di pos2nya masing2...

    PAdahal kan yang namanya bagian 'cleaning service' suatu hotel itu harus standby terus..
    Ngga cuma 4 jam doank...

    Ini sih yang aneh emang manajemen hotelnya...
     
  7. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    bukan begitu bos...kalimat lengkapnya begini bukan:

    Rata-rata, seorang pelayan hotel harus membersihkan 13 sampai 15 kamar per harinya, bahkan bisa lebih. Mereka harus selesai membersihkan semuanya dalam waktu empat jam.

    jadi waktu mereka untuk membersihkan seluruh kamar hotel (sebagai aktivitas rutin) adalah sekitar 4 jam. Nah di luar jam itu mereka mengerjakan pekerjaan selain membersihkan kamar hotel begitu...CMIIW
     
  8. bluesh19 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 25, 2011
    Messages:
    331
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +49 / -0
    Haduh susah juga ya,,, uda capek kerja,, dpt makian lagi kalo ngganggu orang tidur,,,
     
  9. janzcool Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 11, 2010
    Messages:
    306
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +3,286 / -0
    itulah namanya resiko dari pekerjaan. Semua pekerjaan pasti ada tingkat masalah dan resiko nya masing2. Bahkan pengusaha aja ada masalah dan kendala tersendiri yang mereka hadapi. Yang pasti dalam hal ini, setidaknya kita bisa semakin lebih menghargai pelayan hotel.
     
  10. wijayaajadeh Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 23, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    iya gan jadi karyawan hotel juga berat lohh dan mereka dituntut masih senyum dan rapi
     
  11. riprokakoi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 14, 2010
    Messages:
    90
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +18 / -0
    Wah info unik nih..

    Saya pernah nginap di hotel selama 4 hari, saya terbiasa menggunakan kamar mandi basah (bukan kamar mandi kering), jadi terkadang klo mandi beceknya kamar mandi gak ketulungan, tapi saat kembali ke hotel lagi tak lama setelah sarapan selalu kamar mandi bersih dan kering, dan juga kamar menjadi lebih rapi, saya jadi merasa iba dengan pekerjaan mereka dan juga kagum.

    di hari selanjutnya saya berusaha untuk membuat kamar mandi sekering mungkin.

    Senyum n sapa merupakan penyejuk mereka juga...
    Keep Nice Man..
     
  12. ngatijem9999 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 28, 2012
    Messages:
    85
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    wedeh2 ternyata berat juga ya tu tugas2nya...
    padahal dulu gue sempat mau kerja jadi pelayan hotel...
    tapi karena bayarannya cuma dikit gue jd urung niat deh..
     
  13. sassyvel Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2010
    Messages:
    189
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +27 / -0
    keliatan sepele si..cuma senyum dan mengucapkan terima kasih..tapi itu udah bikin mereka seneng... ^^. Yahh..namanya juga mereka manusia..kita pun juga akan merasa senang kalo usaha kita and kerjaan kita dihargai ma orang lain... Thanks buat infonya gan..pekerjaan yang gak gampang, apalagi ngebersihin beratus-ratus kamar tiap hari, bolak balik and tentu ja tetap harus ramah ma orang meskipun badan pegal capek linu..
     
  14. meongbuang Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 31, 2010
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19 / -2
    ini mah tergantung SOPnya. Ini kenapa banyak management hotel buat aturan checkout jam 12.00 dan checkin 14.00.
    Kan biar ada jeda bersihinnya. Masa ga sopan banget maksa pengen bersihin kamar. :awas:
     
  15. diboy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 18, 2009
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +22 / -3
    tergantung hotelnya juga sih..
    semakin payah hotelnya.. semakin ga relevan isi thread ini :D :D :D :D
     
  16. willa9988 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 9, 2011
    Messages:
    56
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    wah ternyata pekerjaan seorang pelayan hotel itu sulit
     
  17. soulscrapper Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 23, 2010
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    yg ane tau sih tuh handuk hotel biasanya dipake buat lap sama cleaning servicenya, yg perna kerja di hotel pasti tau wkwkwkkwkw
     
  18. dracola M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +242 / -0
    uih, ga isa bayangin membereskan 20-30 kamar setiap hari...beresin kamar sendiri aja udah males rasanya
     
  19. gandroider Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 21, 2012
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    Belum kalau ada tamunya yang "pervert"... bisa digodain, dilecehkan dll.... Mari hormati semua orang.
     
  20. ikhsandk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    hahahah kayaknya yang ini pengalaman yah :D
     
  21. SilverBoYs M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 10, 2011
    Messages:
    351
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +27,673 / -0
    ia kasian banget pelayan hotel yah.. kata temen gw juga capek sih jadi pelayan hotel...

    tapi semua pekerjaan kan emang capek... Kalo gw nginep di hotel pasti sellau ngasih tip..

    walaupun ga seberapa yang penting ikhlas..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.