1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

7 Kalimat yang Tak Boleh Didengar Anak

Discussion in 'Lifestyle' started by amuch, Sep 28, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    amuch Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 26, 2011
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +21 / -0
    KOMPAS.com - Berbagai masalah rumah tangga, pekerjaan, sampai kenakalan anak, tak jarang membuat Anda lepas kontrol dan marah. Bahkan tak jarang, anak-anak menjadi sasaran kemarahan Anda, entah melalui sikap ataupun kata-kata kasar yang keluar dari mulut Anda. Hati-hati bila Anda sering kelepasan bicara seperti ini.

    "Kata-kata bisa menjadi sumber inspirasi, tapi juga bisa melukai perasaan," ungkap Chick Moorman, penulis buku Parent Talk dan Spirit Whisperers.

    Meskipun anak Anda menimbulkan banyak masalah, namun sebagai orangtua tak sepatutnya Anda melontarkan kata-kata yang menyakitkan bagi anak. Karena efek dari ucapan yang kasar tersebut seringkali lebih merugikan daripada yang Anda bayangkan. Contohnya seperti ini.

    "Kalau nakal, Ibu akan meninggalkanmu di sini." Anda mengancam dan menakuti anak-anak dengan harapan agar mereka patuh pada perintah Anda. Perlu Anda ketahui, ketakutan terbesar anak-anak kecil adalah tersesat sendirian, dan merasa tidak aman. Oleh karena itu, tindakan Anda meninggalkannya sendirian akan menimbulkan trauma bagi dirinya.

    Alih-alih mengancam dan menakuti anak, lebih baik katakan keinginan Anda dengan baik. Misalnya ketika anak merengek minta mainan, katakan saja padanya, "Arka, kalau kamu terus merengek seperti itu, kita akan pulang sekarang. Tapi kalau kamu tidak nakal, kita akan tetap di toko ini dan memilih belanjaan bersama."

    Alternatif lainnya adalah dengan beristirahat sejenak. Kenakalan anak dan kemarahan Anda mungkin saja merupakan tanda bahwa Anda atau anak butuh istirahat.

    "Kamu seharusnya malu." Banyak orangtua yang beranggapan bahwa dengan mengungkapkan hal tersebut anak akan malu dan akan mengubah sikapnya sesuai dengan yang mereka inginkan. Tetapi, anak kecil belum dapat memahami rasa malu yang terjadi akibat kesalahan yang diperbuatnya. Karena itu, hal ini belum tentu langsung berhasil. Jika terlalu sering mengatakan hal ini, mereka hanya akan berpikir bahwa segala sesuatu yang dilakukannya selalu salah.

    "Seandainya kamu tidak pernah ada." Kalimat ini punya makna: "Ayah dan ibu tidak pernah menginginkanmu." Karenanya, kalimat ini tidak sepantasnya diucapkan oleh orangtua. Kalimat ini akan sangat menyakitkan bagi si anak, maupun orang lain yang mendengarnya. Terlepas dari kenakalan yang telah dilakukan anak, ia hadir karena kehendak Anda dan suami. Maka, bersikaplah sebagai orangtua yang bertanggungjawab dengan mengasuh dan mendidik anak dengan baik, bukannya menyalahkannya karena lahir di dunia.

    "Kamu yang membuat Ibu bercerai." Tidak ada anak yang menjadi penyebab orangtuanya bercerai. Ketika kalimat ini diucapkan, maka secara tak langsung Anda membuat anak-anak menanggung beban emosional seumur hidupnya. Bahkan ketika Anda menjelaskan dengan penuh kehati-hatian tentang perceraian, anak-anak akan merasa sangat bertanggung jawab atas keputusan Anda untuk bercerai. Anak akan beranggapan bahwa jika dia bersikap lebih baik, maka Anda tidak akan bercerai. Meski tak terucapkan oleh anak, masalah ini sering jadi masalah yang serius.

    "Kenapa kamu tidak seperti saudaramu yang lain?" Dengan mengatakan hal ini maka secara tidak langsung Anda membandingkan anak-anak dengan saudaranya yang lain, bahwa anak tidak cukup pintar, cukup baik, ataupun cepat belajar dibanding saudaranya. Pembandingan ini juga akan meningkatkan persaingan antarsaudara meningkat, yang kelak akan merusak hubungan persaudaraan dan mengembangkan keterpisahan. Terima setiap anak dalam keluarga Anda, karena mereka memiliki keunikan dan keistimewaan sendiri. Bantu anak untuk melihat keistimewaan mereka dengan berfokus pada masing-masing individu tanpa menggunakan perbandingan.

    "Biar Ibu yang menyelesaikan." Mungkin, maksud hati ingin membantunya menyelesaikan pekerjaan rumah yang sulit dikerjakan. Namun, jika Anda terlalu sering melakukan hal ini, maka Anda telah mengambil alih pekerjaan anak yang seharusnya bisa dikerjakannya sendiri. Hal ini justru malah akan melemahkannya. Mengambil alih pekerjaan anak mungkin bisa menghemat waktu Anda di masa sekarang, tetapi Anda meninggalkan beban di masa depan karena anak jadi tak terbiasa mandiri.

    "Ibu bilang begitu, ikuti saja." Kalimat ini memang terdengar seperti perintah keras bagi anak. Namun, arti yang terdalam dari kalimat ini adalah, "Saya orang dewasa, dan kamu anak-anak", atau "Saya pintar, dan kamu bodoh", atau "Saya berkuasa, dan kamu tidak", atau "Saya yang mengatur, dan kamu yang harus mengerjakan". Penegasan ini akan menciptakan jurang yang lebar antara Anda dan anak.

    Gaya bicara seperti ini menimbulkan rasa kesal pada anak, bahkan mungkin rasa benci dan persaingan untuk berebut kekuasaan dalam rumah. Cobalah untuk menggunakan bahasa yang lebih baik untuk mengungkapkan ketidaksetujuan anak, sehingga mereka lebih menghormati dan mengerti apa yang Anda rasakan.
     
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    andriks Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 5, 2009
    Messages:
    574
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +344 / -0
    "Ibu bilang begitu, ikuti saja."
    mungkin ini yang sering di dengar ya gan..
    jika anak bandel, pasti sang ibu kadang jengkel :D
     
  4. Offline

    kucing_alas Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 30, 2008
    Messages:
    899
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +57 / -0
    "Kalau nakal, Ibu akan meninggalkanmu di sini."

    ni yang paling sering ane dengar...walaupun versinya berbeda-beda...cr ini memang paling mudah digunakan untuk mengatur anak yg rewel krn anak2 cepat kembali patuh apabila ditakut-takuti...
     
  5. Offline

    keemchee Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,913
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,054 / -7
    kata" yg sering saia dgr sama nyokap:

    saya anak tunggal jadi dibandingkan dengan keponakan yg lain...tapi tetep aja dlm hati pasti ada perasaan dibandingin, mungkin maksudnya baik, biar saia interospeksi diri..
    tapi yg ada saia jadi bad mood, dan ujung" nya pasti masuk kuping kanan keluar kuping kiri..

    lagi" anak tunggal selalu dimanjain, kalo ada apa" blg ke mama adalah kalimat yang cukup sering saia dgr. padahal saia jarang banget nemu problem solved kalo ngomongin masalah saia ke nyokap. yg ada malah tambah rumit masalah yg saia hadapi. kenapa? karena nyokap kalo ud ngomong pasti muter", n ujung" nya pasti balik ke pertanyaan masalah yg saia sedang hadapi. alhasil nol besar saran yg saia dapatkan.

    pernah sih dulu waktu kecil. sempet jadi "robot" juga, karena berasa useless.

    ==================================================================================
    skrg ud dewasa ud punya pendapat sendiri ttg suatu masalah, selalu ada aja kontroversinya.
    jadi saia ambil aman nya aja, yaitu diam kalau tidak ditanya. kalaupun ditanya, jawab seadanya.
    hal ini utk menghindari keributan, karena kalo nyokap ngomong pasti bokap juga ikutan ngomong.
    gk adil 1 vs 2 (just kidding...wkwk). dan juga ribut sama org tua itu gk baik dari segi manapun.

    udah dulu ah curhat nya...:ngacir:
     
  6. Offline

    Inesu Post Hunter Moderator

    Joined:
    Feb 6, 2010
    Messages:
    4,861
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +60,515 / -0
    :niceinfo:


    "Kalau nakal, Ibu akan meninggalkanmu di sini." -> jarang dengar yang ini. tapi sampai sekarang sy bingung, kalau contoh kasus di atas terjadi, anaknya rewel.. harus bilang apa supaya anaknya diam dan ga rewel lagi :iii:

    "Seandainya kamu tidak pernah ada." -> ini yang paling menohok.. kalau dibilang kyk gitu, seakan2 kita tidak diharapkan ama orang tua atau kita hanya beban bagi orang tua :sigh:
     
  7. Offline

    reyzza Rockstar Moderator

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    38,005
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,901 / -14
    "Kenapa kamu tidak seperti saudaramu yang lain?"

    Itu tuh yang paling sering ku denger :swt:
    males juga dengernya kalo dibanding-bandingin, emangnya apa pake dibanding-bandingin :swt:

    ternyata emang menyiksa banget kata kata seperti semua itu :lalala:
     
  8. Offline

    zhalie Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 29, 2009
    Messages:
    155
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +23 / -0
    Iy gan, nubi juga dulu sering dibanding" ama saudara,
    emang paling gk enak gan, tp mo apa dikata..
    nama ny ortu yg ngomong yh nubi diem aja.. @_@
     
  9. Offline

    R3Qui3M Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    622
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,837 / -0
    ini yg sering ane denger dri org2 sekitar yg selalu bandingin sepupu ane dgn ane, sepupu ane itu nakal abis, tp ane selalu pendiam n nurut kalo dibilang ini itu, ntah gimana perasaan sepupu ane itu, alhasil keknya makin nakal aja dia. :swt:
     
  10. Offline

    Evanthom Beginner Members

    Joined:
    Sep 28, 2011
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +243 / -0
    "Biar Ibu yang menyelesaikan." --- ini yg pling berdmpak bagi ane,, dulu pas smp mau lagi belajar masak,, masakannya gosong, dilarang masuk dapur lagi, :madesu:
    akhirnya sekarang cuma bisa masak nasi goreng ama mie doang.. :garing:
    padahal klo bisa masak selagi ngekost gini kan bisa berguna untuk nabung,, :hehe:
     
  11. Offline

    pulpenbujel Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    6,752
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,554 / -0
    waduh, bagi ibu jangan asal ngatain anak dong, kasian kan anaknya, doa ibu adalah do'a yang paling mustajabah lho...
     
  12. Offline

    crazy4fun Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    6,252
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,816 / -0
    Inpo yg bagus nih,harusnya orang tua yg punya anak baca artikel ini biar mereka sadar klo omongan mereka itu sumber sakit hati anaknya. Zaman sekarang banyak orang tua yg ngomong seenaknya aja,yg penting mereka puas klo emosi mereka uda dikeluarin,nga peduli apa akibat mereka ngomong kaya gitu ke anaknya :sigh:
     
  13. Offline

    Luciferinne Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 30, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    AH yang satu ini bener2 buat Anak Sakit Hati..
    Hancur berkeping2, masa Anaknya dikatain seperti itu..
     
  14. Offline

    boaloverz Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    620
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,258 / -0
    :niceinfo: orang tua harus banyak belajar cara mendidik anak nih biar mental anaknya dapat tumbuh dengan baik..
     
  15. Offline

    HcDohl Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    1,125
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +983 / -0
    nah ini dia yang selalu bikin saya emosi... selalu dibandingin sama saudaraku kan tiap orang itu beda ngapain dibandingin malah dengan sikap itu malah akan menimbukan cemburu dan iri hati saja kepada saudara yang lainnya
     
    • Thanks Thanks x 1
  16. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,177 / -0
    Kalo begini sich bukan keluarga lagi tapi menanamkan benih kompetisi di mana saja...
    Padahal di dunia nyata penuh kompetisi di mana2, masak dalam keluarga kudu kompetisi juga sih :iii:
     
  17. Offline

    rwinschmidt Beginner Members

    Joined:
    Oct 25, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    sayangnya sekarang sulit gan membatasi apa2 yang patut didengar anak2
     
  18. Offline

    ramarifin Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    608
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +306 / -0
    Anak kecil jangan diberi beban piskologis -> Nantikan akibatnya di masa depan ... hahahah
     
  19. Offline

    biMz_biMz Innocent Member Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 26, 2011
    Messages:
    2,974
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +2,934 / -178
    setuju ama kata2 ini"Kenapa kamu tidak seperti saudaramu yang lain?"

    ane aja sebel klo ibu ane bilang kek gtu :panda:
     
  20. Offline

    adnanunique Superstar Veteran

    Joined:
    Apr 29, 2010
    Messages:
    12,133
    Trophy Points:
    262
    Ratings:
    +25,195 / -0
    kalo baca ginian ane malah jadi bingung gan,
    maksud ane, ini kan berdasarkan penelitian di barat sono

    apakah bisa diterapkan di Indonesia? Secara dari segi budaya dan kultur aja beda jauh,
    maap kalo OOT



    aniway, murkanya orang tua adalah murkanya Tuhan, dan restu orang tua adalah restu Tuhan :peace:
     
  21. Offline

    rwinschmidt Beginner Members

    Joined:
    Oct 25, 2009
    Messages:
    250
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    susah sekarang ngontrol anak. . .
    perlu lebih waspada bagi orang tua
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.