1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

7 Bahan Makanan Serba Hitam Yang Menyehatkan

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by march37, Aug 10, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    march37 Members

    Joined:
    Jul 5, 2011
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +68 / -0
    HITAM sering dipandang lebih rendah dari putih. Tapi Jangan coba-coba memakai rumus yang sama terhadap kandungan nutrisi makanan berwaman hitam. Malah, sumber makanan berwarna gelap biasanya mengandung antioksidan lebih tinggi yang sangat ampuh untuk menurunkan risiko diabetes, penyakit Jantung, dan kanker.

    "Buah yang berwarna hitam memiliki lebih banyak antioksidan karena makin gelap warnanya, makin tinggi pigmennya yang berasal dari antosianin," kata Cy Lee, PhD, profesor kimia makanan dari Cornell University.

    1.Beras Hitam

    Beras merah tak terbantahkan baik untuk kesehatan. Namun beras hitam sebenarnya Jauh lebih baik Lagi karena beras hitam ini mengandung vitamin E dalam Jumlah tinggi. Rutin mengonsumsi beras hitam akan meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Beras hitam Juga mcngadung antioksidan antosianin lebih tinggi dibanding bluebenies.

    2.Lentil Hitam

    Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi. Satu cangkir black Icntil mengandung 8 mg zat besi, hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan, 18 mg per hari untuk perempuan. Lentil Juga kaya akan serat larut yang bisa menurunkan kolesteroldan meningkatkan fungsi Imun atau kekebalan tubuh.Kacang lentil sangat kaya protein dan serat, dan juga mampu melindungi kita dari serangan kanker payudara. Para peneliti Amerika berhasil membuktikan bahwa bahan makanan yang rendah daging dan karbohidrat, tapi kaya kacang-kacangan mampu menurunkan risiko kanker payudara. Kacang lentil hitam biasa digunakan untuk sup dan salad.Kelompok polong-polongan ini kaya akan zat besi.Satu cangkir black lentil mengandung 8 mg zat besi,hampir separuh dari asupan harian yang dianjurkan,18 mg per hari untuk perempuan.lentil juga kaya akan seratr larut yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi imun atau kekebalan tubuh.

    3.Blackberries

    Blackberry buah dikenal mengandung antioksidan polifenol. Sebuah antioksidan polifenol adalah jenis antioksidan yang ditandai oleh adanya beberapa kelompok fungsional phenoll.Pollifenol yang ditemukan dalam buah beri hitam ini diketahui mampu mencegah penurunan fungsi kognitif yang terjadi karena penuaan. Polifenol akan bekerja membersihkan sel-sel yang mengganggu fungsi otak. Buah ini Juga kaya akan serat Dalam kesehatan manusia, senyawa ini berjumlah lebih dari 4.000 spesies yang berbeda, dianggap penting dalam memerangi stres oksidatif, penyakit jantung, dan penyakit kanker.


    Penelitian baru menunjukkan bahwa blackberry (juga dikenal sebagai raspberry hitam) mengurangi risiko terserang kanker. Peneliti di Ohio State University menemukan blackberry dapat melindungi seseorang dari serangan kanker kerongkongan.

    4.Kacang Hitam

    Manfaat kacang hitam bagi kesehatan berasal dari berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya. Kacang hitam memiliki kandungan zat antioksidan yang tak kalah dengan buah-buahan. Kandungan antioksidan inilah yang membuat kacang hitam mampu mengurangi risiko penyakit jantung.
    Kulit berwarna hitam yang menyelimuti kacang Ini sarat yang kaya akan blofhvonoid, nutrisi dari tanaman yang mampu melawan berbagai penyakit diantaranya diabetes,stroke dan kanker.

    5.Kedelai Hitam

    Selama ini kita mengenal Kedelai Kuning. Padahal sesungguhnya, ada kedelai hitam (Black Soya ) dengan "berjuta" khasiat/Manfaat. Tak hanya berguna menjaga kesehatan , melainkan dapat/mampu mengobati berbagai penyakit degneratif yang belakangan banyak mendera masyarakat ( Agrobis)


    Pada umumnya kedelai di olah menjadi tahu, tempe, susu kedelai cair dan lainya. Dengan kemajuan teknologi kedelai dapat di olah menjadi kedelai bubuk instan ( diseduh ). Untuk kedelai hitam ( black soya ) pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kecap, taucho.

    Kedelai hitam mempunyai kandungan protein yang bervariasi antara 37-41 %, serta kandungan lemak 11-21 %. Kandungan asam mino glutamate pada kedelai hitam sedikit lebih tinggi dari pada kedelai kuning, karena itu rasa kedelai hitam lebih gurih di bandingkan kedelai kuning.

    Berdasarkan penelitian yang disampaikan oleh para ahli , Kedelai hitam ( Black Soya ) memiliki banyak manfaat antara lain untuk menurunkan berat badan, mengurangi kadar kolesterol LDL, melindungi dari diabetes type 2 bahkan sangat berguna untuk perempuan seperti yang disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Pertanian dari Universitas Gadjah Mada Prof Dr Ir Mary Astuti MS.

    6.Teh Hitam

    Teh hitam merupakan tipe teh yang paling tersebar luas di seluruh dunia. Teroksidasi secara penuh, teh hitam mengandung kafein 80% lebih kecil dari kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi. Manfaat untuk kesehatan yang diberikan oleh teh hitam diantaranya adalah memperkecil resiko sakit jantung karena teh ini mampu mencegah penyerapan kolesterol. Teh hitam juga baik untuk gula darah & darah tinggi, pembengkakan gusi, dan mencegah pembusukan gigi.

    India, Sri Langka, Bangladesh, serta negeri tercinta kita, Indonesia, merupakan pengasil teh hitam terbesar di dunia. Hampir 80% dari produksi teh hitam seluruh dunia berasal dari regional ini. Di Cina, teh hitam lebih dikenal dengan nama teh merah.

    7.Coklat Hitam

    Coklat pun mempunyai banyak jenis, mulai dari coklat biasa, coklat putih hingga coklat hitam. Dari beberapa jenis tersebut, ternyata ada beberapa Manfaat dan Khasiat Coklat Hitam yang sangat baik untuk tubuh.Penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association mengungkapkan cokelat hitam mengandung substansi yang disebut polifenol. Dalam ujicoba pada hewan percobaan, polifenol terbukti menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.

    Sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    Will Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,279 / -0
    beras hitam ada ya? :???:

    bukan ketan hitam? :???:
     
    Last edited: Aug 10, 2011
  4. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    semua yg serba hitam emang baik kok. sama kayak semua yg serba hijau. bahkan g pernah baca di artikel, di suatu tempat tertentu, ada masyarakatnya yg rajin makan arang :dead:
     
  5. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Kalo coklat hitam pernah denger sich emang bagus.
    Bisa membantu turunin tekanan darah sedikit tuh :top:

    Nah kalo kedele hitam, bukannya emang dipake untuk buat kecap yah itu :???:
     
  6. Offline

    dayatkasela Beginner Members

    Joined:
    Jul 29, 2010
    Messages:
    366
    Trophy Points:
    101
    Ratings:
    +3,925 / -4
    tambahan info :

    Jintan Hitam juga termasuk makanan yang menyehatkan,,, biasanya dalam obat herbal, dikenal dengan Habbatussauda atau Nigella Sativa :top:
     
  7. Offline

    zz11 Rockstar Veteran

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,146
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,167 / -0
    Iya pernah denger herbal ini.
    Katanya bisa mengatasi panas dalam gitu yah :???:
    Kan udah ada yg jadiin ini minuman penyegar, CMIIW.
     
  8. Offline

    guntz Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    165
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    Beras hitam tu gimana bentuknya yah? ane baru denger tuh. Bukannya ketan hitam ya?
     
  9. Offline

    RFShipper Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 11, 2011
    Messages:
    158
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +36 / -0
    Jintan hitam brmanfaat untuk apa saja?
    KAyaknya banyak yang jual jintan hitam n lagi booming ya skarang?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.