1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kuliah vs SMA

Discussion in 'Lifestyle' started by doplank, Dec 8, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. doplank M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 2, 2007
    Messages:
    430
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,170 / -0
    Ini adalah kutipan dari sang blogger langsung, dan merupakan kejadian nyata yang dialami oleh sang penulis. Kisah nyata hidup sang penulis di tulis dalam bentuk blogger (emanknya blogger berbentuk?) Ya ude dari pada lama-lama. mending baca aja langsung.

    -------------Mohon baca dengan seksama-----------------


    Udah berapa lama yah gw gak disetrap gara2 telat dateng ke sekolah? Hehehe… Jaman SMA banget. Tapi kalo diinget seru juga. SMA tuh (kata orang) masa yang paling indah. Emang iya? Relatif kali yah. Soalnya masa SMA gw ditutup dengan suatu ketidakbahagiaan (halah… curhat). Tapi gw gak menyesal, karena ketidakbahagiaan itu membawa hikmah yang sekarang udah terpetik (malah ngelanjutin curhat :p).

    Kalo membandingkan SMA dan Kuliah seru juga kali yah. Tapi ini dari sudut pandang gw aja, boleh setuju boleh nggak, terserah. Karena gw diBiNus (yang IT-nya aja ada 1700 orang), jadi mungkin agak berbeda keadaannya dengan kampus lain. Gw pengen ngebandingin dari beberapa poin yang umum aja, misalnya guru/dosen, pelajaran/materi, dll. Hmmm… apa yah bedanya??

    * Guru/Dosen
    -SMA-
    Guru memberikan segala yang kita butuhkan. Pelajaran dijelaskan secara terperinci sampai kita mengerti (walaupun akhirnya gw gak ngerti2 juga :p). Guru lebih care dan perhatian sama muridnya. Kalo ada yang berisik dimarahin, tidur dilempar spidol, keluar musti ijin dulu, gak bawa buku dihukum, gak ngerjain PR dihukum juga.
    -Kuliah-
    Dosen ngasih materi seadanya. Kita gak dengerin ya salah sendiri. Kalo mau ke wc/cabut kuliah, cabut aja, gak usah pake ijin. Terserah mau bawa buku ato nggak, mau tidur dikelas, atau gak ngerjain tugas, terserah.


    * Materi/Pelajaran
    -SMA-
    Guru mengarahkan kita harus mempelajari apa, dan materi yang ada dibuku juga disusun dengan kurikulum yang jelas. Gak ada masalah musti belajar apa, karena susunannya jelas (itu juga kalo mau belajar).
    -Kuliah-
    Dosen ngejelasin dasar-dasar materi hari itu, trus sisanya kita cari sendiri dibuku-buku perpus atau internet tanpa ada yang mengarahkan (kalo mau, minta sendiri arahannya ke dosen). Kalo cuma belajar dasarnya aja, gak cukup buat ujian.


    * Suasana kelas
    -SMA-
    Frekuensi suara-suara seperti “CIIIEEEE…. CIIIEEEEE…” (ngeledek) atau “HUUUUU….” (ngatain) atau “YAAAAH……” (kecewa) masih sangat tinggi. Hampir setiap hari ada suara seperti itu dikelas. Terkadang guru juga ikut meramaikan suasana, membuat kelas semakin riang. Saat keadaan mulai membosankan biasanya anak2 mulai berisik, ada yang tidur, gambar2, atau gangguin cewe sampai dimarahin guru dan tenang lagi.
    -Kuliah-
    Kelas lebih tenang, paling hanya terdengar suara gumaman pelan anak2 yang dah bosen dengerin dosen (daripada berisik trus dimarahin). Pemandangan orang tidur, ada yang maen laptop, maen hape, atau siswa yang rajin nulis materi yg diomongin dosen adalah pemandangan yang lumrah didunia perkuliahan.


    * Kehadiran
    -SMA-
    Para siswa gak punya kuasa untuk memanipulasi kehadiran. Setiap pagi pak/bu guru mengabsenkan satu persatu anak2 muridnya. Kalo sakit bisa bikin surat ijin sakit (boongan juga bisa suratnya). Ketika sudah hadir disekolah, tak ada kata kembali/cabut kecuali bikin surat ijin ke guru piket atau kalo sekolahmu punya “celah”.
    -Kuliah-
    Ada sebuah teknik khusus yang sudah dipelajari para mahasiswa yang udah bertapa diBanten bertahun-tahun lamanya. Teknik ini mereka namakan “TITIP ABSEN”. Sekian tentang kehadiran di perkuliahan. (hehehe… gak jelas banget)


    * PR/Tugas
    -SMA-
    PR lebih sedikit dibanding kuliah (paling hanya pelajaran tertentu aja yg banyak). Kalo gak ngerjain, paling dihukum tapi gak ngaruh ke nilai raport.
    -Kuliah-
    Tugas kuliah ada hampir disetiap mata kuliah dan ada disetiap minggunya. Kalo gak ngerjain yaaa… gak apa-apa. Dosen juga gak akan ngungkit2 lagi. Tapi nilai tugasmu bakal ancur lebur.


    * Ujian
    -SMA-
    Ujian merupakan hal yang formal, menegangkan, penuh persiapan, semua warga sekolah merasakan “aura” ujian yang terjadi. Para siswa dan guru mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Saat ujian selesai hati tak tenang, penuh penantian sampai akhirnya nilai keluar dan ahhhh….nnnnccuurrrr.
    -Kuliah-
    Gw dapet beberapa istilah dari temen2 gw untuk ujian di dunia perkuliahan. UTS = “Ujian Tak Serius” dan UAS = “Ujian Agak Serius”. Bahkan waktu sehari sebelum UAS gw pernah diajak nonton dan gw menolak, tapi temen gw malah bilang, “UAS mah tiap taun ada, Sal. Tapi kalo film ga tiap taun.” Entah kenapa atmosfer ujian di perkuliahan sangat berbeda dengan SMA.


    * Perpustakaan
    -SMA-
    Perpus adalah tempat terakhir untuk dikunjungi. Kecuali disuruh guru untuk nyari bahan, gw gak pernah keperpus. Paling kalo hari Selasa dan Jumat buat baca “Bola”, itu juga sambil niat liat gebetan (ups… ketauan :p).
    -Kuliah-
    Tempat kumpul nomor satu saat satu pertanyaan “Mau ngerjain tugas dimana?” ini muncul. Selain tempatnya luas, bisa hotspot, juga paling strategis buat ngumpul kelompok. Beda banget kesan perpustakaan saat SMA dan kuliah.


    * Jam istirahat
    -SMA-
    Waktu istirahat udah fix, gak berubah. Aktifitas yang dilakukan pas istirahat sangat monoton dan berulang. Solat, kekantin, ngobrol2 dibalkon sampe masuk jam pelajaran berikut.
    -Kuliah-
    Ga ada jam yang tetap kapan istirahat atau kapan kuliah. Selesai kuliah ya udah bubar aja, berhamburan.


    * Suasana kantin
    -SMA-
    Kantin dipenuhi orang2 yang sama setiap harinya. Orang2nya (sebagian besar) dah kita kenal dan gak jarang saling bertegur sapa. Suara gelak tawa, obrolan seru, bahkan teriakan masih bisa terdengar. Ibu kantin bisa akrab dengan kita (malah gw sering ngobrol kalo lagi sepi).
    -Kuliah-
    Tiap kekantin orangnya beda dan gak gw kenal. Karena orderan terlalu banyak, yang punya warung gak sempet ngobrol sama pembeli, sibuk ngurusin orderan. Cuma terdengar suara gumaman orang pada ngobrol, gak lebih.


    * Gaya anak2
    -SMA-
    Baju putih dengan celana abu2 (ya iyalah!). Buat cowo: rambut panjang dikit, ditegur. Rambut panjang banget, banyak-banyak berdoa aja lah! Pake kaos dalem warna mencolok juga jadi masalah. Terus buat cewe: yang pake baju ketat silahkan masuk ruang BK (Bimbingan Konseling). Pake gelang2, kalung, atau cincin yang hebring juga dinanti diruang BK. Baju keluar-keluar terus pake sepatu/kaos kaki warna pelangi juga bisa jadi masalah.
    -Kuliah-
    No Rules!! Keep Rocking!! (sok keren banget gw :p) Mau kribo, gimbal, model bon Jovi, celana jeans sobek2, baju warna-warni, pake gelang2, anting, pake sayap atau baju spiderman juga boleh. Terserah.


    * Barang2 didalam tas
    -SMA-
    Buku pelajaran (biasanya lebih dari 5 buku), pulpen, pensil, tipe-X, penghapus, penggaris, minuman, baju olah raga, topi upacara, mukena (cewe), plus barang lain yang optional (bekal makanan (gw banget), handuk kecil, mp3 player/ipod, alas tulis, map, binder/file, dll)
    -Kuliah-
    binder/file dan pulpen (terkadang plus laptop).


    * Ketika mendapat kabar “besok kita libur!”
    -SMA-
    “YEEEEEAAAAA…!!!”
    -Kuliah-
    “YEEEEEAAAAA…!!!”

    Untuk urusan yang terakhir, dibelahan dunia manapun kayaknya sama aja jawabannya. ^_^


    Sumber http://salgadd.wordpress.com/2009/06/10/kuliah-vs-sma/

    Maaf kalo Repost, jika repost. mohon momod bertindak.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Dec 9, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,245
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,560 / -0
    wakakakakaka :lol:
    jadi buka kenangan lama nih..
    jaman2Ny dulu gw SMA sih jadi nak baek loh :malu:
    tp waktu kuliah,, smester 1-4 gw "maen2".. jadi kelabakan pas smester 5-6 :lol:
    ampe da pelajaran yg ngulang :swt:
     
  4. EdRos Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2009
    Messages:
    150
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +1,053 / -0
    Bener banget tu.... Saat SMA gag ada hotspot area, jadi pas pulang ya langsung pulang. Beda skarang kul, tiap pulang nikmatin gratisan dl. Ampe malem juga nahan smbil onlend di :idws:, maklum lah :idwslovers: :hero:
     
  5. icon7p Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 11, 2009
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    SETUJU banget sama TSnya, kwkwkwkw....
    SMA ato kul masing2 ada enak ama ga enaknya yg beda2
     
  6. antipicix M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 5, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +61 / -0
    Gw kuliah di PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) jadi, gag beda-beda amat ama SMA gan. Masih sering teriak2 juga di kelas.. Hahaha, modifikasi Rambut, pakaian dan segala macem aksesoris dilarang banget di kampus gw. Padahal, dulu cita-cita pas mau masuk kuliah pengen gondrongin rambut tapi kagak kesampean.. asem dah.. :sebel:
     
  7. pinkqrenz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    395
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,094 / -0
    :haha: lucu nih.. n bner bgt ini semua... ane setuju gan...
     
  8. RottenSherry Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    163
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    Setubuh juga, Gan... Emang deh masa-masa yang sangat berbeda. Dulu pake kaos kaki bewarna dikit aja digiring...sekarang gw pake sendal jepit juga oke oke aje.
    Enakan kehidupan di kuliah sih kalo gini, tapi kangen juga sekolah yang monoton dan gak terlalu bebas, serunya kan di pelanggaran peraturannya, wkwkwkwk...
     
  9. arnold1407 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 13, 2009
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    77
    Ratings:
    +955 / -0
    bener bangedh tuh...
    kuliah beda bangedh ma masa SMA..
    pengen balik ke SMA aja..
    biar bisa nyantai2 lg...
    hahahaha :haha:
     
  10. jerukno15 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,951
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,486 / -0
    ehhehehe... bener tuh...
    tapi sekolah sma ane dulu bebas, kalo ada jam kosong terus bisa maju jadwal selanjutnya, kalo dah selesai bisa pulang.
    tapi kek nya sma sekarang gak bisa ya
     
  11. mardi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    1,679
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +511 / -0
    :haha::haha::haha: setuju abis dah, aku paling seneng yg paling terakhir, top abis dah, itu aja yg ga beda, wkakwwka
     
  12. garuq M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    855
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +119 / -0
    wkwkwkwk ngakak gw bacanya..
    btw :niceinfo: bro..
    mendingan sma aja mah,kuliah gw berantakan soalnya..
    SMA memang masa2 paling indah dalam hidup gw selama ini..
    jadi kangen..:sedih:
     
  13. simply_newts Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 23, 2009
    Messages:
    86
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    :hot: jadi inget jaman2 distrap didepan kelas dulu gara2 ujian ketauan nyontek...wkwkwkwkw...setuju semua dah cuy...ckckckck..inget lagi jaman dulu (padahal baru lulus beberapa bulan yang lalu)gyahahahaha..:niceinfo:
     
  14. chubuchubu M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,137 / -0
    setuju sama TS..menghibur nih artikelnya...
    ternyata anak sma sm mahasiswa sama2 gemar libur..sekarang ane dah kerja kalo besoknya libur juga bilang YEEAAA :lol:
     
  15. vanzZ M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 7, 2009
    Messages:
    645
    Trophy Points:
    77
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,740 / -1
    wkkwkwk..jadi inget masa SMP dulu..(SMA gw rada" aneh..) jadi yg keinget masa nya SMP..hahaa..

    bner' bda bnget sma kulia skrg..(cerita nya uda kul juga..BINUS juga pula..)
    smua nya serba cuek, mau ga msuk pn gpp..all by urself..

    cuma ntar tnggal IPK nya aja yg bkal bermslah..T,T
     
  16. icham M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    991
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,247 / -0
    Wah bener bgt tuch gan !!!
    perbandingannya kena bgt buat ane

    kuliah jarang masuk ! bebas !!
    tpi pas ujian siap2 dapat nilai jeblok
     
  17. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    lebih menyenangkan kuliah daripada SMA sich menurut gw...
    salah satu faktornya: kalo SMA, namanya juga sekolah, walaupun materi belajar dikasih semua sama guru, tetap aja ada sistem ranking yang ujung2nya diskriminasi. di kuliah, sistem itu memang ada juga, tapi tidak begitu nyata seperti di sekolah.

    maaf bro, kalo bisa kalimat terakhir postingan perdananya diedit ya...
    tidak boleh minta terang2an di sini :maaf:

    oh yeah benar, kalo besok libur, nggak sma, nggak kuliah, nggak kerja, semua hore2an...!
     
  18. 4w4n2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 2, 2009
    Messages:
    1,116
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +32,172 / -0
    enakan SMA gan....tugasnya ga berat2 amat...paling yang terberat pas SMA cuma disuruh SPEAKING 30 menit...:piss:
     
  19. Faxiz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 11, 2008
    Messages:
    549
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +59 / -0
    Inget Waktu SMA beban ga terlalu besar :hahai:
     
  20. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,084
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,311 / -0
    oh iya dong... waktu itu nggak berasa yg namanya tanggung jawab akademis dari diri sendiri...
    tapi pas kuliah, mau nggak mau, karena dosen nggak bisa ngasih semuanya di kelas...
    kalopun semuanya dikasih di kelas, kita yang hrs aktif belajar sendiri, karena di kuliah tergantung dosen, ada yg berbaik hati ngasih bnyk tugas2 buat ngedongkrak nilai, tapi ada yg cuek, nilai cm diambil dari UTS dan UAS doang...
     
  21. doplank M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 2, 2007
    Messages:
    430
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,170 / -0
    maksudnya apa ya ngga mudeng aye.

    gw cuman edit YEAAA aja

    yang asli di blognya seperti ini

    Ketika mendapat kabar “besok kita libur!”
    -SMA-
    “YEEEEEAAAA…!!!”
    -Kuliah-
    “YEEEEEAAAAA…!!!”

    yang gw posting, cuman tambah 1 buah huruf A

    * Ketika mendapat kabar “besok kita libur!”
    -SMA-
    “YEEEEEAAAAA…!!!”
    -Kuliah-
    “YEEEEEAAAAA…!!!”

    tidak boleh minta terang2an? apa maksudnya ya? maklum otak isinya pentium 1 :hammer::hammer:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.