1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy misteri SEGITIGA BERMUDA terpecahkan !!

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by san, Nov 5, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. san M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 2, 2008
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +63 / -0
    Dalam satu abad terakhir ini diperkirakan sekitar 50 kapal laut dan 20 pesawat terbang menghilang secara misterius di suatu wilayah yang disebut segitiga bermuda. Tidak heran banyak orang menyebut wilayah ini dengan nama segitiga setan. Setelah hampir satu abad berlalu, adakah misteri yang masih tersisa dari segitiga bermuda ?

    Segitiga bermuda membentang di lautan Atlantik yang dibatasi oleh garis yang menghubungkan Florida, pulau bermuda dan puerto rico. Luasnya sekitar 1,2 juta km2. Misterinya dimulai ketika banyak kapal laut, perahu dan pesawat terbang menghilang secara misterius di wilayah ini. Menurut para peneliti, di wilayah ini hukum fisika dilanggar habis-habisan.

    Bahkan hingga kini, segitiga bermuda masih sering menjadi topik favorit buku-buku novel dan film-film Holywood. Kisahnya tidak pernah habis dibahas di situs-situs paranormal dan misteri, termasuk di blog ini.

    Nama segitiga bermuda awalnya datang dari seorang wartawan bernama Vincent Gaddis yang menulis artikel berjudul "The deadly bermuda triangle" yang terbit pada FebruarI 1964 di majalah Argosy. Namun Legenda ini dihidupkan dan dipopulerkan oleh seorang penulis bernama Charles Berlitz yang menulis buku berjudul "The Bermuda Triangle" pada tahun 1974.

    Salah satu kisah pertama mengenai misteri ini adalah peristiwa yang terjadi pada tahun 1918. Pada saat itu sebuah kapal bernama USS Cyclops yang memiliki panjang 542 kaki dan membawa batubara untuk angkatan laut Amerika sedang berlayar dari Salvador ke Maryland. Kapal itu tidak pernah sampai ke tujuan. Para pencari hanya menemukan keterangan bahwa kapal itu berlabuh di Barbados pada tanggal 3 dan 4 Maret untuk menambah persediaan. Setelah itu, hilang tanpa jejak.

    Kisah lain yang populer adalah misteri hilangnya 5 pesawat militer Amerika (flight 19) pada tanggal 5 Desember 1945. Pada hari itu, 5 pesawat pembom Avenger berangkat dari pangkalan angkatan laut di Fort Lauderdale, Florida pada pukul 2:10 sore. Kelima pesawat itu dikemudikan oleh para prajurit penerbang dengan dipimpin oleh Lt. Charles Taylor.

    Satu setengah jam kemudian, Lt Robert Cox di pangkalan menerima transmisi radio dari Lt. Charles Taylor yang mengatakan bahwa kompasnya berhenti bekerja dan ia kebingungan menentukan arah. Selama beberapa jam berikutnya, pangkalan masih bisa menerima komunikasi radio dari lima pesawat itu hingga komunikasi terputus total pada pukul 7:04 malam.

    Dua pesawat kemudian diperintahkan terbang untuk mencari kelima pesawat itu. Salah satu pesawat pencari tidak pernah kembali ke pangkalan. Sang penolong telah bergabung dengan kelima pesawat tersebut, menghilang begitu saja.

    Misteri ini telah membuat berbagai teori muncul ke permukaan. Menurut para ufolog, di dasar laut Atlantik tempat segitiga bermuda ada markas alien yang menculik para kapal dan pesawat. Menurut para penganut new age, pesawat dan kapal menghilang karena residu kristal yang berasal dari pulau Atlantis yang misterius. Menurut para spiritualis, segitiga bermuda adalah pintu menuju dimensi keempat.

    Menurut peneliti yang lebih rasional, fenomena ini bisa disebabkan karena gangguan elektromagnetik. Bagi para skeptis, yang paling bertanggung jawab adalah cuaca buruk, ketidakberuntungan, bajak laut, navigator yang inkompeten dan human error.

    Menarik, karena teori-teori tersebut tidak berakhir sampai disana. Seorang Psikiater bernama Dr Kenneth McCall memiliki teori lain. Ia melacak sejarah segitiga bermuda hingga ratusan tahun sebelumnya dan menemukan bahwa wilayah itu dulunya adalah tempat lalu lalangnya kapal pedagang barat. Dan ia menemukan satu fakta mengejutkan. Pada masa perdagangan budak, diperkirakan 10 juta budak dibuang ke laut itu, apakah karena mereka terkena penyakit, atau karena hukuman.

    Menurut Dr McCall, arwah 10 juta budak itu dapat mengacaukan pikiran para pilot atau navigator yang melintas. Hmm. lumayan masuk akal.

    Misteri segitiga bermuda terus berlanjut hingga tahun 2000. Pada saat itu sebuah kapal Inggris yang tenggelam 70 tahun sebelumnya (bukan di segitiga bermuda) berhasil diangkat dari dasar laut. Kapal ini terbukti menjadi kunci pengungkapan misteri Segitiga bermuda yang lebih rasional, yaitu gas Metana.

    Menurut mereka di wilayah tertentu di lautan, kadang gas metana tersembur keluar dari dasar laut. Naiknya gas ini ke permukaan menyebabkan berkurangnya kepadatan air laut dan akan menyebabkan apapun yang ada di permukaan laut tenggelam. Bahkan jika para awak kapal terjun ke permukaan dengan pelampung, tetap saja mereka akan tenggelam.

    Dan di wilayah segitiga bermuda, ditemukan beberapa bagian dimana gas metana biasa menyembur ke permukaan laut. Ini memang bisa menjelaskan penyebab tenggelamnya kapal laut. Tapi masih belum bisa menjelaskan penyebab hilangnya pesawat terbang.

    Kemudian pada tahun 1975, seorang bernama Larry Kusche yang berprofesi sebagai pustakawan di Arizona State University meneliti misteri ini dengan sungguh-sungguh dan mendapatkan kesimpulan yang sangat berbeda. Menurutnya, tidak ada misteri di segitiga bermuda. Ia menulis hasil penyelidikannya dalam sebuah buku berjudul "The Bermuda Triangle Mystery - Solved".

    Ia menemukan banyak laporan kecelakaan di segitiga bermuda tidak dilaporkan secara akurat. Contoh, ia menemukan satu laporan mengenai kapal yang tiba-tiba hilang di lautan yang tenang, padahal kenyataannya lautan saat itu sedang dilanda badai.

    Di bagian lain, ia menemukan banyak kisah yang ditulis mengenai kapal-kapal yang menghilang secara misterius. Padahal kenyataannya bangkai kapal-kapal tersebut ditemukan dan penyebab tenggelamnya sudah dapat dijelaskan.

    Dalam kasus lain ia menemukan seorang penulis menyebutkan satu kapal hilang di segitiga bermuda. Padahal sesungguhnya kapal tersebut tenggelam 3.000 mil jauhnya dari segitiga bermuda.

    Lagipula dengan luas 1,2 juta km2 (9 kali pulau jawa) dan lalu lintas pelayaran yang padat, adalah hal yang wajar apabila ada beberapa kapal yang tenggelam disitu. Lagipula pesawat dan kapal yang tenggelam beberapa puluh tahun yang lalu memang belum memiliki sistem navigasi yang memadai.

    Setelah hampir satu abad, pertanyaannya adalah, apakah masih ada misteri yang tersisa dari segitiga bermuda. Kelihatannya yang masih menjadi misteri adalah bagaimana segitiga bermuda bisa menjadi misteri.

    Mungkin kisah dan cerita yang kita dapatkan memang bercampur aduk dengan imajinasi manusia. Mungkin Larry Kusche memang benar. Tidak ada misteri di segitiga bermuda. Lagipula insiden terakhir yang terjadi adalah pada tanggal 22 Desember 1967, 42 tahun yang lalu.

    Jika itu kenyataannya, saya turut bersimpati untuk para penggemar misteri segitiga bermuda yang berduka.

    sumber :http://forsharedmp3.com/misteri-segitiga-bermuda-terpecahkan.html

    jika repost silakan "dialihkan":piss:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,281
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,395 / -0
    misteri dan sains banyak bertolak belakangnya gan...emg sih ada keterpaduannya...tapi itu cuman dikit banged...

    btw...nice info :top:
     
  4. v3rt3x M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,617
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,401 / -0
    jadi maksudnya akhir2 ini ga da kasus kek gitu lagi di bermuda?? :???:

    apa skrg udah aman berlayar/terbang melintasi bermuda triangle? :???:
     
  5. san M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 2, 2008
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +63 / -0
    sama2 bro...gak nolak thanks:sembah:

    @vertex
    yaa namanya jaman dulu kan masih berbau mistis kalo belun nemu logika sains-nya...kek di indonesia aja masih ada yang percaya dengan hal gaib (walau emang ada yang beneran) tapi kan kebanyakan palsu...
     
    Last edited by a moderator: Nov 5, 2009
  6. addang13 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 1, 2009
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +222 / -0
    ada yang bisa ngasih info tentang gas metana ntu? kok bisa bikin kepadatan air laut berkurang.,.
    trus kenapa pesawat bisa ngilang (padahal g bersentuhan sama air laut yg kepadatannya sudah berkurang).,.,.,
     
  7. RedFeather Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    132
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    Di film The Triangle (kalo gak salah) ada penjelasan fiksi ilmiah yang lain, katanya di situ sebenarnya ada semacam robekan dimensi, jadi singkatnya kapal-kapal dan pesawat terbang hilang di situ karena terhisap ke dimensi waktu yang lain. Jadi kapal yang hilang tahun 1600-an, bisa muncul pada tahun 2000an. Begitu pula sebaliknya :D
     
  8. addang13 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 1, 2009
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +222 / -0
    maksudnya yg pas pesawat jaman dulu mayatnya masih seger ntu? trus ikan hiu berenang g maju-maju :hahai:
     
  9. Kuro_kaze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 14, 2009
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    106
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +677 / -0
    kalo menurut kaze sih ya...sains dan pemikiran-pemikiran tntang New Age, Ufologi, Tmi Travel, dan lain2 selalu dipatahkan oleh kedua belah pihak....jadi belum bisa dikatakan terpecahkan kalo bukti nyata belum bisa dikantongi secara pasti.....
     
  10. gopel_04 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    240
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +103 / -0
    walah!!!!kadang memang suatu misteri seharusnya tetap menjadi misteri. kalo ga ada misteri di segitiga bermuda kan ga ada imajinasi dan inspirasi buat pengarang novel ato film kali ya!!!!:piss::piss::piss:
     
  11. h@n4! M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    289
    Trophy Points:
    71
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +33 / -0
    hahaha wah klo uda solved berarti kgk seru lagi donk, jadi kgk bisa nebak2, jgn2 ada UFO yg dateng ke bermuda & bikin pangkalan luar angkasa disana

    ato yg lebih kerennya ada monster bawah laut yg berbentuk gurita raksasa yg menarik pesawat & kapal laut hingga karam ke dasar lautan

    cheers & peace
     
  12. icham M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    991
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,247 / -0
    iya nie kk ane juga msh bingung dg gas metana'a ?
    Mohon pencerahan'a
     
  13. Suke_tsuki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kenapa gak nyoba aja ya pihak pemerintah mengirimkan tim untuk menyelidiki misteri segitiga bermuda ini...
    :awas:
    sekarang kan teknologi udah maju...
    sekalian dipantau pakai satelit
    gitu aja kok repot:panda:
     
  14. pwayudha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    segitiga bermuda tuh misteri pertama pas gw smp dulu paling penasaran, masa cm sampe disini? kan br dugaan doank
     
  15. Booster Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    Wahaha, yg jd masalah belum tentu ada orang yg mao selidikin itu segitiga... Mikirnya nya aja dah ngeri gt wahaha...:hahai:

    Gpp, biarkan yang misteri ttp jadi misteri, biar seru... klo dah ketawan ntar ga seru lg dunk...:piss:
     
    Last edited by a moderator: Nov 23, 2009
  16. meriki M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    228
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +8 / -0
    sekarang teknologi udah maju,, sistem navigasi jg udah canggih. Knp ga ada lg yg menyelidik ya? ditambah satelit pst membantu bgt tuh..

    btw ada yg bisa ngasih pcerahan ttg kpadatan airlaut? ap sama ky massa jenis? :???:
     
  17. fundyy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +21 / -0
    pada takut ilang di telen segitiga bermuda semua x makanya pada ga brani penelitian disana.. :hahai:

    ni segitiga bermuda ada dari jaman gw SD ampe sekarang belom terpecahkan..
    kalo menurut gw sih gara" ada medan magnet yg kuat di laut bermuda :fufufu:
     
  18. SoulHACKER M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +92 / -0
    Kalau menurut saya kasus Segitiga Bermuda belum terpecahkan. Yang ada sampai sekarang hanyalah teori2 untuk menjelaskan bukan memecahkan. Teori yang dibuat hanya untuk memenuhi kepuasan manusia, bukan menjelaskan permasalahan yang sebenarnya.

    Sebagai seorang scientist saya berkata, "Tidak ada sesuatu yang benar2 dapat menjelaskan pola-pola dan tingkah laku alam. Yang ada hanyalah teori2 yang dibatasi kemampuan manusia."

    Theory is a human demand. Not the truth.
     
  19. ngilerman M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,775
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +130,291 / -2
    bukannya aman
    kalo ga salah y waktu itu ad artikel yg bilang
    kalo daerah segitiga bermuda memang masuk salah satu jalur yang terlarang(atau dilarang) buat dilewatin

    jadi menurut peta pelayaran ato penerbangan dilarang untuk motong jalan lewad segitiga tapi harus muter dulu :hahai:

    CMIIW
    cmn seingetnya aja, pernah disiarin kalo ga salah waktu misteri ilangnya adam air
     
  20. GeePha Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    173
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +290 / -0
    di Doraemon Petualangan vol 4 (Petualangan nobita di dasar laut) diterangkan bahwa di segitiga bermuda ada peninggalan negara atlantis yang bernama poseidon yang menghancurkan apapun yang melewati segitiga bermuda mulai dasar laut sampai luar angkasa. Tapi nobita dan kawan2 berhasil masuk segitiga bermuda lewat bawah tanah.

    :hahai::piss:
     
  21. SoulHACKER M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 22, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +92 / -0
    Mungkin bisa ngasih sedikit pencerahan nih. Tapi gw juga gak tau penjelasan gw bener apa nggak.

    Mungkin yang dimaksud dengan "kepadatan" adalah massa jenis yang dilambangkan dengan rho. Udah tau kan kalau misalnya massa jenis suatu benda lebih kecil dibandingkan massa jenis air (1g/cm^3), benda tersebut bakal melayang.

    Nah gas metana ini pastinya massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis air laut (massa jenis air laut >1g/cm^3) sehingga menyembur keluar dari dasar laut ke permukaan. Semburan gas metana ini yang mungkin mengenai pesawat dan merusak sistem navigasi dan aviasinya.

    Tapi biasanya gas metana di dasar laut itu berbentuk kristal2 metana. Massa jenis kristal2 metana ini lebih besar dari massa jenis air laut, sehingga tenggelam di dasar laut. Mungkin ada sesuatu yang mengganggu keseimbangan bentuk kristal metana ini, sehingga metananya terlepas dari bentuk kristalnya.

    Kalau memang di Segitiga Bermuda terdapat banyak sekali metana, wah bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.