1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by sim1, Sep 26, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. sim1 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2014
    Messages:
    10,222
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +6,563 / -0
    [​IMG]Selamat Datang di Taman Kembang Sepatu (Hibiscus rosasinensis) [​IMG]





    Kembang sepatu





    [​IMG]
    Hibiscus rosa-sinensis
    Klasifikasi ilmiah

    Kerajaan: Plantae
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Ordo: Malvales
    Famili: Malvaceae
    Genus: Hibiscus
    Spesies: H. rosa-sinensis​

    Nama binomial
    Hibiscus rosa-sinensis
    L.​

    Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.

    Di Sumatera dan Malaysia, kembang sepatu disebut bunga raya. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960. Orang Jawa menyebutnya kembang worawari.

    Deskripsi
    Bunga jenis ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

    Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

    Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

    Manfaat
    Kembang sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Bunga digunakan untuk menyemir sepatu di India dan sebagai bunga persembahan. Di Tiongkok, bunga yang berwarna merah digunakan sebagai bahan pewarna makanan. Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Kembang sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh.

    Di Okinawa, Jepang digunakan sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut Gushōnu hana (bunga kehidupan sesudah mati) sehingga banyak ditanam di makam.


     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. nengNida MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 12, 2013
    Messages:
    11,777
    Trophy Points:
    298
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +5,313 / -2







    10 Manfaat kesehatan dari teh kembang sepatu


    [​IMG]


    Merdeka.com - Hibiscus atau lebih sering disebut kembang sepatu, merupakan jenis tanaman bunga yang kerap ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Kembang sepatu memiliki variasi warna yang cukup beragam, seperti merah, kuning, putih, dan lain-lain. Kembang sepatu biasanya juga digunakan untuk mengobati masalah rambut rontok. Namun, kembang sepatu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho, misalnya teh kembang sepatu. Berikut adalah manfaat teh kembang sepatu untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir Boldsky.

    1. Obat alami untuk pilek, flu batuk, dan demam. Teh herbal ini dapat mengobati flu dan demam yang sedang Anda derita.

    2. Teh kembang sepatu mengurangi sensasi terbakar dalam tubuh wanita sebagai tanda awal menopause. Wanita juga dapat menikmati manfaat kesehatan dari teh herbal ini setelah menopause. Teh ini dapat memberi efek yang menenangkan serta mendinginkan tubuh.

    3. Kaya akan antioksidan. Teh kembang sepatu dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

    4. Kembang sepatu juga dikenal sebagai penambah energi lho. Bunga-bunga berwarna merah merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, yang dapat menaikkan metabolisme dan energi tubuh.

    5. Penurun kolesterol jahat. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Chung Shan Medical University di Taiwan menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam kembang sepatu dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

    6. Kembang sepatu adalah obat alami untuk hipertensi. Teh herbal ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang secara otomatis menurunkan tingkat stres dan hipertensi.

    7. Kembang sepatu juga tergolong makanan yang bergizi karena menjadi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, mineral, dan antioksidan. Nutrisi tersebut juga dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan.

    8. Bahkan, keluhan umum seperti sakit tenggorokan dan batuk bisa disembuhkan dengan minum teh herbal ini.

    9. Mengatasi rambut rontok. Konsumsi teh kembang sepatu secara teratur juga dapat mencegah rambut rontok. Namun, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan masker rambut. Rebus kembang sepatu dan kemudian basuh air rebusan tersebut pada rambut. Cara ini membantu mengobati rambut rontok.

    10. Kembang sepatu juga sering digunakan sebagai obat alami untuk jerawat. Jika Anda ingin melawan jerawat, rendam kembang sepatu di dalam air selama beberapa jam dan kemudian haluskan menjadi pasta. Campur dengan madu dan oleskan pada kulit yang berjerawat.

    Ini adalah manfaat kesehatan dari kembang sepatu. Tanamlah tanaman bunga berwarna cerah ini di kebun Anda untuk menikmati keindahan serta manfaat kesehatan darinya.

    merdeka.com

     
  4. nengNida MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 12, 2013
    Messages:
    11,777
    Trophy Points:
    298
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +5,313 / -2







    Hibiscus, the Natural Botox Plant

    Hibiscus has long been a flavoring ingredient, fragrance, and ornamental plant. The flowers are used to make a popular drink in Egypt called “karkade,” while other parts of the plant are used to make jams, spices, soups, and sauces. The flowers also have powerful, exciting benefits to the skin, including the ability to firm and lift, giving hibiscus the nickname, the “Botox plant.”
    Hibiscus is a genus of flowering plants in the mallow family, with several hundred species native to warm, tropical regions. Also called “rosemallow,” hibiscus can be grown indoors or out. Flowers are large and trumpet shaped, with five or more petals. Colors include white, pink, red, orange, purple, or yellow. The extract is most often taken from the red flowers, also known as “roselle.” Hibiscus also has antioxidants similar to those found in bilberry, cranberry, and red wine, more research is needed however. Already the extract has shown some potential in reducing bad cholesterol.
    Hibiscus has a reputation in skin care because it is a natural source of alpha-hydroxy acids (AHAs). AHAs are known to help exfoliate skin, speed up cell turnover, and help control acne breakouts, all of which can encourage fresher and smoother skin. They also increase moisture and improve flexibility and elasticity—the reason why hibiscus called the Botox plant. It also contains antioxidants, which are called “anthocyanocides.” These not only protect the skin from free radical damage, but have astringent properties. They have an anti-inflammatory effect as well, which soothes irritated skin. The plant has a high mucilage content, which makes it a great skin moisturizer.


    sumber


     
  5. damn22 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 17, 2012
    Messages:
    1,007
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +12 / -0
    manfaatny mirip bunga rosela y masbro

    kalau ini blm pernah coba rasanya
     
  6. SNSDlYoona M V U

    Offline

    Sexiest Man in The World

    Joined:
    Oct 10, 2011
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    97
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +177 / -2
    ini daunnya bisa jadi cincau itu ya kalo ga salah?
     
  7. anggerahmad Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 1, 2011
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Bunga sepatu bisa dibikin teh? Baru tauu
     
  8. byebye2489 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 8, 2015
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10 / -0
    cairan bunganya manis nh
     
  9. bassis17 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 10, 2014
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    dulu banyak deket di deket rumah, sekarang sudah mulai jarang :ogjah:
     
  10. globeamaranth Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 11, 2011
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +33 / -0
    Kalo orang tua di kampung nyaranin keramas pake daun kembang sepatu, bisa bikin rambut jadi lebat dan halus
     
  11. nekomander Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    55
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    Klo jaman sd dulu sih paling sering buat bahan praktek IPA
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.