1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

5 Negara ASEAN dengan Singa/Harimau Sebagai Lambang Negara-nya

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ginda01, Aug 15, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    ginda01 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 20, 2011
    Messages:
    559
    Trophy Points:
    221
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,413 / -0
    Tercatat ada lima negara anggota ASEAN, yang menggunakan hewan sejenis singa atau harimau sebagai bagian dari lambang negaranya. Ditampilkan dengan berbagai rupa, sesuai dengan latar belakang sejarah dan mitologi yang mengiringinya. Negara mana sajakah itu? Berikut daftar negara tersebut:

    1. Lambang Malaysia

    Lambang Malaysia, atau disebut Jata Negara di Malaysia terdiri dari perisai yang ditopang dua harimau. Di atas perisai terdapat bintang dan bulan sabit berwarna kuning. Di bawahnya terdapat pita dengan semboyannya “Bersekutu Bertambah Mutu”.

    Warna kuning pada bintang, bulan sabit, dan pita adalah warna kerajaan bagi raja-raja Malaysia, yang melambangkan kedaulatan. Bintang bersudut 14 menandakan persatuan 13 negara bagian dan Wilayah Persekutuan dalam Persekutuan Malaysia, sedangkan bintang bersama-sama dengan bulan sabit merupakan lambang Agama Islam sebagai agama resmi Malaysia. Di bagian atas perisai, terdapat lima bilah keris yang melambangkan lima negara bagian (Johor, Kedah, Perlis, Kelantan, dan Terengganu) yang tidak tergabung dalam Negeri-Negeri Melayu Bersekutu pada tahun 1895–1946.

    Di bawahnya terdapat empat jalur warna melambangkan negara bagian yang tergabung dalam Negeri-Negeri Melayu Bersekutu, yaitu Pahang (hitam dan putih), Selangor (merah dan kuning), Perak (hitam, putih, dan kuning), dan Negeri Sembilan (merah, hitam, dan kuning). Di bagian kiri perisai terdapat pohon pinang dan jembatan menandakan Negara Bagian Pulau Pinang, dan di bagian kanan terdapat pohon melaka menandakan Negara Bagian Melaka. Kedua negara bagian itu adalah bagian dari Negeri-Negeri Selat dahulu. Bagian kiri bawah merupakan lambang Negara Bagian Sabah, sedangkan di kanan bawah merupakan lambang Negara Bagian Sarawak. Di tengah-tengahnya terdapat bunga kembang sepatu atau bunga raya yang merupakan bunga nasional Malaysia. Dua harimau yang menopang perisai merupakan simbol kekuatan dan keberanian, diambil dari lambang Negara Federasi Malaya. Semboyan “Bersekutu Bertambah Mutu” ditulis dengan huruf Latin di sebelah kiri dan huruf Jawi di sebelah kanan pita berwarna kuning pada bagian bawah lambang.

    [​IMG]

    2. Lambang Singapura

    Lambang Singapura dipakai pertama kali pada 3 Desember 1959 bersamaan dengan pelantikan Yang di-Pertuan Negara Singapura yang pertama, Yusof Ishak. Lambang ini terdiri dari sebuah perisai merah di tengah yang mengandungi bulan sabit dan lima butir bintang. Warna merah melambangkan persaudaraan dan persamaan derajat manusia. Putih melambangkan kesucian dan kebaikan. Bulan sabit melambangkan sebuah negara muda yang sedang maju. Lima bintang melambangkan lima prinsip yang dipegang oleh Singapura: demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan dan persamaan. Di sebelah kiri perisai terdapat seekor singa yang berdiri, yang melambangkan Singapura dan di sebelah kanan seekor harimau, melambangkan Malaysia yang memiliki kaitan sejarah dengan Singapura. Di bawah perisai terdapat kata, “Majulah Singapura”, motto Singapura. Menurut undang-undang, lambang ini dilarang digunakan untuk tujuan komersial. Hanya badan-badan pemerintahan yang berhak memamerkan lambang tersebut di pekarangan bangunan mereka.

    [​IMG]

    3. Lambang Myanmar

    Lambang Myanmar adalah lambang resmi negara Myanmar (dahulu Birma) yang digunakan pada dokumen dan publikasi resmi negara. Lambang negara ini menampilkan dua ekor chinthe (singa mitos) yang saling membelakangi, pada bagian tengahnya menampilkan peta Myanmar yang diapit rangkaian ranting zaitun. Lambang ini dikelilingi pola kembang tradisional Birma dan dipuncaknya dimahkotai sebuah bintang. Lambang negara ini baru ditetapkan pada Bab XIII Konstitusi 2008 Constitution, dan diterapkan melalui referendum konstitusional Myanmar tahun 2008. Lambang negara ini hanya menggunakan dua warna yaitu merah dan kuning keemasan.

    [​IMG]

    4. Lambang Filipina

    Lambang Filipina, menampilkan matahari berjurai delapan berkas sinar khas Filipina yang masing-masing melambangkan delapan provinsi (Batangas, Bulacan, Cavite, Manila, Laguna, Nueva Ecija, Pampanga dan Tarlac) yang ditetapkan dalam hukum darurat dalam keadaan perang oleh Gubernur Jenderal Filipina Ramón Blanco ketika pecahnya Revolusi Filipina. Sedangkan tiga bintang emas bersudut lima melambangkan tiga kawasan utama Filipina yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao. Pada bidang biru di sisi kiri adalah Elang Lambang Amerika Serikat, sedangkan pada bidang merah sisi kanan adalah lambang Singa Spanyol, keduanya melambangkan sejarah kolonial Filipina yang pernah menjadi koloni Spanyol dan Amerika Serikat. Rancangan lambang ini mirip dengan rancangan Persemakmuran Filipina pada tahun 1940. Lambang ini juga digunakan oleh Bank Nasional Filipina. Lambang nasional ini ditetapkan berdasarkan Akta Persemakmuran (Commonwealth Act) No. 731, yang disahkan pada tanggal 3 Juli 1946. Lambang ini dirancang oleh Kapten Galo B. Ocampo, sekretaris Komite Lencana Negara Filipina.

    [​IMG]

    5. Lambang Kerajaan Kamboja

    Lambang Kerajaan Kamboja adalah simbol bagi kekuasaan Kerajaan Kamboja. Lambang ini telah dipakai sejak lama dari tahun 1950. Dijadikan sebagai simbol resmi Kerajaan Kamboja pada tahun 2004 oleh Norodom Sihamoni. Dalam lambang, digambarkan ada dua hewan mitologi yaitu gajashima di bagian kiri, singa dengan gading gajah dan seekor singha di sisi kanan. Digambarkan pula ada 2 payung bertatah yang ditopang oleh singa di dua sisi. Kalimat Bahasa Khmer yang terkandung di kalimat itu ialah : preah’jao (pemimpin), krung (area/daerah kerajaan), Kampuecha(Kamboja). Jadi, tulisan itu dibaca Pemimpin Kerajaan Kamboja. Lambang ini sempat tidak dipakai pada masa Pol Pot berkuasa di rezim Republik Demokratik Kamboja tahun 1970-an. Lambang ini direstorasi pada tahun 1993, ketika Norodom Sihanouk kembali berkuasa. (**)

    [​IMG]

    Sumber: http://www.uniknya.com/2011/08/5-negara-asean-dengan-singaharimau-sebagai-lambang-negara-nya/
     
    Last edited by a moderator: Aug 28, 2011
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    guan46 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    140
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +14 / -0
    hmmm nice infonya gan...tapi klo ane di suruh milih ane milih macan kemayoran aja deh:hahai:
     
  4. Offline

    veroniu Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 5, 2011
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    itu lambang negara malay macannya kek yg di balsem =p
     
  5. Offline

    Superlivy29 Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    121
    Ratings:
    +12,683 / -0
    Kalau negara yang pakai lambang burung elang & sebangsanya untuk lambang negara, apa aja ya? Tapi pastinya Garuda paling keren :hehe: Singa lambang kerajaan Kamboja ada yang unik tuh, ga cuma bergading gajah tapi juga ada belalai gajahnya.
     
  6. Offline

    tian_1800 Superstar Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 5, 2010
    Messages:
    17,371
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +23,088 / -0
    singa lambang Kamboja imut :malu: kayak masih kecil...
    kalo yang Malay gahar punya
    kalo garuda ada yang pake selain kita ga ya :???:
     
  7. Offline

    kasogi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Dec 7, 2010
    Messages:
    514
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +4,180 / -0
    Ada bos negara Thailand
    latar belakang indonesia sama thailand sama bos
     
    Last edited: Aug 16, 2011
  8. Offline

    hero4dohl Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    1,623
    Trophy Points:
    146
    Ratings:
    +3,833 / -0
    baru tau ada 5 negara... kirain cuman singapura doank

    bisnya singapura mank da identik dengan kata singa
     
  9. Offline

    nununu Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 24, 2010
    Messages:
    2,088
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +198 / -0
    Garuda versi Thailand serem ya.
    warnanya merah darah dan tampak ganas giginya.
    [​IMG]
     
  10. Offline

    tuan_buncis2002 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    2,541
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,547 / -3
    gw kira merlion lambang negara Singapura :haha:
    ternyata (maaf) lebih jelek dr yg saya kira :swt:
     
  11. Offline

    ngilerman Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 11, 2008
    Messages:
    2,782
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +129,314 / -2
    :haha:
    ngocol aj si agan

    macan + singa pasaran juga brarti yah :haha:
     
  12. Offline

    Farizky Beginner Members

    Joined:
    Feb 20, 2011
    Messages:
    299
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7 / -0
    dari kelima itu menurut gw yg paling bagus lambangnya Kamboja
     
  13. Offline

    bangbrengos Beginner Members

    Joined:
    Mar 7, 2010
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +31 / -0
    lambangnya myanmar bikin pusing kalo diliat.. :haha:
    uda rumit, warnanya kuning emas ama merah..
     
  14. Offline

    badakungu Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Feb 19, 2010
    Messages:
    768
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +339 / -0
    Garuda lawan singa/harimau menang mana yah :hahai:
     
  15. Offline

    riohcx Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 3, 2011
    Messages:
    2,997
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +11,543 / -24
    Myanmar & Kamboja lambangnya mirip Barongsai:panik:
     
  16. Offline

    lenthobakar Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 22, 2011
    Messages:
    623
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +311 / -0
    wah, yg kamboja, singanya berumbai2..

    tapi, yg kiri beda ya ma yg kanan....
     
  17. Offline

    heartbeat0 Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 4, 2010
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    eh yang myanmar keren tuch! singanya gahar dan berwarna emas~
     
  18. Offline

    AK54 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 15, 2009
    Messages:
    135
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +21 / -0
    kalo liat garuda-nya thailand kaya gini sih ane ndak kaget :cerutu:
    kan budaya kerajaan budha-nya masih kental n wujud garuda tsb ndak jauh2 dari gambaran garuda yg ada dlm kisah2 hindu-budha nusantara :belajar:
    coba agan/aganwati ke bali n liat patung garuda wisnu yg ada d pasar seni sukawati 11-12 sama garuda thailand :unyil:
     
  19. Offline

    danforesta Silent Reader Members

    Joined:
    Aug 4, 2010
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +3 / -0
    Nice Info

    Infonya bagus sekali Gan...... Keren n menambah wawasan......
    mohon buat temen2 semua.... jgn memunculkan kesenjangan dengan merendahkan lambang negara lain..... yang nanti akhirnya akan ada kata2 saling ejek mengejek.....
     
  20. Offline

    2easy4key Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jul 1, 2011
    Messages:
    527
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +21 / -0
    buset 5 negara ASEAN pake singa..
    2 negara pake garuda..
    sisanya pake apa dunk?? haha..
     
  21. Offline

    roguespear Beginner Members

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    408
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +94 / -0
    [​IMG]

    sblh kanan sebutannya huruf jawi ya?

    ane kira itu arab melayu ato arab pegon gitu...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.