1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

5 Langkah menyeimbangkan hormon

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by vincentrevival, Aug 24, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    vincentrevival Senpai Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,338
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,522 / -0
    VIVAnews - Keseimbangan hormon pada tubuh berperan penting dalam kondisi fisik dan psikologis Anda. Itu karena ketika hormon tidak seimbang Anda akan dengan mudah terpancing secara emosi dan juga sangat sensitif dalam hal fisik.

    "Hormon digunakan pada tiap sel dalam tubuh dan Anda adalah penyeimbang hormon yang utama," kata dr. Erika Schwartz, penulis buku 'The Hormone Solution', seperti dikutip dari Oprah.com.

    Jika Anda akhir-akhir ini merasa fisik tidak dalam kondisi fit atau emosi tidak stabil bisa jadi kondisi hormon sedang tidak seimbang. Untuk mengatasinya, coba saja lima cara berikut.

    1. Perbanyak tidur
    Tidur berkualitas pada malam hari adalah cara paling efektif dan alami untuk menyeimbangkan hormon. "Jika Anda tidak cukup tidur tujuh atau delapan jam, maka hormon akan tidak seimbang," kata dr Erika.

    2. Pola makan yang sehat
    Pola makan dan minm berdampak besar pada kondisi hormon. Dokter Erika menyarankan untuk mengurangi konsumsi produk susu demi keseimbangan hormon. Lalu kurangi juga konsumsi pemanis buatan, alkohol dan kafein. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan B atau dalam bentuk suplemen.

    3. Kurangi stres
    Beristirahat, merefleksi diri, meditasi adalah cara paling baik untuk mengurangi stres. Usahakanlah menyediakan waktu untuk menenangkan pikiran, bisa sebelum beraktivitas atau menjelang tidur.

    4. Olahraga
    "Anda harus bergerak agar tubuh memproduksi hormon yang membuat Anda merasa lebih baik," kata Dr. Schwartz says. Jika Anda banyak berolahraga tetapi kondisi emosi dan fisik tak kunjung membaik, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

    5. Konsultasi dengan dokter
    Jangan pernah menyepelekan kondisi hormon, untuk itu Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar mengetahuinya secara detil. Misalnya, produksi hormon estrogen dan testosteron yang berlebih bisa memicu depresi dan meningkatkan risiko penyakit tertentu.

    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Jun 13, 2012
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.