1. Sssst, ada Administrator baru di forum Indowebster lho... cek di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info 5 Jenis Rujak Yang Ada di Indonesia

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by pegasus_idws, Jul 24, 2013.

  1. Offline

    pegasus_idws Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 30, 2009
    Messages:
    2,575
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +152,413 / -0
    Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah. Rujak sendiri biasanya di jadikan jajanan pasar yang sangat nikmat ketika di santap di siang hari nah berikut ini ada 5 Jenis Rujak Yang Ada di Indonesia kamu mau tahu rujak apa aja itu yuk kita simak berikut ini.

    1. Rujak cingur
    [​IMG]
    Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata “cingur” berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak uleg.

    2. Rujak Gobet/Beubeuk
    [​IMG]
    Rujak Gobet adalah salah satu makanan tradisional Jawa (Malang). Rujak ini biasanya di sajikan pada acara Telonan atau Tingkepan wanita yang sedang hamil. Rujak ini terdiri dari beraneka ragam buah-buahan, seperti bengkowang, nanas, pencit, blimbing, jambu, babal (nangka muda), asem dan masih banyak lagi lainya. Jadi, rasa RUJAK GOBET ini nano-nano, karena di aduk dan dicampur menjadi satu. Suguhan Rujak Gobet menjadi menarik, enak, karena menyatukan beragam buah yang berbeda rasa, warna, serta asalnya. Rasa rujak ini begitu nikmat, baunya mengoda setiap orang mendekat.

    3. Rujak manis
    [​IMG]
    Rujak manis adalah semacam salad. Terbuat dari buah-buahan segar dengan saos manis pedas. Buah-buahan yang dipakai antara lain: mangga muda, bengkuang, salak, pepaya yang hampir matang, kedondong, jambu, mentimun, belimbing, dan lain-lain. Saus yang dipakai terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis, dan cabai.
    Cara penyajianya sebagai berikut Buah dikupas, dicuci lalu diiris tipis-tipis. Bahan untuk saos dihaluskan lalu diberi sedikit air agar kental. Saos kemudian disiramkan ke atas buah-buahan sebelum disantap.

    4. Rujak petis
    [​IMG]
    Rujak petis adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah timur pulau Jawa. Rujak petis biasanya terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah/ tauge, dan kangkung. Semua bahan tadi disajikan dengan siraman resep saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air.
    Di daerah Jawa Timur, selain petis yang biasa digunakan untuk bumbu Rujak petis, ada juga yang menggunakan petis Madura yang berwarna kemerahan. Rujak petis biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.

    5. Rujak Soto
    [​IMG]
    Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini merupakan paduan unik antara Rujak Cingur dengan Soto Babat.
    Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut babatnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto. sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak Soto kadang disajikan dengan Es Temulawak.

    sumber 1
    sumber 2



     
    Last edited: Sep 6, 2013
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.







    Promotional Content
  3. Offline

    riz4lgt03 Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 13, 2012
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27 / -0
    Jadi Laper... :haha:
    oh iya sertain juga harga dong... :top:
    biar bisa mempertimbangkan kalo mau beli.. hehe
     
  4. Offline

    setyo79 Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 13, 2012
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    kira-kira segini kak.....
    1. Rujak cingur berkisar antara 5.000 - 12.500 tergantung daerah masing-masing
    2. Rujak Gobet/Beubeuk antara 5.000 - 10.000 tergantung daerah masing-masing
    3. Rujak manis antara 5.000 - 10.000 tergantung daerah masing-masing
    4. Rujak petis antara 5.000 - 12.500 tergantung daerah masing-masing
    5. Rujak Soto antara 5.000 - 15.000 tergantung daerah masing-masing
     
  5. Offline

    cavendish Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +10 / -0
    nambahin no. 6
    rujak kuah pindang (bali)
    [​IMG]

    Rujak Kuah Pindang adalah kombinasi dari beberapa buah-buahan segar yang hampir mirip dengan rujak manis atau rujak gula. Contoh buah yang digunakan mirip dengan rujak gula seperti bengkuang, pepaya, kedondong, mentimun, belimbing, dan lain-lain. Buah-buahan ini dikupas kemudian dipotong kecil-kecil. Yang membedakannya dengan rujak biasa adalah pelengkapnya, yakni kaldu yang terbuat dari ikan, garam, terasi, dan cabai. Semua bahan pelengkap itu digiling sampai lembut, tapi tidak diberikan air lagi karena dicampur kuah pindang (kaldu ikan) sudah encer.
    sumber
     
    • Thanks Thanks x 2
    • Like Like x 1
  6. Offline

    manga123 Beginner Members

    Joined:
    May 7, 2010
    Messages:
    377
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +58 / -0
    di daerah ane cm 2000 bro :ogohno: tp paket hemat cm kangkung , tahu n tempe,udah di iris2 kecil , + krupuk
    daerah madiun
     
  7. Offline

    12345678 Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    2,197
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,155 / -0
    enak bgt ni rujak kuah pindang,, yg paling ada di jalan arjuna~ mantep bgt dah,,, deketnya sate b*b* itu,, majuan dikit,,,
    sore2 jam 4 uda abis... :yareyare: jadi mending cepetan,, hahahaha... ada tipat cantok jg dsana :top:
    harganya cuman 5000an..
     
  8. Offline

    rayzhin Silent Reader Members

    Joined:
    Feb 4, 2011
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    wah nice info ane baru pernah coba 1 macam aja yaitu rujak manis
     
  9. Offline

    patrickpotter Silent Reader Members

    Joined:
    Dec 21, 2011
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    Udah pernah cobain semuanya ane gan XD
    emang bener deh rujan indonesia yg paling top :D
     
  10. Offline

    Catam Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    4,035
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +23,669 / -0
    cuma pernah ngerasain rujak manis :haha:

    rujak petis sekilas tampilannya seperti lotek/gado-gado
     
  11. Offline

    heyvana789 Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 4, 2013
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +85 / -0
    rujak tumbuk langka banget di tempat ane, bisanya ada orang langganan ane entah hilang kemana, aaa pengen,
     
  12. Offline

    erfi Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,479
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +797 / -0
    Wuahh...rujak Indonesia memang #1 ada asem,masam,manis, unik.....top dech...
     
  13. Offline

    cadburry Beginner Members

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    347
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +14 / -2
    jadi ngidem makan rujak. belom pernah nyyobain rujak pindang. terlihat pasti luar biasa enak nee. apalagi d tambah kaldu dari ikan. nyam nyam nyam (berasa lagi makan) :D
     
  14. Offline

    nOnd Beginner Members

    Joined:
    Aug 16, 2012
    Messages:
    222
    Trophy Points:
    27
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +16 / -0
    dari keseluruhan rujak-rujak tadi gw cuma suka rujak manis..
    padahal di Surabaya sini gw hapal tempat2 yang jual rujak cingur enak..
    tapi entah kenapa gw ga suka rujak cinguuuur... mungkin karena ada cingurnya itu kali ya. :matabelo:
     
  15. Offline

    naifla Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 4, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    waaah menggugah selera ni,,,
     
  16. Offline

    alalazoma Silent Reader Members

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +30 / -0
    kalo ngomongin rujak pasti bikin ngiler haha
     
  17. Offline

    triana_nges Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 3, 2012
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    segeeer!!!
    kata orang sunda mah "muruy"
     
  18. Offline

    Lintang_Kartika Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 17, 2014
    Messages:
    680
    Trophy Points:
    62
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +524 / -0
    Rujak cingur itu emang enak banget...:onegai:
    Beberapa tahun yg lalu aku pernah makan di warung rujak cingurnya alm. Asmuni di Jakarta
    Sayang beberapa temen aku yg berasal dari luar Jawa kadang2 ada yg ndak doyan makanan ini..
    Menurut mereka seperti terlalu amis...

    Tapi banyak juga temen aku yg orang Jawa asli juga ndak doyan rujak cingur..
    Kalau aku termasuk yang suka rujak cingur asal cingurnya ndak banyak2...
     
  19. Online

    jabrick Beginner Members

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    267
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +238 / -1
    Yang sering makan cuma rujak manis sama rujak bebeuk... kayanya rujak ga hanya lima ini aja deh
     
  20. Offline

    akyyyy Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 23, 2012
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ada rujak juhi gan di singkawang kalimantan barat
     
  21. Offline

    Adhita Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 10, 2010
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +0 / -0
    Rujak Kuah Pindang

    Mau kasi komen tentang rujak kuah pindah...
    Endeeees banget ituuh... asem dan manis dari buah bercampur dengan asinnya kuah pindang bikin ngiler...
    Belum lagi ditambah pedes lomboknya
    Kalo lagi maen ke denpasar, kuliner ini wajib dicoba selain B*bi Guling :oghoho:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.