1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Self Problem Saya kenapa sih... :swt:

Discussion in 'CurHat' started by valarze, Jun 1, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. valarze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,748
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,518 / -0
    Sebenernya saya bingung mau mulai dari mana...

    Mungkin sudah ada yang pernah baca curhatan saya sebelumnya, jadi mungkin kurang lebih tahu sedikit tentang background saya. Seperti biasa, ini pemikiran saya, mungkin saja berantakan, tapi saya rasa orang bisa punya pandangan lain, jadi semoga aja ada yang ngerti intinya, meskipun saya sendiri ga bener2 ngerti... :lol:


    Saya kerja dengan paman saya. Jadi sudah hampir 3 taon ikut kerjaan. Karena keluarga sendiri dan usaha bangun sendiri, jadinya ga ada ikatan waktu seperti karyawan. Memang banyak tuntutan2 dan deadline, tapi saya merasa itu bukan hal yang berbahaya buat saya. Kalau ada apa2 juga kalau paman saya turun tangan, pasti beres. Tapi sudah jelas paman saya tidak mau seperti itu. Dia mau saya bisa selesaikan masalah sendiri dan mandiri. Jadi dari semua keluarga, saya juga sering bantu2 usaha mereka. Masalahnya, saya tidak merasa benar2 punya peran di sana. Saya merasa hanya membantu, bukan kerja.

    Saya tidak sepenuhnya peduli mengenai gaji. Saya tidak mau terikat seperti itu. Mau bayar saya, ya sudah, saya teriman. Mau tidak bayar saya, mungkin saya sedikit kesal, tapi saya tidak mau terlalu menuntut. Nampaknya uang tidak bisa memotivasi saya. Saya tidak peduli saya dibayar 10juta untuk tarik kabel telpon. Kalau saya tidak mood, pekerjaan itu tidak akan selesai atau lama baru selesai.

    Mungkin juga mindset saya mengenai pekerjaan masih stuck di sistem karyawan, sehingga saya bingung usahawan yang usaha sendiri, bisa keluar jalan kapan aja, gimana cara mikirnya? Untuk saya, saya tidak bisa mengikuti pola pikir mereka, sehingga saat diberi pekerjaan dengan waktu yang fleksible, saya justru tidak bisa memanage waktu, saya bingung harus ngapain, karena bukan saya yang memulai usaha tersebut.

    Saya pernah singgung kalau saya tidak mengerti atau tidak bisa merasakan apa itu keluarga. Mungkin karena saya sudah banyak keliling antara keluarga dari ibu saya dan melihat semua kejelekan masing2, saya jadi mati rasa mengenai konsep keluarga. Makanya semua pekerjaan saya dengan keluarga itu bisa dibilang malah jadi kacau. Karena saya tidak bisa termotivasi dengan kehadiran mereka di sekitar saya (yang ada justru merasa tidak tenang), tapi juga saya berada di tempat yang terlalu aman. Sejauh pengalaman saya, mau bagaimanapun saya salah, atau saya dimarahin, ujung2nya mereka ada turun tangan untuk menyelesaikan masalah yang saya buat. Sehingga sepertinya tumbuh pemikiran bahwa saya akan selalu aman, dan terjaga, tapi tidak nyaman. Salah apa2, toh paling dimarahin doank. Jadi saya tidak bisa berkembang.

    Saya tidak tahu bagaimana saya harus merubah mindset saya. Di dunia nyata, saya sangat tidak nyaman, saya bosan dengan celotehan mereka. Saya tahu maksud mereka baik, tapi emosi saya sudah terlanjur terbentuk. Saya ingin dikasihani, tapi saya tidak pernah berusaha membela diri. Saya merasa kalau saya mencoba membela diri atau berusaha mendapatkan simpati keluarga saya itu tidak ada gunanya. Ujung2nya pasti tetap saya yang salah, dan memang ada benarnya juga. Saya mau mengutarakan hasil analisa diri saya, tapi bsia2 dikira mau maen gampang, cari simpati. Mungkin juga saya salah didik dari kecil, tapi kan tidak mungkin saya bilang terang2an seperti itu. Perdebatan seperti itu, meskipun kadang mereka bisa kelihatan setuju kalau saya tidak sepenuhnya salah, mereka tetap bilang kalau salah saya adalah tidak bisa merubah diri. Ya sudah, walaupun kadang saya tidak sepenuhnya salah, percuma saya membela diri. Meskipun mereka akhirnya tau mereka salah, mereka juga tidak kelihatan merasa bersalah dan nganggap kaya ga ada kejadian apa2.

    Saya merasa stuck. Saya bersama mereka, saya justru berhenti berpikir, karena takut salah. Yang saya rasa paling membunuh saya adalah salah satu tante saya. Beliau terlalu perfeksionis. Otak saya berhenti berpikir sejak saya pernah tinggal dengan beliau. Mungkin didikan ibu saya memang kurang, sehingga tante saya berusaha memperbaiki. Saya sering dimarahi karena bicara tidak jelas (dulu ada masalah dengan gigi dan pernah pasang kawat, sehingga mungkin berpengaruh). Untuk hal2 kecil, bukannya tegur biasa "itu gelas jangan taroh di depan, ganggu tangan kamu ngambil sayur nanti" yang ada malah pake nada marah "KENAPA GELAS TAROH SITU, LIAT AJA GANGGU KAMU AMBIL SAYUR!". Terus nilai jelek dimarahin (wajar sih), tapi kadang2 inget2 sendiri dan waktu lagi tenang2nya bisa dimarahin lagi, padahal ga ada pembicaraan yang mengarah ke sana. Terus saya maunya bercanda malah dimarahin. Pokoknya ngomong salah terus deh, sampe saya akhirnya diem males ngomong. Dimarahin juga karena diem2 terus.
    Tapi paling nyesek baru2 ini, dia kasih liat foto makanan buat contoh sambil dia cerita2 orang itu usahanya gimana. Di foto itu gw liat ada satu yang ukurannya beda. Gw bilang aja, ada yang besar juga ya... Terus gw malah dimarahin, katanya ga usah mikir yang perlu... Gimana ga kesel coba, cuma gara2 komen sesimple itu... Makanya ujung2nya saya bener2 males ngomong dan males mikir.

    Yang bikin saya stress itu adalah kalau saya down, saya pingin ngambil waktu sendiri buat merenung, nangis atau nenangin diri. Tapi seringkali itu ga bisa. Gw juga ga mau terlalu ektrim sampe ngunci kamar. Jadi kadang2 malah didatengin nyokap gw, diajak ngobrol (sebenernya lagi ga mood denger, udah pengen nangis, harus nahan2 dan ga jadi). Atau kadang2 langsung diminta bantuan buat ngerjain sesuatu. Ya ga pa pa sih, tapi cuma bingung sendiri, apa mereka ga capek juga tadi abis ngomel2? Terus sekarang kaya ga ada kejadian apa2 smentara saya masih terngiang2 masalah tadi.

    Sebenernya saya dikasih kerjaan buat masang cctv di toko saudara saya di kampung halaman. Tapi saya ga ngerasa ada tuntutan harus cepat. Tante saya sudah marah2 kenapa ga dipasang2, tapi saya lagi ga mood, ditambah lagi denger celotehan beliau. Lagipula, ada halangan kecil sedikit saya sudah langsung tunda kerjaan. Keluarga2 saya masing2 punya usaha dan mereka semua saling membantu (dan juga minta saya untuk bantu), tapi saya tidak bisa menanamkan pemikiran kalau usaha tersebut adalah bagian dari diri saya. Saya tidak peduli kalau mereka kecurian, atau rugi, atau bangkrut karena saya merasa itu bukan usaha saya.


    jujur saya bingung mau ngepost ini atau ga. Soalnya saya bener2 ga punya temen curhat. Saya ga mungkin curhat sama keluarga sendiri karena kurang lebih karena alasan di atas. Di dunia nyata, saya benar2 sudah ga punya teman. Satu2 tempat berekspresi saya ya di dunia maya, bahkan keluarga saya ga tau twitter dan akun forum ini (Fb sudah saya hapus, pokoknya saya tidak mau keluarga saya ikut2an di dunia maya saya), dan saya harap akan terus begitu.
     
    Last edited: Jun 1, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. wedangga12 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 18, 2013
    Messages:
    2,382
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +3,226 / -0
    Aduh gan, sepertinya kompleks sekali masalah agan..

    kalo menurut gw, agan harus punya tujuan hidup dulu, kedepan mau gimana, mau usaha apa buat hidup..,
    nanti pasti agan bakal mikir setiap mau ngambil keputusan...
    terus coba mulai hari ini mulai dekatkan diri juga sama Tuhan, cari ketenangan, biar suasana hati agan tenang,

    belom bisa ngasi banyak masukan gan, soalnya gw masih belom kerja dan masih belom bisa ngapa ngapain :sedih:

    Semangat gan :yahoo:
     
  4. boltzz123 M V U

    Offline

    Inocence User

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    12,152
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +52,576 / -585
    kalo beroh berani, coba kluar dari kluarga broh, misalnya ngekost atau kontraks rumah sendiri , lihat masih spt itu engak :hehe:
     
  5. acehkhan12 M V U

    Offline

    جان چوك

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    6,580
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +109,526 / -1
    sekedar menambahkan saran2 dr sepuh diatas..
    TS penghuni kuburan tumben2an curhat..heuheu..
    :XD:
    TS sepertinya (klo bener) perasa jg, klo dimarahin hal yg sepele pun msh terngiang-ngiang..
    kerja usaha keluarga enaknya bisa woles..
    tp sepenangkapku TS udah ga dapet 'feel', passion, di gawe nya..
    dan msalah sikap dr keluarga TS, akhirnya berdampak pada kinerja TS yg masih berputar pada keluarga jg..
    :iii:
    klo boleh tny, TS lbh milih dimarahi keluarga sndiri atau org lain..?
    klo boleh tanya lg, TS sesaudara berapa dan anak keberapa..?
    trus yg saya kepikiran, kok masak iya TS tidak pny temen di dunia nyata..
    knp kok bisa gitu..? mgkn temen yg deket yg bisa diajak ngobrol2 ga ada, tp temen main atau nongkrong masak ga ada jg sih..
    klo mo cerita kegalauan silah aja curhat cerita di dumay..
    tp skali2 coba ga da salahnya jg klo curhat ma org di dumay (teman/sahabat)..
    enaknya bisa cerita disambi smbil minum arak kopi..
    :nikmat:
    terakhir, coba TS smbil cari lowongan atau kerjaan yg lain..
    sepertinya TS lbh cocok kerja ikut org lain daripada usaha keluarga..
    TS mo cari kerjaan yg menantang toh, yg keluar dr zona nyaman seperti di usaha keluarga sndiri toh..
    aq doakan mudah2an TS bisa nemu gawean pekerjaan yg cocok yg bisa membuat pribadi TS lbh termotivasi utk maju dan lbh baik..
    :doa:
     
  6. gaara_hisoka M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    8,320
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +79,341 / -0
    Sepuh senior udah pada bersabda semua... :sembah:

    Masbrow TS kalo udah bisa analisa kelemahan pribadi, aye yakin udah tau solusi dari permasalahannya :garing:

    Kalo emang masbrow gk nyaman di bawah naungan sayap keluarga, ya mulau memberanikan diri dong hidup mandiri... pertanyaan besarnya: ENTE SIAP gak? :garing:

    Aye yakin ente dalam situasi love hate dilemma.
    . You love the comfortness but in the mean time you hate em being noisy and you are in doubt whether you should leave the comfortness behind... :obcerutu:

    Kalo belum siap mandiri, ya paksain siap...

    Beda kalo ente ora mau mandiri :obhaha:
     
  7. valarze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,748
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,518 / -0
    Dulu waktu kuliah sih termasuk ssndiri. Tapi mungkin karena pikirannya hanya di kuliah, jadi ga ada mikir2 buat kerja. Taunya have fun aja.

    Saya juga bingung enakan dimarahin siapa. Kalo dimarahin keluarga sendiri, saya sudah tau kelanjutannya. tapi mereka bakal terus ada di sekitar ane. Kalau dimarahin org lain mungkin sekedar lewat. Tapi ga pernah bener2 dimarahin org lain sih. Tergantung yg marahin juga kali.

    Saya anak pertama dari 2 bersaudara. Adik saya cw.

    Sebenernya teman ada kalau saya mau. Tapi masalahnya saya yg ga mau. Saya sudah putusin hubungan sama mereka karena menurut saya sudah tidak sejalan. Teman sd, smp, sma, kuliah, semua sudah saya cuekin. Ga tau kenapa ya, saya ga bisa jaga hubungan sama org kalau sudah ga di bawah satu instansi atau satu kelas gitu. Kesannya malah ganggu aja. Mereka panggil via sms gw males nyanggupin, tapi kalau ketemu di game online mah maen2 aja... sekarang juga udah pada jarang maen juga. Ini udah dikirimin bbrp undangan nikah aja gw ga dateng semua...

    Keluarga saya lebih cenderung saya buka usaha sendiri. Dan masalahnya saya juga ga bisa nunjukin kalau saya bisa lepas dari mereka. Mereka saya yakin bakal ga terlalu setuju buat ane lepas dari mereka. Dan juga, bagaimanapun saya terganggu dengan kehadiran mereka (termasuk nyokap gw) saya juga masih punya perasaan. Nyokap ane kalau sudah ngomong aga serius macam H2H gitu, baru manggil nama ane aja rasanya nadanya sudah nancep di hati, seperti memelas gitu jadi bikin ane ga tega.

    Saya belum siap.

    Debat kecil sedikit sama keluarga aja kalah. Susah, krena seringkali permasalahan nya kaya saya ngerasa saya sudah bener, tapi mereka bisa aja bikin ane merasa salah. Jadi saya ga pernah bener2 merasa bener.

    Misalnya, bbrp hari yg lalu persiapan H-1 proyek, malam2 dipanggil. Katanya ada alat kerja yang sudah ga bisa dipakai, kok tidak sigap beritahu agar disiapin yg baru. Saya ya ga bisa ngomong apa2, karena bbrp bulan lalu sebenernya saya sudah pesan, pak barang ini sudah mesti pesan lagi. Kalau saya bilang dulu sudah saya ingatkan, pasti jawabannya saya tidak ngecek ulang atau tidak ingatkan dia LAGI. Semua masalah selalu gitu. Ujung2nya saya yg salah karena kurang gencar ngingetin ulang mereka.

    Jadi pada akhirnya saya selalu kalah argumen. Dan dengan keadaan seperti ini, saya tidak yakin saya bisa hidup di luar sendiri. Ngitung hutang/ bagi duit bayar makan rame2 aja saya pusing (beneran pusing, karena kalo ga dicorat coret, saya ga bisa ngebayangin angka itu punya siapa), ntar pasti ditipu org terus.

    Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
     
  8. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,272
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,192 / -0
    Satu kata buat TSnya....

    Semangat... :yahoo:

    Kalo boleh ngasih saran...
    Gmn kalo TSnya mencoba mencari pekerjaan sendiri...
    Mungkin dengan punya pekerjaan sendiri yang g ada hubungan sama keluarga akan membuat TS menjadi lebih nyaman dan bisa berkembang kedepannya... :hmm:

    Saya minta :maaf: kalo ada saran saya yang menyinggung TS...
    [​IMG]
     
  9. zerofah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 31, 2009
    Messages:
    23
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    Baca2 yang di atas, setelah sekian lama silent reader.

    Menurut saya sih, TS termasuk orang yang tidak mau mencoba melihat dari sudut pandang orang lain.
    Dan yang membuat lebih parah adalah situasi yang telah terjadi dan menjadi kebiasaan sehingga menurut keluarga2 TS, sudah biasa memarahi dia dan toh dia tidak bisa berubah. Jadi setiap kejadian, perkataan, perbuatan dan bahkan sikap diam-pun langsung sudah ditanggapin negatif.

    Solusi-nya gampang2 susah, kalau TS memang mau mencoba berpikir dari sudut pandang mereka, setelah itu coba melakukan yang sebaik2-nya sampai ada beberapa success story, maka TS bisa mempunyai nilai di mata mereka yang lebih berbeda. Tapi kembali lagi kepada TS yang hanya mau meratap, hanya mau dikasihani, dan hanya mau cara gampang saja.

    So ini akan tetap jadi lingkaran setan. gak akan pernah habis dan berujung.
     
  10. tiagd M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 28, 2013
    Messages:
    2,183
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,176 / -0
    setelah baca cerita TS,, memang bisa disimpulkan kalau TS agak takut keluar dalam lingkup kerja keluarga,, :iii: terus TS jg sering bekerja dengan dipengaruhi mood,, :yareyare:
    jika mood buruk ya bakalan susah dengan kerjaannya,, mungkin solusinya mendekatkan diri aja pada Tuhan agar ber-mood baik,, :hmm:
    tipe perasa/sensitif seperti TS yg habis dimarahi terus terngiang" alangkah baiknya memang lebih mendekatkan diri pada Tuhan,, ocehan mereka akan berlalu begitu saja,, :hmm:
    kalau dimarahin sama keluarga ya memang baiknya diem aja,, tapi ada kalanya mengucapkan perkataan yg bisa buat mereka sadar,, contohnya kalau TS sering disalahkan, coba sesekali bilang "kenapa aku dimata kalian selalu salah,?" kalau tentang masalah yg tidak mengingatkan lagi coba tanya mereka dengan "apa perlu kalian aku buatkan catatan biar kalian inget,??"
    karena kamu masih takut untuk keluar dari lingkup keluarga, kamu harus berusaha memperbaiki mood kamu agar bisa melakukan pekerjaan dengan benar & tidak salah dimata mereka,,
    ya begitulah kira" masukan dariku,, :maaf:
     
  11. restacity Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 18, 2013
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -0
    Klo urusan kerja sebaiknya jangan sama keluarga... maju mundur kena, kanan kiri salah.. mendingan pelan2 cari kerjaan di tempat lain, apalagi kalau kita bagus dibidangnya kita.. Di tempat lain pasti survive kok..
     
  12. uchiw SUPERMOD
    GADIS MANJA

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Oct 16, 2011
    Messages:
    23,649
    Trophy Points:
    331
    Ratings:
    +549,556 / -0
    Ini om nya moody ya :hihi:

    boleh tau umurnya berapa? Golongan darah apa? :iii:

    Om kyk yg ga punya sesuatu yg harus diperjuangin. Ga punya keinginan untuk hidup bebas tanpa keluarga.
    Kalau aku jd om, aku mendingan menghilang dan coba untuk mandiri. Dengan gitu aku tau gmn pengalaman yg berbeda.
    Ngerasain dimarahin orang lain itu bakalan beda rasanya sama dimarahin keluarga. Kita jd ngerasa punya tanggung jawab yg lebih.
    Keluarga segimanapun buruknya, pasti nerima kita apa adanya. Walau diomelin panjang lebar, mereka bakalan tetep inget kita.
    Tapi orang lain, kita buat salah, kita bakal "dibuang" sama mereka. Karena itulah rasa tanggung jawabnya lebih terasa.

    Kumpulin tabungan om. Hitung ada berapa. Hitung cukup untuk berapa hari makan? Cukup untuk kost brp bulan?
    Kalau cukup untuk 1 bulan kost & makan, om coba buat mandiri selama 1 bulan.
    Kan lumayan bisa menyendiri dan liat dunia yg berbeda selama 1 bulan.

    Betah dengan hidup mandiri? Lanjutkan. Kalau ga betah ya balik lagi ke keluarga :XD:
     
  13. abidname M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 11, 2012
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +49 / -1
    mending kita pikir out of the box aja gan
    mending jangan sama keluarga lagi ..
    supaya agan bisa mandiri juga .. gak tergantung keluarga lagi . . .
     
  14. bintul Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    nahh, setuju gan, cari pelan2 aja, perdalam skill sama experience
     
  15. releaseminds Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 8, 2011
    Messages:
    174
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +6 / -1
    berat .... , memang kalau melihat dari apa yang ts ungkapkan keluarga ts termasuk over protective karena ts terus dijaga dalam lingkungan keluarga
    mungkin ts ini orangnya slow burner jadi nya numpuk deh semua persoalan, masalah, pikiran, dan apapun itu biasanya mungkin karena ts berfikir "nothing would change even if i shout out loud " padahal nga pasti ada yang berubah kalau ts berani mengungkapkan pikiran ts apapun itu biarpun cuma sekedar komen2 nga penting , mungkin ts berfikir akan lebih baik kalau menaruh jarak dengan orang lain bahkan keluarga sendiri tapi ts juga sadar kalu itu bukan solusi yang benar ,menurut saya sih ts termasuk orang yang mudah memahami diri sendiri tapi sulit berusaha memahami orang lain , menurut saya ada baiknya ts berusaha mencari sesuatu yang benar2 ts sukai mungkin mimpi2 ts yg dulu sempat ingin ts kejar tp karena satu dan lain hal ts kemudian urungkan ,mungkin ini saat yang tepat untuk mencari suasana baru yang bisa ts nikmati sekaligus keluar dari lingkaran keluarga ts
     
    Last edited: Aug 2, 2014
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.