1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Wisata Info Tempat Wisata di Jogja dan Sekitarnya ( Update )

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by souvenirmurah, Feb 25, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. souvenirmurah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +8 / -0
    Hai Semua, Salam Kenal
    Disini saya mau share ke temen-temen seputar wisata di Jogja dan sekitarnya yang mungkin aja berguna bagi temen-temen semua yang mau berkunjung ke Jogja.
    Siapa tau aja yang mungkin dah bosen dengan tempat-tempat wisata yang biasa aja jadi tambah tau dan ada keminatan untuk mengunjunginya.

    Nanti kita share juga seputaran Rumah Nginep Murah ( sekalian Promosi ), Jalur Trans Jogja dll yang berkaitan dengan Wisata Jogja.

    Pokoknya Semoga Berguna dan ikut mensukseskan Wisata dalam negeri untuk meningkatkan kesejahteraan
     
    Last edited by a moderator: Feb 26, 2014
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. souvenirmurah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +8 / -0
    Air Terjun Sri Gethuk Wonosari, Jogjakarta, Indonesia

    [​IMG]Air terjun Sri Gethuk terkenal dengan nama air terjun Slempret karena lokasi air terjun tersebut bertempat di lokasi blok Slempret, tempat tersebut sangatlah indah karena adanya air terjun yang diapit oleh tebing yang sangat tinggi bahkan tebing tersebut dengan ketinggian sampai dengan 50 m dengan suasana yang sangat romantis karena di daerah tersebut adalah merupakan daerah persawahan yang sepanjang tahun tidak pernah mengalami kekeringan dan bahkan di sepanjang tahun di sana tanaman padi selalu menghijau silih berganti dengan topografi berbukit dengan banyak sekali tumbuh pohon kelapa, sehingga suara angin bertip akan sangat menghiasi lambaian daun nyiur yang melambai di samping itu tempat tersebut adalah merupakan lokasi yang sangat subur karena di dukung dengan 3 sumber mata air yang cukup besar al; Sumber mata air dong Poh, Ngandong dan Ngumbul dengan rata – rata debit 30 s/d 60 l/dtk, sehingga di lokasi tersebut seperti di daerah ngarai, bahkan ketika berada di sana seperti kita berada di luar Gunungkidul.

    [​IMG]Untuk menuju wisata air terjunnya dapat berjalan melewati setapak pematang sawah yang sangat asik karena dapat sambil berpetualang sejauh 450 m dan kemudian menuruni anak tangga 96 anak tangga, Tetapi bagi wisatawan yang tidak ingin keluarkan keringat ada fasilitas perahu tradisional/gethek untuk menuju wisata air terjun tersebut sambil menyusuri tebing indah slempret yang mempunyai ketinggian 50 meter di kanan kiri perjalanan kita sampai di lokasi air terjun.

    Salah Satu Sarana Menuju Air Terjun Sri Gethuk

    Menurut cerita legenda nama slempret sebenarnya adalah berasal dari kata Slompret yang merupakan alat musik tiup konon cerita bhawa lokasi tersebut adalah merupakan tempat atau pusatnya para jin/ makhluk halus yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata atau dapat di katakan bahwa tempat tersebut adalah merupakan tempat yang sangat angker dengan nama pimpinan para jin tersebut adalah jin Anggo Menduro. Jin adalah merupakan jin yang sangat menyukai dengan berbagai kesenian, hal tersebut dapat di buktikan bahwa di tempat tersebut pada saat – saat tertentu akan terdengar suara atau disebut dengan bahasa jawa pandulon yang suara tersebut kalau di dengarkan di lokasi padukuhan Menggoran dan sekitarnya suara tersebut berasal dari lokasi air terjun tetpai kalau didekati suara itu akan hilang , suara tersebut adalah suara dramben dengan suara yang sangat dominan adalah suara slompret maka tempat tersebut di kenal sebagai sebutan Slompret atau kemudian di sebut Slempret maka yang terkenal sampai dengan saat ini lokasi tersebut dengan Air terjun Slempret karena air tersebut berada di lokasi daerah Slempret.

    Sri Gethuk merupakan objek wisata terpadu yang meliputi Goa Rancang Kencana, Air Terjun Sri Gethuk, situs purbakala, dan pemacingan, bumi perkemahan dalam satu area di Dusun Menggoran, Desa Bleberan yang dikelola sepenuhnya oleh pemuda-pemuda desa setempat.

    Link Peta Lokasi

    Biaya: Rp 30.000 (merupakan tiket terusan dengan Gua Rancang Kencono)

    Keterangan:

    Wisata Air Terjun Sri Gethuk sepenuhnya dikelola oleh masyarakat Desa Bleberan. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Kohar (+62 853 3400 5700).
     
    • Like Like x 1
    Last edited by a moderator: Feb 26, 2014
  4. souvenirmurah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +8 / -0
    Pantai Indrayanti Yogyakarta

    [​IMG]

    Pantai Indrayanti terletak di sebelah timur Pantai Sundak, pantai yang dibatasi bukit karang ini merupakan salah satu pantai yang menyajikan pemandangan berbeda dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul. Tidak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih semakin manambah pesona pantai ini.

    Pantai Indrayanti juga dilengkapi restoran dan cafe serta deretan penginapan yang akan memanjakan wisatawan. Beragam menu mulai dari hidangan laut hingga nasi goreng bisa di pesan di restoran yang menghadap ke pantai ini. Pada malam hari, gazebo-gazebo yang ada di bibir pantai akan terlihat cantik karena diterangi kerlip sinar lampu. Menikmati makan malam di cafe ini ditemani desau angin dan alunan debur ombak akan menjadi pengalaman romantis yang tak terlupa.


    [​IMG]

    Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontraversi. Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan pemerintah menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti jauh lebih populer dan lebih sering disebut daripada Pulang Syawal. Keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti rupanya turut membawa dampak positif. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, sepanjang garis pantai Indrayanti terlihat bersih dan bebas dari sampah. Hal ini dikarenakan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000 untuk tiap sampah yang dibuang oleh wisatawan secara sembarangan.


    [​IMG]

    Di Pantai Indrayanti ini juga, disediakan beragam permainan air seperti jetski tentunya.

    Jika anda berkunjung ke Kota Jogjakarta, pastikanlah anda menjadwalkan waktu anda untuk berkunjung ke pantai ini.

    Alamat: Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
     
    Last edited by a moderator: Feb 26, 2014
  5. crewpoek M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 1, 2010
    Messages:
    1,174
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +984 / -0
    kalau mau explore bro, gunung kidul banyak...
    goa pindul belum di sebutin, pantai pesisir gunung kidul timur Indrayanti juga gak kalah keren
     
  6. ekozzo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 11, 2011
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    banyak yg belum kesebut ya, banyak banget tempat indah di jogja
     
  7. souvenirmurah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +8 / -0
    Terima Kasih Mas masukannya
     
  8. souvenirmurah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +8 / -0
    [​IMG]


    [​IMG]

    Anggapan jaman dahulu bahwa daerah Gunung Kidul merupakan daerah yang sama sekali kering air akhirnya benar-benar harus dihilangkan. Dengan banyak ditemukannya Air di bawah gua dan banyaknya air terjun didaerah ini, salah satunya adalah Luweng Sampang.

    Nama ‘Luweng Sampang’ diambil dari istilah ‘Luweng’ yang berarti lubang, dan ‘Sampang’ yang menjadi nama Desa setempat, yaitu Desa Sampang.

    [​IMG]

    Lokasi Luweng Sampang berada di perbatasan Yogyakarta - Jawa Tengah, tepatnya antara Desa Jogoprayan Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah dengan Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Untuk menuju Luweng Sampang dari Yogyakarta akan lebih dekat melalui Klaten ( Meski letak luweng ini berada di daerah Gunung Kidul ) dengan rute Yogyakarta – Prambanan – Srowot – Wedi, dan sesampainya di Pasar Wedi, kita tinggal mengambil arah keselatan menuju Jogopraya.

    Mungkin apabila kita pertama kali mengunjungi tempat ini, kita akan sedikit bingung dikarenakan suasananya yang sepi, lain dengan tempat wisata yang lain, maklum saja dikarenakan tempat ini memang bukanlah sebuah destinasi wisata. Bahkan saya yakin bahwa sebagian besar masyarakat Jogja belum pernah mendengar mengenai tempat ini.

    Tampak Atas Luweng Sampang

    Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun yang memiliki karakteristik cukup unik. Tingginya memang terhitung cukup pendek, sekitar lima meter saja, namun komposisi dari batuan di sekitarnya terlihat sangat menarik, berupa dinding batu yang tergerus oleh air, persis seperti di Grand Canyon, hanya dengan skala yang jauh lebih kecil. Saat musim penghujan, Luweng Sampang ini akan semakin menunjukkan keindahannya dikarenakan debit air yang jatuh akan besar dan akan semakin menampilkan pesonanya.

    Menurut warga sekitar, dahulu dibalik air terjun Luweng Sampang ini digunakan oleh Sunan Kali Jaga sebagai lokasi untuk bertapa memohon pencerahan kepada Tuhan.

    Wali Sanga sendiri dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 15. Sesuai namanya, wali ini berjumlah sembilan orang, dimana salah satunya adalah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga adalah putra Adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta. Ia adalah murid Sunan Bonang. Sunan Kalijaga terkenal sebagai wali yang nguri-uri kebudayaan Jawa. Beliau menggunakan kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk berdakwah, antara lain kesenian wayang kulit dan tembang suluk.

    Aktivitas yang pantas anda lakukan disini adalah mandi tentunya, aktifitas fotografi, dengan pesona Luweng Sampang yang masih asli dan romantis, lokasi ini layak untuk dipilih sebagai lokasi pre-wedding.

    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Feb 26, 2014
  9. souvenirmurah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +8 / -0
    Sensasi Terbang Melayang Di Pantai Timang

    [​IMG]


    [​IMG]

    Pantai Timang berlokasi di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, yang menyuguhkan Pasir Nan Putih di Pantai Gunung Kidul. Pantai ini bertempat di sebelah barat Pantai Nglambor, Pantai Jogan, dan Pantai Siung atau di sebelah timur sejajar dengan Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal, Pantai Ngetun. Jarak dari Kota Wonosari ke Pantai Timang kurang lebih 35 km.


    [​IMG]
    Mungkin, saat ini belum banyak yang mengenal Pantai Timang ini, Ada banyak alasan kenapa Pantai Timang belum banyak dikenal atau bahkan diketahui keberadaannya. Salah satunya mungkin karena untuk menemukan pantai ini saja cukup sulit. Jika kita datang dari kota Wonosari, kita harus menyusuri Jl Baron. Setelah sampai di pertigaan Mulo, kita harus belok ke kiri, ke jalan yang menuju ke Pantai Siung. Sebelum sampai ke Pantai Siung, kita akan menemukan Pasar nDakbong. Dari pasar ini, kita harus bertanya ke penduduk setempat karena memang belum ada papan penunjuk jalan menuju ke Pantai Timang. Sedangkan jalan menuju ke Pantai Timang bukanlah jalan yang beraspal mulus. Jalan yang harus dilewati adalah jalan sepanjang sekitar 5 km yang mungkin akan terasa menarik bagi para penggemar off road


    Lalu jika memang Pantai Timang sangat sulit untuk dijangkau, untuk apa kita pergi kesana?

    Ada sebuah pengalaman Ekstrim yang akan ditawarkan oleh Pantai Timang saat anda berkunjung kesana, nyali anda akan diuji dengan menaiki Gondola Pantai Timang, kereta gantung tradisional, dimana anda akan menaiki kereta gantung ini, ditarik tenaga manusia dari Pantai Timang ke sebuah pulau kecil di tengah laut yang bernama Pulau Watu Panjang dan merasakan sensasi terbang, melayang terkena dan terkena deburan ombak. Kereta gantung ini tidak semodern seperti kereta-kereta gantung yang ada di Ibu Kota, kereta gantung ini dibuat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana yaitu dengan kayu dan tali atau tambang sebagai penghubungnya, maklum saja, apabila digunakan sling besi, maka sling besi tersebut akan cepat rusak terkena air laut. Sebenarnya, kereta gantung ini bukanlah fasilitas yang disediakan untuk wisatawan karena digunakan untuk nelayan yang ingin menyeberang ke batu karang untuk memancing lobster dan dijual kembali atau dikonsumsi sendiri.

    [​IMG]

    Untuk dapat menaiki kereta gantung ini, anda diharuskan mengeluarkan kocek. Awalnya, kereta gantung ini bisa dinaiki dengan gratis. Namun, setelah banyak wisatawan yang datang ke pantai ini mencoba kereta gantung ini, para nelayan berinisiatif untuk menetapkan tarif untuk menambah penghasilan mereka. Tarifnya cukup lumayan mahal (Rp. 200.000 menurut beberapa warga), maklum saja, bukan perkara mudah menarik sesorang di sebuah kereta gantung dengan tenaga manual, diperlukan sebuah tenaga yang besar dan keahlian khusus. Akan tetapi, pengalaman yang anda rasakan sebanding dengan harga yang anda bayar.

    Dan perlu anda ketahui, Pantai Timang Yogyakarta sendiri bukanlah pantai yang secara komersil dibuka, jadi tidak usah heran jika anda tidak dapat menemukan fasilitas apapun di sana dan tanpa adanya tiket masuk, jadi jika anda hendak berkunjung kesana, siapkanlah bekal dari rumah sebelum menuju ke Pantai Timang.

    Koordinat GPS : 8°10'33"S 110°39'46"E



    SUMBER
     
  10. asiamastravelbsd Members

    Offline

    Joined:
    Apr 15, 2014
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +0 / -0
    numpang liat" dlu gan. bisa jadi info nih tambahan tempat wisata di jogja. kebetulan kantor ane mo RAKER disana :D
     
  11. qmedome Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 11, 2009
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +7 / -4
    wisata ke goa jomblang kk bagus tempatnya,..
     
  12. ndrondjong Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 21, 2010
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ahahha... pantai timang... ampun deh kalo disuruh nyeberang...

    ada juga yang nyebrang ke pulau pake keranjang gitu, di sebelah timurnya Wediombo. Saya lupa namanya...
     
  13. Abang_Sinyo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 2, 2011
    Messages:
    461
    Trophy Points:
    152
    Ratings:
    +11,416 / -0
    wah. kenapa gue baru nemu thread ini sekarang ya. padahal bulan kmren ke jogja 4 hari bingung mau kemana aja
     
  14. erfi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    1,446
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +797 / -0
    yang suka mendaki selain gunung merapi ada gunung api purba nglanggeran,letaknya masih di daerah gunung kidul tapi jangan harap bakal menemukan lava vulkanik karena di sana hanya ada gunung batu.
    didekatnya juga ada danau buatan embung,seperti kolam buatan tapi di atas bukit.
    :top: banget apalagi pada saat sunset/sunrise jadi di rekomendasikan untuk berkemah di sana :hmm:
     
  15. souvenirmurah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +8 / -0
    Wisata jogja akan segera kami update.
    Semoga bermanfaat
     
  16. andickk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 6, 2013
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -0
    Wahh keren2 nih tempatnya.
    Jadi pengen ke pantai indrayanti. Trakhir ke jogja gak sempat main ksana ;D
     
  17. airakus Members

    Offline

    Joined:
    Dec 15, 2012
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Kaget waktu Pantai Timang ada di variety Korea Barefoot Friends, 24 tahun idup di jogja, masih banyaaak aja tempat wisata yang belum dikenal di Jogja. Air Terjun Sri Gethuk asik banget, ngrasain renang di alam bebas tanpa kaporit. Saran kalau dateng jangan pas musim liburan, maka serasa renang di kolam renang alami pribadi :p
     
  18. redbios Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 19, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +90 / -0
    sensasi mealyang itu beneran cuma pake tali n katrol gt aja, serem jjuga yak, bisa2 jantung copot itu klo jatuh
     
  19. kejeduk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -1
    keren tuh pantainya, tapi kadang males kalo lagi peak season agak susah buat kesini, sering dihalangi di acces jalan ama orang2 yang sok2an
     
  20. amayaarya Members

    Offline

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    cari yang antimainstream tuh.. wisata di goa..

    cuma ati" aja, rada" bahaya soalnya
     
  21. maubelitidur Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 1, 2012
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +2 / -1
    Aneeee yg org jogjaa aja blm semua ke eksplore, huhuhu,,, jdi kangen jogja,,,
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.