1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Gempa2 Super dasyat yg perna terjadi di Muka bumi, penyebabnya,Dan Efek yg timbulkan

Discussion in 'History and Culture' started by ayamgoreng, Oct 2, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ayamgoreng M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 15, 2009
    Messages:
    1,367
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,464 / -0
    mungkin ini aga repost dr 12 gempa mematikan tapi ini berbeda nyoo ~~!!

    Gempa2 Terdasyat yg Pernah terjadi di muka bumi , penyebabnya , dan efek samping yg di akibatkan oleh gempa Tsb


    Gempa terdasyat di muka bumi . gempa ini tak lagi di hitung dgn SR ( skala richter atau hitungan utk kekuatan gempa ) melainkan MSR ( mega skala richter . 1 MSR = 10 ++ SR ) .

    Penyebab gempa di muka bumi ada beberapa macam , antaranya =

    1 . Tektonik


    Gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh pergeseran lempeng tektonik. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa lempeng tektonik bumi kita ini terus bergerak. Ada yang saling mendorong, saling menjauh, atau saling menggelangsar. Karena tepian lempeng tektonik ini tidak rata, jika bergesekan maka timbullah friksi. Friksi inilah yang kemudian melepaskan energi goncangan. Gempa ini sering terjadi di muka bumi dgn kekuatan skala richter ( SR ) antara 2 - 7++ SR .

    [​IMG]
    [​IMG]

    2. Gempa Vulkanik


    Gempa vulkanik terjadi akibat meningkatnya aktivitas gunung berapi, yang disebabkan oleh naiknya magma dari bawah gunung tersebut ke permukaan. Cairan magma ini mendesak batuan-batuan di atasnya, sehingga menyebabkan goncangan dan apabila tekanannya cukup besar berpotensi menimbulkan letusan. Gempa ini juga sering terjadi di daerah2 yg penuh aliran magma dgn kekuatan antara 2 - 7 ++ SR

    [​IMG]

    3 . gempa runtuhan

    Gempa yg sgt jarang terjadi . Gempa ini di sebabkan karena runtuhan2 goa2 besar di bawah tanah . Efek dr gempa ini bisa di bilang hanya terasa di wilayah runtuhan saja , melainkan di luar daerah runtuhan tdk akan terasa kuad . Kekuatan gempa runtuhan ber kisar antara 5 - 7 SR dan kekuatan episetrum hanya mencapai wilayah runtuhan saja .

    [​IMG]

    4. Gempa Tumbukan

    Gempa yg amad sgt langka dan jarang terjadi . Gempa tumbukan terjadi akibat tubrukan meteor yg jatuh meteor . kekuatan gempa ini di hasilkan dr seberapa besar batu meteor itu menghantam bumi . Dalam kurun waktu 30000 thn terakhir hanya 5 kali bumi di tubruk batu meteor yg menyebabkan gempa . Dan yg plg parah adalah terjadi pada akhir jaman preciatus atau zaman purba atau sekitar 76 juta thn lalu , ketika meteor sebesar kota amerika menubruk wilayah tanjung meksiko . Gempa yg di hasilkan tdk bisa di perkirakan antara 30 MSR ++ yg menyebabkan reaksi gempa berantai di seluruh dunia .( MSR = mega Skala Richter ). Dan akibat gempa tumbukan ini mengakibatkan Gempa vulkanis , runtuhan , dan tektonik secara bersamaan di seluruh dunia , dan akibat hal ini juga membuat benua saling berpisah .

    1. Teluk Yucatan Meksiko

    Gempa Tubrukan Pertama dan terbesar dlm sejarah Muka bumi . Tubrukan meteor ini mengakibatkan gempa sekitar 37 ++ MSR , dan mengakibatkan Efek gempa berantai di seluruh dunia . Para ahli berpendapat " andai saja kejadian itu terjadi pd jaman modern sekarang maka sekitar 78 % populasi dunia akan musnah " .

    efek yg di tinggalkan
    = Musnahnya Jaman dinosaurus , Terbentuk nya benua2 , aktip nya kembali beberapa gunung merapi yg semua telah mati . Terjadinya gempa tektonik di seluruh dunia yg dgn kekuatan sekitar 9 SR - 5 MSR .


    2 . Indonesia , Sumatera Utara , bagian Toba


    Gempa Runtuhan terbesar dlm sejarah muka bumi terjadi di sumatera utara yg terjadi sekitar 450.000 tahun yg lalu . Gempa Runtuhan terjadi karena aktipitas tektonik yg tak stabil di wilayah ini , yg mengakibatkan tersisanya lubang besar di bawah permukaan Bumi . dan karena tanah di permukaan tak sanggup menopang " lubang besar" tersebut menyebabkan tanah2 di sekitar wilayah tersebut amblas , dan menyebabkan gempa hebat antara 7-9 MSR .

    Efek yg di timbulkan
    = Terjadinya danau toba . Para ahli berpendapat kalau dulunya sumatera merupakan dataran tinggi , dan danau toba terjadi akibat gempa runtuhan , yg kemudian terjadu hujan terus menerus , dan akibat " runtuhan " itu air tak bisa terserap , dan kemudian terjadilah danau , ini terlihat dr struktur danau , dan di perkirakan kalau pulau toba merupakan 1 kesatuan bukit yg selamat dr area " runtuhan "


    3. Jepang

    Gempa tektonik terkuat dlm sejarah muka bumi terjadi di jepang , Gempa yg berkekuatan antara 6-8 MSR terjadi di wilayah laut lepas jepang . Terjadi kira2 334 . 000 thn yg lalu .

    efek yg di timbulkan
    = Membuat jepang menjadi negara kepulauan , dan melahirkan sebuah gunung yg kemudian dikenal dgn gunung fuji .


    4. Atlantis


    Gempa Vulkanis Terkuat dgn kekuatan sekitar 5-7 MSR . gempa yg terjadi di tengah2 samudera pasifik ini terjadi sekitar 679.000 thn yg lalu .

    Efek yg di timbulkan = menimbulkan megatsunami yg menenggelamkan pulau di sekitar nya , bahkan legenda benua atlantis yg hilang ber asal dr kejadian ini . Mengaktipkan gunung2 api yg semula mati kembali aktip kembali di seluruh dunia .


    5. kanada


    Gempa yg di akibatkan karena Kombinasi antara Kejadian Vulkanis dan Tektonik yg terjadi secara bersamaan . Gempa dgn kekuatan dgn skala 2-4 MSR ini terjadi kira2 280.000 tahun yg lalu .

    efek yg di timbulkan
    = membuat kanada menjadi negara yg penuh pegunung2an yg tinggi setelah new zeland


    6 . Chili

    Gempa tektonik ke 2 terbesar dlm sejarah muka bumi yg terjadi di jaman modern . gempa ini walau di bawah 1 MSR namun ini merupakan gempa terkuat di zaman modern , kekuatan gempa 9 - 9,6 SR . Gempa ini terjadi kira2 pd tahun 1960 an

    efek yg di timbulkan = Bencana stunami terjadi, membinasakan pantai Chile sebelum akhirnya melewati Pasifik dan meluluhlantakan Hawaii. Lebih dari 6,800 tewas dan kerugian materiil ditaksir sebesar $775 juta.


    7. Jawa - Sumatera Indonesia


    Gempa Vulkanik , yg di akibatkan oleh meletusnya gunung krakatau di selat sunda. Kekuatan gempa ini antara 9 - 9.4 SR . Gempa ini pun terasa sampai Australia , jepang , kamboja dan 300 mil di luar wilayah episetrum . Gempa ini terjadi kira pd tahun 1888 an

    efek yg di timbulkan
    = Bencana Tsunami yg meluluhlantakan banten dan lampung , menenggelamkan pulau di sekitar ledakan , dan memusnahkan gunung itu sendiri . Dan menelan korban jiwa tak lebih dr 38.000 manusia .

    8 . Alaska

    Gempa paling dahsyat dalam sejarah Amerika menyerang selat Prince William selama tiga menit dengan kekuatan 9- 9.2 SR. Gempa ini terjadi pd tahun 1960

    efek yg di timbulkan
    = tdk terlalu berarti hanya menutup negara ini selama 2 bulan

    9. Sumatera , Aceh , indonesia dan beberapa negara lainnya

    Gempa tektonik terkuat yg terjadi di antara samudera pasifik dan samudera indonesia . Kekuatan gempa ini 8,9 - 9,1 SR , merupakan gempa terkuat di zaman moderen . karena kuatnya gempa ini terasa di seluruh benua india . Gempa ini terjadi pd tahun 2004 . akhir desember .

    efek yg di timbulkan
    = terjadinya tsunami yg meluluh lantakan daerah aceh , india , kamboja , bahkan sampai miami . dgn korban jiwa sekitar 300.000 dgn korban terbanyak berada di indonesia sekitar 210.000 an . Jutaan mengungsi . Puluhan ribu lainnya hilang . Dan membuat para ilmuwan beramai2 dtg ke indonesia utk mempelajari keadaan geografis indonesia , karena begitu sering nya terjadi gempa besar di indonesia .


    10. Amerika Wilayah Arizona


    Gempa Tekonik di luar arizona ini menyebabkan gempa hebat di wilayah amerika . kekuatan gempa antara 8 - 8,5 SR . gempa ini terjadi pd tahun 1811 .

    efek yg di timbulkan
    = Gempa sekitar skala 8-8,5 mengguncang missouri 200 tahun lalu. Goncangan menyebar begitu jauh menyebabkan bel gereja di Boston berdentang, lebih dari 500km dari Missouri! . Korban jiwa mencapai 50.000


    11 . Amerika Wilayah San Francisco


    Gempa Tektonik yg terjadi si San francisco . Kekuatan Gempa sekitar 7,8 - 8 SR . Gempa ini terjadi pd tahun 1906 .

    efek yg di timbulkan
    = gedung- gedung runtuh, saluran air bersih rusak, jalan-jalan terbelah dan rusak. Tapi sebagian besar petaka yang ditimbulkannya, 3,000 tewas dan kerugian $524 juta disebabkan oleh kebakaran hebat paska gempa, yang menyebar dengan cepat karena ketiadaan air untk melawan api . Dan membuat negara ini menjadi 1-1 nya negara yg siap menerima gempa kembali .


    12 . China

    Gempa yg di akibatkan oleh vulkanik .Gempa dengan kekuatan 7.5 skala richter ini termasuk salah satu guncangan paling dahsyat sepanjang tahun ” Cincin api”, sebuah sabuk aktivitas seismik besar di samudera pasifik. Gempa itu menyerang Tangshan, sebuah kota dengan satu miliar penduduk ditimurlaut pantai China . Gempa ini terjadi pd tahun 1976

    efek yg di timbulkan
    = membuat negara china mengalami inflasi selama 1 tahun , meluluh lantakan negara ini , dan sekitar 600 000 orang di pekirakan tewas dlm kejadian ini . dan merupak korban terbanyak sepanjang sejarah gempa

    sumber = berbagai artikel yg gw kumpul menjadi 1 , termasuk dr sejarah gempa dunia bahasa perancis yg gw translate

    coba bayangkan kalau gempa2 sedasyat itu terjadi di zaman kita sekarang apa yg kita lakukan

    kalau berguna klik thks yah ^^ atau ada yg kurang mohon di tambahkan
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Oct 2, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. krabzone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    87
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +14 / -0
    wow ternyata di Indonesia ada 3 kejadian....

    kalo uda gempa sih.. uda pasrah aja deh... paleng reflex lari buat menyelamatkan diri dulu...
     
  4. iseng90 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 10, 2009
    Messages:
    305
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +33 / -0
    idonesia bnyk jga gempa bsarnya y??
    gila yang gunung krakatau mletus sape 9 SR..
    klo mledak skarang gmna tuh???
     
  5. allucalt M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    1,074
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,672 / -0
    yg pertama gempa 37 MSR..:panik:
    ga ada saingannya nih gempa :top:
    mungkin ini terjadi waktu benua masih jadi satu semua ya, gara2 gempa itu jadi terpisah semua...
     
  6. purwanto1988 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    340
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +4 / -0
    memang gempa itu kuat dan agak susah karena tanah sendiri kadang terbelah jadi bangunan ga ada yang benar" bisa terproteksi dengan perfect
     
  7. bee_can Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    1,950
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,490 / -0
    duh ngeri juga bacanya. banyak banget korbannya. dan ternyata di Indonesia beberapa kali terjadi gempa besar. tidak tega lihat korban gempa di Padang. banyak runtuhan bangunan dan korban tewas atau luka-luka. apalagi yang di Aceh dulu. semoga bisa segera pulih dan tidak terjadi gempa susulan.
     
    • Like Like x 1
  8. SanoAccuro Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    42
    Ratings:
    +93 / -1
    danau toba bukan terbentuk dari aktivitas vulkanik bro?? :???::???:
    bukannya itu dulu gunung berapi purba yang meletus n mengakibatkan musim dingin yang berkepanjangan di seluruh dunia?? :???::???: CMIIW

    :aghh::aghh: terisolasi 2 bulan dibilang tidak terlalu berarti.. :aghh::aghh:
     
  9. coffeeandteve M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    423
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +374 / -0
    ^
    gw juga berpendapat sama
    kayaknya bukan gempa runtuhan deh, dapet sumber darimana bro?
    pembentukan danau toba dan bencana alam Toba sering diidentifikasi sebagai Toba Eruption bro
    coba cek deh http://en.wikipedia.org/wiki/Toba_eruption#The_Eruption
    kalo salah nuhun ya
    saling di perbaiki aja
     
  10. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,882
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,604 / -0
    semoga gak bakal terjadi lagi !!, mengerikaaannnnn ... :panik:

    Kenapa padang gak masup yah??
    padahal efek hancurnya, luar biasa mengerikan tuh... :swt:
     
  11. tomiero Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 29, 2008
    Messages:
    3,462
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +7,269 / -0
    1 MSR = 10 SR :madesu:
    jaman sekarang 7 SR aja dah sanggup sampe mlumpuhkan Padang sampe kek gitu, gimana gempa2 jaman dulu yg sampe puluham MSR :madesu:
     
  12. botay M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 6, 2009
    Messages:
    783
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +85 / -0
    kita sebagai org Indonesia sudah seharusnya bangga karena dari 70.000 tahun sebelum masehi juga gunung di Indonesia udah bikin masalah... penelitian menunjukkan bahwa penjelasan tentang punahnya dinosaurus lebih logis disebabkan oleh ledakan kaldera danau toba yg dari ujung ke ujung panjangnya mencapai 60 km, hal ini sampai menyebabkan perubahan iklim bumi...
     
  13. recure M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 17, 2009
    Messages:
    6,488
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,133 / -0
    kl sampai terjadi tuh yg no1 mah pasrah dah sampe 78% manusia ilang >.<
     
  14. chynthia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    776
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,805 / -0
    Berarti gunung krakatau sekarang uda gak ada ya? berarti selat sunda uda gak mungkin ada gempa vulkanik dong?
     
  15. SuzukiRyo M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 13, 2008
    Messages:
    3,927
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,127 / -0
    iya bener, danau toba kan danau yang terbentuk karena aktifitas vulkanik. salah satu letusan yang menyebabkan perubahan iklim global.

    Krakatau dulu meletus hanya menghilangkan puncaknya, sedangkan aktifitas vulkanik masih terus berlangsung. dan sekarang akibat aktifitas vulkanik itu terbentuklah gunung baru yang diberi nama "Anak Krakatau". Kayaknya krakatau emang punya siklus letusan, jadi kita ga tau kapan krakatau baru ini akan meletus lagi. dan setauku, letusan krakatau dulu juga mengakibatkan perubahan iklim global selama 2 hari - 2 minggu.
     
  16. chynthia M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    776
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,805 / -0
    ^
    ^
    trims atas penjelasannya. berarti di selat sunda, kejadian tsunami 1888 seperti krakatau meletus yang kayak dulu itu masi mungkin terjadi lagi ya? jadi serem.
     
  17. setanbedul Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 9, 2008
    Messages:
    4,678
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +11,657 / -0
    danau toba itu gara2 gempa?
    kirain gara2 ada seorang ibu yg ketahuan kl dia dulu itu ikan
    *baca dongeng*
     
  18. Arnez M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    329
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +87 / -0
    kalo ini terjadi gw sih udah pasrah dah :panda::panda::panda:
     
  19. aryef23 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 3, 2008
    Messages:
    4,427
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +290,543 / -0
    untung aja banyak gempa2 dahsyat terjadi pada zaman dulu
    coba klo sekarang, pasti lebih banyak lagi korbannya
     
  20. coffeeandteve M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 14, 2009
    Messages:
    423
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +374 / -0
    masih mungkin
    tapi semoga aja gak seperti dulu
    skarang status krakatau udah di level orange
    refer to
    PHP:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Krakatau#Current_activity
    dan buat keterangan alert level by color
    PHP:
    http://www.volcanolive.com/alerts.html
    mudah mudahan aja di zaman modern gini ada hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampaknya
     
  21. venk M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 28, 2009
    Messages:
    6,027
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +1,771 / -0
    Menunggu hal yang digembor-gemborkan akan terjadi di tahun 2012 [​IMG]
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.