1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Ikan Lou han (Amphilophus trimaculatus)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by nugrozipho, Oct 10, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,832
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,338 / -7
    Ikan Lou han (Amphilophus trimaculatus)







    Ikan Lou Han (bahasa Inggris: Flowerhorn) merupakan salah satu ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam". Aslinya mereka hanya berhabitat di Malaysia danTaiwan, namun saat ini banyak dipelihra oleh penggemar ikan di seluruh dunia. Namun, beberapa kritikus telah mempertanyakan dampak dari program-program penyempurnaan ikan ini.

    Asal Mula
    Progam pengembangbiakan telah dimulai sejak tahun 1993. Orang Malaysia terutama banyak yang mengagumi ikan dengan kepala menonjol, yang dikenal sebagai Karoi atau "kapal perang", ditemukan di bagian barat negara mereka. Dahi sedikit menonjol dan ekor panjang ikan ini berharga untuk para peminat masyarakat Taiwan sebagai tanda pembawa keberuntungan dalam geomansi. Pada tahun 1994, iblis merah Cichlid (genus Amphilophus) yang diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia dan hasil hibrida parrot cichlid yang diimpor dari Taiwan ke Malaysia dan dibesarkan ikan ini secara bersamaan, menandai kelahiran ikan lou han tersebut.

    Pada tahun 1995, perkawinan persilangan diadakan lebih lanjut dengan Human Face Red God of Fortune, yang menghasilkan jenis baru yang disebut Five-Colors God of Fortune. Karena warnanya yang indah, ikan ini menjadi cepat populer. Penyempurnaaan secara selektif terus berlanjut hingga tahun 1998, ketika Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga disebut sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, dan hasil perkawinan silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan.[1] Pembelesteran ini akhirnya menghasilkan generasi pertama hibrida flowerhorn Hua Luo Han, yang kemudian diikuti dengan perkenalan flowerhorn berikutnya.


    [TH="background-color: #D3D3A4"]Ikan Lou han[/TH]



    [TH="background-color: #D3D3A4"]Klasifikasi ilmiah[/TH]


    [​IMG]






















    Kerajaan: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Actinopterygii
    Ordo: Perciformes
    Famili: Cichlidae
    Genus: Amphilophus
    Spesies: A. trimaculatus
    Kedatangan di Dunia Barat
    Ketika flowerhorn pertama kali diimpor ke Amerika Serikat, hanya ada dua jenis ikan ini yang distribusi, flowerhorn dan Golden Base. Maka dari itu datanglah dua varietas, mereka dengan mutiara (bintik-bintik perak putih pada kulit) dan yang tidak. Golden Base juga memiliki dua varietas, mereka yang pudar dan yang tidak. Di antara segala jenis flowerhorn, yang tanpa mutiara dengan cepat disusul popularitasnya oleh mereka yang mempunyai mutiara, menjadi skala flowerhorns mutiara, atau Zhen Zhu. Dengan Golden Base, yang dikembangkan kulit menjadi keemasan yang menarik ditempatkan pada flowerhorn kulit abu-abu itu.

    Pada tahun 1999, ada empat jenis flowerhorn yang tersedia di pasar Amerika: flowerhorn biasa, flowerhorn skala mutiara, flowerhorn emas, dan fader. Peternak komersial pengkembang biak, dan ikan yang dipilih untuk penampilan tanpa memperhatikan terminologi. Akibatnya, nama menjadi sesuatu yang membingungkan dan jenis keturunan menjadi sulit dilacak.

    Sekitar 2000-2001, berbagai Kamfa muncul. Ini adalah hibrida dari setiap jenis flowerhorn yang disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan Parrot Cichlid jenis apapun. Ini membawa beberapa sifat baru, seperti mulut pendek, ekor terbungkus, mata cekung, dan gundukan yang semakin besar di bagian kepala. Melihat ini, mereka yang membesarkan di Zhen Zhus baik itu peternakan ikan untuk mengembangkan lebih cepat dan menjadi lebih berwarna, untuk bersaing dengan jenis Kamfa.

    Perawatan
    Flowerhorn Cichlid diharuskan untuk disimpan pada suhu air 80–85 °F, dan pH kurang dari 7.4–8.0. Mereka membutuhkan tangki minimum sekitar 20–30 galon untuk tumbuh. Jika agresif dan teritorial, dua atau lebih flowerhorn biasanya tidak disimpan secara berkelompok, tetapi isi tangki mereka dapat dibagi dengan membagi akrilik atau krat telur.

    Kritik
    Kritik juga telah terdengar mengenai flowerhorn, yang sebenarnya merupakan ikan buatan manusia, ke dalam taksa ikan, yang disediakan untuk identifikasi spesies yang ditemukan di alam. Praktek ini dapat membuat identifikasi cichlid semakin sulit. Pembiakan dengan garis keturunan yang murni spesies Cichlid telah terjadi di sejumlah cichlid yang umumnya disimpan untuk tujuan hobi, risiko kerugian adalah tentang material genetik.

    Pengembangbiakan Flowerhorn juga memberikan kontribusi akan permintaan komersial untuk pembuatan ikan jenis baru dan berbeda yang mungkin dapat menyebabkan praktik yang dipertanyakan serta diragukan seperti peternakan untuk kelainan bentuk anatomi (seperti yang terjadi di peternakan ikan mas).
    Flowerhorn telah dikritik oleh beberapa penggemar Cichlid dan pemerhati lingkungan untuk sejumlah alasan. Minat flowerhorn mengakibatkan pemusnahan surplus dan cacat ikan, beberapa yang dibuang di alam liar di Malaysia dan Singapura, di mana mereka mudah beradaptasi dan mengganggu ekosistem sungai dan kolam. Seperti cichlids lainnya, flowerhorn bersifat agresif dan dapat berkembang biak dengan cepat, bersaing dan memangsa ikan asli.
     
    Last edited by a moderator: Oct 16, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. wewe201002 M V U

    Offline

    U see ≠ U know

    Joined:
    Jul 24, 2012
    Messages:
    6,168
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +7,054 / -82
    Ikan Pembawa Keberuntungan Di Dunia


    Selain sebagai peliharaan yang lucu, ikan juga seringkali dipercaya dapat membawa keberuntungan dan keseimbangan dalam rumah. Berikut daftar 4 jenis ikan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan dan keseimbangan dalam rumah :














    • Arwana
      Ikan Arwana melambangkan keberuntungan dan dianggap memiliki kekuatan besar dalam feng shui. Arwana melambangkan kesehatan, kemakmuran, dan kegembiraan, serta kekuasaan dan harta. Arwana juga dipercaya dapat mengusir kesialan dan makhluk jahat. Tempat yang tepat untuk menaruh ikan Arwana berdasarkan feng shui adalah di sebelah utara, timur, atau tenggara rumah.
    [​IMG]
    • Lou Han
      Lou Han juga merupakan ikan yang populer dalam feng shui yang dipercaya bisa memberikan energi baik pada lingkungan sekitarnya. Ikan ini juga dipercaya bisa mendatangkan cinta dan keberuntungan bagi pemiliknya. Ikan Louhan yang memiliki berbagai macam warna cerah dan titik hitam yang besar dipercaya sebagai pertanda kemakmuran dan kekayaan. Berdasarkan feng shui, ikan Lou Han akan memberikan kekayaan jika diletakkan di sebelah Tenggara. Sementara meletakkan Lou Han di Timur dipercaya bisa meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga.
    [​IMG]
    • Longfin Koi (Butterfly Koi atau Dragon Carp)
      Ikan keberuntungan ini dipercaya bisa memberikan pemiliknya kesuksesan, kekayaan, dan ambisi yang tinggi. Ikan Longfin Koi dipercaya sebagai perenang ulung yang legendaris dan bisa berenang melawan arus. Sehingga ikan ini melambangkan kesuksesan karir dan pencapaian yang tinggi. Ikan ini juga dipercaya bisa memberikan keberuntungan bagi pelajar dan orang-orang yang bekerja. Menurut feng shui memelihara sembilan ikan Longfin koi di akuarium akan menyerap energi negatif pada lingkungan Anda dan menyebarkan energi positif, dan akan memberikan peningkatan karir jika diletakkan di sebelah utara.
    [​IMG]
    • Ikan Maskoki
      Maskoki dipercaya sebagai ikan keberuntungan yang memberikan energi positif. Biasanya delapan ikan Maskoki dipelihara dengan satu ikan hitam untuk membuang sial. Memelihara dua ikan Maskoki akan memberikan keseimbangan dalam hubungan Anda dan pasangan. Selain aspek keberuntungannya, ikan Maskoki juga dianggap sebagai ikan yang paling cantik dan atraktif.
    [​IMG]
    Itulah empat jenis ikan yang dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

     
  4. Rhiezaki M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Oct 3, 2012
    Messages:
    3,558
    Trophy Points:
    187
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +6,460 / -2
    [​IMG]

    Ikan louhan pertama kali muncul di Malaysia pada tahun 1997. Asal usul Louhan hingg saat ini masih kurang jelas. Nama louhan diambil dari kata “hua louhan” yang artinya dewi pelindung. Louhan banyak disukai masyarkat karena keunikannya. Keunikan louhan tampak pada warna sisik dan dahi atau jenongnya yang menonjol (nongnong). Bahkan terakdang pada sisik louhan terdapat tanda atau marking yang berbentuk motif atau huruf mandarin, latin, atau angka. Marking yang terdapat pada louhan memunculkan mitos bahwa lu han dapat mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Mitos ini semakin menambah daya tarik louhan.


    Cara Budidaya Ikan Louhan


    A. Pemijahan Louhan

    Hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus dalam pembudidayaan atau pemijahan louhan adalah kualitas air yang akan digunakan sebagai media pemijahan. Sumber air yang akan digunakan untuk pemijahan dapat berasal dariair sumur maupun air PAM. Jika pemijahan dilakukan dengan menggunakan air sumur, sebaiknya air sumur diendapkan selama 48 jam seblum digunakan. Jika menggunakan air PAM, sebaiknya kadar klorin dan pH air dinetralkan terlebih dahulu. Penetralan ini dapat dilakukan dengan menggunakan larutan trisulfat 5 ppm.

    Pemijahan louhan dapat dilakukan dalam akuarium atau kolam. Beberapa jenis peralatan yang wajib ada dalam kolam atau akuarium adalah sebagai berikut :

    1. Bak penampungan air
    2. Filter
    3. Aerator
    4. Alat Penampung air
    5. Ornamen dan bebatuan
    6. Lampu UV

    Louhan merupakan jenis ikan yang agresif dan teritorial (mempertaankan daerah kekuasaannya), sehingga ikan ini acap kali berkelahi dengan ikan lain yang ditempatkan dalam satu wilayah dengannya. Meskipun demikian, louhan termasuk ikan yang mudah diternakan. Untuk dapat melakukan pemijahan, diperlukan louhan betina berukuran minimal 10 cm dan louhan jantan yang lebih besar.

    Perbedaan antara louhan jantan dan betina dapat dilihat dari kedekatan genetiknya. Untuk louhan keturunan Cichlasoma trimaculatum, jika pada sirip punggungnya terdapat bintik hitam maka louhan tersebut berjenis kelamin betina. Apabila pembedaan secara fisik sulit dilakukan, pembedaan jenis kelamin dapat dilakukan dengan cara venting, yaitu mengamati organ kelamin louhan yang bersangkutan.

    Setelah mendapatkan calon induk untuk dipijahkan, letakkan kedua induk tersebut dalam satu akuarium yang telah diberi sekat pemisah dari kaca. Tujuannya agar mereka terbiasa satu sama lain. Ketika louhan betina telah menunjukkan tanda-tanda bertelur, lepaskan sekat pemisah. Setelah sekat pemisah dilepas, amati perilaku kedua louhan. Jika keduanya terus berkelahi, segera pisahkan kedua louhan. Upaya penyatuan kedua louhan dapat dilakukan beberapa minggu kemudian atau dapat juga mengganti pasangannya.

    Jika pemijahan berhasil, amatilah tingkah laku kedua louhan. Jika kedua induk akur dan menjaga telurnya, biarkan mereka tetap bersatu. Jika kedua induk cenderung untuk berkelahi, pisahkan induk jantan dari insuk betina agar induk betina menjaga telur tersebut. Jika induk betina memakan telurnya, pisahkan insuk tersebut dari telurnya.


    B. Pemeliharaan Louhan

    Louhan termasuk jenis ikan yang mudah pemeliharaannya. Dengan standar pemeliharaan ikan pada umumnya, louhan dapat hidup dan tumbuh dengan baik. Namun, louhan akan semakin menarik, jika dalam pemeliharaanya memperhatikan baik-baik.

    1. Tempat pemeliharaan Ikan Louhan

    Louhan biasanya dipelihara dalam akuarium yang berbentuk persegi panjang. Panjang akuarium sebaiknya 4 kali panjang tubuh louhan, karena ruang gerak yang luas akan memicu pertumbuhan louhan. Akuarium sebaiknya diletakkan 80 cm di atas lantai, agar louhan tidak stres dan akuarium tidak pecah.

    Akuarium tempat pemeliharaan louhan harus diberi lampu UV. Sinar lampu UV akan memicu pertumbuhan warna louhan sehingga menjadi lebih cemerlang . lampu UV sebaiknya tidak dinyalakan sepanjang hari, karena sinar lampu merangsang louhan untuk terus bergerak sehingga louhan tidak dapat beristirahat.

    Dasar akuarium juga diberi kerikil atau batuan, agar seperti habitat indukan asli louhan. Ada juga yang memasang cermin di dalam akuarium. Tujuannya untuk memicu pertumbuhan jenong louhan dan melatih louhan agar tampil lincah. Pemasangan cermin tidak boleh sembarangan. Cermin sebaiknya ditempatkan dalam air dan jangan ditempelkan pada dinding akuariium, agar tidak membahayakann louhan. Selain itu, jangan meletakkan cermin sepanjang hari dalam akuarium, karena louhan cepat bosan.

    2. Pemeriksaan Kualitas Air Untuk Ikan Louhan

    Sama halnya dengan pemeliharaan jenis ikan lainnya, Kualitas air yang digunakan akan tumbuh optimal pada kisaran pH netral, yaitu antara 6,5-7,5. jika pH air terlalu tinggi, marking louhan akan tampak pudar. Suhu yang mendukung pertumbuhan louhan berkisar 35-320 C.

    Pemasangan filter akan membantu menjaga kualitas air. Penggantian air akuarium juga dpat mempengaruhi kadar dalam air. Terlalu sering mengganti air menyebabkan pH air di atas 7,5. untuk menatasi hal tersebut, penggantian air dapat dilakukan dengan mengganti setengah volume air lama dengan air yang baru. Jika air pengganti berasal dari PAM, sebaiknya diendapkan terlebih dahulu. Jika air pengganti berasal dari air tanah, sebaiknya diberi zat pembunuh bakteri merugikan.

    3. Pemberian Pakan pada Ikan Louhan

    Selain tempat pemeliharaan dan kualitas air, pemberian pakan juga mempengaruhi penampilan louhan. Pakan yang mengandung nutrisi yang tepat, seimbang akan mempercantik penampilan louhan. Pakan louhan ada dua macam, yaitu pakan alami dan pakan buatan.

    Pakan alami dapat berupa jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, dan cacing. Karena pakan alami kurang higieni, sebainya dicuci atau dibersihkan dari kuman dan bakteri sebelum diberikan kepada louhan. Pakan alami dapat membuat warna louhan semakin cemerlang.

    Sedangkan pakan buatan dapat berupa pelet yang mengandung hormon ata pelet yang mengandung spirulina.pelet yang demikian dapat memicu pertumbuhan warna louhan, sehingga louhan menjadi lebih cemerlang dan indah.

    Pemberian pakan buatan mempercepat perkembangan warna louhan. Akan tetapi, pemberian pakan buatan yang berlebihan menimbulkan beberapa efek negatif. Misalnya munculnya warna di tempat yang tidak diinginkan (dibibir dan sirip). Bahkan jika over dosis dapat menyerang lever dan menyebabkna kematian oleh karena itu, pemberian pakan yang bervariasi akan menjamin kecukupan asupan vitamin dan gizi yang diperlukan louhan.

    C. Penyakit dan Penanganan Penyakit Louhan

    Penampilan louhan akan semakin memukau jika didukung dengan kesehatan yang baik. Louhan dapat terkena berbagai penyakit yang akan mengurangi nilai keindahnannya. Penyakit yang biasa menyerang louhan antara lain white spot, mulut bisulan, cacat atau luka, stres, serta kembung dan busuk mulut.

    1. Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

    White spot atau bintik adalah timbulnya bintik putih pada sisik louhan. White spot disebabkan oleh adanya jamur. Jamur ini muncul karena buruknya kualitas air yang digunakan. White spot merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Oleh karena itu, sebelum louhan terkena white spot, sebaiknya kualitas air yang digunakan selalu dijaga. Pemberian garam ikan ke dalam akuarium juga membantu mencagah munculnya white spot.

    2. Penyakit Mulut Bisulan Pada Ikan Louhan

    Louhan yang terkena mulut bisulan ditandai dengan bengkak merah pada mulutnya. Mulut bisulan dapat terjadi karena serangan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi akibat perkelahian, bakteri atau jamur, dan pakan yang tidak cocok.

    Multu bisulan dapat disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan dalam akuarium khusus. Mulut louhan yang bisulan diberi antibiotik. Selama dalam perawatan, puasakan louhan selama 2-3 hari. Setelah itu berikan pakan yang bergizi.

    3. Cacat atau Luka Pada Ikan Louhan

    Cacat atau luka pada louhan dapat terjadi karena berkelahi dengan ikan lain atau karena kualitas air yang jelek. Oenyakit ini dapat disembukan dengan mengisolasi louhan dalam akuarium khusus dan mengobati luka dengan menggunakan antibiotik. Selama dalam perawatan, louhan diberi pakan yang bergizi agar cepat sembuh.

    4. Stres Pada Ikan Louhan

    Jika warna tubuh louhan tiba-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, dan tingkah lakunya pasif, kemungkinan besar louhan tersebut mengalami stres. Louhan dapat mengalami stres karena berbagai hal. Misalnya penempatan akuarium yang salah, pakan yang buruk, takut terhadap musuh, atau sorot lampu dan warna baju.

    Untuk mengatasi stres pada louhan dapat dilakukan beberapa hal. Agar lou han tidak stres, akuarium diletkakan 80 cm di atas lantai, louhan diberi pakan yang sesuai, dipisahkan dari ikan lain, dan dibiasakan menghadapi berbagai macam keadaan agar tidak mudah kaget.

    5. Kembung dan busuk Mulut

    Jika perut louhan membengkak dan berwarna merah, kemungkinan louhan terkena penyakit busuk mulut. Penyakit ini dapat timbul karena pakan yang tidak higenis. Selain menyebabkan kembung merah, pakan yang tidak higenis dapat menyebabkan busuk mulut. Penyakit busuk mulut ditandai dengan bentuk bibir yang membengkak dan jontor.

    Kedua penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan cara pemberian obat. Caranya louhan diterapi selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur. Selama masa terapi louhan tidak diberi makan (dipuasakan). Selain cara tersebut, louhan juga dapt diterapi dengan menggunakan air hangat dan garam ikan. Selama menjalani terapi ini louhan dipuasakn selama 3 hari.
     
  5. wewe201002 M V U

    Offline

    U see ≠ U know

    Joined:
    Jul 24, 2012
    Messages:
    6,168
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +7,054 / -82
    MISTERI JENONG LOU HAN​


    Tampaknya sulit dipisahkan antara kehadiran “jenong”, atau “nongnong” atau tonjolan di kepala dengan kehadiran sosok seekor ikan Louhan. Bahkan seolah-olah sudah menjadi “trademark” bahwa ikan Louhan harus identik dengan kepala “jenong”. Tidak sedikit para hobiis Louhan akan kecewa kalau mendapati ikan Louhan peliharaannya ternyata tidak berkepala jenong.

    Apalagi bila ikan tersebut telah dipeliharanya sedari kecil dan dengan penuh harap bahwa kepalanya kelak akan jenong setelah dewasa. Berbagai upaya “mati-matian”pun tampak kerap dilakukan oleh para hobiis agar kepala ikannya bisa menjadi “jenong”, dari mulai memberi pakan jenis tertentu hingga melakukan berbagai macam perlakuan atau “latihan” .

    Keinginan agar memiliki kepala ikan jenong inipun tidak disia-siakan oleh para produsen pakan ikan. Berbagai produk pakanpun diluncurkan dan diklaim dapat menjenongkan kepala ikan Louhan, bahkan diantaranya menyebutkan produknya dapat membuat jenong dalam waktu singkat. Beberapa produk bahkan disertai dengan kesaksian para penggunanya yang telah membuktikan keampuhan pakan tersebut, sebagai daya tarik. Tidak urung produk pakan penjenong kepala ini pun sempat membuat miris beberapa pemelihara ikan hias jenis lain, karena dikhawatirkan pakan ini akan mampu menjenongkan kepala ikan peliharaan mereka yang justru tidak diharapkan menjadi jenong, seperti ikan Arwana, misalnya. Tampilan seekor arwana tentunya akan nampak “rusak” apabila kepalannya tiba-tiba tumbuh jenong akibat salah memberikan jenis pakan.

    Ikan dan “Jenong”
    Jenong, atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai nuchal hump, atau cranial bump pada kenyataanya bukan hanya didominasi ikan Louhan. Berbagai jenis ikan, terutama dari keluarga cichlid, yaitu keluarga asal muasal Louhan, telah sejak lama “berevolusi” membentuk jenong di kepala. Berapa jenis ikan dari keluarga lainpun diketahui pula memiliki jenong dikepala.

    Cyphotilapia frontosa merupakan salah satu contoh keluarga cichlid yang berkepala jenong. Ikan dengan tampilan bak kuda zebra dengan warna dasar kebiruan ini sudah sangat dikenal dengan jenong di kepalanya. Geophagus hondae, yang berasal dari Columbia, juga dikenal dengan jenongnya. Tidak diragukan lagi adalah Cichlasoma citrinelum (Amphilopus citrinellus) , dan C.Synspillum. Dua jenis ikan yang diduga merupakan cikal bakal dari Louhan ini memang merupakan jenis ikan yang memiliki kepala jenong yang tergolong “luar biasa”.







    [​IMG]
    C. Synspylum​
    [​IMG]
    C. Citrinellus​
    [​IMG]
    C. Frontosa​
    [​IMG]
    A. Rivulatus​
    Selain itu, deretan ikan lain, masih dari keluarga cichlidae, yang diketahui memiliki kepala jenong adalah Haplochromis moorii, Hypselecara temporalis, Acara facestus, Cichlasoma nigrofasciatum, Cichlasoma spirulum, Geophagus balzani, dan masih banyak lainnya. Disamping itu, kepala jenong pun diketahui pula dimiliki oleh jenis ikan lain diluar kaluarga cichlidae, termasuk mereka yang hidup di air laut.

    Misteri Jenong
    Penciri Seksual
    Kehadiran jenong pada ikan, khususnya keluarga cichlid sampai saat ini masih diperdebatkan. Kontroversi mengenai jenong ini masih terus bermunculan sejak berpuluh tahun lalu, bahkan hingga saat ini. Berbagai pendapat mengenai hal tersbut banyak dimunculkan oleh berbagai peneliti, berdasarakan hasil penelitian dan pengamatan yang mereka lakukan.

    Yang menarik, tidak sedikit diantara mereka yang mengatakan bahwa sebenarnya kehadiran jenong ini adalah sebagai penciri seksual. Yaitu penciri untuk membedakan antara ikan jantan dengan ikan betina. Hal ini berdasarkan kenyataan bahwa pada umumnya, ikan jantanlah yang sering memiliki jenong dikepala. Jenong ini bisa tumbuh sampai ukuran yang luar biasa. Munculnya jenong memang tampak membuat ikan yang bersangkutan menjadi gagah, dan indah. Tidak hanya manusia, atau terutama pemeliharannya yang merasa kagum, bahkan si ikan betinapun akan “klepek-klepek”, terpesona pada penampilan jantan yang demikian. Dikatakan bahwa penampilan jenong pada ikan jantan, selain sebagai daya tarik, juga akan mempermudah si betina dalam menentukan pilihan dalam menjadinya sebagai “bapaknya anak-anak”. Dari jenong inilah si betina akan dapat menilai bagaimana kualitas dari si jantan tersebut. Sehingga si betina akan dapat menentukan apakah jantan tersebut cocok atau tidak menjadi pedamping hidupnya dan meneruskan keturunannya. Ibaratnya jenong itu seakan memberikan gambaran berapa banyak “kekayaannya”, berapa jumlah mobilnya, masa depannya, kepribadiannya, rumahnya perusahaannya dan lain-lain.

    Akan tetapi ada suatu kecenderungan yang membuat para pengamat sempat tercengang, yaitu, ternyata apabila jenong ikan jantan tumbuh mencapai ukuran tertentu, justru akan ditinggalkan si betina. Tampaknya, hal ini, kurang lebih sama dengan sosok penampilan pada diri manusia (baca pria). Apabila tubuhnya atletis atau padat berisi mungkin akan terlihat macho dimata lawan jenisnya. Tapi apabila “ukuran tubuh”nya apalagi bagian perutnya, sudah mencapai ukuran tertentu, mungkin tidak akan banyak lawan jenis yang meliriknya. Kira-kira seperti itulah padanan jenong pada ikan yang diamati oleh para peneliti tersebut.

    Pendapat yang mangatakan bahwa jenong adalah penciri seksual, tampaknya tidak cukup kuat. Mengapa?. Karena ternyata,setelah banyak dilakukan pengamatan, banyak jenis ikan yang betinanya juga ternyata memiliki kepala jenong. Suatu hal yang cukup kontroversial. Meskipun demikian, pendapat ini masih kerap digunakan, dengan catatan bahwa ikan jantan, pada umumnya, akan memiliki jenong yang lebih besar daripada jenong yang dimiliki oleh ikan betina.

    Alat Berkelahi
    Pendapat lain mengenai jenong pada ikan adalah sebagai alat berkelahi, atau sebut saja sebagai semacam “sarung tinju”. Hal ini didasarkan pada pengamatan bahwa jenong sering dijumpai pada jenis-jenis ikan atau kelompok ikan yang suka berkelahi. Jantan oleh karenanya sangat relevan terkait dengan hadirnya jenong di kepalanya, karena jantanlah yang biasanya sering berkelahi karena berbagai alasan.

    Akan tetapi pendapat inipun tidak terlalu memuaskan. Mengapa??. Berdasarkan pengamatan lebih lanjut pada jenis-jenis ikan yang “gemar berkelahi”, dan tentu saja berjenong, ternyata banyak dijumpai bahwa ikan betinanya pun sering berkelahi. Jadi dalam kelompok tertentu ini, baik si jantan maupun betina sama-sama suka berkelahi. Tetapi yang memiliki jenong hanyalah ikan jantan saja. Oleh karena itu, pendapat bahwa jenong adalah alat berkelahi dianggap belum sempurna. Karena, menurut para pengamat ini, apabila jenong adalah alat berkelahi, maka betina pada kelompok ikan inipun mestinya tumbuh jenong dikepalanya.

    Cadangan Makanan
    Disamping dua pendapat diatas, tidak sedikit pengamat yang menyatakan bahwa jenong adalah tempat untuk meyimpan makanan. Hasil penelitian menyatakan bahwa jenong terdiri dari lemak. Kenyataan pun tampak mendukung pendapat ini, yaitu ikan yang dipelihara dalam akuarium cenderung memiliki jenong yang jauh lebih besar dibandingkan ikan yang hidup di habitat aslinya di alam.

    Kehidupan dalam akuarium akan menjamin suplai pakan yang kontinyu. Selain itu ruang gerak yang relatif sedikit memungkinkan suplai pakan yang dikonsumsi tidak terbakar habis menjadi energi, sehingga cadangan makan menumpuk sebagai jenong. Sedangkan di alam, mereka harus berebut makanan, yang mungkin saja tidak tersedia dalam jumlah berlimpang sepanjang tahun. Selain itu di alam, mereka dituntut untuk selalu bergerak aktif, sehingga tidak banyak kelebihan makanan yang bisa disimpan dalam bentuk jenong besar. Akan tetapi pendapat inipun medapat tentangan, karena ternyata selain lemak, jenong dikepala ini juga berisi air dalam jumlah relatif banyak.

    ********** Gerak dan Pelindung
    Jenong ikan diduga juga merupakan ********** gerak ikan dalam air, yaitu sebagai salah satu mekanisme hidrodinamik ikan untuk bergerak dalam air, seperti yang dijumpai pada ikan Salmon. Akan tetapi pada cichlid, bentuknya yang membulat dengan ukuran yang besar, justru dianggap hanya akan menjadi penghambat gerakannya, sehingga pendapat inipun diangap kurang memuaskan.

    Selain sebagai ********** gerak, ada juga yang berpendapat bahwa jenong merupakan alat pertahanan atau alat pelindung dari ikan tersebut dari para pemangsanya. Akan tetapi lagi-lagi pendapat ini mendapat tentangan. Apabila jenong adalah sebagai alat pelindung dari para pemangsanya mestinya ikan betina juga berhak memiliki jenong.

     
  6. near127 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    250
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,864 / -1
    Jenis Ikan Louhan


    1. Cencu/Zenzhu/Mutiara/Pearl Louhan
    Jenis :
    Jenis ini dibagi jadi dua tipe lagi, Klasik dan Modern.

    - Klasik , cirinya mutiara tidak terlalu dominan, keunggulan pada warna
    merah yang dominan dan cerah, sebagian besar mempunyai bodi yang
    eklipse, agak membulat, kepala umumnya bone head (jenong struktur
    tulang) ini berarti jenong tidak terlalu besar, tapi ini kembali dari
    moyangnya. Karena seperti anda ketahui lohan dikembangkan oleh
    ratusan breeder dengan rahasia masing-masing. Kelebihan tipe klasik
    adalah ukuran yang lebih besar dibanding tipe modern. Sirip tidak
    mudah layu. Saya disini tidak menulis nama-nama jenis ini karena sangat
    banyak dan membingungkan bahkan menurut saya “keterlaluan”
    [​IMG]

    - Modern, cirinya mutiara sangat dominan, sampai ke pipi, bahkan ke
    jenong (kualitas tinggi). Badan umumnya persegi, jenong sudah muncul
    ketika ukuran 10cm++. Tipe jenong biasanya adalah Water Head, disebut
    water head karena banyak unsur air pada jenongnya. Sangat mudah
    mengempis bila kondisi tidak sesuai. Mutiara pada jenis modern sudah
    tampak pada ikan ukuran 3cm. Jadi sangat mudah menentukan jenis
    klasik atau modern apabila anda ingin membeli anakan louhan.
    [​IMG]

    Sirip :
    Umumnya sirip Cencu adalah lunak, keindahan sirip ini akan semakin tampak
    bila semaking panjang dan agak lebar. Semakin tua seekor cencu maka siripnya
    akan sedikit kuncup, seperti betta fish (cupang).

    Head Marking :

    Karena moyang utama dari louhan cencu adalah amp. trimaculatus, maka
    dipastikan harus memiliki marking pada bagian kepala. Hati-hati dengan
    penjual louhan yang belum diketahui reliabilitasnya, apalagi anda membeli
    louhan pada ukuran 3 cm, jangan-jangan anda malah membeli red devil (karena
    pada ukuran 3cm, ada beberapa jenis cichlid yang mempunyai model yang
    mirip, yakni marking badan dan struktur tubuh).

    Body Marking :
    Grade A,B,C, sistem grade berdasarkan garis marking dari bodi, grade A
    marking sampai pipi, B, marking setengah badan, C, marking hanya 1 atau 2 di
    bagian badan. Hati-hati memilih anakan louhan berdasarkan marking, bisa saja
    marking itu hilang pada saat louhan dewasa, namun ada patokan pasti untuk
    memilih anakan louhan dengan marking yang pasti. Pilihlah anakan dengan
    marking yang dikelilingi oleh mutiara berwarna mengkilap silver. Marking ini
    tidak akah hilang walau ikan sudah dewasa.

    Male/Female :
    Menentukan kelamin dari jenis ini gampang-gampang susah. Cara mudahnya,
    lihat sirip bagian atas, apabila ada spot hitam pada siripnya maka itu adalah
    betina (moyang amp. trimaculatus), tapi hal ini tidak berlaku untuk cencu jenis
    double grade (marking ganda) dan pada chinghwa, karena hasil cross breed
    yang berbeda.
    Cara lainnya adalah melihat kelamin (venting), tapi karena venting ini
    mengandung resiko tinggi, anda cukup memperhatikan tidak perlu mengambil
    ikan dari akuarium. Kelamin pada ikan jantan biasanya menonjol lancip,
    kemudian pada pangkal kelamin menyempit. Sedangkan pada betina
    kebalikannya, kelamin agak lebar dan tonjolan tidak terlalu kelihatan.
    Cara lainnya, ingat cara ini hanya berlaku pada jenis louhan cencu. Cara ini bisa
    diterapkan untuk memilih anakan pada ukuran 3cm sekalipun, tapi anda harus
    benar-benar jeli. Amati bagian mulut bawah sampai bagian perut dengan insang,
    cencu jantan biasanya mempunyai lekukan menonjol dibagian perbatasan perut
    dengan mulut bagian bawah, kalau saya menyebutnya ‘jakun’. Kalau ditarik
    garis, maka bisa disebut seperti ini, lurus-menekuk-lurus. Pada betina cencu
    biasanya tanpa lekukan ini.


    Moyang :
    Beberapa jenis cichlid ini adalah moyang dari cencu.
    [​IMG]

    2. Kim Hwa/Cing Hwa/Jin Hua/Kamfa/Golden Flower
    Jenis ini sedang tren walau mungkin akan digeser oleh jenis-jenis baru seperti
    Storm, Rainbow King, dan Super Red Synspillum (SRS). Soal nama paling enak
    kalau kita lafalin kamfa, Sebenarnya Kamfa hasil pengembangan dari Louhan
    pertama kali yaitu Hua Lou Han, jadi sebelum ada Louhan yang sekarang, 10
    tahun yang lalu sudah dikembangkan generasi awal dari Kamfa.
    Istilah nama :
    Kim=Cing=Jin=Emas/Golden
    Hwa=Hua=Fa=Bunga/Flower
    Ciri-ciri dapat diuraikan sebagai berikut :
    Sirip :
    Menentukan kamfa atau bukan adalah sirip, harus kaku dan lebar, sejak kecil
    kamfa sudah menunjukkan siripnya yang kaku, lebar dan selalu berdiri kalau
    sedang beraktifitas. Untuk menentukan lebar tidaknya, ambil patokan sirip atas
    dekat kepala, kamfa mempunyai perbedaan lebih lebar +- 2mm dibanding lohan
    cencu pada ukuran bodi 3cm.
    Pada bagian ekor, ekor kamfa mengembang berbentuk kipas dan sirip bawah
    lebar merapat ke ekor, semakin besar akan semakin rapat, ini yang dinamakan
    wrap tail (sirip menutup).

    [​IMG]

    Head Marking :
    Head Marking pada kamfa tidak boleh besar, bahkan seharusnya tidak tampak
    sama sekali, walau ada berarti sudah dikawinsilang dengan jenis cencu.

    Body Marking :
    Untuk sistem grade, kamfa sama dengan cencu ada grade A,B,C, tapi umumnya
    penilaian (saat kontes) marking hanya 10%, beda dengan penilaian cencu yang
    bisa mencapai 15-20%. Marking kamfa biasanya hitam solid dan tidak harus
    marking bergaris-garis/bertingkat.
    [​IMG]

    Male/Female :

    Menentukan jenis kelamin kamfa kecil sangat sulit, pada umumnya harus
    mengunakan cara venting, atau pengamatan kelamin. Cara lain , tunggu sampai
    berukuran 10-15cm, apakah menetaskan telur atau tidak, ingat louhan dapat
    menetaskan telur tanpa adanya penjantan, tapi yang pasti tidak akan jadi
    burayak.
    Pada Kamfa warna hitam pada sirip atas bukan jaminan pasti untuk
    menentukan jantan atau betina. Namun umumnya betina tidak jenong dan
    bentuk muka terlihat lebih lancip.


    Moyang :

    Perkiraan moyang dari kamfa sebagai berikut :
    [​IMG]
    [​IMG]

    3. Golden Red/Taitong/Jin Kang/Cing Kang

    Ada juga yang menyebutnya golden trimaculatus. Ciri khas dari golden red
    adalah warna kombinasi kuning/orange dan merah. Untuk mendapatkan warna
    tersebut, jenis ini akan bermutasi terlebih dahulu. Mutasi yang dimaksud adalah
    transformasi sisik dari warna biasa (seperti louhan umumnya) ke warna hitam
    arang, kemudian menjadi warna kombinasi kuning dan merah.
    Ciri-ciri fisik dari golden red adalah sama dengan cencu, bahkan sebelum mutasi
    baik bentuk maupun marking sama persis dengan cencu pada umumnya.

    [​IMG]


    Moyang :
    Untuk mendapatkan golden red dengan mutiara full, kemungkinan breeder
    menggunakan cencu modern (full pearl) dengan golden red, jadi tidak
    menggunakan pure cichlid.
    [​IMG]

    4. Red Texas/Super Red Texas

    Jenis ini asli buatan thailand seperti halnya golden red. Dari segi penampilan
    dan nama dapat ditebak kalau moyang SRT adalah Texas Chiclid.
    Sebutan dari texas ada Blue/Green Texas, tapi ada 2 jenis pure chiclid yang
    dapat disebut texas :
    [​IMG]

    Kemungkinan besar hasil silangan salah satu dari kedua texas diatas dengan Red
    Citrinellum dan Golden Red akan menghasilkan Super Red Texas
    [​IMG]

    5. Rainbow King
    Jenis ini sangat memukau dan indah, bodi kotak, marking horizontal, warna
    merah kuning , ada beberapa ikan yang memiliki warna kebiruan. Hati-hati
    memilih rainbow king, marking horizontal sudah muncul ketika masih anakan 3
    cm, dan bodi tampak kebiruan. Pertama kali dibuat di singapore dan sempat
    menjadi grand champion, setelah itu RBK (singkatan RainbowKing) meledak
    dipasaran.
    Di antara para penjual banyak yang menjual Rainbow Kamfa tapi disebut
    Rainbow King, jangan mudah percaya, anda harus melakukan sedikit research
    untuk membedakan rainbow king. Anakan seperti synspillum, bentuk kepada
    dari samping berbentuk bundar (rounded) tidak lancip.
    Apakah Rainbow King bisa disebut kamfa? bisa ya bisa tidak, tapi bagi saya ini
    tetap louhan. Name does not matter!

    Lebih mudah mengamati dengan gambar-gambar berikut :
    [​IMG]

    6. Super Red Synspillum (SRS)

    Asli buatan thailand, bodi cenderung merah bata (kecoklatan)sedikit orange
    seluruh badan. Boleh dibilang SRS ini adalah Kamfa-nya thailand. SRS ini
    sangat specific karena sudah jelas patokan standardnya.
    Mata harus putih/kuning, Warna jelas merah bata, Sirip lebar kaku, Jenong jenis
    water head, Head Marking sama sekali tidak ada, bodi marking biasanya tipis.
    [​IMG]

    7. Storm

    Yang satu ini memang fenomena baru, sangat lain dari louhan yang ada. Belum
    banyak terungkap rahasia dibaliknya. Asli buatan thailand, saat ini belum begitu
    populer di indonesia, tunggu saja waktunya.
    [​IMG]



    Ref
     
  7. near127 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    250
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,864 / -1
    Tips Memilih dan Merawat Ikan Louhan


    Mungkin sahabat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Ikan Louhan karena Ikan Louhan ini sudah cukup populer di berbagai penjuru Dunia, Ikan Louhan juga salah satu ikan yang dikatagorikan kedalam golongan Ikan hias, Karena bentuknya yang unik yaitu mempunyai cici khas kepala yang nongol (Jenong) dan warna yang menarik. Ikan Louhan ini setandarnya terbagi menjadi dua jenis yaitu Ikan Louhan jenis Bonohead dan Ikan Louhan jenisWaterhead. Ikan Louhan jenis Bonohead pada umumya mempunyai kepada yang tidak terlalu jenong atau biasa disebut dengan jenong batu, dan Ikan Louhan jenis ini biasanya tidak akan memiliki jenong yang signifikan. Sedangkan Ikan Louhan jenisWaterhead atau biasa disebut dengan Ikan Louhan Jenong Air biasanya mempunyai Jenong yang cukup besar.

    Nah sekarang apabila sahabat ingin memelihara Ikan Louhan sebaiknya pilihlah Ikan Louhan yang layak untuk dipelihara, berikut tips memilih ikan louhan yang baik :

    • Pilihlah Ikan Louhan yang sehat, jangan membeli Ikan Louhan yang yang sakit, biasanya Ikan Louhan yang sakit akan ditandai dengan bercak bercak putih atau jamur yang menempel pada tubuhnya
    • Jika membeli Ikan Louhan anakan maka pilihlah Ikan Louhan dengan kepada yang Jenong, karena anakan Ikan Louhan yang jenong maka Ikan Louhan tersebut akan tumbuh dengan Jenong yang lumayan besar
    • Pilihlah Ikan Louhan yang mempunyai badan pendek dan kekar, karena Ikan Louhan yang seperti ini cenderung agresif dan mempunyai daya tarik tersendiri
    • Pilihlah Ikan Louhan dengan warna sisik yang contras
    • Selanjutnya pilihlah Ikan Louhan yang agresif dan sudah terbiasa dengan manusia, ini dilakukan untuk menghindari dari Ikan Louhan yang stress

    Nah jika sahabat sudah membeli Ikan Louhan dengan kriteria tersebut diatas sekarang bagaimana cara merawat Ikan Louhan supaya tetap sehat dan mempunyai warna yang bagus. memang untuk memelihara Ikan Louhan cukup agak sulit tetapi kalau sahabat terus bereksperiment maka akan menghasilkan Ikan Louhan dengan kwalitas yang di inginkan. berikut tips memelihara Ikan Louhan menurut versi sundaboy :

    • Sesuaikan ukuran aquarium dengan Ikan Louhan milik sahabat, idealnya ukuran aquarium harus lebih besar 3/4 dari ukuran Ikan Louhan
    • Pastikan memasang sirkulasi air yang sesuai dengan ukuran aquarium
    • Selalu memasang heater pada aquarium yang berisi Ikan Louhan
    • Usahakan untuk mengganti air aquarium minimal 1 minggu sekali sebanyak 1/4 dari seluruh air aquarium
    • Usahakan untuk sering berinteraksi dengan Ikan Louhan peliharaan sahabat, dengan cara mengajak bermain main dengan tangan atau cermin yang ditempelkan ke aquarium
    • Jangan sesekali memberikan makanan Ikan Louhan yang sudah kadaluarsa, ini untuk menghindari dari keracunan yang bisa mengakibatkan Ikan Louhan sakit bahkan mati
    • Berikan makan minimal 2x sehari pada pagi dan sore hari
    • Berilah pakan hidup minimal 3 hari sekali seperti cacing beku, udang,dll
    • Jangan memberikan cahaya lampu yang terlalu berlebihan

    Untuk menghasilkan Ikan Louhan yang bagus sesuai dengan keinginan sebenarnya tergantung pada jenis Ikan Louhan itu sendiri, kalau jenis Ikan Louhan yang dipelihara tidak jenong maka gimanapun kita memeliharanya atau memberikan pakan dan obat untuk menumbuhkan kepala jenong Ikan Louhan etap tidak akan pernah jenong. jadi sahabat kalau ingin Ikan Louhannya Jenong pilihlah Ikan Louhan jenis Waterhead.

    Begitupun dengan warna, kalau dasarnya mempunyai warna yang bagus maka sahabat tidak perlu lagi memberikan obat perwarna karena pada dasarnya warna Ikan Louhan yang contras akan menghasilkan Ikan Louhan dengan warna yang contras juga.

    Kwalitas Ikan Louhan yang baik tergantung pada jenis Ikan Louhan yang sahabat pelihara, untuk pemeliharaanya sebenarnya caranya sama saja



    ref
     
  8. near127 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    250
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,864 / -1
    Cara Memberi Makan Louhan


    Berikut beberapa cara dalam pemberian pakan untuk Louhan :
    JANGAN membiasakan 1 macam menu makan ke pada ikan louhan
    JANGAN meninggalkan makanan di Aquarium entah itu pakan hidup / pelet ..... Sisa makanan setelah 10 mnt angkat ....dari Aqua
    Intinya .... Louhan butuh beberapa vitamin dan Protein tinggi Untuk louhan yg masih dalam masa pertumbuhan
    Jadi .... alangkah bijaksananya kalau adanya vareasi makanan.
    Sisa makanan yang tidak di makan akan berkibat menjadi zat racun bagi louhan. EX: menjadi Amoniak. So ... Kotoran dan makanan yg ga di makan harus NOL di aquarium



    ref
     
  9. near127 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    250
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,864 / -1
    Penyakit dan Penanganan penyakit Ikan Louhan



    Penampilan louhan akan semakin memukau jika didukung dengan kesehatan yang baik. Louhan dapat terkena berbagai penyakit yang akan mengurangi nilai keindahnannya. Penyakit yang biasa menyerang louhan antara lain white spot, mulut bisulan, cacat atau luka, stres, serta kembung dan busuk mulut.

    1. Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan White spot atau bintik adalah timbulnya bintik putih pada sisik louhan. White spot disebabkan oleh adanya jamur. Jamur ini muncul karena buruknya kualitas air yang digunakan. White spot merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Oleh karena itu, sebelum louhan terkena white spot, sebaiknya kualitas air yang digunakan selalu dijaga. Pemberian garam ikan ke dalam akuarium juga membantu mencagah munculnya white spot.

    2. Penyakit Mulut Bisulan Pada Ikan Louhan Louhan yang terkena mulut bisulan ditandai dengan bengkak merah pada mulutnya. Mulut bisulan dapat terjadi karena serangan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi akibat perkelahian, bakteri atau jamur, dan pakan yang tidak cocok. Multu bisulan dapat disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan dalam akuarium khusus. Mulut louhan yang bisulan diberi antibiotik. Selama dalam perawatan, puasakan louhan selama 2-3 hari. Setelah itu berikan pakan yang bergizi.

    3. Cacat atau Luka Pada Ikan Louhan Cacat atau luka pada louhan dapat terjadi karena berkelahi dengan ikan lain atau karena kualitas air yang jelek. Oenyakit ini dapat disembukan dengan mengisolasi louhan dalam akuarium khusus dan mengobati luka dengan menggunakan antibiotik. Selama dalam perawatan, louhan diberi pakan yang bergizi agar cepat sembuh.

    4. Stres Pada Ikan Louhan Jika warna tubuh louhan tiba-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, dan tingkah lakunya pasif, kemungkinan besar louhan tersebut mengalami stres. Louhan dapat mengalami stres karena berbagai hal. Misalnya penempatan akuarium yang salah, pakan yang buruk, takut terhadap musuh, atau sorot lampu dan warna baju. Untuk mengatasi stres pada louhan dapat dilakukan beberapa hal. Agar lou han tidak stres, akuarium diletkakan 80 cm di atas lantai, louhan diberi pakan yang sesuai, dipisahkan dari ikan lain, dan dibiasakan menghadapi berbagai macam keadaan agar tidak mudah kaget.

    5. Kembung dan busuk Mulut Jika perut louhan membengkak dan berwarna merah, kemungkinan louhan terkena penyakit busuk mulut. Penyakit ini dapat timbul karena pakan yang tidak higenis. Selain menyebabkan kembung merah, pakan yang tidak higenis dapat menyebabkan busuk mulut. Penyakit busuk mulut ditandai dengan bentuk bibir yang membengkak dan jontor. Kedua penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan cara pemberian obat. Caranya louhan diterapi selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur. Selama masa terapi louhan tidak diberi makan (dipuasakan). Selain cara tersebut, louhan juga dapt diterapi dengan menggunakan air hangat dan garam ikan. Selama menjalani terapi ini louhan dipuasakn selama 3 hari.




    ref
     
  10. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,832
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,338 / -7
    World's Most Expensive Aquarium Fish

    Whilst aquarium fish are often promoted as a cheap pet option, the following amazing specimens are far from it.

    Whilst it can be sad to find your recently purchased pet floating upside down at the top of the water, imagine the additional trauma that would be experienced by the new owners of these incredibly costly fish. Many of the most expensive fish are produced and traded in the Far East, where the production of the perfect animal is both a passion and a business, and fish are held in high esteem, frequently for cultural reasons.












    [​IMG] [h=2]Koi Carp[/h]

    Strictly speaking best kept in ponds rather than aquariums, Koi carp are the original expensive fish. Bred from colour mutations in common carp which were used as food by the Japanese, the word Koi simply means carp, and the correct term is Nishikigoi, meaning brocaded carp, in reference to the decorative fabrics which are often made of coloured silks and patterned with gold and silver threads. Koi are regarded as symbols of love and friendship in Japanese culture.

    To the layman it can be hard to tell why some fish are worth so much more than others. In the Koi trade, the key factors are often age, source, and standard for that variety. Koi develop their colouration as they age and if they are developing the right way will increase their value as they get older, Koi imported from the best breeders usually command better prices, and Koi that closely match the set standard for their particular colour pattern have show potential and may be even more valuable.

    The actual price paid for a specific fish is often concealed for tax purposes or buyer/seller privacy, but common estimates are that the most costly Koi have been sold at around US$143,000-UK £89,303.One supplier states that the last All Japan Show 2006 Grand Champion is thought to have sold for 365,000 dollars- that’s £227,612!
    [​IMG] [h=2]Flowerhorn Cichlid[/h]

    This is a man-made variety of cichlid, a hybrid believed to have been created from a combination of red devil cichlids, trimac cichlids and another artificially created species, the blood parrot cichlid. The protruding forehead, colouration and long flowing tail of the best specimens are believed to bring good luck and harmony to their owner. The bigger the hump in the forehead, the greater the luck it will attract. Some Flowerhorns appear to carry Chinese letters in their markings, and these can sell for very high prices where the letters are particularly desirable.

    Rumours abound about the spectacular figures that some specimens have commanded. A report from Borneo suggests that a Singaporean businessman had parted with 180,000 Singapore Dollars (about 142,630.75 US dollars and 89,000 pounds in the UK) for a Golden Horn, and there is also talk of a Flower Horn selling at a Malaysian exhibition for 600,000 dollars.
    [​IMG] [h=2]Arowana[/h]

    Over recent years the predatory Arowana has become a popular pet among the extremely wealthy. The Chinese believe that they resemble dragons and regard them as symbols of luck, family wealth, health, harmony and as protection from evil. They are bred in Indonesia, Malaysia and Singapore and shown extensively in competitions where their mark is determined by their colour, shape, and the structure of the fins, tail and mouth. The top competition fish soon acquire an impressive reputation and demand the highest prices to trade hands.

    At one UK site imported Asian Arowanas are on offer for between £120 and £5,200 ($8,338 US), the latter being an impressive show quality fish, with a certain mutation available for even more. This is the two headed Arowana, previously exhibited in Singapore, fed and nurtured since hatching by the breeder even though it is unable to swim and left to nature would quickly have died. It has been termed the Siamese Arowana and can be purchased for £58,000 ($93,000).

    The world’s most expensive example of this fish is thought to be a Platinum Arowana, white in colour through an extremely rare mutation. Even though it is physically imperfect, suffering from the a common problem in captive Arowanas, ‘droop eye’ where the eye turns downwards, it was once seen on offer for £200,000 at a UK importer site- that’s $320,000 US dollars. It has since been stated that this fish is not for sale.
     
  11. scarlet26 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 17, 2011
    Messages:
    3,467
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +18,904 / -3
    Overall Analysis of Flowerhorn Fish (Louh-Han)




    [​IMG]
    The Flowerhorn is a very interesting creature. It was the focus of a major craze in Singapore and other parts of Asia in 2003. Behind this fish therefore lies many interesting myths, facts, as well as the story of the large impact it made on the Singaporean society.

    An artificial fish produced from the cross-breeding of two hybrids, this fish has a unique appearance, and serves well as an ornamental fish to decorate homes and offices. Also an aggresive, but easily tamed, hardy and active fish, it serves well as a pet and its rearing can be a fun hobby for both young and old.

    There are also many myths and superstitions behind the fish, most of which probably originated from old people, aquarium shop owners, as well as Feng Shui masters. Some of the body parts of the Flowerhorn resemble that of ancient Chinese gods, and sometimes Chinese characters, gold, or other "prosperous" or "lucky" items and mythycal beings, and because of these resemblences, the Flowerhorn is believed to be able to bring prosperity, success, protection from evil etc to their owners.

    All of these and other social factors in turn led to the Flowerhorn Craze of 2003. The craze involved the sky-rocketing of the price of the fish, along with the sudden sprouting of aquarium shops and other phenomena. The ornamental fish trade boomed, after years of sluggish local business after the economic slumps.

    The craze ended sometime in late 2003 to early 2004. Prices and production rates dropped together with the demand for the fish, and after the craze, many investors were left with many Flowerhorn fish that few people wanted. Because the fish was carnivorous had a voracious appetite, maintaining these fish deemed a pricey job, most of these fish were eiter exported, killed or thrown away and released into the wild. The Flowerhorn, being a hardy fish, many of them that were released into the wild managed to adapt to the wild environment all over again, and began to feed on other marine organisms, eventually wrecking ecological havoc. This problem was more significant in countries like Malaysia.

    There are many lessons that can be drawn from the Flowerhorn Craze and the impacts the Flowerhorn made on the economy, the environment, as well as the society. Such lessons include, with regards to protecting the green earth, learning not to carelessly release artificial creatures into the wild to prevent harm to the environment, with regards to smart consumer habits, not blindly believing in superstitions or rumours, and with regards to smart investment, learning how to seize opportunities and ditch them as soon as they begin to fall. All in all, the Flowerhorn fish has a very interesting background, and also brought about a major impact not only in Singapore but other parts of Asia. It is a subject well worth researching and understanding, for there are many lessons we can learn through this.


    Source
     
  12. near127 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 21, 2010
    Messages:
    1,436
    Trophy Points:
    250
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +12,864 / -1
    KOMPOSISI PAKAN LOUHAN YANG BAIK



    [​IMG]

    Begitu banyak pakan ikan louhan yang beredar di pasar saat ini dengan menawarkan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Begitu banyaknya penwaran ini terkadang malah membuat louhanmania menjadi bingung mana yang mesti dibeli dan baik untuk louhan kesayangannya. Belum lagi adanya strategi pemasaran dari produsen pakan tersebut yang melakukan diferensiasi produk dengan cara memecah-mecah fungsi dari pakan tersebut. Ada yang untuk merangsang warna, mutiara dan nongnong kepala,namun ada juga yg menwarkan two in one rangsang warna dan mutiara dan ada juga yang menawarkan three in one rangsang warna, mutiara dan juga nongnong.

    Lalu bagaimana kita menentukan sikap dan memutuskan suatu sikap untuk membeli suatu pakan yang tepat untuk Louhan kesayangan kita ? Penulis berusaha membahas permasalahan tersebut secara sederhana berdasarkan klasifikasi ikan.

    Berdasarkan makanannya , saat ini dikenal ada 4 kelompok ikan, yaitu : karnivora , herbivora, omnivora dan limnivora.


    Karnivore secara alami sebagai predator dan pemakan ikan yang lebih kecil,serangga, larva serangga dan udang-udangan. Ikan ini memiliki kantung makan yang besar dan alat pencernaan yang pendek. Dalam akuarium ikan jenis ini dapat diberi pakan hidup atau pakan buatan.

    Herbivora adalah pemakan tumbuhan/sayuran,buah dan ganggang. Ikan ini memiliki alat pencernaan yang panjang dan suka makan beberapa kali. Di akuarium ikan jenis ini dapat diberi pakan buatan,sayuran dan tumbuhan

    Diantara kedua jenis ikan tersebut diatas ada ikan yang dapat makan sayuran dan juga daging, yaitu yang disebut omnivora. Ikan ini di alam memakan berbagai jenis makanan yang tersedia seperti ikan yang lebih kecil,serangga, larva serangga,udang-udangan,ganging,sayuran dan buah.Di akuarium ikan ini dapat diberi pakan hidup atau pakan buatan dan sayuran.

    Limnivore atau dikenal juga sebagai ikan pemakan Lumpur. Di alam pemakan ganggang dan microorganisme yang ada dihabitatnya.Ikan jenis memiliki kantung makan yang kecil dan makan dalam frekwensi yang sering serta memiliki alat pencernaan yang panjang. Di akuarium ikan jenis ini dapat diberi pakan buatan ataupun ganggang.

    Louhan adalah ikan cichlid dan termasuk dalam kategori ikan karnivora, karena itu berdasarkan table diatas, maka pakan ikan Louhan yang baik adalah harus memenuhi ketentuan table diatas, yaitu kandungan lemak/fat-nya harus antara 3-6%, Serat/Fiber antara 2-4%, dan kandungan Protein-nya antara 45-70% ,sedangkan untuk kandungan moisturenya semakin rendah semakin baik.

    Dari kandungan tersebut diatas, ada dua kandungan yang harus diperhatikan dengan seksama, yaitu kandungan serat dan abu/ash.Serat/fiber adalah bahan yang sukar dicerna, oleh karena itu semakin rendah kandungan serat/fibernya akan semakin baik sehingga si ikan tidak harus bekerja keras untuk mencerna makanan tersebut.Jika ada pakan yang kandungan seratnya lebih dari 4% sebaiknya dipikir ulang untuk membelinya. Serat/fiber ini bukan Cuma untuk ikan sukar dicerna, bahkan untuk manusia juga demikian.

    Oleh karena itu dianjurkan demi kesehatan kita sehabis mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk minum air paling sedikit dua liter air guna membantu pencernaan kita dalam mencerna makanan tsb. Ikan air tawar relatif tidak minum dalam hidupnya. Oleh karena itu bisa dibayangkan betapa “kerja kerasnya” si ikan tsb jika pakan yang diberikan kandungan serat/fibernya tinggi. Kandungan lainnya yang perlu diperhatikan adalah ash/abu. Kandungan ini sebenarnya adalah “sampah” dan tidak ada manfaatnya serta sukar dicerna pula. Oleh karena itu semakin rendah semakin baik.

    Sekarang penulis coba bawa para pembaca memahami zat additive yang sering ditambahkan pada pakan buatan.

    1. Vitamin dan mineral.

    Pada dasarnya ada sekitar 15 jenis vitamins yang dibutuhkan oleh ikan,tetapi tidak semua jenis ikan membutuhkan kelima belas jenis vitamin tersebut.Perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Dari vitamin-vitamin tersebut yang sangat penting adalah vitamin C dan D.Pengetahuan manusia tentang kebutuhan vitamin bagi ikan masih sangat sedikit sampai saat ini.Vitamin ini dibutuhkan ikan untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatannya.Demikian juga halnya dengan mineral. Mungkin dilain kesempatan penulis akan coba uraikan satu persatu tentang fungsi dari vitamin dan mineral.Yang ingin penulis sampaikan disini dalam hal vitamin adalah bahwa banyak sekali para LouhanMania yang suka membuat pakan sendiri dan karena kebingungan mencari vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan , maka digunakanlah vitamin untuk anak dan calcium untuk ibu hamil. Sebaiknya jika anda melakukan ini sejak saat ini dihentikan, karena vitamin untuk manusia berbeda dengan vitamin untuk hewan, terutama jenis vitamin D.


    2. Colour Enhancer dan Head Huncher
    Para LouhanMania terobsesi untuk melihat ikan kesayangannya memperlihatkan keindahannya berdasarkan persepsi yang dimiliki. Oleh karena itu berbagai cara dilakukan dan terkadang bisa membuat geleng-geleng kepala jika kita melihat perlakukan yang mereka lakukan terhadap ikan kesayangan mereka. Sampai-sampai ada joke : “Jika Louhan diberi bunglon bisa memiliki kemampuan seperti bunglon, maka pastilah bunglon akan diburu habis untuk pakan Louhan supaya kemampuan metamorfosenya pindah ke Louhan.”

    Keindahan Louhan diantaranya adalah diukur dari kecemerlangan dan keindahan warna/mutiara yang ditampilkan dan juga kebesaran jenong kepalanya. Untuk mencapai ini banyak hal dilakukan oleh para LouhanMania. Oleh karena itu pakan-pakan buatan yang menawarkan peningktan ketiga hal tersebut sangat laku dipasaran.

    a. Colour Enhancer
    Berdasarkan literature yang banyak penulis baca, peningkatan warna pada ikan hias dapat dilakukan dengan cara yang benar dan juga dapat dilakukan dengan cara yang “tidak benar” . Yang ingin penulis sampaikan adalah cara meningkatkan warna Louhan dengan cara yang benar dan “Manusiawi”. Pada dasarnya ikan jenis karnivore tidak dapat mensintesa karoten ,karena itu harus disuplai dari pakan yang diberikan.Sejauh ini telah dapat diidentifikasi kurang lebih 600 jenis pigmen warna yang ada di alam,terutama dari ganggang.Sejauh ini ganggang yang mengandung pigmen warna tertinggi yang telah diketahui adalah ganggang Haemotococus Pluvialis. Ganggang ini menghasilkan pigmen warna merah,orange dan kuning. Disamping itu juga ada spirulina yang mengandung pigmen warna hijau dan biru. Ada banyak pakan alami yang mengandung pigmen warna seperti udang, kepiting, lobster, dan juga ikan salmon. Sedangkan untuk tanaman yang banyak mengandung pigmen warna ada wortel, paprika, kangkung, bayam , daun lamtoro dan banyak lagi lainnya. Perlu diingat bahwa pakan alami yang mengandung pigmen warna tidak 100% aman dikonsumsi oleh ikan. Disamping kandungan pigmen warna yang dibutuhkan , di pakan alami tersebut juga ada zat-zat tertentu yang cukup berbahaya bagi ikan, karena itu kita harus berhati-hati dalam mengolah pakan alami tersebut sebelum diberikan kepada ikan kesayangan kita.Sebagai contoh daun lamtoro memang mengandung pigmen warna dan harganya sangat murah bahkan bisa gratis mudah didapatkan tapi di daun lamtoro ada kandungan zat racun yang disebut mimosin yang pada ikan dapat mengakibatkan pertumbuhan ikan terhambat. Di kepala udang ada kandungan zat beracun yang disebut kitin.

    b. Head Huncher

    Louhan identik dengan kepala yang nongnong besar. Ada sebagian hobies yang akan kecewa berat jika Louhan kesayangannya tidak bisa jenong. Sehingga segala cara dilakukan oleh hobies agar Louhan kesayangannya menjadi jenong. Mengenai jenong kepala louhan ini sampai saat ini masih menjadi misteri karena penelitian atas jenong louhan ini masih terbatas dan banyak dirahasiakan. Berdasarkan pendekatan empiris dan pengalaman para Hobies, diyakini bahwa jenong kepala Louhan ini berisi lemak dan protein sebagai cadangan makanan. Ada juga yang percaya bahwa Jenong ini sebagai “senjata”, karena itu ada metode “cermin” untuk meningkatkan jenong louhan. Berdasarkan pengalaman dan percobaan yang penulis lakukan dengan pakan yang penulis buat sendiri,dapat ditarik kesimpulan bahwa protein, lemak dan calcium serta beberapa zat lain dapat merangsang pertumbuhan jenong kepala. Dari hasil percobaan pemberian pakan yang penulis buat, jenong kepala Louhan dapat meningkat secara bertahap dalam waktu 2 s/d 10 minggu tergantung dari ikannya. Texas milik penulis yang tadinya sama sekali tidak ada bakalan nongnong setelah pemberian pakan yang penulis buat selama 10 minggu mulai menampakan jenongnya dan makin membesar sekarang.Penulis saat ini sedang melakukan percobaan lagi terhadap ikan jenis fire hawk dan Kamfa. Hasilnya akan penulis ceritakan dalam tulisan mendatang.

    Kesimpulan.
    Berdasarkan uraian singkat diatas, dapat kita simpulkan bahwa komposisi pakan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Louhan sebagai ikan karnivora adalah : Kandungan Protein antara 45-70%, kandungan serat/fibernya antara 2-4%, kandungan lemaknya antara 3-6% serta mengandung protein dan mineral yang dibutuhkan oleh ikan. Colour enhancer dan head huncher yang digunakan sebaiknya adalah zat yang aman dan tidak membahayakan ikan. Lebih baik menghindarkan pemakaian pakan yang mengandung hormon perangsang. Sehubungan serat/fiber tidak dapat dicerna oleh ikan semakin rendah kandungannya semakin baik, lebih baik menghindarkan pakan yang mengandung serat/fiber lebih dari 4%.


    sumber
     
  13. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,832
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,338 / -7
    Basics of Flower Horn Fish Keeping



    This article below is a basic guide on keeping flower horn fish. It has been compiled by our experienced breeders. Be aware that there may be some information which are not available. If you have further questions, please do not hesitate to contact us.

    Temperature
    Like most tropical fish, flower horn thrives in temperature between 20-30°C. Ideal or recommended temperature will be around 28-31°C.

    Water Condition
    One of the important criteria in flower horn fish keeping is the pH level of the water the it lives in. pH level is actually the measure of acidity or alkaline of the water. The pH scales ranges from 0 to 14. Flower horn fish requires moderately alkaline water, ideally between 7.5 to 8.0. In order to maintain stable water conditions, it is advisable to have a regular water change interval of once a week. It is also advisable to mix a portion of crushed coral with the gravel. This will further maintain pH stability. Like any other fish, sudden or drastic changes on the pH level can be detrimental to the flower horn fish. As precaution, it will be great to check the pH of the water periodically.

    Filtration System
    On the overall, flower horn fish is easily maintained. No doubt that it is a hardy breed. But to bring out the best of the fish (be it coloration, nuchal hump and overall health), we should incorporate an efficient filtration system. There are quite a number of filtration systems in the market. Ideally the filtration system should have these criteria:
    • Easily cleaned
    • Efficient mechanical pre-filter
    • A biological system that is protected from clogging
    Last but not least, regular / periodic partial water changes is also important.

    Water Change
    For some hobbyist, water change is a chore that they dreaded most. In order to have a well maintained tank, periodic partial water change should be done at least once a month. Be aware that clear water with stable water pH and excellence water temperature does not indicate that the water in the tank is clean. Besides, there is no filtration system that is able to keep the tank 100% clean. Furthermore, regular water change will ensure the growth and health of the fish. Be doubly aware that regular topping up of the water in the tank does not count as water evaporates. The waste from the fish still stays behind.

    Water Movement / Flow
    Most of the time, the flow of the water in the tank is overlooked by hobbyist. But it is vital to the health of the fish.
    Below are some of the important factors:
    • Alleviate the possibility of thermal layering. In other words, uneven distribution of water temperature.
    • It also helps to distribute oxygenated water in the tank.
    • It prevents the formation of thin film on the water surface that will hinder the gaseous exchange between air and water in the tank.

    Salt and its Benefits
    Salt at times acts like a stabilizer. But in some areas, the dissolved salt content in the water is low, and the addition of aquarium salt might simply make the fish feel more “at home”. It acts like a disinfectant as it helps in killing certain parasites. Salt also provides sodium and chloride ions that helps fish stabilize.

    Feeding
    Flower horn fish has very good appetite. This hybrid can either take live food or fish pellets. It is advisable to feed the fish several times a day in small quantity. Ideally to have a mixture of life and fish feed. This will make the fish healthier. Besides, the intensity of coloration greatly depends on the diet of the fish. Excessive feeding of color enhancer is not advisable as it may contain harmful chemicals. Please do it in moderation.

    Tank Environment
    In general, it is important that we provide some furnishings for the fish. The intent is to stabilize and make it feel more at home. All that is required by flower horn fish is to have a thin layer of gravel in the tank. Bare in mind that stressed fish will cause the fish to loose its coloration, nuchal hump and may stun its growth.

    Basic Traits
    As flower horn fish is from the South American Cichlid family (under the genus Cichlasoma), this fish is very aggressive and territorial in nature. Coexisting with other fish is not advisable. Thus, if you plan to have 2 or more fish in a tank, it is a requirement that you have the tank partitioned. This will prevent the fish from fighting that may lead to even death.
     
  14. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,832
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,338 / -7
    Facts About Flowerhorn





    [​IMG]
    [​IMG]



    The Flowerhorn chichlid is a result of hybridisation between different SouthAmerican chichlids.Flowerhorn cichlid is a big fish with compact body, it can reach 30cm in length and sometimes can grow even bigger. Intensive breeding has created a very peculiar fish that is becoming really famous and relatively common in the last few years; moreover breeders keep on trying to improve the fish qualities focusing on bigger hump on the head, new and better colours, wider body and fins, more peculiar black marks on the body, without the employ of chemical and artificial factors. For the importance of appearance, a good Flowerhorn must follow a standard that defines various aspects of its body:

    - General body: the fish body must be oval and thick, with full belly and stomach; some new variants have anyway a more rounded shape.

    - Hump: the hump on the forehead should be big and well proportioned to the fish size.

    - Black marks: it is important that the marks are thick and well defined, this is one of the principal characteristic of Flowerhorn, anyway some new varieties do not give too much importance to them.

    - Overall Colouration: the most common Flowerhorn have a predominant red colouration, anyway every colour should be bright and well defined.

    - Scales: the entire body should be covered by light blue or green scales.

    - Fins: both tails and fins should be widely spread the most of time.


    BREEDING FLOWERHORN
    Breeding flowerhorn is pretty simple, particularly at the time when they attain the length of 11 cm. to 13 cm. The anal hole of the flowerhorn fish has a V shape in males and a U shape in females. Their breeding activities are comparable to other tropical fishes. The female flowerhorn position her eggs on a plane surface on the aquarium or fish, while the male flowerhorn secure the fries and the female from other fishes.

    When the fries are hatched, breeding flowerhorn pair hide the fries to a more secured place. You can feed them with hatched brine shrimps. Breeding flowerhorn is not easy if the female flowerhorn feel stressed or anxious. It ends up ingesting her eggs. But if your aquarium or fish tanks are in good shape and their habitat are comfortable, breeding flowerhorn fish is very easy to accomplish.

    There are few things to consider in breeding flowerhorn fish and if you have the full knowledge you can have the breed you want. It is also good to know the flowerhorn breeding procedures.

    A female Flowerhorn is capable of producing approximately 1000 to 2500 eggs at a time. The eggs will take three to four days to hatch. When this occurs, you must remove the flowerhorn parents. Once the parents are removed, be sure to practice proper fry management.

    Feeding
    Flowerhorn like similar sized fish, astronotus ocellatus for example, need a live food integration to be healthy and in shape. Their diet can consist of live food, frozen food, and standard dry fish food. The live food should be of good dimension, or the fish could not notice it, earth worms and big meal worms or wax worm are accepted; moreover you can give small fish, poecilia reticulata could be a good choice since the high number of fry they spare monthly. Remember to feed every live food you choose, and in case of live fish be sure they are healthy.

    Frozen food is another good solution, especially when you do not have the live one. Young Flowerhorn usually eat chironomus, brine shrimps and other frozen fish foods, while older ones could not notice them; at their place you can offer frozen fish for human use, you have a great choice, anyway if possible get freshwater fish and avoid the sea ones.

    Both live and frozen food can pollute the water, so be sure that Flowerhorn eats all the given food in 5 minutes maximum, in case of rests remove them fast; for this reason it is better to have an aquarium set up that allow you to clean fast without needing to move objects.

    Dry standard fish food is a good complementary option, especially if it is of good quality. You can find special foodproduced for cichlids that usually consist of big pellets that Flowerhornlike.

    A Flowerhorn cichlid should be fed two times a day, everyday, anyway be careful with the quantities and avoid to overfeed it, reducing the food amount specially if it is really rich of nutrients.
     
  15. aiueo21 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2012
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +0 / -0
    dulu pas ikan lohan lagi ngehits harganya mahal banget
     
  16. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,832
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,338 / -7
    salah satu bukti sifat konsumtif lebay-sesaat ala manusia [​IMG]
    skrg? udah hampir gak terdengar lagi kan ikan nama lou han [​IMG]
     
  17. masbig Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +14 / -1
    sekarang harganya murah om......yg stabil tetep arwana
     
  18. jekasim Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 30, 2010
    Messages:
    60
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    wah dulu sempat melihara nih.. emang agak mudah buat ternak louhan sekali bertelur bisa sampe puluhan.. akhirnya anakan louhan saling bunuh karena ga punya akuarium yang cukup..

    ada info ga yg jual louhan di jakarta dimana.. PM yah om.. thx
     
  19. azharfattah M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 29, 2014
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +36 / -0
    pernah pelihara louhan tapi akhirnya mati ckck
     
  20. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,832
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,338 / -7
    kan beda,
    arwana memang mahal sedari awal sedangkan louhan yah gitu lah popularitas sesaat [​IMG]
    untuk itu kurang tau, mgkn bisa dicari di google atau situs jual beli online [​IMG]
    kamu peliharanya belum bener berarti [​IMG]
     
  21. boypardede Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2011
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +0 / -0
    dulu pernah punya ikan ini,
    sampe jenong nya bener bener gede, tapi sayang tiba tiba mati tanpa sebab yg jelas..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.