1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora Kebun Jengkol (Archidendron pauciflorum)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Zehel, Jun 23, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Zehel M V U

    Offline

    鹿屋基地

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    7,864
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,223 / -1
    Kebun Jengkol

    [​IMG]

    Klasifikasi Ilmiah
    Kerajaan: Plantae
    Filum: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Ordo: Fabales
    Famili: Fabaceae
    Upafamili: Mimosoideae
    Genus: Archidendron
    Species: Archidendron pauciflorum


    Deskripsi Singkat
    Jering atau jengkol (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bijinya digemari di Malaysia, Thailand, dan Indonesia sebagai bahan pangan. Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae. Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

    Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.


    Karakter biji
    Bijinya dalam keadaan matang keras, namun berubah menjadi lunak dan empuk setelah direbus atau sedikit liat setelah digoreng. Tekstur inilah yang membuatnya disukai, walaupun beberapa orang juga menyukai konsumsi biji mudanya dalam keadaan mentah yang jauh lebih keras dan pahit. Kulit biji memiliki getah berwarna keunguan yang meninggalkan jejak yang sulit dihapus dari pakaian. Semakin tua,warna biji akan mengarah ke warna kuning dan akhirnya merah atau coklat setelah benar-benar matang.

    Aromanya agak menyerupai petai tetapi lebih lemah. Namun demikian setelah dikonsumsi, badan akan mengeluarkan bau menyengat melalui urin, feses. dan keringat, yang dipercaya lebih mengganggu dibanding mengkonsumsi petai.


    Pengolahan
    Biji jengkol dapat dimakan segar ataupun diolah. Olahan paling umum adalah disemur, dan dikenal oleh orang Sunda sebagai ati maung atau "hati macan". Bisa pula digoreng, dengan atau tanpa balado, atau digulai. Setelah diolah, bau khasnya akan merangsang air liur sehingga menciptakan rasa enak saat makan.

    Selain disemur, biji jengkol juga dapat dibuat menjadi keripik seperti halnya emping dari melinjo, dengan cara ditumbuk/digencet hingga pipih, dikeringkan dan digoreng dengan minyak panas.

    Efek negatif bau sebenarnya dapat dikurangi dengan perendaman atau perebusan.

    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Jun 29, 2013
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Nisa_K1 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 13, 2012
    Messages:
    5,669
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,093 / -0
    Manfaat Jengkol bagi Tubuh Kita​



    Dibalik bau yang ditimbulkan jengkol, ternyata terkandung manfaat yang berguna bagi kesehatan. Menurut berbagai penelitian menunjukkan bahwa jengkol juga kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.

    Khusus untuk vitamin C terdapat kandungan 80 mg pada 100 gram biji jengkol, sedangkan angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari adalah 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa.

    Selain itu, Jengkol merupakan sumber protein yang baik, yaitu 23,3 g per 100 g bahan. Kadar proteinnya jauh melebihi tempe yang selama ini dikenal sebagai sumber protein nabati, yaitu hanya 18,3 g per 100 g. Kebutuhan protein setiap individu tentu saja berbeda-beda. Selain untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan, protein juga berfungsi membangun enzim, hormon, dan imunitas tubuh. Karena itu, protein sering disebut zat pembangun.

    Untuk zat besi, Jengkol mengandung 4,7 g per 100 g. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Gejala-gejala orang yang mengalami anemia defisiensi zat besi adalah kelelahan, lemah, pucat dan kurang bergairah, sakit kepala dan mudah marah, tidak mampu berkonsentrasi, serta rentan terhadap infeksi. Penderita anemia kronis menunjukkan bentuk kuku seperti sendok dan rapuh, pecah-pecah pada sudut mulut, lidah sulit menelan.

    Source


     
  4. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,173
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +76,421 / -0
    SEMUR JENGKOL PEDAS KERING
    [​IMG]
    Sajian yang memiliki aroma yang sangat kuat ini juga tak sedikit lo penggemarnya. Ya, jengkol yang dimasak semur dengan bumbu yang pekat dengan rasa yang mantap memang paling nikmat saat disantap dengan sepiring nasi putih yang masih hangat. Jika Anda salah satu penggemar sajian ini kami sarankan untuk segera mencobanya. Pasti Anda bakalan lebih jatuh cinta dengan rasanya.

    Bahan:
    ~ 500 gram jengkol, direndam dalam air dingin 3 hari (ganti airnya setiap hari), direbus di dalam air panas 15 menit, tiriskan, memarkan
    ~ 6 butir bawang merah, diiris halus
    ~ 2 cm lengkuas, dimemarkan
    ~ 4 lembar daun salam
    ~ 3 batang serai, dimemarkan
    ~ 10 sendok makan kecap manis bango
    ~ 1/2 sendok teh garam
    ~ 1/4 sendok teh merica bubuk
    ~ 2 sendok teh pala bubuk
    ~ 800 ml air
    ~ 2 sendok makan minyak untuk menumis

    Bumbu Halus:
    ~ 6 butir bawang merah
    ~ 3 siung bawang putih
    ~ 5 buah cabai merah keriting

    Cara membuat:

    1. Tumis bumbu halus bersama bawang merah iris, lengkuas, daun salam, dan serai sampai harum.
    2. Masukkan jengkol. Aduk rata.
    3. Tambahkan Kecap Manis Bango, garam, merica, dan pala bubuk. Aduk sampai jengkol terbalut kecap.
    4. Tuang air sedikit demi sedikit. Biarkan sampai mengering.


    Untuk 8 porsi selamat menikmati :D
    SUMBER


    nyambung gak nyambung yg penting galau :D
     
  5. shinigamidika MODERATOR

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    16,173
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +76,421 / -0
    Ini Penyebab Harga Jengkol Melambung

    KENDAL, KOMPAS.Com — Hilangnya komoditas jengkol di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, diduga karena banyak pohon jengkol yang ditebangi. Penebangan dilakukan justru karena sebelumnya, jengkol dihargai sangat murah.

    Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Kehutanan, dan Perkebunan Kabupaten Kendal Sri Purwati, Jumat (7/6/2013). "Dulu jengkol sangat murah karena tidak semua orang suka," kata Purwati.

    Purwati menjelaskan, karena harga jengkol murah, pemilik pohon menebangnya dan mengganti dengan tumbuhan lain yang produktif dan hasilnya lebih mahal, misalnya pohon durian.

    Sementara soal mahalnya harga petai, Purwati menduga karena saat ini belum masa panen. Apalagi, musim tidak menentu sehingga kurang baik untuk tanaman petai.

    Di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Kendal, jengkol dan petai sudah hampir sebulan menghilang. Kalaupun ada, untuk jengkol harganya melambung hingga Rp 55.000-Rp 60.000 per kilogram, sedangkan petai mencapai Rp 165.000 per kilogram.

    Menurut seorang pedagang jengkol di Pasar Kendal, Ngatini, saat ini jengkol sudah sulit dicari. Kalau petai, sedang tidak musim sehingga juga sulit dicari. "Lagi tidak musim, Mas. Jadi, agak susah mencari petai, apalagi jengkol," ujar Ngatini.

    SUMBER
     
  6. Zehel M V U

    Offline

    鹿屋基地

    Joined:
    Jan 4, 2012
    Messages:
    7,864
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,223 / -1
    Cara Mengatasi Keracunan Jengkol

    [​IMG]



    Bukan cuma baunya yang mengganggu, jengkol juga bisa menyebabkan keracunan jika dikonsumsi berlebihan baik sebagai lalap maupaun dimasak semur. Jika merasa mual muntah dan susah kencing usai makan jengkol, atasi dengan tips berikut ini.

    Asal tidak terganggu oleh baunya, jengkol (Archidendron pauciflorum) harus diakui memang enak rasanya. Tak heran banyak orang begitu menyukainya sampai-sampai nafsu makannya turun jika jika di piringnya tidak tersedia lalap atau semur jengkol.

    Meski enak, jengkol tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan. Bukan saja akan membuat bau badannya mirip jengkol, jika terlalu banyak risikonya adalah keracunan karena jengkol mengandung senyawa jengkolat yang dalam takaran tertentu bisa berbahaya bagi ginjal karena kristalnya menyumbat saluran kemih.

    Dikutip dari Healingrosacea, Kamis (10/3/2011), keracunan jengkol dipicu oleh asam jengkolat (jengkolic acid) yakni sejenis asam amino yang terkandung dalam biji jengkol. Endapan asam jengkolat membentuk kristal dengan ujung runcing yang bisa melukai pembuluh darah dan saluran kencing.

    Hingga kini tidak ada pedoman pasti berapa banyak porsi jengkol yang aman untuk dikonsumsi. Toleransi individual terhadap asam jengkolat berbeda pada setiap orang, sehingga ada juga orang yang bisa makan jengkol sebanyak-banyaknya tanpa keracunan.

    Seseorang bisa dicurigai mengalami keracunan jengkol jika:

    1. Merasakan nyeri perut
    2. Mual-muntah
    3. Susah buang air kecil atau disebut juga 'anyang-anyangan'.
    4. Pada tingkatan yang lebih parah, volume air kencing yang dikeluarkan berkurang dan kadang-kadang disertai bercak darah.

    Jika hanya merasakan nyeri perut, muntah dan suah buang air kecil, pengatasannya cukup dengan minum air putih sebanyak-banyaknya. Ada juga yang menyarankan gerusan arang yang ditambahkan dalam air putih, untuk diminum agar bisa menyerap racun jengkol yang masih berada di saluran pencernaan.

    Namun jika sudah disertai kencing darah dan tidak doyan minum, maka sebaiknya dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Biasanya dokter akan memberi infus natrium bikarbonat untuk menyeimbangkan komposisi kimia dalam tubuh usai keracunan asam jengkolat.


    Sumber


    hati hati bagi para penggemar semur jegkol :takut:
    jgn sampe anda keracunan jengkol karena terlalu banyak mengkonsumsinya :takut:
     
  7. semutkecil M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 27, 2008
    Messages:
    280
    Trophy Points:
    96
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,503 / -0
    baru tau kl jengkol yang dimakan itu biji jengkol... berarti jengkol termasuk biji2an yah? baru tahu.... nice info
     
  8. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,722
    Trophy Points:
    246
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,658 / -0
    jengkol lagi.. jengkol lagi....
    makanan merakyat yg unik....

    btw ini bukan lonj kan..? :???:
     
  9. tjuksay Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 17, 2009
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    jenis hasil pangan yang harganya lagi meroket di atas harga daging

    rasanya enak bgt, tapi efeknya bisa seharian

    manfaatnya juga banyak
     
  10. jigurba M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 3, 2009
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    waw emang fenomena dah ini makanan.

    enak sih, tapi bau.

    makanan dilema alias makanan galau... hehe
     
  11. dmakbul Members

    Offline

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    3
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Masih mahal ga ya harganya sekarang ?
     
  12. reylen M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 10, 2011
    Messages:
    643
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +3,494 / -0
    ampe sekarang gw blom tau nikmatny makan jengkol tuh dmna....

    bauny itu loh.... ughh

    heran yg laen kok pada seneng yah?? :glek:
     
  13. Muezza Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 1, 2011
    Messages:
    115
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    ya selera tiap org kan beda2 bro2. :peace:
    saya suka bgt ma yg satu ini, syng skg ngilang. dicari di warteg2 kaga ada. :sepi:
     
  14. Loki134 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 18, 2008
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +2 / -0
    baru tau kalau jengkol bisa bikin keracunan >.<, untungnya saya termasuk yang ga suka jengkol :p
     
  15. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,833
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,339 / -7
    Ada solusinya kok, nih..

    Cara efektif Menghilangkan Bau JENGKOL

    1. Minum minuman yg Berkabohidrat (bersoda) >> tapi itu hanya brtahan 2-3 jam-an gitu deh. Terbukti Efektif loh guys..

    2. Ada juga Cara menghilangkan bau jengkol dengan cara minum kopi item,,

    3. Nah yang ke-3 nih bener bener gak keluar biaya sdikitpun.. hhee.. kalo malem nya kita makan jengkol, pagi nya kita mesti keluarin tuh {BAB}.. karena yang buat Bau jengkol itu bertahan di tubuh kita yaitu ada nya jgkol dlm perut kita. jadi kita mesti keluarin itu ... nah stelah itu, banyak-banyak minum Air putih., dijamin deh abis itu kagak ada lagi aroma gak seddap dari mulut kita
    Sumber
     
  16. tyghous M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 8, 2011
    Messages:
    654
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +659 / -0
    Lumayan doyan jengkol yg dgoreng dgn balado.
    Top Markotop rasany :top:
    Klu untuk olahan lain blum pernah mencicipi
     
  17. misschoi407 MODERATOR

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Dec 14, 2012
    Messages:
    31,417
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,249 / -0
    Seumur idup sama sekali g pernah makan yang namanya jengkol.

    Mau coba tapi :iii:
     
  18. nugrozipho MODERATOR
    Trivia Mania

    Offline

    表裏一体

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    13,833
    Trophy Points:
    319
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +40,339 / -7


    belum pernah sama sekali? :kaget:
    coba aja, rasakan sensasinya :top:

    ada kurangnya sih memang (bau) tapi as long as gak berlebihan gak pa apa kok, IMO :lalala:
     
  19. misschoi407 MODERATOR

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Dec 14, 2012
    Messages:
    31,417
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +21,249 / -0
    Iya sama sekali..

    gegara takut sama baunya kali ya..

    Tapi kk iparku pada suka semua itu jengkol. :hihi:
     
  20. bigdad Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 27, 2009
    Messages:
    84
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +16 / -0
    ha... ha... yang bikin bau itu bukan jengkolnya, tapi kentut lu yang bau
     
  21. seta87 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 22, 2011
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    21
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Jengkol susah dicari, klo ada pun mahal,
    aneh, orangberani bayar mahal cumauntuk makan jengkol.
    mending sekalian beli daging
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.