1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ask Irian Barat - Tentang 20 Pesawat Hercules Permintaan Soekarno

Discussion in 'History and Culture' started by rifanx, May 25, 2013.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rifanx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2013
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +12 / -0
    Nanya Sejarah Irian Barat dan 20 Pesawat Hercules yang diminta sukarno untuk tebusan pilot amerika yg pesawatnya ditembak jatuh karena terbah tanpa izin di langit indonesia? :D


    ayo gan
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,426
    Trophy Points:
    368
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,838 / -3
    Jawab sebisa saya ya,
    bahkan saya baru dengar Irian Barat ada sangkut pautnya dengan Amerika ( dalam arti serangan fisik )
    setau saya Amerika itu hanya salah satu penjual teknologi militer yang dibeli Indonesia yaitu pesawat angkut berat jenis 10C-130B Hercules dan jumlahnya itu 10 bukan 20 :puyeng:

    Irian Barat ini kental sekali dengan Trikora, dan setau saya tidak ada hubungannya dengan tebusan pilot amerika yang terbang tanpa izin, Trikora ini merupakan reaksi atas sikap Belanda yang secara sepihak telah mendirikan Dewan Papua yang bertugas mempersiapkan pembentukan Negara Papua di bawah bayang-bayang Pemerintahan Belanda.

    itu setau saya ya,
    mungkin kamu bisa baca artikel ini lebih lanjut



    Merebut Irian Barat

    TRI Komando Rakyat ( Trikora ) dikumandangkan oleh Presiden Soekarno dalam sebuah Apel Besar di alun-alun utara kota Yogyakarta pada 19 Desember 1961 sebagai reaksi atas sikap Belanda yang secara sepihak telah mendirika Dewan Papua yang bertugas mempersiapkan pembentukan Negara Papua di bawah bayang-bayang Pemerintahan Belanda. Tri Komando Rakyat yang dicanangkan kepada seluruh Rakyat Indonesia tersebut berbunyi : Satu, gagalkan berdirinya “Negara Papua; dua, kibarkan bendera Merah Putih di seluruh wilayah Irian Barat; tiga bersiap-siap untuk mobilisasi umum.

    Sebagai tindak lanjut dari Tri Komando Rakyat tersebut, para perancang strategi perang nasional serta para senior TNI saat itu membuat suatu keputusan yang sangat penting, terutama bagi sejarah perjalanan TNI Angkatan Udara dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Berdasarkan pertimbangan dimensi ruang dan waktu, mereka memutuskan bahwa operasi-operasi yang dilancarkan melalui media udara adalah cara yang paling efektif dan menguntungkan. Apalagi pertimbangan dari faktor kekuatan dan kemampuan, penggunaan kekuatan AURI saat itu adalah yang paling memungkinkan karena menjelang dilancarkannya Operasi Trikora, AURI sedang berada di puncak kejayaannya.

    Indonesia merupakan satu-satunya negara yang memiliki angkatan udara terkuat di belahan bumi selatan, khususnya di Asia Tenggara. Selain pesawat-pesawat bekas berbagai jenis peninggalan Belanda dan Jepang yang jumlahnya tidak kurang dari 300 pesawat, kekuatan AURI juga terus bertambah dengan adanya kontrak pembelian persenjataan militer senilai USD 2,5 miliar dari Rusia dan Polandia dengan persyaratan pembayaran jangka panjang yang tidak terlalu memberatkan Indonesia.

    Skuadron-skuadron udara baru pun mulai bermunculan seiring datangnya beratus-ratus pesawat udara baru berbagai jenis dan fungsi serta peralatan militer lainnya dari Rusia dan Polandia, antara lain 41 Helikopter MI-4 (angkutan ringan), 9 Helikopter MI-6 (angkutan berat), 30 pesawat latih Jet MIG-15 UTI, 49 pesawat baru sergap MIG-17, 10 pesawat buru sergap MIG-19 dan 2 pesawat buru sergap supersonic MIG-21.

    Dari jenis pesawat pengebom, terdapat sejumlah 22 pesawat pembom ringan IL-28, 14 pesawat pembom jarak jauh TU-16B, dan 12 pesawat TL-16 KS yang dilengkapi dengan persenjataan peluru kendali (rudal) Air to Surface jenis AS-1 Kennel. Sementara dari jenis pesawat angkut terdapat 26 pesawat angkut ringan jenis IL-14 dan AQvia-14, 6 pesawat angkut berat jenis AN12B Antonov buatan Rusia dan 10 pesawat angkut berat jenis C-130B Hercules buatan Amerika serikat. Di samping itu, pesawat-pesawat bekas peninggalan Belanda yang dalam keadaan siap operasi terdapat 8 pesawat pengebom serbu jenis B-25/B-26, 12 pesawat pemburu jenis P-51 Mustang dan 24 pesawat angkut ringan C-47 Dakota. Beberapa unit radar Nysa BC/P-30 buatan Polandia telah terpasang di berbagai lokasi di kepulauan Maluku dalam rangka persiapan perjuangan pembebasan Irian Barat. Kekuatan AURI sedahsyat itu secara berangsur-angsur sebagian besar telah digeser ke wilayah Indonesia bagian timur dalam rangka “prepositioning dan “prestocking kekuatan ke pangkalan-pangkalan depan, antara lain Makassar, Morotai Ambon, dan Letfuan/Langgur (Kepulauan Kai).

    Operasi Infiltrasi Udara

    Tahap awal pembabakan Operasi Trikora adalah operasi infiltrasi udara dengan menerjunkan pasukan dan sukarelawan pemberani berjiwa Sapta Marga melalui udara, langsung ke jantung daratan Irian Barat. Penerjunan dengan menggunakan pesawat-pesawat angkut AURI dilakukan tanpa mendapat perlindungan dari pesawat-pesawat tempur kita, tetapi hanya dengan mengandalkan faktor pendadakan. Oleh sebab itu, operasi dilaksanakan pada malam hari.

    Tugas-tugas penerjunan pada awalnya dilaksanakan dengan menggunakan pesawat-pesawat angkut ringan C-47 Dakota dengan kapasitas 18 penerjun, namun karena keterbatasan kemampuannya, terutama faktor kecepatan dan ketinggian terbang, kadang-kadang sempat dicegat oleh pesawat-pesawat pemburu jenis Neptune milik Belanda dalam penerbangan kembali dari misi penerjunan. Pimpinan AURI ketika itu masih menahan diri tidak menggunakan pesawat-pesawat C-130B Hercules dalam melaksanakan misi penerjunan infiltran ke daerah Irian Barat. Persetujuan Kongres Amerika Serikat memberikan lampu hijau kepada Indonesia untuk membeli 10C-130B Hercules tidak lepas dari kemampuan diplomasi pihak pemerintah Indonesia saat itu. Pihak Indonesia berkilah bahwa penggunaan pesawat Hercules di Indonesia hanya difokuskan bagi kepentingan kemanusiaan, melalui pembangunan daerah, seperti pembangunan infrastruktur, membuka isolasi daerah terpencil sekaligus meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Apabila rakyat sejahtera dan makmur, maka faham komunis akan sulit berkembang di Indonesia.

    Pada masa itu, segala bentuk dukungan untuk membendung meluasnya pengaruh komunis di muka bumi ini bagi Amerika Serikat merupakan prioritas utama. Maka Indonesia diizinkan membeli pesawat Hercules dengan sebuah klausul yang dicantumkan dalam kontrak pembelian yang menyatakan bahwa pesawat-pesawat Hercules AURI tidak akan digunakan untuk operasi-operasi militer. Akan tetapi, dengan meningkatnya intensitas operasi infiltasi udara ke wilayah Irian Barat, kelihatannya tidak ada pilihan lain bagi pimpinan AURI untuk segera menggunakan pesawat Hercules. Apalagi setelah tertembaknya sebuah pesawat C-47 Dakota AURI (T-4740) yang dipiloti Kapten Udara Djalaludin Tantu dan Co-Pilot Letnan Udara II Sukandar oleh pesawat Neptune Belanda pada saat kembali dari misi penerjunan di sekitar Kaimana. Pesawat T-4740 akhirnya mengadakan pendaratan darurat di air (ditching) di kawasan laut sebelah timur kepulauan Watubela. Seluruh awak pesawat meskipun selamat, tetapi ditawan oleh pihak Belanda.

    Para pemikir-pemikir AURI saat itu lalu mendesak Menteri Panglima AURI (Menpangau) untuk segera menggunakan pesawat-pesawat Hercules menggantikan tugas-tugas pesawat C-47 Dakota dengan alasan, daya angkut lebih besar, mobilitas tinggi, serta kemampuan terbang tinggi sehingga tidak terkejar oleh pesawat-pesawat buru sergap lawan.

    Operasi infiltrasi udara mencapai puncaknya pada tanggal 13 Agustus 1962 ketika 6 C-130B Hercules yang dibagi dalam 3 flight digerakkan sekaligus dengan sasaran daerah penerjunan yang berbeda. Misi ini berhasil memperlemah kekuatan lawan.

    Merah Putih Berkibar di Irian Barat

    Salah satu kisah heroik dan bersejarah adalah peristiwa pengibaran Sang Saka Merah Putih untuk pertama kali dipancangkan di bumi Cenderawasih, Irian Barat, yang dilakukan oleh anggota PGT AURI. Pada tanggal 19 Mei 1962, sebanyak 81 anggota PGT bertolak dari Pangkalan Udara Pattimura, Ambon, dengan pesawat Hercules menuju sasaran daerah penerjunan sekitar Kota Teminabuan.

    Dalam persiapan pemberangkatan, komandan pasukan menyampaikan briefing bahwa mereka akan diterjunkan di sebuah “perkebunan teh?. Komandan pasukan juga menyampaikan beberapa hal, yaitu sandi-sandi panggilan, kode pengenal teman, dan lokasi titik kumpul, kemudian mengadakan pemeriksaan akhir kelengkapan dan perlengkapan seluruh anggotanya sebelum masuk ke perut Hercules. Ketika itu jam menunjukkan pukul 03.30 subuh waktu setempat dan 15 menit kemudian, pesawat Hercules yang dikemudikan Mayor Udara T.Z. Abidin sudah mengudara ditelan kegelapan, menanjak menuju suatu ketinggian.

    Dalam waktu tidak lebih 1 menit, seluruh proses penerjunan 81 anggota PGT telah selesai dan pesawat Hercules cepat-cepat meninggalkan daerah Teminabuan. Berpacu dengan akan datangnya suasana terang menjelang pagi, keempat mesin Allison T56A-15 C-130B Hercules meraung-raung, menanjak untuk mencapai suatu ketinggian yang tidak mampu dicapai oleh pesawat-pesawat Neptune milik Belanda.

    Source



    ini judul threadnya saya ganti ya, gantung banget :puyeng:
     
  4. rifanx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2013
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +12 / -0
    iya gan ganti aja, makasi ya gan, berarti itu hoax ya gan, apa penghilangan sejarah?, hunbungannya biar militer bisa pulang dari irian barat gan "katanya". ane mau buat sinopsis film itu hehehe

    jadi katany 20 pesawat hercules buat nebus tu pilot
     
    Last edited: May 26, 2013
  5. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,426
    Trophy Points:
    368
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,838 / -3
    ya kamu denger "katanya" itu darimana dan dari siapa :keringat:
    kalau tentang itu gak tau juga hoax atau enggaknya, sejarah itukan dokumen tertulisnya jelas, bukan omongan2 dari orang lain belaka
    kalau sudah jelas gak ada dokumen tertulis tentang itu baru bisa dibilang hoax
     
  6. rifanx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2013
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +12 / -0
  7. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    6,244
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +147,721 / -10
    wah kalau untuk maslah ini ane malah bru denger bro...

    palagi ane di papua dari orok sampe sekarang tidak pernah denger seperti apa yang bro bilang.

    seperti apa yang bro udin bilang itu baru ane denger (Trikora)
     
  8. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,648
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,754 / -0
    mungkin Allen Pope yg dimaksud?
    :iii:
    Amerika berusaha mati-matian minta pilotnya dibebaskan. Segala cara pun mulai dilakukan untuk mengambil hati Bung Karno. Eisenhower mengundang Soekarno ke AS bulan Juni 1960. Lalu Soekarno juga diundang John Kennedy di bulan April 1961. Di balik segala alasan diplomatik tentang kunjungan itu, tak bisa disangkal itu semua buntut dari cara Bung Karno memainkan kartunya terhadap Amerika.
    Selama periode itu, Bung Karno main tarik ulur dengan pembebasan Pope. Tarik ulur itu berjalan alot. Karena Bung Karno ogah melepaskan Pope begitu saja. Bung Karno sengaja berlama-lama “memiting leher” Allan Pope sebelum Amerika meng-iya-kan permintaan Indonesia. Amerika mati kutu. Tak ada jalan lain. Negosiasi pun segera dimulai. Negosiasi alot yang memakan waktu 4 tahun, sebelum akhirnya Allen Pope benar-benar bebas.
    Dimulai dengan Ike atau Eisenhower yang membujuk, merayu dan mengundang Bung Karno ke Amerika. Namun sesudahnya Bung Karno tetap tidak mau tunduk diatur-atur Ike. Situasi mulai berubah sedikit melunak setelah kursi kepresidenan AS beralih ke John F. Kennedy.
    John Kennedy tahu, kepribadian Soekarno sangat kuat dan benci di-dikte. Karena itu dengan persahabatan dia mampu “merangkul” Soekarno. “Kennedy adalah presiden Amerika yang sangat mengerti saya”, kata Bung Karno.
    Dengan John, negosiasi mulai mengarah ke titik terang. Berkaitan itu pula, John mengirim adiknya Robert Kennedy ke Jakarta. Robert membawa sejumlah misi, diantaranya: “bebaskan Pope”.
    Konon ketika itu juga Amerika mengirim istri Allen Pope yang cantik. Perhitungannya, wanita cantik mampu meluluhkan hati Bung Karno. Ini asal mula beredar issue bahwa Bung Karno dirayu istri Allen Pope. Yang tidak banyak disebutkan orang, yaitu ibu dan saudara perempuan Allen Pope juga datang memohon-mohon dengan tangisan minta belas kasihan Bung Karno.
    Buat Bung Karno, pilot itu dibebaskan atau tidak dibebaskan, hasilnya sama saja. Yaitu tidak membuat korban-korban bom si pilot bisa hidup kembali. Jadi kenapa tidak memanfaatkan saja ketakutan Amerika yang ciut kalau pilot itu buka mulut?
    Bung Karno memainkan kartu trufnya atas dasar apa yang dibutuhkan bangsa Indonesia pada waktu itu. Indonesia betul-betul sengsara dan kelaparan, jadi butuh uang dan nasi. Indonesia sedang bertempur melawan Belanda untuk merebut Irian Barat. Jadi butuh senjata, sejumlah perangkat perang dan armada tempur.
    Permintaan Bung Karno itu tentu saja tidak disampaikan dengan cara mengemis. Tapi dengan cara yang menyeret Amerika untuk membuat interpretasi diplomatik. Mau tidak mau, isyarat diplomatik Soekarno bikin Amerika harus bisa membaca yang tersirat di balik yang tersurat.
    Dibanding Ike alias Eisenhower, John Kennedy lebih peka membaca isyarat itu. Itulah yang dimaksud Bung Karno bahwa John Kennedy mengerti dirinya. Kennedy tidak cuma sekedar mengundang Bung Karno ke Amerika untuk plesiran. Tapi juga ada tindak lanjut nyata di balik undangan diplomatik itu.
    John paham Indonesia butuh perangkat perang untuk merebut Irian Barat. Di antaranya armada tempur. Karena itu diajaknya Bung Karno mengunjungi pabrik pesawat Lockheed di Burbank, California. Di sana Bung Karno dbantu dalam pembelian 10 pesawat hercules tipe B, terdiri dari 8 kargo dan 2 tanker.
    Negosiasi pembebasan Allen Pope antara Ike dan Bung Karno tadinya alot. Tapi jadi licin jalannya dengan John. Dia tidak pelit membalas “kebaikan” Bung Karno yang memenuhi permintaan AS untuk membebaskan Allen Pope.
    http://sergapntt.wordpress.com/2011...arno-pilot-ditukar-dengan-pesawat-hercules-2/
     
  9. rifanx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2013
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +12 / -0
    iya iya allen pope itu hoax apa bener bro?
     
  10. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,648
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,754 / -0

    klo yang wa baca sejarahnya memang bener ada orang yg namanya Allen Pope
    waktu jaman Permesta muncul, CIA diam2 turut mendukung Permesta
    CIA kirim pilot bayaran dan pesawat2 buat AU Permesta karena waktu itu Permesta belum punya AU sendiri.
    salah satu pilot bayaran itu asalnya kebetulan dari Amrik juga, Allen Pope yang tugasnya nerbangin bomber B-26
    waktu lagi terbang di atas Ambon ditembak jatuh sama pesawat P-51 AURI
    dari situ deh Allen Pope ditangkap dan dibawa ke Jakarta.

    fotonya juga ada sih
    [​IMG]
     
  11. andriy_panda M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2011
    Messages:
    953
    Trophy Points:
    206
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +7,892 / -1
    klo bicara soal alan pope pasti yg keinget itu permesta ama JFK. seandainya jfk ga keburu meninggal mungkin indonesia sudah banyak mendapat alutsista dari amrik
     
  12. k4k3kgaul Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 13, 2009
    Messages:
    40
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +15 / -0
    pembebasan edgar allen pope adalah imbal beli pesawat hercules 130B,karena pada saat itu indonesia membutuhkan pesawat transport untuk angkut paratroopers,,
     
  13. rifanx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2013
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +12 / -0
    hebat juga megara kita dulu hmm permesta, kenapa amrik sampe ngedukung malu2in aja tu amrik pengen ngeliberalin indo yah?

    jfk apaan tuuu
     
  14. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,426
    Trophy Points:
    368
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,838 / -3
    John F. Kennedy mungkin yang dimaksud jfk sama dia, presiden amerika yang ke-35,
    yang meninggal karena pembunuhan pada 22 November 1963 itu.
     
  15. aizy M V U

    Offline

    Chewbacca

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    25,722
    Trophy Points:
    246
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +64,657 / -0
    emang sekarang indonesia punya berapa hercules sih..???

    nah hercules yg tipe 130 B masih dipake sama AU hingga sekarang...

    tapi pendirian Sukarno emang kuat banget yah...
     
  16. rifanx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2013
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +12 / -0
    menurut teori kenapa JKF dibunuh y gan, belum ketemu ya siapa pembunuhnya? oh ya gan ane habis nonton film forrest gump keknya banyak banget orang ternama amerika yg ditembak siapa aja ya gan?
     
  17. udhienbong MODERATOR
    SENIOR GM

    Offline

    Si Paling IDWS

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    26,426
    Trophy Points:
    368
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +115,838 / -3
  18. jaihon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 25, 2012
    Messages:
    29
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +8 / -0
    ada beberapa gosip yang di lansir bahwa JFK (Lancer sebutan untuk petinggi CIA) dibunuh untuk nutipin sesuatu oleh CIA, aneh pernah baca, tapi dimana yah,, aneh lupa..
    nnti klo ktmu ane kasih link-nya gan
     
  19. rifanx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2013
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +12 / -0
    @atas dan moderator, CIA ya wee BIN bisa gitu gak ya

    @mod Thx mod
     
  20. wahyubison Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 9, 2010
    Messages:
    155
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +29 / -0
    aduh parah
    hercules itu didapat karena sukarno menukar pilot CIA yang membantu permesta
     
  21. dipoezqu Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 30, 2012
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    kayaknya gak mungkin ini, alan poppe kan cuma agen CIA. ya kali mau amrik mau ngasih herkules sebanyak itu?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.