1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Tikus-Tikus Raksasa Di Dunia

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by hanamaru, Sep 9, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,882
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,604 / -0
    Teman-teman pasti tau yang namanya tikus, kalau tikus rumah/tikus got pasti dah biasa melihatnya, gimana dengan tikus-tikus dibawah ?? :smiley_beer:

    >> TIKUS RAKSASA TANZANIA <<

    [​IMG]

    dari laporan para ilmuwan, sebuah spesies mamalia baru ditemukan dalam pegunungan Tanzania. Makhluk ini terlihat aneh, julukan Rhynochocyon atau udzungwensis, sejenis pengerat berhidung panjang seperti gajah raksasa, atau sengi. Seperti dikutip laporan Journal Zoology, binatang ini seperti mengalami suatu penyilangan antara satu binatang antelop miniatur dan seekor tenggiling kecil. Itu terlihat dari wajahnya yang berwarna abu-abu, panjang moncongnya yang fleksibel, besar ukurannya, warna tubuhnya yang seperti batu amber, warna bokongnya hitam pekat dan struktur kaki yang panjang.

    “Ini adalah salah satu dari sebagian besar penemuan paling menarik [dari] karier saya,” tutur Galen kepada wartawan Rathbun, dari Kalifornia Academy Sciences, yang dibantu oleh para koleganya untuk mengkonfirmasikan penemuan binatang baru kepada institut ilmu pengetahuan.

    Dr Rathbun mengatakan pada BBC News situs web : “Tikus Gajah hanya ditemukan di Afrika. Mereka pada mulanya digambarkan sebagai perempuan pemberang karena mereka dengan dangkal menyerupai perempuan pemberang di Eropa dan di Amerika.”

    Sebenarnya, makhluk ini punya hubungan dekat dengan sekelompok mamalia di Afrika, [yang] meliputi gajah, ikan duyung, aardvarks dan hyraxes, yang merupakan satu nenek moyang yang sama dengan mereka sekitar 100 juta tahun lalu. “Inilah alasan kenapa mereka juga dikenal sebagai sengis,” diterangkan Dr Rathbun.

    Spesies baru ini pertama kali dikenali di sebuah film pada tahun 2005 di Ndundulu Forest di Tanzania Udzungwa Mountains oleh sebuah perangkap kamera yang dipimpin oleh Francesco Rovero, dari Trento Museum Ilmu pengetahuan alam di Italia. Dr Rathbun mengatakan: “Saya mendapat kepuasan tersendiri, dan berkata kepada diri sendiri: ‘orang lain memandang ini adalah sesuatu yang aneh’. Tetapi anda tidak bisa menilai sesuatu berdasarkan tampilan luarnya (foto), sehingga pada bulan Maret 2006, kita kembali dan mengumpulkan beberapa spesimen.”

    Dia mengatakan pada BBC bahwa dengan cepat hal itu akan menjadi nyata bahwa penemuan mahluk baru tersebut akan menambah informasi bagi ilmu pengetahuan. Dia mengatakan: “Tikus gajah raksasa bisa dibedakan oleh pola yang warna berbeda, dan satu-satunya jenis pengerat terbesar dihutan. “Mereka memiliki perbedaan yang mencolok pada warna --sebuah spesies memiliki warna pantat keemasan dan lebih terang dibandingkan oleh pengerat-pengerat lain-- itulah sebabnya ketika kami melihat warna abu-abu dan pantat hitamnya, kami menyadari kalau dia adalah jenis yang berbeda. sangat cantik."
    Bukan hanya dari perbedaan warnanya, spesies baru ini juga lebih besar dari ukuran pengerat yang biasa kita temukan. Dia mempunyai berat 700g (25oz) dan panjang 30cm (12in). Dengan hidung panjang dan lidahnya yang fleksibel, ia bisa dengan mudah mencari dan menikmati makanannya seperti serangga, larva, dan mereka aktif berburu disiang hari.

    Dr Rathbun menambahkan: “Mereka adalah behaviourally yang tidak biasa -mereka tidak seperti hewan jinak lain yang bisa diajak berteman- mereka akan menghindar, segera ketika ia merasakan ada sesuatu yang asing mendekatinya.

    Para ilmuwan mengatakan masih banyak hal yang harus dipelajari tentang Rhynochocyon udzungwensis ini, dan mereka berharap penelitian lebih lanjut akan membantu menjawab ribuan pertanyaan yang ada dibenak semua orang tentang bagaimana hewan ini makan, berorganisasi berburu bahkan bertahan.

    Sebuah area bernama Tanzania Udzungwa Mountains adalah tempat spesies baru terkaya dibumi. Selain menemukan spesies baru ini, sejumlah binatang baru lain juga ditemukan disana, seperti ayam hutan partridge Udzungwa, Phillips’ Perempuan pemberang Kongo, dan satu monyet jenis baru yang dikenal sebagai Kipunji, demikian pula beberapa reptil serta binatang amphibi lainnya. Dr Rathbun mengatakan area ini sangat penting untuk dijaga dan dilindungi. baik Alam, maupun penghuninya. *

    Sumber : BBC News


    >> TIKUS RAKSASA PAPUA NUGINI <<

    [​IMG]

    INILAH.COM, Jakarta - Sebuah spesies tikus raksasa ditemukan di pedalaman hutan Papua Nugini. Tikus tersebut tidak takut sedikit pun pada manusia dan membuatnya sebagai spesies tikus terbesar di seluruh dunia.

    Makhluk sepanjang 82 cm itu ditemukan oleh sebuah tim ekspedisi BBC yang sedang memfilmkan program Lost Land of the Volcano. Tikus itu merupakan salah satu dari sejumlah hewan eksotik yang ditemukan tim ekspedisi tersebut.

    Seperti spesies eksotis lainnya, tikus itu dipercaya hanya hidup di kawah gunung Bosavi saja. "Ini merupakan salah satu tikus terbesar di dunia. Ini seekor tikus sengguhan, sama seperti yang ada di selokan," kata Dr Kristofer Helgen, mammalogist (ahli mamalia) yang bekerja di museum nasional sejarah dan alam Smithsonian, dan ikut mendampingi tim ekspedisi BBC.

    Awalnya, tikus raksasa ini terlihat oleh jebakan kamera inframerah. Secepatnya tim itu menerka merupakan spesies yang tidak pernah tercatat oleh ilmu pengetahuan sebelumnya, akan tetapi agar yakin mereka membutuhkan hewan itu hidup.

    Lalu pemandu yang menemani tim itu menangkap spesimen itu hidup-hidup. "Saya pernah punya kucing yang seukuran dengan tikus ini," kata Buchanan.

    Tikus yang tertangkap tersebut memiliki panjang 82 cm diukur dari hidung hingga buntutnya, dan memiliki berat 1.5kg. Hewan itu memiliki bulu tebal berwarna abu-abu kecoklatan, hal tersebut dipercayai para ilmuwan yang memeriksanya untuk menolong hewan tersebut dalam kondisi basah dan dingin yang dapat terjadi di kawah gunung. Lokasi penemuan tikus tersebut berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut.

    Pada penelitian awal dikatakan tikus tersebut tergolong dalam genus Mallomys, yang dihuni oleh spesies besar lainnya. Untuk sementara waktu tikus tersebut dikatakan sebagai tikus berbulu tebal Bosavi, sedangkan nama ilmiahnya belum disepakati.

    sumber : inilah.com

    Foto-foto tikus raksasa lainnya ..
    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]

    kalo kalian nemu salah satu tikus-tikus itu, apa yang akan kalian lakukan ?? [​IMG]
    semoga gak repost... :onfire:
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited: Sep 9, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. banop M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,904 / -0
    gede2 yak:blink: ....

    kalo dimakan kayaknya enak neh [​IMG]
     
  4. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,882
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,604 / -0
    @atas

    kucing pada kaboor semua begitu ketemu sama tikusnya :lol:
     
  5. moron M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 10, 2009
    Messages:
    664
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +26 / -0
    tetep lebih serem tikus got yg segede bagong+koreng hasil berperang...
     
  6. ryzqrd M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 4, 2009
    Messages:
    1,550
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +533 / -0
    weks gede amat gan...
    :lempar::lempar::lempar::lempar:
     
  7. firstlarc M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 11, 2009
    Messages:
    261
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,482 / -0
    jadiin tikus guling kali yaa
     
  8. kzha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,868
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    itu beneran tikusnya segede itu gan,..?
    kalo segitu besarnya,. kucing mah kaga berani :haha:

    kalo gw mah,.. ya tetep aja gw buang,. soalnya percuma,. kaga bisa buat makanan kucing gw :haha:
     
  9. rdpdpdpdp M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 20, 2009
    Messages:
    2,677
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +18,139 / -0
    tu foto tikus apa kelinci.........
    gede amad :haha:
     
  10. Saiga M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 31, 2009
    Messages:
    664
    Trophy Points:
    71
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21 / -0
    bused dah! di kasih makaan apaan yah sampe gede begitu?
     
  11. hanamaru MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 18, 2009
    Messages:
    4,882
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +94,604 / -0
    emang dah dari sononya, tikusnya gede-gede
    kan tikus ada banyak jenisnya juga :hihi:
     
  12. orang_atas Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 13, 2009
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +87 / -0
    klo tikus itu bnyak hidup diperkotaan bisa2 kasus bakso tikus muncul lagi........:muntah::muntah:
     
  13. der_kaiser M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 29, 2009
    Messages:
    210
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +7 / -0
    jiaaaah ampuuun jijik banged
     
  14. IzanaGi_No_OoKaMi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    354
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +43 / -0
    kasih dah :haha: :lol:
     
  15. n_iz_are M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    1,370
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,978 / -0
    gede2 semua gan....

    kucing jdi pada takut.....
    tikus balik berkuasa........ :lol:
     
  16. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,987 / -0
    jangankan kucing, dogynya mikir 2 kali tuh buat nangkepnya :onion-07:
     
  17. Marx_Saint M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    3,990
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +15,957 / -0
    Tikus di atas tumbuh secara alamiah atau mutasi? :???:

    ^^
     
  18. poirothercule M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 26, 2009
    Messages:
    294
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +23 / -0
    itu tikus si masi mending, g mah ngeri kalo suatu hari di temukan tikus sebesar bus kopaja di jkt:onion-32::onion-32::onion-98:
     
  19. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    699
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Kucingnya pasti lngsng kabur :lol:
     
  20. silentlone Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 29, 2009
    Messages:
    107
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    busyet :onion-103:

    gede2 amat tuh tikus, jadi ngeri :th_093::th_093::th_093:
     
  21. level99 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    1,362
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +140 / -0
    tikus k bs gde2 bgt ky gt..
    parah tu tikus..
    yg kecil aj dh ganggu ap lg yg gdeny sgtu..kucing aj kyny g mau lawan tu tikus:haha:
     
    • Like Like x 1
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.