1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora Pohon Jati (Tectona grandis)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by Cast_StiLL, Nov 15, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Cast_StiLL M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,017 / -0

    TAMAN 33 - Pohon Jati (Tectona grandis)

    [​IMG]































    Kerajaan : Plantae
    Divisi : Magnoliophyta
    Kelas : Magnoliopsida
    Ordo : Lamiales
    Famili : Lamiaceae
    Genus : Tectona
    Spesies : T. grandis



    Kategori umum

    Jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh di musim kemarau.

    Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku (തേക്ക്) dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis L.f.

    Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak dibanjiri dengan air. Jati memiliki daun berbentuk elips yang lebar dan dapat mencapai 30 – 60 cm saat dewasa.

    Jati memiliki pertumbuhan yang lambat dengan germinasi rendah (biasanya kurang dari 50%) yang membuat proses propagasi secara alami menjadi sulit sehingga tidak cukup untuk menutupi permintaan atas kayu jati.[3] Jati biasanya diproduksi secara konvensional dengan menggunakan biji. Akan tetapi produksi bibit dengan jumlah besar dalam waktu tertentu menjadi terbatas karena adanya lapisan luar biji yang keras.[3] Beberapa alternatif telah dilakukan untuk mengatasi lapisan ini seperti merendam biji dalam air, memanaskan biji dengan api kecil atau pasir panas, serta menambahkan asam, basa, atau bakteri.[4] Akan tetapi alternatif tersebut masih belum optimal untuk menghasilkan jati dalam waktu yang cepat dan jumlah yang banyak.

    Umumnya, Jati yang sedang dalam proses pembibitan rentan terhadap beberapa penyakit antara lain leaf spot disease yang disebabkan oleh Phomopsis sp., Colletotrichum gloeosporioides, Alternaria sp., dan Curvularia sp., leaf rust yang disebabkan oleh Olivea tectonea, dan powdery mildew yang disebabkan oleh Uncinula tectonae. Phomopsis sp. merupakan penginfeksi paling banyak, tercatat 95% bibit terkena infeksi pada tahun 1993-1994.[5] Infeksi tersebut terjadi pada bibit yang berumur 2 – 8 bulan. Karakterisasi dari infeksi ini adalah adanya necrosis berwarna coklat muda pada pinggir daun yang kemudian secara bertahap menyebar ke pelepah, infeksi kemudian menyebar ke bagian atas daun, petiol, dan ujung batang yang mengakibatkan bagian daun dari batang tersebut mengalami kekeringan.[5] Jika tidak disadari dan tidak dikontrol, infeksi dari Phomopsis sp. akan menyebar sampai ke seluruh bibit sehingga proses penanaman jati tidak bisa dilakukan.

    from Wiki :clap:




     
    Last edited by a moderator: Nov 22, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Cast_StiLL M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati

    [​IMG]

    Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati di Indonesia menurut dinas pertanian adalah ditempat yang beriklim tropis, kalau di Indonesia seperti seluruh pulau jawa, sebagian pulau sumatra, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, NTB dan maluku dengan Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati sebagai berikut:

    1. Curah hujan 1500-2500mm/tahun.
    2. Bulan kering 2-4 bulan.
    3. Tinggi lokasi penanaman 10-1000 m dari permukaan laut.
    4. Intensitas cahaya 75-100%.
    5. Ph tanah 4-8.
    6. Jenis tanah lempung berpasir, hindari tanah becek/rawa dan cadas.

    Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati untuk wilayah Lampung masih dalam area yang disebutkan diatas. Selain yang disebutkan diatas Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati yang saya lihat bagus adalah ditanah pegunungan batu kapur dimana banyak tumbuh tanaman Pohon Jati. Indikasi yang jelas dapat kita temukan apakah cocok suatu tanaman pepohonan didaerah itu itu adalah dengan melihat sekelliling daerah tersebut biasanya banyak terdapat pepohonan yang kita maksud tumbuh secara liar.

    Ditanah pegunungan yang terkenal subur Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati jelas terpenuhi, pohon jati bisa tumbuh lebih cepat itu sudah terbukti dengan melihat umur pohon jati ditanah yang datar atau ladang biasa diameter batangnya berbeda dengan yang tumbuh dilereng gunung. Pohon jati yang saya tanam berasal dari bibit alami, dan pola tanam yang sangat tradisional hanya jarak saja yang teratur membuat terlihat seperti profesional. Untuk mendapatkan batang yang bagus dan lurus kita harus mengatur jarak barisan antara 6 meter – 8 meter sedangkan larikan antara 4 m – 6 m sebagai Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati yang baik.

    Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati ditempat saya cukup bagus, karena sekarang ini banyak orang yang mengembangkan Budidaya Pohon Jati dengan menggunakan bibit-bibit unggul dan pengelolaan yang lebih profesional.

    Teknik budidaya pohon jati dimulai dari persiapan lahan, Pembukaan lahan kebun dengan membersihkan dari semak-semak, alang-alang dll, kemudian membuat lubang tanam 40x40x40 cm dan dibiarkan selama kurang lebih 2 minggu. Lakukan pemupukan pada lubang tanam dengan memberikan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5kg per lubang. Pemberian kapur atau dolomit apabila tanah masam sebanyak 50-100g/lubang tanam sebagai Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati.

    Penanaman: Masukan tanah campuran/kompos ke lubang setinggi 1/3 kedalam lubang sambil disiram, masukan bibit jati KBK yang telah disobek polibag nya ke dalam lubang lalu timbun lubang hingga penuh, siram tanaman sambil memadatkan lubang tanam.

    Pemeliharaan: Pembersihan rumput/gulma disekitar tanaman penting untuk dilakukan, jaga jangan sampai ada genangan air disekitar pohon, purning atau pemangkasan cabang-cabang harus rutin dilakukan sampai minimal ketinggian 6m,potong cabang 1-2cm dari pangkal. semprot insektisida bila perlu untuk membunuh hama dan penyakit.

    Pemupukan: Taburkan pupuk urea atau npk sekitar tanamam sesuai petunjuk. perhatikan cara pemupukan dan periode pemupukan karena tahun pertama pohon jati tumbuh adalah masa kritis yang menentukan untuk tumbuh selanjutnya.

    Nah, itulah Syarat Tumbuh Budidaya Pohon Jati yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk membudidayakan Pohon Jati.

    Sumber:
     
  4. Cast_StiLL M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,017 / -0

    Iming-iming menggoda investasi kebun jati (1)

    [​IMG]


    Lantaran masa panennya cepat, budidaya pohon jati unggul nusantara kini semakin diminati. Hanya lima tahun sejak ditanam, jati ini sudah bisa dipanen. Karena kelebihannya itu, banyak orang tertarik membudidayakannya. Alhasil, usaha pembibitan jati jenis ini kian menjanjikan.

    Jati unggul Nusantara merupakan salah satu varian baru dari pohon jati. Varian baru ini merupakan hasil penelitian Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Kementerian Kehutanan (Kemhut).

    Keunggulan jati unggul nusantara ini adalah waktu panen yang relatif singkat, hanya lima tahun dari biasanya puluhan tahun. Kendati panennya cepat, kualitas kayu jati ini tetap sama kuatnya dengan jati pada umumnya.

    Memasuki masa panen di tahun kelima, batang pohon jati unggul nusantara sudah berdiameter 20 centimeter (cm). Pohon dengan diameter sebesar itu sudah siap dipanen. Sedangkan jati biasa butuh waktu 10 sampai 20 tahun baru bisa panen.

    Karena panennya cepat, budidaya jati unggul nusantara menjanjikan peluang investasi yang menggiurkan. Terbukti permintaan bibit ini cukup tinggi di pasaran.

    Peluang ini juga yang ditangkap oleh Joko Heru Susanto asal Senori, Tuban, Surabaya, Jawa Timur. Sejak 2004, ia sudah membudidayakan bibit jati unggul nusantara. "Jati ini mulai populer tahun 2007-an," katanya.

    Ia menanam bibit jati ini di lahan seluas 1 hektare (ha). Dari lahan itu, Joko menjual rata-rata 30.000 pohon jati unggul per bulan. Bibit jati itu dibanderolnya Rp 7.000 per pohon. Menurutnya, harga itu masih tergolong murah. Soalnya di pasaran harga bibit jati ini mencapai Rp 25.000 per pohon.

    Joko mengaku, omzetnya sebulan mencapai Rp 210 juta dengan laba 75%. Labanya besar karena biaya operasionalnya sedikit. Selain gaji karyawan, paling buat biaya pemupukan.

    Menurut Joko, permintaan bibit jati unggul nusantara terus meningkat dari tahun ke tahun. "Bulan Desember nanti sudah ada pesanan 12.000 pohon," katanya.

    Selain di Jawa Timur, pelanggannya juga banyak dari daerah lain, seperti Makassar, Bali, Kalimantan, dan Sumatra.

    Budidaya jati nusantara ini salah satunya dikembangkan oleh Koperasi Perumahan Wanabhakti Nusantara (KPWN) sejak tahun 2006. Koperasi binaan Kemhut ini sudah menanam ribuan pohon jati nusantara.

    Sanusi, Divisi Pemasaran Unit Bagi Hasil KPWN bilang, budidaya jati ini dilakukan dengan menggandeng investor dan petani di Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur. "Kami menerapkan bagi hasil," ujarnya.

    Investor bisa membeli setiap pohon jati nusantara yang masih berusia 4 bulan dengan harga Rp 70.000. Harga itu sudah termasuk biaya pemeliharaan pohon selama lima tahun. Saat panen, hasil penjualan dibagi kepada petani sebesar 25%, pemilik lahan 10%, aparat desa 10%, KPWN 15%, dan investor memperoleh 40%. "Pendapatan bersih investor bisa mencapai 150% dari modal awal," kata Sanusi.


    Sumber:




    Cepat panen dengan jati unggul (2)

    [​IMG]


    Berbeda dengan pohon jati biasa, jati unggul nusantara sudah bisa dipanen dalam waktu lima tahun. Membudidayakan tanaman ini juga terbilang gampang. Tak heran, banyak orang makin berminat budidaya jati unggul nusantara.

    R. Ashari Buwono, Manajer Pembibitan PT Setyamitra Bhaktipersada, produsen bibit jati unggul nusantara, bilang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman ini.

    Pertama-tama, jati unggul nusantara dapat ditanam pada iklim basah. "Cocok ditanam pada musim hujan antara November sampai Februari," jelas dia. Lalu, lokasi yang paling baik untuk budidaya jati ini berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

    Menurut Ashari, bibit jati itu dihasilkan secara vegetatif, dengan stek pucuk dari pohon atau klon unggul bermetode bioteknologi mutakhir. "Lima tahun sudah panen," ungkapnya.

    Saat ini, bibit jati unggul nusantara sudah tersedia cukup banyak di pasaran. Bagi yang berminat menanam jati ini, cari bibit yang sudah berusia minimal empat bulan setinggi 30 centimeter.

    Setelah mendapatkan bibit yang cocok, masukkan ke dalam lubang berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm. Adapun jarak tanamnya sebaiknya 3 meter (m) x 3 m. "Satu hektare bisa ditanam 1.100 batang," ujar Ashari.

    Sebelum ditanam, ada baiknya lubang diberi pupuk kandang dan NPK. Adapun dosis pemupukan setiap lubang sebanyak 3 kilogram - 5 kilogram pupuk kandang dan 200 gram NPK. "Dua minggu sebelum tanam harus sudah dipupuk," kata dia.

    Untuk tahun pertama, pemupukan dilakukan setiap enam bulan sekali. Pupuknya tetap pupuk kandang dan NPK dengan dosis 250 gram. Memasuki tahun kedua, pemupukan dilakukan setahun sekali dan diberikan menjelang musim hujan.

    Pemberian pupuk dengan mengitari tanaman dan harus dibenamkan di tanah. "Jadi tanah digali terus ditutup lagi," ucap Ashari.

    Selagi pohon jati masih rendah, bisa dilakukan tumpang sari dengan tanaman lain seperti jagung. Tujuannya adalah untuk mengendalikan gulma.

    Oh, iya, hama yang sering mengganggu tanaman ini berupa ulat. Selain itu, ada juga hama pengerek yang masuk ke dalam batang. "Pengendaliannya bisa dengan menyemprot pestisida, tapi sebelum ulatnya banyak," saran Ashari.

    Joko Heru Susanto, produsen bibit jati unggul nusantara asal Senori, Tuban, Jawa Timur, menambahkan, jati unggul nusantara dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan antara 1.200 mililiter (mm) sampai 3.000 mm per tahun. Suhu udaranya 10 - 40 derajat Celcius, kecepatan angin 40 kilometer (km) per jam- 48 km per jam, serta keasaman (pH) tanah 5.5 - 7.5.


    Sumber:



    Inilah kekayaan negri kita. Jangan ada pembalakan liar lagi :tolong:
     
  5. Cast_StiLL M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Sentra Kerajinan Ukir dan Patung di Jepara

    Berkunjung ke Jepara tidak lengkap rasanya jika tidak melihat kerajinan di sentra ukir Jepara. Letaknya sekitar 6 Km dari utara alun-alun Jepara. Di sana kita akan disambut aneka kerajinan dan furniture yang jarang dijumpai di kota lain. Areanya luas dan berupa showroom merangkap rumah yang dipisahkan sebuah jalan lebar dari batako - memberi ruang gerak bebas bagi pengunjung yang datang dengan mobil, motor, bahkan jalan kaki. Saat ini juga telah tersedia showroom modern dan eksklusif – yang tentu saja harganya berbeda jika kita membeli ke showroom pengrajin.

    Sore kemarin, atas permintaan seorang teman, Susi mencari sebuah gantungan baju berbentuk pohon yang unik. Kuputuskan berjalan kaki sambil menikmati kesempatan langka berpetualang sendirian meski masih di kota sendiri. Satu showroom demi showroom kudatangi dan aku minta ijin memfoto produk mereka. Tentu saja diberi ijin. Bahkan mereka dengan senang hati menjawab harga-harga produk mulai dari unfinish/natural sampai harga yang sudah difinishing. Tuing-tuing… sebuah ide muncul dan peluang terbuka.

     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.