1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Tongkat Komando Bung Karno

Discussion in 'Dunia Lain' started by muchtarluthfi, Nov 17, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. muchtarluthfi M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 13, 2012
    Messages:
    9,761
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,410 / -1
    Berkali-kali Bung Karno berkata bahwa Tongkat Komando-nya tidak memiliki daya sakti, daya linuwih..”itu hanya kayu biasa yang aku gunakan sebagai bagian dari penampilanku sebagai Pemimpin dari sebuah negara besar” kata Bung Karno pada penulis Biografi-nya, Cindy Adams pada suatu saat di Istana Bogor.

    [​IMG]

    Bung Karno sendiri memiliki tiga tongkat komando yang bentuknya sama, satu tongkat yang ia bawa ke luar negeri, satu tongkat untuk berhadapan dengan para Jenderalnya dan satu tongkat waktu ia berpidato. Namun kalau keadaan buru-buru dan harus pergi, yang kerap ia bawa adalah tongkat sewaktu ia berpidato.

    Pernah suatu saat Presiden Kuba, Fidel Castro memegang tongkat Bung Karno dan bercanda “Apakah tongkat ini sakti seperti tongkat kepala suku Indian?” Bung Karno tertawa saja, saat itu Castro meminta peci hitam Bung Karno dan Bung Karno pake pet hijau punya-nya Castro. “Pet ini saya pakai waktu saya serang Havana dan saya jatuhkan Batista” kata Castro mengenai Pet hijaunya itu.

    Apakah tongkat Bung Karno itu memiliki kesaktian? seperti Keris Diponegoro ‘Kyai Salak’ atau keris Aryo Penangsang ‘Kyai Setan Kober’ wallahu’alam . Tapi Bung Karno sakti, itu sudah jelas. Peristiwa paling menggemparkan bagi publik Indonesia adalah saat Bung Karno ditembak dari jarak dekat pada sholat Idul Adha. Tembakan itu meleset dan ini yang jadi heboh, bagaimana bisa penembaknya adalah seorang jago perang terlatih, kenapa menembak dari hanya jarak 5 meter tidak kena. Di Radio-radio saat itu saat sidang pengadilan penembak Bung Karno, terungkap saat Bung Karno membelah dirinya menjadi lima. Penembak bingung ‘mana Bung Karno’ ?

    Kesaktian Bung Karno sebenarnya adalah ‘kesaktian’ tiban, ‘tiban’ adalah suatu istilah Jawa bahwa kesaktian itu tidak dipelajari. Waktu lahir Sukarno bernama Kusno, ia sakit keras kemudian diganti nama Sukarno. Setelah sehat, datanglah kakek Sukarno, Hardjodikromo datang dari Tulungagung untuk berjumpa dengan Sukarno kecil saat itu, sang Kakek melihat ada sesuatu yang lain di anak ini. Kakek Sukarno sendiri adalah seorang sakti, ia bisa menjilati bara api pada sebuah besi yang menyala. – Rupanya di lidah Sukarno ada kemampuan lebih yaitu mengobati orang, Sukarno dicoba untuk mengobati bagian yang sakit dengan menjilat-.

    Kakek Sukarno, tau bahwa ini kesaktian, tapi harus diubah asal cucunya jangan hanya jadi dukun, tapi jadi seorang yang amat berguna untuk bangsanya. Hardjodikromo adalah seorang pelarian dari Jawa Tengah yang menolak sistem tanam paksa Cultuurstelsel Van Den Bosch, ia ke Tulungagung dan memulai usaha sebagai saudagar batik. Leluhur Bung Karno dari pihak Bapaknya adalah Perwira Perang Diponegoro untuk wilayah Solo. Nama leluhur Bung Karno itu Raden Mangundiwiryo yang berperang melawan Belanda, Mangundiwiryo ini adalah orang kepercayaan Raden Mas Prawirodigdoyo salah seorang Panglima Diponegoro yang membangun benteng-benteng perlawanan antara Boyolali sampai Merbabu. Setelah selesainya Perang Diponegoro, Raden Mangundiwiryo diburu oleh intel Belanda dan ia menyamar jadi rakyat biasa di sekitar Purwodadi, mungkin akar inilah yang membuat ikatan batin antara Jawa Tengah dan Bung Karno. – Seperti diketahui Jawa Tengah adalah basis utama Sukarnois terbesar di Indonesia-.

    Mangundiwiryo memiliki kesaktian yaitu ‘Ucapannya bisa jadi kenyataan’ istilahnya ‘idu geni’. Rupanya ini menurun pada Bung Karno. Melihat kemampuan ‘idu geni’ Bung Karno itu, Kakeknya Hardjodikromo berpuasa siang malam agar cucunya bisa memiliki kekuatan batin, pada suatu saat Hardjodikromo bermimpi rumahnya kedatangan seorang yang amat misterius, berpakaian bangsawan Keraton Mataram dan mengatakan dengan amat pelan ‘bahwa cucumu adalah seorang Raja bukan saja di Tanah Jawa, tapi di seluruh Nusantara’. Kelak Hardjodikromo mengira bahwa itu adalah perwujudan dari Ki Juru Martani, seorang bangsawan Mataram paling cerdas.

    Sejak mimpi itu, kemampuan Bung Karno menjilat dan menyembuhkan langsung hilang berganti dengan ‘kemampuan berbicara yang luar biasa hebat’.

    Bung Karno sendiri -menurut buku Giebbels, salah seorang Sejarawan Belanda- sudah diramalkan akan terbunuh dengan benda-benda tajam. Untuk itulah ia amat takut dengan jarum suntik, Bung Karno sendiri agak paranoid terhadap benda-benda tajam, ketika penyakit ginjalnya amat parah, ia menolak untuk berobat ke Swiss karena disana ia pasti akan dibedah dengan pisau tajam. Ia memilih obat-obatan herbal dari Cina.

    Kembali ke tongkat tadi, tongkat Bung Karno itu dibuat dari bahan kayu Pucang Kalak, Pohon Pucang itu banyak, tapi Pucang Kalak itu hanya ada di Ponorogo, pohon Pucang. Tongkat Komando Bung Karno sendiri dipakai sejak 1952, setelah peristiwa 17 Oktober 1952. -Suatu malam Bung Karno didatangi orang dengan membawa sebalok kayu Pohon Pucang Kalak yang ia potong dengan tangannya, balok itu diserahkan pada Bung Karno. ”Untuk menghadapi Para Jenderal” kata orang itu. Lalu Bung Karno menyuruh salah seorang seniman Yogyakarta untuk membuat kayu itu menjadi tongkat komando.

    Sebagai tambahan dalam khasanah politik Indonesia, ‘ageman’ atau pegangan itu soal biasa. Misalnya Jenderal Sumitro, tokoh utama dalam rivaalitas dengan Ali Moertopo pada peristiwa Malari 1974, sebelum meletusnya Malari kedatangan seorang anak muda dengan pakaian dekil dan menyerahkan sebilah keris “Untuk menang Pak” kata anak muda itu.

    Pak Harto sendiri punya ageman banyak yang bilang pusat kekuatan Pak Harto itu ada di Bu Tien Suharto, banyak yang bilang juga di ‘konde’ bu Tien. Tapi yang jelas Pak Harto adalah seorang pertapa, seorang ahli kebatinan tinggi, ia senang tapa kungkum di tempuran (tempuran = pertemuan dua arus kali) di Jakarta ia sering sekali bertapa di dekat Ancol tengah malam, saat tarik ulur dengan Bung Karno antara tahun 1965-1967.

    Sumber = Disini
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,594
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,957 / -0
    @ TS ...
    bahasan ttg tongkat komando nya dikit banget __________________________ :puyeng:
     
  4. UltramanTarou M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    961
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +382 / -0
    kalo ttg tongkatnya emg sering denger, btw itu ttg Suharto bukan karena konde nya bu Tien tapi emang karena kayak ahli strategisnya bu Tien. makanya begitu Bu Tien meninggal pemerintahan jd rada goyah,soalnya istrinya yg mikirin soal strategi,dll:ogrokok:
     
  5. theadiraga Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 21, 2012
    Messages:
    241
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +816 / -0
    bahasan tongkat nya kurang nih..
    oh iya, ngomong2 tongkat bung karno sendiri sekarang masih atau sudah hilang?
     
  6. fegan Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 28, 2011
    Messages:
    103
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -2
    masi jadi misteri tongkatnya... kan katax ada 3 tapi kok satu pun belum ditemukan ya???
     
  7. karun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 21, 2009
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    itu lah hebatnya bung karno peninggalanya bak di telan bumi gk ada yang tau. ada denger cerita orang-orang tongkatnya itu ada kerisnya yang terbuat dari emas. tapi kembali lagi itu cuma dugaan orang-orang aja yang tau hanya beliau saja dan Tuhan Yang Maha Tahu.
     
  8. nano_nano M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 11, 2010
    Messages:
    889
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +761 / -0
    wuih,presiden-presiden RI yang lama sakti-sakti ternyata kl pak Harto sih emang ilmu kejawen nya tinggi, kl pak Karno baru tau saia_________________ :ehem:
     
  9. FireLordZuko Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2012
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +4 / -0
    Baru tw nih..mgkn krn org jawa kali ya beliau percaya dgn benda2 pusaka gtu..:hehe:

    :niceinfo:
     
  10. jadidzain M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 19, 2011
    Messages:
    789
    Trophy Points:
    107
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,909 / -0
    Wah klo presiden sakti boleh juga sih, bwt self defense, tapi daripada hobi bertapa mending belajar ilmu hukum atau ekonomi kek, biar bisa ngadepin perubahan global di dunia,...:yareyare:

    Daripada sniper masih ngeri klo musuhnya rekan separtai... klo ada kebijakan yang d putuskan ama presiden tapi g sreg dikit ama rekan separtai, pasti tanpa a atau b presiden langsung d suruh turun...:tega:
     
  11. czero_99 Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 18, 2010
    Messages:
    12,403
    Trophy Points:
    277
    Ratings:
    +129,402 / -0
    Ane juga pernah denger dri guru ane, katanya bung karno emang punya ilmu sakti.

    Kalo ga salah dia bisa teleport ke tempat lain walau hanya sebentar.
     
  12. warna M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 17, 2010
    Messages:
    200
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +14 / -0
    di banyakin donx ceritanya~ gua dah sering baca yg ini~ cariin yg lain donx TS

    wkwkwk~ gua penasaran ma tuh tongkat~
     
  13. tyo_ook M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 2, 2012
    Messages:
    248
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +7 / -0
    Tongkatnya bung karno emang bener2 sakti cocoklah dia emang jadi presiden pertama RI
     
  14. riankuni MODERATOR

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 24, 2011
    Messages:
    3,402
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +460,499 / -5
    Semoga saja tongkatnya cepat ditemukan,
    dan tidak jatuh ketangan yang salah.
     
  15. Zablune M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 6, 2011
    Messages:
    2,464
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +411,140 / -7
    apalah arti sebuah tongkat..
    tongkat itu alat untuk membantu melakukan sesuatu..
    kalo untuk kedepannya kita mau kaya gimana.. ya dari kita sendiri..
     
  16. OchyClouds M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 17, 2012
    Messages:
    1,814
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +64,992 / -0
    Kalo kata aku sih tongkat itu buat Sukarno lebih percaya diri aja
    lebih berwibawa bukan karena apa-apa
    lah bung Karno sendiri yg bilang kalo tu tongkat cuma kayu biasa
    ngomong2 tentang snipper yg berupaya menembak beliau ketika tengah sholat Idul Adha
    wajar aja ga kena beliau sedang berhadapan dengan pencpita otomatis dilindungi langsung dong
    dan juga emang karena belum ajalnya waktu itu :hihi:
     
  17. dwipoenya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 29, 2010
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    salah seorang abdi dalem di kasunanan pernah bercerita, semua tongkat beliau ada 9. . .banyak orang indonesia yang katanya punya tongkatnya. abdi dalem itu cuma tertawa, "itu palsu mas". 9 tongkat itu di buat dari kayu yang tumbuh ga di sembarang tempat n pya "daya', "saya akan memberi tahukan semua ciri2nya hanya kepada turunannya" tutur beliau (saya pikir ibu mega)
     
  18. hite46 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 11, 2012
    Messages:
    324
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +16 / -0
    Salut buat para pemimpin indonesia,,,,semoga hasil jerih payahnya terbayarkan oleh penerus muda kita,,,Amin
     
  19. cipirili M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 28, 2011
    Messages:
    512
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    kirain tongkat komandonya ada mistis2nya nih, malah ceritain biografinya si agan
     
  20. Cast_StiLL M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2012
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +2,017 / -0
    apakah tongkat itu masih ada gak ...
     
  21. hidayato M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    2,083
    Trophy Points:
    241
    Ratings:
    +14,671 / -0
    orang jaman dulu memang banyak yg punya kesaktian, apalagi para wali, contohnya bisa jalan di atas air, bisa ada di 2 tempat berbeda pada waktu yg sama (kage bunshin :hahai:), bisa jalan di tengah hujan tanpa kehujanan, dll
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.