1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora MARKISA (Passiflora edulis)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by komikb4, Nov 5, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    MARKISA

    [​IMG]

    KLASIFIKASI ILMIAH

    Kerajaan. Plantae
    Divisi. Spermathopyta
    Ordo. Malpighiales
    Famili. Passifloraceae
    Genus. Passiflora
    Spesies. P. edulis
    Nama binomial Passiflora edulis


    DESKRIPSI UMUM

    Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika.
    Nama lain yang dikenal untuk buah ini antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), dan Lạc tiên, Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam). Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).

    wikipedia
     
    Last edited by a moderator: Nov 12, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0

    iyah....1 lonje isinya artikel doank ...:lol:

    klo mau ngepost pasang artikel :hoho:



    Buah markisa merupakan buah asli dari Amerika Latin. Namun, buah markisa sudah banyak dibudidayakan di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Manfaat buah markisa bagi kesehatan manusia sudah tidak diragukan lagi, dan inilah yang menjadikan buah markisa memiliki nilai komersial yang tinggi.

    Buah Markisa memang sangat banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya dan manfaat buah markisa yang berkhasiat sebagai pereda nyeri, anti-kejang, kolitis, penenang, dan antiradang. Gangguan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan buah ini. Daging buah markisa digunakan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare, dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa konsentrasi, dan susah tidur).

    Klasifikasi ilmiah
    Kerajaan: Plantae
    Divisi: Spermathopyta
    Ordo: Malpighiales
    Famili: Passifloraceae
    Genus: Passiflora
    Spesies: P. edulis

    Nama binomial
    Passiflora edulis
    Sims

    Khasiat Buah Markisa
    Ada 7 khasiat buah markisa bagi kesehatan yaitu :

    1. Buah Markisa Kaya akan Serat

    Buah markisa memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, saluran pencernaan dan usus menjadi bersih. Anda dapat memilih buah markisa sebagai salah satu sumber serat. Biji dari buah markisa pun bisa dimakan karena mengandung serat. Buah markisa juga bisa dijadikan pencahar ringan.

    2. Buah Markisa Kaya Antioksidan

    Warna-warna kulit buah markisa yang ungu serta warna daging yang berwarna oranye, menunjukkan bahwa buah markisa kaya akan antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah markisa adalah beta-karoten.

    3. Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Asma

    Bagi Anda penderita asma, buah markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, buah markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

    4. Buah Markisa Memiliki Efek Relaksasi

    Minum segelas jus buah markisa dingin dapat membantu anda mengendurkan saraf dan pikiran anda dan membuat perasaaan menjadi lebih tenang. Buah markisa sering dijadikan obat untuk masalah pencernaan dan penyakit lambung.

    5. Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Insomia

    Buah Markisa memiliki efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan tenang dan membantu anda dalam merilekskan pirikan anda. Hal ini sangat membantu penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur nyenyak. Segelas jus buah markisasebelum tidur bisa anda minum untuk memperlancar tidur anda.

    6. Buah Markisa adalah Sumber Nutrisi yang Baik

    Seperti yang kita ketahui sebelumnya, buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik, satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. Satu porsi 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat bersinar dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisa juga merupakan sumber kalium (348 mg dalam 100 g). Mineral ini memiliki efek yang menyehatkan pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisa juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.

    7. Buah Markisa sangat baik Dikonsumsi Orang yang Sedang Diet

    Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan buah markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan buah markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g. Buah markisa juga rendah sodium dan lemak.Buah markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang, sehingga Anda tidak ingin makan makanan lain lagi.
     
  4. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    Resep Minuman Punch Markisa Jeruk

    ika anda berkunjung ke daerah Sumatera terutama Sumatra Utara kira-kira apa oleh-oleh yang pas untuk diberikan pada keluarga atau kerabat? Dari list yang sudah anda buat, pastinya anda tak akan melupkan sirup Markisa kan?. Yup, markisa adalah komoditi unggulan di Sumatra utara yang sudah dioleh menjadi berbagai jenis produk minuman yang nikmat. Markisa adalah khas di wilayah Tropis dan sub-tropis. Di Indonesia sendri, terdapat dua jenis markisa yakni markisa kuning dan markisa ungu.

    Kenikmatan markisa ini akan semakin nikmat dan segar jika kita kreasikan menjadi minuman nikmat dengan tambahan buah-buahan segar lainnya. Penasaran? Yuk kita coba resep minumannya, yakni Punch Markisa Jeruk.

    Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah sebagai berikut :

    250 ml Air jeruk manis
    100 ml Air jeruk lemon
    75 ml Sirup markisa
    50 gr Gula kastor
    6 buah Markisa (belah, keruk isinya)
    650 ml Air soda dingin
    Es serut secukupnya
    Setelah bahan-bahannnya tersedia, berikut cara membuat resep minumannya :

    Campurkan air jeruk manis, air jeruk lemon, sirup markisa dan gula kastor. Aduk aduk hingga larut gulanya
    Masukkan isi buah markisa ke dalam air yang sudah dibuat tadi, aduk pelan hingga rata
    Sebelum disajikan, masukkan ke lemari es hingga dingin
    Untuk penyajiannya, saipkan gelas saji. Masukkan air yang sudah dicampur markisa ke dalam gelas saji, tambahkan air soda serta es serut
    Punch Markisa Jeruk siap disantap. Terasa kan segaranya ..
    Takaran pada resep minuman ini pas untuk 10 gelas.

    Oh ya, selain nikmat dan segar, ternyata markisa yang menjadi bahan utama resep minuman ini juga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan loh. Markisa bisa memberikan efek detoksifikasi yang mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun tubuh. Selain itu, markisa juga bisa meningkatkan kesegaran kulit. Jadi untuk anda yang ingin awet muda, jangan lupa mengkonsumsi Markisa ya..

    Selamat Mencoba.


    sumber

    :kenyang:
     
  5. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,105 / -89
    MARKISA

    Buah Markisa selain enak rasanya juga mempunyai banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Ini terkait dengan kandungan nutrisinya dan manfaat buah markisa yang berkhasiat sebagai pereda nyeri, anti-kejang, kolitis, penenang, dan antiradang. Gangguan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering juga bisa dihalau dengan buah ini. Daging buah markisa digunakan untuk merilekskan saraf saat sakit kepala, meredakan diare, dan neurastenia (kelelahan kronis, lemah, tidak nafsu makan, tidak bisa konsentrasi, dan susah tidur).

    Klasifikasi ilmiah
    Kerajaan: Plantae
    Divisi: Spermathopyta
    Ordo: Malpighiales
    Famili: Passifloraceae
    Genus: Passiflora
    Spesies: P. edulis

    Nama binomial
    Passiflora edulis
    Sims

    Markisa adalah tumbuhan yang berasal dari luar negeri, tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Nama lain yang dikenal untuk buah ini antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), dan Lạc tiên, Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam).

    Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).

    Penelitian invitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid. Kandungan fitokimia yang lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sedangkan kandungan gizinya antara lain: energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat.

    Markisa membuat lebih mudah tidur
    Markisa kaya vitamin-vitamin B yang menenangkan dan potassium yang merilekskan system syaraf. Orang-orang Amerika Selatan secara tradisional makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan menurut mereka, makan 1 buah markisa sebelum tidur bisa membuat mimpi indah.

    Markisa mempunyai khasiat untuk menyembuhkan gejala alergi kronis. Juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah. Dari hasil penelitian laboratorium, markisa juga mengandung vitamin C dosis tinggi dan antioksidan.

     
  6. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    siap kk naga :top:




    Gampang kok Tanam Buah Markisa

    Menanam Markisa dari Bibit

    Memperbanyak markisa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang sudah pernah saya coba adalah dengan menyemaikan bijinya. Biji kering saya dapat dari seorang kolega yang sudah pernah menanam pohon markisa. Bijinya kecil kecil, sebesar butiran padi, namun tipis dan berwarna coklat.
    [​IMG]

    Biji Markisa Kering siap tanam

    Biji markisa yang saya dapat itu lalu saya tanam di tanah dalam pot bekas minuman air mineral. Masing masing pot saya isi dengan 3 – 4 biji buah markisa. Awalnya saya ragu, apakah biji tersebut bisa berkecambah. Karena saya tidak tahu media apa yang cocok untuk penyemaian itu. Saya menggunakan campuran pasir, pupuk kandang dan sekam sebagai medianya. Tapi setelah menunggu selama 5 – 8 hari, akhirnya muncul juga kecambahnya. Wah... lega rasanya.

    [​IMG]

    Setelah kecambah tumbuh, dan daunnya menjadi 3 helai, saya pindahkan ke tanah. Sebelumnya saya siapkan lubang tanah 30 x 30 cm, saya campurkan dengan pupuk kandang yang saya beli dari Nursery. Saya aduk tanahnya sehingga gembur.. Siap untuk menerima tanaman baru.

    Asal asalan saya pindahkan 4 pohon markisa ke tanah. Semua tanaman tersebut terus tumbuh, kecuali 1 tanaman yang mati. Mungkin karena saya salah cara memindahkannya. Seharusnya tanaman tidak dicabut dari pot, melainkan dipindahkan dengan tanah yang ada di dalam pot semaian. Tapi tidak jadi masalah, karena 3 tanaman pun tumbuh subur.

    Berlomba dengan pertumbuhan Markisa
    Ketika pohon markisa tumbuh dari kecambahnya, saya santai saja. Saya pikir cukup saja saya siapkan sebatang kayu sebagai tempat menjalar. Tanaman pun menurut saja, menjalar di kayu yang sudah saya siapkan. Dua minggu setelah kayu yang saya siapkan sudah hampir terlilit dengan pohon markisa, mulailah saya berlomba dengan pohon markisa. Daya jalarnya luar biasa bikin saya menyingsingkan lengan, membuat jalinan untuk pertumbuhan markisa. Tanamannya menjulur kesana kemari, bahkan ada kabel listrik pun maunya dirambati, dipakai tempat untuk tautan pohon. Wah bisa rusak dong pemandangan. Akhirnya saya gunting bagian yang tidak terkendali tersebut. Akhirnya seluruh jalinan kawat yang telah disiapkan penuh dengan pohon markisa. Kecepatan rambatnya lumayan, bidang seluas 4 x 4 meter dipenuhi daun markisa hanya 2 minggu.

    Menunggu Bunga menjadi Buah
    Setelah 4 bulan markisa tumbuh, ternyata mulai muncul bunganya... ho ho ho.... cepet ya. Dan pada waktu itu, sedang musim hujan. Wah... akhirnya bunga markisa berguguran. Dari sekian banyak bunga yang muncul, hanya 3 buah markisa yang muncul. Mungkin karena hujan, sehingga bunganya membusuk. Sempat kecewa, karena saya harus buang bunga bunga yang berjatuhan.



    :kenyang:
     
  7. Nisa_K1 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 13, 2012
    Messages:
    5,669
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,093 / -0

    CARA BUDIDAYA TANAMAN BUAH MARKISA

    Buah markisa merupakan buah yang rasanya menyegarkan, karena buah ini adalah perpaduan antara rasa asam dan manis. Buah ini diminati oleh banyak masyarakat. Buah ini juga gampang dalam budidayanya. Berikut adalah cara budidaya buah markisa.

    Buah markisa merupakan salah satu jenis buah impor yang kemudian berhasil dikembangkan di Indonesia. Daerah aslinya adalah daerah tropis dan subtropis di Amerika. Buah ini memiliki rasa yang khas, dengan rasa asam yang berpadu dengan manis sehingga memberikan sensasi menyegarkan.

    Jenis markisa yang umum ada dikembangkan di Indonesia ada tiga, yaitu markisa ungu, markisa kuning serta markisa manis. Ketiga jenis markisa ini hidup di dataran yang berbeda, markisa ungu biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi, markisa kuning tumbuh di dataran rendah sementara markisa manis khusus tumbuh di daerah Sumatra Barat. Budidaya markisa tidak susah namun karena markisa merupakan jenis tanaman subtropis sehingga untuk hasil maksimal disarankan untuk ditanam pada daerah dengan ketinggian 800-1500 meter diatas permukaan laut dengan suhu sekitar 20-30 derajat celcius. Kemudahan lainnya karena markisa tidak bermasalah dengan jenis tanah apapun asalkan unsur hara serta bahan organiknya cukup. Selain itu tanah juga tidak masam dengan PH 6,5-7,5. Satu hal lagi, seperti halnya tumbuhan yang lain, markisa akan tumbuh dengan baik mendapatkan air yang cukup.
    Bagi Anda yang ingin melakukan budidaya markisa, ada hal penting harus dilakukan saat memilih bibit markisa. Jenis-jenis markisa yang populer diatas memiliki beberapa kelebihan ataupun kekurangan. Markisa ungu mempunyai batang yang kecil serta akarnya pendek-pendek sehingga sangat rentan dengan kerusakan. Selain itu, batang markisa ungu juga tidak tahan terhadap serangga tanah, padahal markisa ungu merupakan jenis yang disukai karena rasanya manis. Beda halnya dengan markisa kuning yang sedikit asam, namun memiliki batang yang bagus. Untuk itu, beberapa orang menggabungkan dua jenis markisa ini dalam pembibitan dengan menyambung batang bawah markisa kuning serta batang atas markisa ungu hingga didapatkan hasil yang baik. Teknik ini sudah dicoba di beberapa daerah dan hasilnya cukup mengembirakan.

    Untuk penanaman tidak sulit, hanya saja tanaman ini harus dibuatkan tiang rambatan. Tiang rambatan yang baik adalah dengan menggunakan pucuk bambu tanpa kawat karena bisa merangsang pertumbuhan markisa serta jumlah buahnya.

    Setelah proses penanaman, markisa harus dipelihara. Walaupun termasuk mudah tumbuh, namun untuk hasil yang optimal markisa juga membutuhkan pemeliharaan khusus. Pemupukan merupakan pemeliharaan utama agar markisa tumbuh subur. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk urea ataupun pupuk kandang.Pemeliharaan lainnya adalah pengairan. Untuk tumbuh subur, markisa membutuhkan air yang cukup terutama saat markisa berbunga ataupun berbuah. Jika tidak mendapatkan air secara alami dari hujan, maka markisa harus disiram secara teratur, bisa dua kali ataupun cukup sekali dalam sehari namun harus rutin. Air ini penting karena buah bisa berkerut dan rontok jika kekurangan air.

    Karena tanaman ini merupakan tanaman yang berjenis berdaun rimbun, maka jangan lupa untuk melakukan penyiangan. Agar tanaman tidak terlalu rimbun.

    Source : http://tipspetani.blogspot.com/2012/07/cara-budidaya-tanaman-buah-markisa.html

    niat amat ngepost'a :keringat:
     
  8. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    SIRUP MARKISA TOMAT, MINUMAN SEHAT PENDERITA HIPERTENSI

    Hipertensi merupakan penyakit yang sering kita dengar dan telah menjangkit masyarakat tanpa mengenal usia. Hipertensi dapat memicu penyakit kardiovaskular yang merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia serta berdampak juga pada mahalnya biaya pengobatan dan perawatan yang harus ditanggung penderita. Banyaknya efek yang ditimbulkan oleh penyakit hipertensi memerlukan suatu zat pengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi yang tidak menyebabkan penderita mengalami penyakit lain seperti obesitas dan diabetes mellitus. Alternatif pengontrol tekanan darah selain obat dapat juga berupa buah yang alami, Hafizah Ghany Hayudinna dan Afrilia Yunita mahasiswa jurusan pendidikan IPA bersama Anang Safrudin dan Puspito Rini dari jurusan pendidikan biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta memunculkan inovasi untuk menggabungkan buah markisa (Passiflora edulis var. flavicarpa) dan tomat (Solanum lycopersicum L) ditambah dengan madu sebagai alternatif penurun tekanan darah alami bagi penderita hipertensi dalam bentuk sirup dengan nama sirup Kito yang merupakan akronim dari markisa - tomat. Menurut Hafizah Ghany Hayudinna mereka memilih buah markisa dan tomat karena kaya akan kalium. “Dalam 100 gr sari markisa mengandung sekitar 348 mg kalium yang merupakan komponen penting dalam sel dan cairan tubuh untuk membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.” kata Hafizah, “Sedangkan tomat selain mengandung kalium, antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan menempel pada dinding pembuluh darah yang dapat meningkatkan tekanan darah sehingga dapat berperan dalam mengontrol tekanan darah.” Afrilia Yunita menambahkan bahwa sirup Kito merupakan paduan antara markisa dan tomat, sehingga rasanya agak masam. “Oleh karena itu kami menambahkan madu dalam pembuatannya agar rasanya tidak terlalu masam” kata Afrilia, “Keunggulan sirup ini adalah masih asli tanpa tambahan pemanis buatan karena pemanis buatan dapat menghambat penderita diabetes mellitus untuk mengkonsumsinya. Bagi penderita hipertensi yang juga memiliki penyakit maag sirup dapat dicampur dengan madu agar rasanya tidak terlalu masam dan tidak menimbulkan efek samping bagi lambung.” Cara membuat sirup Kito dijelaskan oleh Puspito Rini sebagai berikut, buah markisa dan buah tomat diblender kemudian sarinya direbus agar sari markisa dan tomat tidak cepat berbau. Sari buah markisa dan tomat kemudian dicampur dengan perbandingan 1:1, setelah itu ditambahkan madu agar rasanya tidak terlalu masam. Sirup markisa siap dikonsumsi langsung atau bisa diencerkan dengan menambah air dan madu sesuai selera. “Kreatifitas ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa bidang penelitian tahun 2011.” tutup Puspito.


    :lalala: ssumber
     
  9. Iya_an Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 24, 2012
    Messages:
    6,744
    Trophy Points:
    218
    Ratings:
    +38,105 / -89
    English version.

    [​IMG]

    This passionfruit was growing in a family vegetable garden setting in Coonamble (western NSW, Australia), in a hot and dry climate with low rainfall, but the garden beds were irrigated by creek water. The vine is growing over a farm fence which has three horizontal wires. Surrounding the vine in the understorey is sweet potato (Ipomoea batatas) which has provided a good green mulch and soil cultivator for the surrounding area. The images are taken at the end of Autumn and the crop looks to be coming along nicely.

    Plant family: Passifloraceae
    Genus: Passiflora
    Species: edulis
    Common name: Passion Fruit, Passionfruit, Purple Granadilla.

    How and where to plant it: Full sun against a trellis or structure where there are no competing roots. Iron, in the form of chook manure around the roots, is beneficial to establishment. Well-drained soil. Mulch around the root system to stop it drying out.

    Height: 2 metres
    Width/Spacing: 3 metres
    Flowers: Fruits 18 months from planting preceded by white/purple and yellow ‘passion’ flowers comprised of supportive bracts, 2.5cm petals and corona 1.5cm long.
    Scents: Flesh of the fruit has a sweet aroma and taste.
    Animal Attraction: Fruits attract rats and white cockatoos.
    Hardiness: Frost sensitive
    Appearance: Evergreen vine with curly tendrils. Fruit is round/oval (obovoid) 4-5cm diameter and generally dark purple when ripe. Leaf blades 3-lobed with 2-5cm petioles. Leaf margins toothed. Stipules linear.
    Uses: Edible flesh of the fruit eaten uncooked, juiced or decorative. Wine, juice, jams, decoration. May reduce blood pressure. High in vitamin C
    Culture: Vigorous climber with strong spring-like tendrils that grip onto structures. Prune the tips when growing to promote lateral growth. Requires good watering.
    Pest and disease: Scale, collar-rot.
    Maintenance: Prune in later winter or early spring by about 30 centimetres. Fertilise with chicken manure every 6 months.
    Harvest and post harvest: Harvest when fruit turns purple and outside can be pushed in. Generally used uncooked and can be stored in a cool place.
    Origin: South America

    sumber ; http://permaculturenews.org/2012/10/24/plant-profile-passionfruit-passiflora-edulis/
     
  10. Zablune M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 6, 2011
    Messages:
    2,464
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +411,138 / -7
    selamat mencoba CARA BUDIDAYA TANAMAN BUAH MARKISA Semoga berhasil.
     
  11. naga_sari M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 22, 2011
    Messages:
    4,253
    Trophy Points:
    292
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +65,605 / -0

    Markisa tak boleh sampai jatuh dari pohon (2)
    Posted on September 10, 2011 at 9:20 AM

    Memiliki nama latin Passiflora edulis, markisa merupakan tanaman menjalar seperti juga tanaman anggur. Yang ada di Indonesia biasanya markisa kuning dan ungu. Perlu ketelitian untuk membudidayakannya, terutama soal pasokan airnya.

    di Indonesia, ada dua jenis markisa yang biasa dibudidayakan. Yaitu, markisa kuning dan markisa ungu. Buah markisa kuning sering dijual untuk dikonsumsi langsung. Adapun markisa ungu dijual dalam bentuk olahan, seperti sirop dan minuman ringan. Rasanya yang lebih asam menjadikan markisa ungu sangat cocok dijadikan produk olahan.

    Agar bisa tumbuh dengan baik, pohon markisa harus ditanam pada wilayah sejuk. Ketinggiannya antara 800 meter di atas permukaan laut (dpl) hingga 1.700 dpl, dengan suhu antara 20 hingga 30 derajat celsius.

    Bibit pohon markisa bisa didapat dari persemaian biji buah. Bibit markisa juga bisa diperoleh dengan cara stek. "Jarak tanam antara satu pohon dengan pohon lain sekitar tiga meter," kata pemilik CV Surya Lestari, Chairul Anwar Halim.

    Lantaran markisa merupakan tanaman merambat, maka petani perlu membuat para-para ataupun media rambat lain dengan tinggi tiang sekitar dua meter. Di bagian atas dibuat anyaman dari bilah bambu, kayu, atau kawat. Dengan adanya para-para tersebut, buah markisa akan bergantungan sehingga mudah dipetik.

    Masa berbuah markisa cukup cepat, yaitu hanya sekitar 3 bulan. Meski begitu, perlu dilakukan berbagai perawatan supaya panen yang dihasilkan bisa maksimal. "Jika ditanam Januari maka di sekitar bulan September atau Oktober pohonnya sudah berbunga," kata Chairul.

    Pohon markisa paling produktif saat berusia tiga tahun. Di tahun keempat dan kelima produktivitasnya mulai berkurang. Bahkan, di tahun keenam biasanya sudah tidak berbuah. "Makanya di tahun keempat harus tanam ulang," ujarnya.

    Agar hasilnya maksimal, perlu ada pemangkasan daun sehingga nutrisi dari dalam tanah tidak habis. Pemangkasan tanaman juga diperlukan untuk menumbuhkan tunas-tunas baru, tempat munculnya bunga.

    Pasokan air juga harus diperhatikan, terutama ketika tanaman mulai berbunga dan berbuah. Pada masa itu, pohon markisa membutuhkan air lebih banyak dari biasanya. Jika pasokan air kurang, maka buah akan menjadi keriput dan gampang jatuh meski belum matang.

    Pemilik CV Qualitama Tunas Mandiri, Zulfi Andri, mengatakan, saat ini ada kesalahan mendasar yang sering dilakukan petani. Petani biasanya menunggu markisa jatuh.

    Padahal, menurut Zulfi, cara seperti itu tidak boleh. "Tidak perlu sampai jatuh dan terluka," katanya. Karena untuk konsumsi, tingkat kematangan markisa sekitar 70% hingga 80% sehingga bisa dipetik.

    Apalagi, markisa termasuk buah klimaterik yang bisa matang dengan cara diperam. "Dalam seminggu, kematangan markisa bertambah dari 60% menjadi 90%," imbuhnya. Buah markisa juga bisa disimpan sekitar 4 hingga 5 pekan pada suhu 7 derajat celsius.

    Menurut hitungan Chairul, jika satu pohon markisa menghasilkan 20 kilogram (kg) buah dalam sekali panen dan satu hektare lahan bisa ditanami 400 hingga 800 pohon, maka petani bisa memanen 8 ton–16 ton markisa di atas lahan seluas satu hektare.

    Satu kilogram markisa terdiri dari 20 hingga 25 buah, dengan harga Rp 3.000 per kg. Maka, dalam sekali panen petani bisa mencetak penjualan Rp 24 juta hingga Rp 48 juta.

    Sumber



    kayaknya belom ada... :lalala:
     
  12. naga_sari M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 22, 2011
    Messages:
    4,253
    Trophy Points:
    292
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +65,605 / -0

    ASPEK PRODUKSI BUDIDAYA MARKISA
    BUDIDAYA TANAMANPASCA PANEN

    Tanaman markisa (passifloraceae) berasal dari Amerika Selatan yang beriklim tropis. Saat ini terdapat lebih dari 400 spesies yang mana dari jumlah tersebut sekurang-kurangnya 50 diantaranya dapat dikonsumsi buahnya. Diantara spesies tersebut yang banyak dibudidayakan secara komersial adalah markisa ungu (Passiflora edulis f. edulis Sims) dan markisa kuning (Passiflora edulis f. flavicarpa Degner). Nama lain buah markisa di luar negeri adalah passion fruit, granadilla, purple granadilla, yellow granadilla fruit atau meracuja.
    Jenis tanaman markisa yang dimaksud dalam lending model ini adalah markisa asam untuk industri yaitu markisa ungu (Passiflora edulis f. edulis Sims)

    1. Lokasi
      Tanaman markisa merupakan tanaman subtropis, sehingga jika ditanam di Indonesia harus di daerah-daerah yang mempunyai ketinggian antara 800 – 1.500 m dpl dengan curah hujan minimal 1.200 mm per tahun, kelembaban nisbi antara 80 – 90%, suhu lingkungan antara 20 – 30[SUP]o[/SUP]C, tidak banyak angin.
    2. Tanah
      Tanaman markisa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, terutama pada yang gembur, mempunyai cukup bahan organik, mempunyai pH antara 6,5 – 7,5 dan berdrainase baik. Jika tanah tersebut masam, maka perlu ditambahkan kapur pertanian (dolomit). Pada umumnya lokasi yang sesuai untuk tanaman markisa adalah dataran tinggi, sehingga kondisi lahannya banyak yang berlereng. Sebaiknya kemiringan lahan tidak lebih dari 15%, jika lebih harus dibuat terasering untuk memudahkan pemeliharaan tanaman.
    3. Pembibitan
      Tanaman jenis tanaman yang umum dibudidayakan oleh petani adalah jenis markisa ungu (edulis), tetapi jenis ini mempunyai batang yang kecil, perakaran yang dangkal dan tidak tahan terhadap nematoda. Kemudian ada jenis lain, markisa kuning (flavicarpa) yang mempunyai batang yang cukup besar, perakaran yang dalam, tahan terhadap nematoda, tetapi buahnya kurang disukai karena rasanya lebih asam dan sari buahnya sedikit. Oleh karena itu telah dikembangkan teknik sambungan antara markisa ungu sebagai batang atas dan markisa kuning sebagai batang bawah. Teknik sambungan tersebut telah dikembangkan di Sulawesi Selatan dan ternyata hasilnya cukup memuaskan.Dalam model kelayakan usaha budidaya markisa ini disarankan agar plasma menanam markisa dengan bibit sambungan dan untuk semua besaran teknis yang diberikan berikut ini, ditunjukkan untuk budidaya tanaman markisa.
    4. Pengolahan Tanah
      Sebelum dilakukan penanaman, dilakukan pengolahan tanah, yaitu kegiatan mulai dari land clearing sampai lahan siap tanam. Untuk kegiatan tersebut diperlukan tenaga kerja sekitar 95 HOK per ha. Selanjutnya di buat lubang tanaman dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm. Untuk pembuatan lubang tersebut 1 HOK dapat menyelesaikan 30 lubang perhari.
    5. Penanaman
      Jarak tanam yang digunakan adalah 2 x 5 m, yaitu 2 m jarak antara baris tanaman dan 5 m jarak antar tanaman. Dengan demikian jumlah tanamannya adalah 1.000 pohon per ha.Tanaman markisa adalah tanaman merambat, untuk itu perlu dibuatkan tiang rambatan. Tiang rambatan dapat dibuat dari pohon hidup, misalnya lamtoro, tonggak kayu atau bambu. Cara rambatan lain dengan menggunakan kawat yaitu diantara dua tiang disambungkan sebuah kawat rambatan yang berdiameter berkisar 3 mm.
      Sesuai hasil penellitian yang dilakukan oleh Sub Balai Penelitian Hortikultura Berastagi, penggunaan tiang rambatan dengan pucuk bambu (tanpa kawat) memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan tanaman markisa serta jumlah buah dan berat buah per pohon dibandingkan dengan tiang rambatan dengan penggunaan kawat (sistem para-para tiang jemuran dan sistem memakai kawat).
    6. Pemupukan
      Pemupukan dilakukan dengan interval 3 kali per tahun pada bulan November s/d Mei. Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk makro, yaitu urea dengan dosis 800 – 900 gram/pohon/tahun, TSP yaitu 60 – 120 gram/pohon/tahun dan KCl dengan dosis 800 – 1.200 gram/pohon per tahun, tergantung dari umur tanaman. Untuk tanah yang masam sebaiknya diberi dolomit dengan dosis 200 – 500 gram per pohon per tahun. Selain itu diperlukan juga pupuk organik yang diberikan dengan dosis 40 kg per pohon per tahun. Pupuk organik biasanya di berikan sebagai pupuk dasar diberikan sebagai pupuk dasar.Kebutuhan tenaga kerja yang diperlukan tersebut adalah 8 – 12 HOK per ha per tahun, untuk pemupukan.
    7. Plant Maintenance
      Pemeliharaan tanaman yang dilakukan adalah kegiatan penyiangan, pengairan dan pemangkasan tanaman. Penyiangan tanaman dilakukan secara berkala untuk menggemburkan tanah dan mencabut rumput yang ada disekitar tanaman.Pembersihan air secara teratur pada tanaman sangat dianjurkan, terutama pada saat tanaman berbunga dan berbuah. Kebutuhan air akan meningkat pada saat mendekati pemasakan buah. Jika pada saat buah itu tanaman kekurangan air, buah akan berkerut dan jatuh sebelum masak.
      Pemangkasan tanaman diperlukan untuk menumbuhkan tunas-tunas baru tempat dimana bunga akan muncul. Kegiatan ini dilakukan segera setelah selesai panen.
      Kebutuhan tenaga kerja untuk perawatan tanaman diperkirakan antara 15 – 18 HOK per ha per tahun tergantung dari umur tanaman.
    PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN
    Tanaman markisa sangat rentan terhadap nematoda, khususnya yang jenis ungu (edulis), sedangkan yang kuning (flavicarpa) cukup resisten. Serangan nemotoda akan mempercepat kematian tanaman. Selain nematoda, beberapa jenis penyakit seperti Fusarium Wilt (Fisarium oxysporum f. sp. Passiflrae). Phytophthora Blight (Phytopthora nicotianae) dan bercak coklat (Alternaria passiflorse) serta hama bekicot yang dapat berkembang baik di daerah dingin, juga menyerang tanaman ini. Beberapa jenis pestisida yang banyak digunakan antara lain adalah insektisida : Perfekthion 400 EC, Tiodan 35 EC dan Rhocap 10 G, fungisida : Dithane M 45 dan Vitigran Blue serta nemotocida : Nemacur 400 R. Kebutuhan tenaga kerja disesuaikan dengan kondisi serangan hama penyakit, namun demikian secara normal diperkirakan antara 20 – 25 HOK per ha per tahun.PANEN DAN PASCA PANEN

    1. Panen
      Tanaman markisa yang berasal dari buah mulai berbuah setelah berumur 9 – 10 bulan, sedangkan yang berasal dari stek, mulai berbuah lebih awal, yaitu sekitar 7 bulan. Warna buah yang pada mulanya berwarna hijau muda, akan berubah menjadi ungu tua (edulis) atau kuning (flavicarpa) ketika masak. Sejak pembungaan diperlukan waktu 70 – 80 hari untuk menjadi buah masak. Buah yang masak akan terlepas dengan sendirinya dari tangkainya dan jatuh di atas tanah. Untuk mendapatkan kualitas sari buah yang baik, buah markisa harus dipanen minimal 75% tingkat kematangan Sari buah markisa ungu mempunyai rasa lebih manis dan beraroma lebih kuat dari pada markisa kuning. Kandungan karbohidrat dan asam-asam organik kedua jenis markisa tersebut dapat dilihat pada Tabel 3.Produksi markisa ungu dari perkebunan rakyat bervariasi antara 5 – 10 ton ha per tahun, padahal produksi tersebut dapat ditingkatkan sampai 15 ton per ha per tahun. Dengan menggunakan sambung pucuk antara markisa kuning sebagai batang bawah dan markisa ungu sebagai batang atas, produksi markisa diharapkan akan meningkat antara 20 – 30 ton per ha per tahun
      Tabel 3.
      Kandungan Karbohidrat Dan Asam-Asam Organik Markisa Ungu dan Kuning.​



















































      Component
      Markisa
      Ungu
      Kuning
      A. Karbohidrat (%)​
      – Fructosa​
      33,5​
      29,4​
      – Glucosa​
      37,1​
      38,1​
      – Sucrosa​
      29,4​
      32,4​
      B. Asam Organik(meq/100 gr)​
      – Asam Sitrat (citrit)
      13,1​
      55,0​
      – Asam Malam (malic)
      3,86​
      10,55​
      – Asam Laktat (Lactic)
      7,49​
      0,58​
      – Asam Malonat (Malonic)
      4,95​
      0,13​
      – Asam Susinat (Succinic)
      2,42​
      Trace​
      – Asam Askorbat (Ascorbic)
      0,05​
      0,06​
      Sumber :
      1. Jagtiani, J H.T Chan Jr and W.S Sakai 1988. Tropical Fruit Processing. Academic Press. Inc San Diego, California, USA.
      2. Ashurst, P. R 1995 Food Flavourings Blackie Academic & Professional. Bishopbriggs, Glascow, UK.
    2. Pasca Panen
      Perlakuan pasca panen buah markisa yang akan dijual sebagai buah segar atau sari buah berbeda. Buah markisa termasuk buah klimaterik, untuk itu jika buah tersebut akan dijual sebagai buah segar, sebaiknya buah panen pada saat persentase warna ungu mencapai 50 – 70% dan disisakan tangkai buah ± 3 cm. Buah tersebut harus dijaga kenampakan kulit buahnya, yaitu tetap mulus, tidak berkeriput. Buah markisa dapat disimpan selama 4 – 5 minggu pada suhu 70C dan kelembaban nisbi 85 – 95% tanpa merusak kualitasnya. Pada umumnya dalam 1kg markisa terdapat 20 – 25 buah.Untuk mengekspor buah segar, grading buah didasarkan pada diameter buah, yaitu :
      § Ukuran kecil : 48 buah per 3,5 kg dengan diameter ± 50 mm
      § Ukuran sedang : 36 buah per 3,5 kg dengan diameter ± 65 mm
      § Ukuran besar : 24 buah per 3,5 kg dengan diameter ± 80 mm
      Ukuran menghasilkan sari buah markisa yang berkualitas baik, buah harus dipanen masak. Buah sebaiknya dipanen minimal pada saat kematangan mencapai 75% akan lebih baik jika buah dipanen masak, tetapi buah yang dipanen masak yaitu tang telah jatuh dari tangkainya akan cepat mengalami penurunan kadar air, sehingga kulitnya menjadi keriput. Namun demikian kondisi sari buahnya tetap tidak berubah. Dari 100 kg buah dapat dihasilkan sekitar 40 kg sari buah yang masih berbiji (pulp) atau 30 kg sari buah.
      Pengolahan sari buah markisa cukup sederhana, sehingga dapat dilakukan oleh home industry. Tetapi untuk tujuan ekspor, industri markisa harus dapat menjaga kualitas dan hiegenis bahan. Hal ini belum dapat dilakukan oleh home industry. Ekspor yang dilakukan di Sulawesi Selatan adalah dalam bentuk sari buah yang masih tercampur buahnya (pulp). Proses ini cukup sederhana, yaitu buah markisa di belah dua, disendok pulp nya kemudian dimasukkan ke dalam plastik atau wadah tertentu dan langsung dibekukan (block quick freeze), kemudian di simpan di dalam cold storage selama menunggu pengapalan untuk diekspor.
    [FONT=Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif]@
    [/FONT]

    Sumber

    bingung judulnya... :lalala:
     
  13. Rwoknight Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 20, 2009
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    Isinya tentang markisa semua. Lengkap abis. Markisologi. Ha2.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.