1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Fauna Luwak (Paradoxurus hermaphroditus)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by goodthree, Nov 10, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. goodthree M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    14,601
    Trophy Points:
    216
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19,220 / -0
    LUWAK (Paradoxurus hermaphroditus)

    [​IMG]

    KLASIFIKASI ILMIAH


    Kerajaan: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Mammalia
    Ordo: Carnivora
    Famili: Viverridae
    Upafamili: Paradoxurinae
    Genus: Paradoxurus
    Spesies: P. hermaphroditus


    DESKRIPSI UMUM


    Musang luwak adalah hewan menyusu (mamalia) yang termasuk suku musang dan garangan (Viverridae). Nama ilmiahnya adalah Paradoxurus hermaphroditus dan di Malaysia dikenal sebagai musang pulut. Hewan ini juga dipanggil dengan berbagai sebutan lain seperti musang (nama umum, Betawi), careuh (Sunda), luak atau luwak (Jawa), serta common palm civet, common musang, house musang atau toddy cat dalam bahasa Inggris.

    Musang bertubuh sedang, dengan panjang total sekitar 90 cm (termasuk ekor, sekitar 40 cm atau kurang). Abu-abu kecoklatan dengan ekor hitam-coklat mulus.
    Sisi atas tubuh abu-abu kecoklatan, dengan variasi dari warna tengguli (coklat merah tua) sampai kehijauan. Jalur di punggung lebih gelap, biasanya berupa tiga atau lima garis gelap yang tidak begitu jelas dan terputus-putus, atau membentuk deretan bintik-bintik besar. Sisi samping dan bagian perut lebih pucat. Terdapat beberapa bintik samar di sebelah menyebelah tubuhnya.
    Wajah, kaki dan ekor coklat gelap sampai hitam. Dahi dan sisi samping wajah hingga di bawah telinga berwarna keputih-putihan, seperti beruban. Satu garis hitam samar-samar lewat di tengah dahi, dari arah hidung ke atas kepala.
    Hewan betina memiliki tiga pasang puting susu.[SUP][1][/SUP]

    [highlight]Walaupun di beri nama spesies hermaphroditus, luwak (sama seperti binatang mamalia yang lain) memiliki dua jenis kelamin yang berbeda dan bukan hermaphrodites.[SUP][2][/SUP][/highlight]

    Sumber :1. id.wikipedia, 2. en.wikipedia

     
    Last edited by a moderator: Nov 12, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Zablune M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 6, 2011
    Messages:
    2,464
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +411,126 / -7
    Luwak
    Musang Luwak atau disebut Luwak adalah hewan dengan nama latin Paradoxurus hermaphroditus. Banyak yang mengenal Musang Luwak sebagai binatang yang pandai memilih biji kopi terbaik yang setelah dimakan dan dikeluarkan bersama tinjanya kemudian menjadi komoditas kopi pilihan yang sering disebut kopi luwak.

    Di beberapa daerah di Indonesia, hewan ini dikenal dengan beberapa nama seperti Musang (Betawi), Careuh (Sunda), dan Luwak atau Luak (Jawa). Sedang dalam bahasa Inggris binatang seukuran kucing ini disebut Common Palm Civet, Mentawai Palm Civet, Common Musang, House Musang atau Toddy Cat.

    Dalam bahasa ilmiah (nama latin) Musang Luwak disebut Paradoxurus hermaphroditus. Nama ini berasal dari fakta bahwa Luwak memiliki semacam bau yang berasal dari kelenjar di dekat anusnya. Samar-samar bau ini menyerupai harum daun pandan, namun dapat pula menjadi pekat dan memualkan.


    Diskripsi, Ciri, dan Perilaku
    Musang Luwak atau Common Palm Civet bertubuh sedang berukuran sekitar 50 cm dengan ekor panjang mencapai 45 cm dan berat rata-rata 3,2 kg. Tubuh Luwak ditutupi bulu berwarna kecoklatan dengan moncong dan ekor berwarna kehitaman.

    Sisi bagian atas berwarna abu-abu kecoklatan dengan variasi warna coklat merah tua. Muka kaki dan ekor coklat gelap sampai hitam. Dahi dan sisi samping wajah hingga di bawah telinga berwarna keputih-putihan, seperti beruban. Satu garis hitam samar-samar lewat di tengah dahi, dari arah hidung ke atas kepala.

    Musang Luwak (Paradoxurus hermaphroditus) merupakan mamalia yang bersifat arboreal (hidup di pepohonan) meski sering juga turun di atas tanah. Musang Luwak juga merupakan binatang nokturnal yang beraktifitas di malam hari.

    Musang Luwak merupakan hewan omnivora. Makanan utamanya adalah buah-buahan lembek seperti buah kopi, mangga, pepaya, dan rambutan. Namun Luwak juga memakan telur, serangga, burung dan mamalia kecil.

    Pencernaan Luwak (Paradoxurus hermaphroditus) sangat sederhana sehingga biji-bijian yang dimakannya akan dikeluarkan kembali utuh bersama kotorannya. Dari sinilah kemudian Luwak dikenal sebagai penghasil kopi pilihan berkualitas baik yang kerap disebut Kopi Luwak. Selain itu, kebiasaan makan hewan ini membuatnya mempunyai peranan penting dalam ekologis sebagai pemencar biji yang baik yang kemudian dapat tumbuh menjadi benih-benih pohon baru di hutan.


    Persebaran dan Konservasi
    Musang Luwak atau Common Palm Civet (Paradoxurus hermaphroditus) tersebar luas mulai dari Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, China, Filipina, India, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapura, Srilanka, Thailand, dan Vietnam.

    Di Indonesia Musang Luwak tersebar secara alami mulai dari Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Selain itu juga telah diintoduksi ke Papua, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku.

    Habitat yang disukai adalah hutan, semak-semak, hutan sekunder, perkebunan, dan di sekitar pemukiman manusia. Musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus) dapat hidup di daerah dataran rendah hingga di daerah dengan ketinggian 2.500 meter dpl.

    Musang Luwak selain dianggap berjasa dalam produksi Kopi Luwak yang berharga tinggi juga dianggap sebagai binatang pengganggu yang sering memangsa ayam, anak ayam, dan telur.

    Populasi dianggap masih banyak dan aman dari kepunahan. Karena itu, IUCN Redlist hanya memasukkannya dalam status konservasi Least Concern sejak 1996.

    Terkadang Luwak dianggap mengganggu, namanya pun banyak disematkan pada peribahasa-peribahasa yang bermakna kurang baik. Namun ternyata aktivitas metabolismenya telah menjadikan binatang ini bukan sekedar mesin uang bagi para produsen kopi luwak saja tetapi juga menjadi penyebar bibit pohon baru di hutan.


    Klasifikasi ilmiah

    Kerajaan: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Mammalia
    Ordo: Carnivora
    Famili: Viverridae
    Genus: Paradoxurus
    Spesies: Paradoxurus hermaphroditus.



    Musang tidak termasuk hewan di lindungi di Indonesia dan masuk kedalam list jenis satwa buru pada LAMPIRAN KEPUTUSAN MENTERI KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN Nomor : 461/Kpts-II/1999 TENTANG PENETAPAN MUSIM BERBURU JENIS-JENIS SATWA BURU DI TAMAN BURU DAN AREAL BURU


    Luwak VS Garangan VS Rase


    A.Luwak:
    1.makan buah
    2.ekor hitam
    3.tempat tinggal di atas pohon(pucuk bambu,pohon randu besar,atau pohon pinus) di sekitar sungai atau tempat yg sejuk.
    4.sekali beranak bisa 3 ekor.
    5.KZ:telinga,ddm,blade

    B.Rase:
    1.karnivora kalo terpaksa jg makan belalang
    2.ekor belang smp hampir ke ujung
    3.tempat tinggal di semak belukar yg terlindung dr sengatan matahari.
    4.bisa beranak sm 2 ekor.
    5.KZ:idem dg luwak

    C.Garangan
    1.karnivora
    2.ekor sewarna body coklat kemerahan.
    3.tempat tinggal di dalam liang di bawah pepohonan atau semak dg multy akses u.mempermudah in-out
    4.beranak bs 2 tapi 1 bs survive.
    5.KZ:kepala,blade
     
  4. Zablune M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 6, 2011
    Messages:
    2,464
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +411,126 / -7
    kecelup di ember cet

    Bisnis Luwak

    Ketenaran Kopi Luwak sampai di New York, Amerika Serikat. Untuk menikmati secangkir kopi ini, New Yorker -- warga New York -- harus merogoh kocek dalam-dalam.

    Sebab, harga secangkir kopi mencapai US$30 atau sekitar Rp270 ribu.

    Kopi yang berasal dari kotoran luwak (Paradoxurus hermaphroditus) -- hewan sejenis kucing -- itu 'dinobatkan' sebagai kopi termahal di kota berjuluk Big Apple itu.


    Sementara beberapa orang menyesap dengan nikmat kopi unik ini, di kedai-kedai kopi seperti Porto Rico di West Village -- stok kopi Luwak datang seminggu sekali.

    "Pada awalnya saya tidak mau menerimanya. Saya pikir, dilihat dari asal kopinya, itu kotor," kata kata pemilik Porto Rico, Peter Longo, 58, seperti dimuat laman New Kerala, 27 Juli 2010.

    Kopi mahal ini berasal dari Indonesia dan Filipina -- di mana luwak memakan buah kopi yang masak.

    Biji-biji dari buah kopi pilihan Luwak -- yang dijamin matang -- keluar bersama kotoran mereka. Dari situlah kopi super mahal ini berasal.


    Konsultan kopi dari Laboratprium Tamp Tamp Coffe di New York, Michael Peter mengatakan, perut luwak mengandung asam yang membuat cita rasa biji kopi unik.

    Karena pengolahan yang unik, 1 pon atau sekitar setengah kilogram biji kopi Luwak berharga mahal, bisa mencapai US$340-400,

    Sebelumnya, Oprah Winfrey dalam salah satu episode talkshow-nya akhir tahun lalu, di Amerika, secangkir kopi luwak dihargai mencapai sekitar US$50 (sekitar Rp 500 ribu).

    Dan, dalam kemasan dijual sekitar US$6000 (sekitar Rp 60 juta) per 4,5 kg. Itulah sebabnya kopi ini dijuluki kopi termahal di dunia.

    Kopi Luwak pernah jadi polemik di Indonesia, saat kehalalannya dipersoalkan.

    Namun, kemudian Majelis Ulama Indonesia menetapkan fatwa bahwa biji kopi luwak halal sepanjang biji kopi melalui pencucian. Sehingga, biji kopi yang telah melalui pencucian bebas dari kotoran dan najis.

    "Jenisnya najis mutawassithah (najis biasa). Namun jika telah mengalami pencucian dengan air dan kotorannya hilang, biji kopi halal dimakan," kata Ketua MUI, Ma'ruf Amin dalam konferensi pers di kantor MUI Jalan Proklamasi Jakarta, Selasa 20 Juli 2010.

    MUI hanya mengharamkan kopi Luwak yang tak melalui pemrosesan.


    Kopi Luwak Probiotik apa itu ?

    Seorang peneliti di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian atau BPTP Bali, Suprio Guntoro, menemukan kopi luwak probiotik. Selain jumlah produksi bubuk kopi tidak terbatas, kopi luwak probiotik dipercaya akan melindungi populasi luwak.

    Pada proses produksi kopi luwak secara alami, bubuk kopi diperoleh dari biji kopi yang digiling setelah dijemur dan disangrai. Uniknya, biji kopi itu sebelumnya diperoleh lewat proses pencernaan alami binatang luwak (Paradoxurus hermaphroditus) yang memakan buah kopi. Sementara itu, pada kopi luwak probiotik temuan Guntoro, biji kopi dihasilkan dari buah kopi matang yang dipetik dan dipilih, lalu difermentasikan secara khusus dengan mikroba probiotik dari usus halus dan usus buntu binatang luwak.

    "Jadi, kopi luwak probiotik ini dihasilkan dengan mengadopsi proses pencernaan binatang luwak. Mikroba probiotik itu adalah hasil dari isolasi mikroba di usus halus dan usus buntu luwak. Mikroba probiotik itu kami pastikan tidak mengandung mikroba yang bersifat patogen atau penyakit," kata Guntoro saat ditemui di rumahnya di Denpasar, Selasa (11/5/2010). Dia memastikan proses isolasi mikroba itu dilakukan dengan bahan alami alias tanpa melibatkan bahan-bahan kimia.

    Dengan demikian, lewat kopi luwak probiotik ini, kopi luwak dapat diproduksi berdasar kebutuhan dan tidak terbatas pada jumlah luwak atau kemampuan konsumsi luwak sebagaimana pada umumnya. Bubuk kopi luwak pada umumnya berharga relatif mahal, yakni Rp 1 juta-Rp 1,5 juta per kilogram. Kopi luwak juga menjadi andalan ekspor kopi bagi Indonesia.

    "Dari hasil penelitian saya, kopi luwak probiotik juga melindungi populasi binatang luwak itu sendiri. Karena besarnya permintaan pada kopi luwak, pada umumnya kopi itu dihasilkan dengan cara menernakkan binatang luwak. Sekitar 10-30 persen dari luwak yang diternakkan itu mati atau lepas sehingga pasti akan memengaruhi populasinya," kata Guntoro.

    Menurut Guntoro, dari segi rasa dan kenikmatannya, kopi luwak probiotik ini juga hampir sama dengan kopi luwak yang dihasilkan secara normal. Bahkan, dari pengakuan para penikmat kopi, cita rasa kopi luwak probiotik ini lebih lembut tetapi memiliki aroma kopi yang lebih kuat.

    Guntoro mengaku, penelitian atas kopi luwak itu dilakukan secara swadaya sejak tiga tahun silam. Saat ini penemuan itu sedang dalam proses pematenan yang didaftarkan melalui Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian di Bogor yang berada di bawah koordinasi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Bersamaan dengan proses itu, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Jember, Jawa Timur, juga melakukan pengujian atas data ilmiah penelitian Guntoro.
     
  5. komikb4 M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jul 22, 2010
    Messages:
    36,932
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +9,943 / -0
    Luwak vs cobra

    Dari National Geographic, sebuah luwak ditampilkan memenangkan pertempuran dengan seekor ular cobra Asia. Bagaimana hewan-hewan imut bersaing seperti ular yang mematikan?

    Ternyata bahwa luwak tahan terhadap racun ular, khususnya, alpha-bungarotoxin. Racun ini mematikan banyak makhluk karena kemampuannya untuk memblokir reseptor nicotinic acetylcholine (nAChR). Reseptor ini adalah aptly bernama setelah afinitas mereka untuk nikotin obat dan ditemukan pada permukaan sel-sel otot di mana saraf yang mengandung asetilkolin juga terletak. Di sini, mereka mampu merespon asetilkolin dilepaskan dari saraf untuk mengatur kontraksi otot. Anda dapat membayangkan bahwa jika alfa-bungarotoxin blok reseptor, itu akan memiliki dampak serius pada kemampuan otot untuk berkontraksi. Ini adalah bagaimana racun penyebab kegagalan pernapasan (Anda perlu otot untuk bernapas), kelumpuhan dan akhirnya kematian.
    Jadi bagaimana luwak melawan racun mematikan? Para peneliti telah menemukan bahwa nAChR luwak secara struktural resisten terhadap pengikatan alfa-bungarotoxin dan mengikat asetilkolin dengan afinitas jauh lebih tinggi daripada racun.


    sumber
     
    • Like Like x 1
  6. Mycodeis007 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    3,517
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +10,487 / -0
    wew, kopi luwak...
    belom pernah nyoba... @.@
     
  7. revanse M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 13, 2009
    Messages:
    808
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +2,107 / -0
    ^^^^
    Kopi Luwak Indonesia mempuyai taste terunik di dunia lho...

    Tetapi dikarenakan sulitnya berburu kopi luwak di daerah luwak liar, maka sekarang banyak luwak yang ditangkarkan sendiri dengan dipaksa makan kopi.

    Dengar2 sih hasilnya masih lebih bagus yang liar.

    Luwak sekarang malah jadi peliharaan rumahan :oghoho:
     
  8. goodthree M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    14,601
    Trophy Points:
    216
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19,220 / -0
    loh tritnya kebuka lagi :???:
     
  9. riljoker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 9, 2011
    Messages:
    1,115
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,036 / -0
    gara-gara proses pembuatannya yang panjang..
    segelas kopi luak bisa ampe ratusan ribu..
     
  10. amorukaito Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 21, 2011
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +25 / -0
    baru tau kopi luwak dari kotoran si luwaknya :shock1:
    kirain namanya ajah kopi luwak..
     
  11. goodthree M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Aug 29, 2010
    Messages:
    14,601
    Trophy Points:
    216
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +19,220 / -0
    ada yg sampe jutaan juga kopinya :nikmat:
    kemana aja gan :apa:
    jangan tertipu ama luwak white coffee.. :garing:
     
  12. dracola M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 28, 2010
    Messages:
    506
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +196 / -0
    ih ternyata beneran ya kopi luwak itu dari eek luwak....beuhhh...kirain merk-nya aja yang kopi luwak
    pantesan kok mahal banget harganya...soalnya nungguin luwak-nya beol baru panen >.<
     
  13. djinrad Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    sekarang luwak terancam dibudidayakan secara keji untuk produksi kopi luwak gan X_X dasar manusianya aja yang ga bisa menghargai sesama makhluk hidup. . . .
    dieksploitasi besar2an luwak, dialam liar udah dikit
     
  14. claudiabrigita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    534
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +234 / -0
    wah, ternyata banyak ya yang tertipu sama luwak white coffee
    itu kan cuma merek gan, kopinya mah kopi saset biasa
    ya kali kopi luwak yang sebotol kecil aja di giant 700rebu jadi kopi sasetan harga seribu
    tapi karena kopi luwak asli itu datangnya dari kotoran, jadinya nggak halal ya gan?
    CMIW
     
  15. herrydjames Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 27, 2010
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +18 / -0
    kalo kopi putih, itu ga beneran kan gan?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.