1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Flora Seroja (Nelumbo nucifera)

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by _NuruL_, Oct 29, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. _NuruL_ M V U

    Offline

    Red Carpet

    Joined:
    Oct 24, 2012
    Messages:
    50,429
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,020 / -1
    Seroja (Nelumbo nucifera)

    [​IMG]

    Klasifikasi Ilmiah

    Kerajaan: Plantae
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Ordo: Proteales
    Famili: Nelumbonaceae
    Genus: Nelumbo
    Spesies: N. nucifera


    Deskripsi Umum

    Seroja atau lotus (Nelumbo nucifera Gaertn.) adalah spesies tumbuhan air tahunan dari genus Nelumbo yang berasal dari India. Di Indonesia tanaman ini sering kali disebut teratai (Nymphaea) walaupun sebenarnya keduanya tidak berkerabat. Seroja memiliki tangkai bunga tegak dan bunganya tidak mengapung di permukaan air, sebagaimana pada teratai. Seroja pernah dikenal dengan nama binomial Nelumbium speciosum (Willd.) atau Nymphaea nelumbo.

    Tangkai berbentuk tabung yang kosong di tengahnya untuk jalan lewat udara. Daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rimpang yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai, atau rawa. Tinggi tanaman sekitar satu meter hingga satu setengah meter.

    Daun tumbuh ke atas, tinggi di atas permukaan air. Daun berbentuk bundaran penuh tanpa potongan, bergelombang di bagian tepi, dengan urat daun berkumpul ke tengah daun. Diameter daun dapat mencapai 60 cm. Permukaan daun mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun membentuk butiran air.

    Bunga dengan diameter sampai 20 cm. berwarna putih bersih, kuning atau merah jambu, keluar dari tangkai yang kuat menjulang di atas permukaan air. Bunga mekar di bulan Juli hingga Agustus.

    Ada beberapa kultivar seroja dengan bentuk dan warna bunga yang beragam. Lotus (genus Nelumbo) merupakan lambang negara India.


    Manfaat

    Bunga Seroja indah dipandang sehingga banyak digunakan sebagai penghias kolam di taman-taman. Rimpangnya enak dimakan dan banyak digunakan dalam masakan Jepang, masakan Tionghoa, dan masakan India. Rimpang yang dimakan mentah dapat menjadi sumber penularan parasit Trematoda.

    Biji kaya dengan tepung sehingga bisa dimakan atau diolah menjadi bahan makanan. Biji yang direbus, dihaluskan dan dicampur gula menjadi isi Kue bulan yang dimakan pada Festival Pertengahan Musim Gugur (Mooncake festival). Di Tiongkok, biji yang masih muda diminum sebagai pengganti teh. Bongkol yang berlubang-lubang seperti sarang lebah dijual dalam bentuk kering sebagai pelengkap dalam seni merangkai bunga kering.

    Daunnya lebar sehingga sering digunakan sebagai pembungkus, terutama pembungkus ikan di pasar tradisional sebelum penggunaan kantong plastik menjadi populer.


     
    • Like Like x 5
    Last edited by a moderator: Nov 5, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Dimpeez M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 21, 2010
    Messages:
    757
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +563 / -0
    pejwan :onfire:

    sekalian mau tambahin artikel :elegan:


    [​IMG]

    Bunga Seroja India

    Seroja India (Nelumbo nucifera) adalah tanaman air yang cantik dengan daun berwarna hijau seperti kacang polong dan mengambang di atas permukaan air.Bunga merah mudanya biasanya terdapat pada batang kecil yang muncul beberapa centimeter di atas permukaan air.
    Bunga Seroja India dianggap sakral dan dipakai umat Budha ketika upacara keagamaan. Keseluruhan tanaman ini sesuai untuk dikonsumsi oleh manusia; terutama biji dan akarnya (rhizoma) yang biasanya digunakan dalam masakan tradisional di seluruh Asia Tenggara. Seroja India merupakan tanaman paludal yang dapat ditanam dengan cara yang sama seperti menanam teratai. Tidak sulit menanam tanaman ini di lingkungan kami; yang terpenting adalah harus mengetahui caranya!

    Untuk membiakkan Seroja India dengan biji, pertama-tama kulit luar biji yang keras harus sedikit dikikir (digosok atau dipasiri) dengan kertas pasir. Ini bertujuan untuk mempermudah masuknya air untuk berkecambah. Jika kulit luarnya dibiarkan utuh, biji akan tetap awet selama berabad-abad. Namun, ketika diletakkan dalam air, akan butuh waktu dalam hitungan tahun untuk bertunas.

    Biji Seroja India bertunas

    Bagaimana cara mengetahui seberapa cukup Anda mengikir kulit luar biji yang keras tersebut? Caranya adalah dengan melihat pertambahan ukuran biji ketika diletakkan dalam air. Jika biji membesar dua kali ukuran awal dalam waktu 24 jam, maka tidak diperlukan pengikiran lebih lanjut. Jika tidak, Anda perlu mengikir kembali kulit luar biji, lalu tempatkan kembali biji ke dalam air, kemudian periksa ukurannya. Proses ini harus diulang sampai biji membesar dua kali dari ukuran awal.
    Biji hanya butuh air… Ketika proses pengikiran telah selesai, rendamlah biji dalam tempat berisi air. Suhu air ideal pada awal proses pertunasan adalah 27°C dan 28°C (walaupun biji dapat membesar dua kali ukuran awal hanya pada suhu 20°C). Pada suhu ini biji berkecambah dengan cepat dan dalam waktu seminggu tunas akan muncul.

    Setelah daun pertama muncul, tanamlah biji yang bertunas tersebut di substrat berlumpur atau dalam kerikil pada sebuah wadah (akuarium, kolam). Ketinggian air pada wadah harus dijaga setidaknya 30 cm di atas permukaan substrat. Jika medium yang digunakan adalah kerikil akuarium, maka Seroja India dapat tumbuh dengan mudah di akuarium berisi ikan.
    Berangsur-angsur, ketika usia tanaman semakin tua, akan memerlukan ruang yang lebih besar. Anda dapat menanamnya di kolam kebun musim dingin, rumah hijau, atau tempat lain yang jauh dari suhu beku. Suhu ideal untuk menanam Seroja India adalah antara 20°C dan 35°C.
    Pada kondisi cuaca di lingkungan kami, suhu rendah lebih sering terjadi namun tanaman akan dapat bertahan tanpa masalah apapun. Anda dapat mengeluarkan Seroja India ke kolam luar rumah ketika musim panas tetapi ketika musim dingin harus disimpan di dalam rumah. Pada kondisi terburuk, tanaman ini dapat berhibernasi dalam gudang yang lembap seperti halnya teratai.
    Cara ideal menanam Seroja India adalah dengan menggunakan wadah beton yang menampung 60 atau 80 liter air – cara ini biasanya meenghabiskan biaya sekitar 10 Euro untuk membuat tiap wadah. Gunakan metode berikut ini: Tempatkan biji bertunas dalam substrat berlumpur atau dalam kerikil akuarium dalam wadah beton. Untuk hasil terbaik, isilah wadah beton dengan air hingga penuh.
    Manfaat menggunakan wadah beton adalah kemudahan penggunaannya di kebun musim dingin atau apartemen. Dalam kasus lain, dianjurkan untuk menempatkan wadah ini dekat jendela (lebih baik di balkon jendela) untuk memastikan bahwa tanaman Seroja India terkena banyak sinar matahari maupun panas. Pada musim panas, Anda dapat menempatkan wadah di bagian selatan balkon Anda atau di kebun. Sebagaimana diulas di atas, tanaman Seroja India dapat ditanam dengan mudah – bahkan di sebuah gedung apartemen!

    Sumber
     
  4. majolooco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 19, 2012
    Messages:
    5,237
    Trophy Points:
    256
    Ratings:
    +115,033 / -9
    Khasiat Bunga Teratai dan Lotus




    [​IMG]
    Teratai ​
    [​IMG]
    Lotus​
    Bunga Teratai sering disebut sebagai bunga Lotus/ Seroja. Namun keduanya bukanlah jenis bunga yang sama walaupun mereka masih satu keluarga , sama-sama hidup diair, dan memiliki bentuk bunga yang hampir mirip. Teratai memiliki bunga yang menempel dengan air sehingga terkesan mengapung diatas air, namun bunga lotus memiliki tangkai yang menjulang keatas air sekitar 5-10 cm sehingga bunga lotus tidak menempel pada air. Selain itu warna bunga lotus terbatas hanya kuning muda, putih, dan pink, sedangkan bunga teratai jauh lebih beragam.




    [​IMG]
    Teratai ​
    [​IMG]
    Lotus​
    Walaupun berbeda, namun kedua bunga ini memiliki khasiat yang sama untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang tergolong biasa sampai yang berbahaya dan juga sebagai kecantikan. Semua komponen dari tanaman ini pun bisa digunakan sebagai obat mulai dati daun, batang, rimpang, biji, kelopak bunga, penyangga bunga, dn tunas bijinya baik digunakan saat segar maupun setelah dikeringkan. Kedua bunga ini dapat menyembuhkan banyak penyakit mulai dari disentri, diare, demam, insomnia, Hipertensi, mimisan, sakit jantung,Beri-beri, batuk darah, sakit kepala, berak dan kencing darah, muntah darah, anemia, kanker nasopharynx, ejakuliasi dini.

    Begitu banyak manfaat dari tanaman teratai dan tanaman lotus. Untuk cara pemakaian untuk beberapa penyakit sebagai berikut :

    1. MIMISAN

      Bahan : Akar teratai dan rimpanng
      Cara : bersihkan akar dan rimpang teratai, lalu di blender. Setelah itu, saring hasil blenderan dan teteskan pada hidung yang mimisan.

    2. DARAH TINGGI

      Bahan 1 : 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai
      Cara 1 : Rebut kedua bahan tersebut kedalam 350 cc air hingga tersisa kurang lebih 200cc air. Lalu minum air rebusan ini setiap hari minimam 1x sehari.

      Bahan 2 : 10-15 gram tunas biji teratai
      Cara 2 : Giling atau haluskan tunas biji teratai lalu di seduh dengan 1 gelas air hangat seperti teh. Lalu campurkan dengan 1 sendok teh gula atau madu.

    3. MUNTAH-MUNTAH dan DIARE

      Bahan : 50 gram rimpang, 15 gram jahe, dan 5 gram biji teratai.
      Cara : bersihkan rimpang dan jahe lalu blender bersama dengan biji teratai seperti jus. Setelah itu tambahkan gula atau madu dan minum jus tersebut 3x sehari.

    4. DISENTRI

      Bahan 1 : 50 gram rimpang, dan 10 gram jahe
      Cara 1 : bersihkan rimpang dan jahe lalu di diparut dan diambil sarinya. Setelah itu tambahkan sari tersebut dengan 100cc air dan didihkan. Setelah mendidih campurkan 2 sendok teh madu dan diminum 2x sehari.

      Bahan 2 : 3 lembar dasar daun dan 15 gram biji.
      Cara 2 : potong lembaran dasar daun lalu di ulek bersama dengan bijinya. Setelah halus ambil sari nya dan tambahkan dengan 50cc air putih dan didihkan. Setelah mendidih tambahkan 2-3 sendok teh madu dan minum 2x sehari.

    5. PANAS DALAM dan GONDOKAN

      Bahan : 100 gram rimpang teratai dan 50 gram rimpang alang-alang segar.
      Cara : kedua bahan dicuci bersih lalu dipotong-potong sesuai selera. Setelah itu rebus dengan 550 cc air dan biarkan mendidih hingga tersisa 250 cc air. Biarkan dingin, lalu diseduh seperti teh. Untuk lebih nikmat, bisa ditambahkan es batu, nata de koko, dan susu kental manis. Minum 2-3x sehari sampai penyakit sembuh.

    6. SAKIT JANTUNG dan LEVER

      Bahan : 150 gram rimpang teratai, 100 gram biji teratai, 70 gram rimpang alang-alang segar, dan 1-2 buah Apel.
      Cara : bersihkan rimpang teratai dan alang-alang lalu dipotong sesuai selera. Setelah itu blender kedua rimpang tersebut bersama dengan biji teratai seperti jus. Setelah halus, saring hasil blendel tersebut. Potong Apel sesuai selera lalu diblender dengan ditambahkan air hasil saringan rimpang tersebut menjadi jus apel. Minum 2x sehari, bilang ingin ebih nikmat bisa dicampurkan madu atau sirup.

    7. BATUK dan MUNTAH DARAH

      Bahan : 150-200 gram rimpang teratai dan 100 gram tunas biji teratai
      Cara : rimpang dibersihkan dan diblender bersama tunas biji dengan 1 liter air. Lalu disaring hingga ampasnya hilang , lalu diminum 2-3x sehari. Bisa juga ditambah nata de koko atau sirup untuk lebih menyegarkan.

    8. LUKA TERPOTONG atau LUKA BERNANAH PADA KULIT

      Bahan : 1-2 lembar bunga teratai
      Cara : cuci bunga teratai dengan air hangat, lalu hancurkan dengan diremas-remas atau digiling. Setelah itu bubuhkan bunag yang telah hancur tersebut di luka yang tergores atau luka bernanah. Balut dengan kain kasa agar bunga tetap menempel pada luka dan tidak berceceran.


     
  5. Nisa_K1 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 13, 2012
    Messages:
    5,669
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,093 / -0
    Nelumbonaceae


    Nelumbonaceae Bercht. & J.Presl**
    View attachment 52427
    • Habitus herba akuatik, dengan saluran laticifer, dengan rhizoma
      [*]Daun berukuran sedang atau besar, petiolus panjang, daun tunggal,memerisai, tepi rata, venasi menjari, dengan stipula
      [*]Tumbuhan hermaprodit, polinasi entomofilus (kumbang)
      [*]Perbungaan. Bunga tunggal, dengan atau tanpa braktea
      [*]Perianthium dengan kelopak dan mahkota yang jelas. Kelopak 2--8,polysepalus. Mahkota 18--28 polypetalus
      [*]Gynoecium beruang 12--40; apokarpus; superior. Plasentasi apikal atau marginal
      [*]Buah kering, namun tiap karpel tengelam pada reseptakulum yang spongy; buah agregat. Berbiji 1.
      [*]Biji tanpa endosperma, tanpa perisperma. Kotiledon 2
      [*]Geografi subtropis hingga tropis. Amerika timur-Colombia; Asia-Australia utara
      [*]Kromosom X= 16
      [*]Ekonomi tanaman hias. Biji, daun, rizoma, reseptakulum dimakan
      [*]1 marga: Nelumbo; 2 spp.

    Sumber : Materi Botani II dan APG

     

    Attached Files:

  6. Nisa_K1 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 13, 2012
    Messages:
    5,669
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +2,093 / -0
    Perbedaan Seroja (Nelumbo) dengan Teratai (Nymphaea)


    [​IMG]
    Nelumbo termasuk ke dalam Eudicot (dikotil sejati) karena setelah ditelusuri secara lebih lanjut, kekerabatannya sangat jauh dengan Nymphaea yang termasuk ke dalam basal clade (basal family) Nymphaeaceae yang masih diragukan apakah masuk Monocot, Magnoliid atau Eudicot.

    Ciri-ciri Nymphaeaceae (Nymphaeales)​

    • Herba akuatik, berakar pada tanah substrat dan daun mengambang di permukaan air. Tumbuhan menahun.
    • Daun tunggal berukuran sedang hingga besar; tersusun berseling atau spiral; tangkai daun panjang; lamina kurang lebih berbentuk perisai, membulat atau menjantung; pada dasarnya pertulang daun menjari; stipula median-aksilar atau tanpa stipula.
    • Bunga tunggal, kadang berbau harum; aktinomorfik. Perhiasan bunga dengan kelopak dan mahkota jelas atau petaloid (Nuphar), 5—tak terhingga, berlepasan; kelopak 4 atau 5 tersusun menyirap; mahkota 5 (Nuphar), atau tidak terhingga, tersusun menyirap.
    • Androecium masak secara sentripetal, 40—80 tersusun spiral; androecium termasuk juga staminodium (dengan bentuk transisi antara mahkota hingga stamen); staminodium 11—20 dalam bentuk sisik yang menghasilkan nektar melingkari stamen yang fertil; stamen 40—80, petaloid atau bentuk lembaran; kepala sari menggala (adnate), pecah dalam belahan longitudinal;
    • Polen monosulcate; gynoecium dengan 5—35 karpel; putik dengan 5—35 sel; gynoecium sinkarpus, menumpang atau sebagian tengelam; ovarium dengan 5—35 lokul; plasentasi parietal; ovule 10—100 tiap lokul.
    • Buah berdaging; bengang atau takbengang atau berupa schizokarp; jika tidak schizokarp berupa buah buni; kotiledon 1 atau 2.
    • Keseluruhannya terdiri dari 3 marga, yaitu Nymphaea, Nuphar, Ondinea atau 6 marga, yaitu Barclaya, Euryale, Nuphar, Nymphaea, Ondinea dan Victoria (teratai Amazon raksasa) tergantung sistem klasifikasi, dan kira-kira terdiri dari 75 marga.

    *Catatan : yang di bold merupakan hal yang membedakan Nymphaea dengan Nelumbo

    Sumber : Materi Botani II dan APG


    Jadi beda ya teratai dengan seroja :unyil:

    Judul trit'a klo bisa diganti, lotus'a diapus aja ya :unyil:
     

    Attached Files:

Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.