1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Tips Wawancara untuk Lolos Melamar Pekerjaan

Discussion in 'Lifestyle' started by vincentrevival, Sep 5, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam proses seleksi melamar pekerjaan, wawancara sering kali dianggap mudah. Namun dalam sesi wawancara beberapa orang gagal mendapatkan pekerjaan yang didambakannya. Untuk itu sesi wawancara harus dipersiapkan dengan sunguh-sungguh.
    Berikut tips rahasia sukses wawancara saat melamar pekerjaan;

    1. Berapa gaji yang Anda minta?
    Jawab: Sebutkan gaji yang besarnya realistis. Lihat mata pewawancara, sebutkan jumlah, dan berhentilah bicara. Jangan bohong tentang gaji yang Anda terima di kantor sebelumnya, bila Anda sudah bekerja. Bila Anda merasa bahwa gaji Anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan penjelasan.

    2. Apa kelebihan utama Anda?
    Jawab: Pilih potensi Anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Hindari respons yang generik seperti pengakuan bahwa Anda pekerja keras. Lebih baik, berikan respons berupa, “Saya selalu diperbudak daftar pekerjaan yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum pekerjaan di kantor beres semua.”

    3. Apa kekurangan Anda yang paling jelas?
    Jawab: Jangan bilang Anda seorang perfeksionis (menunjukkan bahwa Anda sombong). Lebih baik, jujur saja dan sebutkan kelemahan yang kongkret. Misalnya, Anda lemah menghitung di luar kepala, dan karenanya Anda mengatasinya dengan membawa kalkulator. Tapi, kemudian, susul dengan kelebihan Anda.

    4. Di mana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?
    Jawab: Gambarkan posisi yang realistis. Kira-kira dua-tiga posisi di atas posisi yang Anda lamar sekarang. Jangan sertakan cita-cita yang tak ada hubungannya dengan lamaran pekerjaan Anda, misalnya, ingin jadi bintang sinetron atau jadi novelis. Sebab, Anda akan tampak tidak fokus.

    5. Mengapa Anda ingin meninggalkan kantor yang lama?
    Jawab: Jangan sampai mengemukakan hal yang negatif. Kalau kenyataannya begitu, ucapkan dalam kalimat ‘positif’, misalnya bahwa Anda tidak melihat ada ‘ruang’ di mana Anda bisa berkembang. Lalu, jelaskan mengapa Anda menganggap bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan yang lebih baik.

    6. Adakah contoh kegagalan Anda?
    Jawab: Ungkapkan kegagalan yang pernah Anda alami, tapi yang sudah terpenuhi solusinya. Supaya, pewawancara tahu bahwa Anda punya usaha untuk mengatasi masalah

    7. Apakah Anda punya pertanyaan?
    Jawab: Berikan paling sedikit dua pertanyaan yang terfokus pada kantor baru ini. Misalnya, Anda bertanya apakah kantor ini sudah punya website. Atau, bisa juga Anda mempertanyakan kehadiran CEO yang Anda tahu baru saja diangkat – apakah membuat kinerja perusahaan semakin baik, dan semacamnya. Jangan bertanya tentang kepentingan Anda sendiri, misalnya, apakah karir Anda akan berkembang di sana.

    Apa yang menjadikan seseorang selalu sukses untuk menggapai impiannya? Tampil beda dan memiliki keunggulan komperatif mungkin salah satu yang menjadikan Anda selalu berada di dalam posisi terdepan!

    Termasuk dalam meraih karier dan mengungguli orang lain dalam mencari pekerjaan yang sesuai. Ada beberapa trik atau strategi yang perlu disiapkan agar Anda sukses dalam melewati tahapan untuk mengejar karier yang diidam-idamkan.
    Modal nekat saja, pasti tak cukup.. Di sini juga anda bisa menemukan beberapa lowongan kerja yang mungkin tak ada salahnya jika anda mencobanya. (tslb)

    sumber : http://id.she.yahoo.com/tips-wawancara-untuk-lolos-melamar-pekerjaan-185630256.html
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. holly1st M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 26, 2011
    Messages:
    1,406
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +2,556 / -0
    :top: inspirasi nih
     
  4. elevensupernovas M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 19, 2010
    Messages:
    255
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    wah bagus nih buat yang lagi cari cari kerja, inspiratif..!!
     
  5. wahyusan666 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 17, 2012
    Messages:
    1,216
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +398 / -0
    masih rada bingung klw di tanya gaji

    apa bilang gini aja ya

    " KLW SAYA BISA KASIH SESUATU YANG LEBIH UTUK PERUSAHAAN , TIDAK ADA SALAHNYA KLW PERUSAHAAN MEMBERIKAN GAJI LEBIH UNTUK SAYA "
     
  6. revo_ever_guys Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    197
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +4 / -0
    Kalo diwawancara kerja ane mah jawab spontan aja, kaga perlu banyak mikir. Kalo a ya jawab a kalo b ya b...
     
  7. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,525 / -0
    Lakukan Ini Saat Wawancara Kerja

    Ghiboo.com - Tahukah Anda, sebuah penelitian yang dilakukan UCLA mengungkapkan bahwa lebih dari 55 persen komunikasi berasal dari bahasa tubuh, dan hanya 7 persen saja yang berasal dari kata-kata?

    Bukan hanya itu, penelitian yang sama juga mengindikasikan bahwa banyak yang tak memahaminya.

    Terkejut dengan fakta yang Cosmo berikan di atas? Bayangkan betapa banyak hal yang terungkapkan mengenai diri sendiri bahkan saat Anda tak menyadarinya sama sekali.

    Atau sebaliknya, bayangkan betapa sia-sianya ratusan kata-kata yang Anda ucapkan tanpa didukung oleh bahasa tubuh yang sesuai.

    Oleh karena itu, berikut beberapa rahasia bahasa tubuh yang mungkin bisa membantu untuk menghadapi wawancara kerja,
    memuluskan langkah ke jenjang karier berikutnya, hingga kesuksesan di kehidupan sosial.
    Saat Wawancara Kerja

    Perhatikan baik-baik bahasa tubuh Anda agar memberikan kesan yang impresif selama wawancara berlangsung.
    1. Jabat tangan. Semua orang tahu bahwa jabat tangan adalah elemen penting dalam menciptakan kesan pertama. Berikan jabatan yang tegas dan kuat untuk menunjukkan bahwa Anda yakin dan percaya diri.

    2. Jangan menyilangkan lengan dan kaki. Posisi tubuh seperti itu menunjukkan posisi defensif. Pastinya bukan kesan yang ingin Anda berikan kepada calon bos kan, dear?

    3. Duduk atau berdiri dengan kaki terbuka lebar. Memang sih, posisi ini tak memberi kesan defensif, tapi sebaliknya Anda terlihat terlalu percaya diri. And that's not good either.

    4. Pastikan tangan dan kaki Anda tetap relaks. Gerakan tangan dan kaki yang berlebihan bisa memberikan tanda bahwa Anda sedang gelisah dan deg-degan. Coba letakkan tangan di atas pangkuan agar lebih relaks, dan cegah agar kaki tidak banyak bergerak.

    5. Kursi putar. Jika kebetulan duduk di kursi yang bisa berputar, pastikan bahwa Anda tidak memainkannya ke kiri dan ke kanan. Selain distracting, aktivitas itu juga menunjukkan bahwa Anda sebenarnya sedang nervous.

    6. Nada suara. Perhatikan kualitas nada suara Anda. Jangan sampai terdengar monoton, atau terlalu ekstrem dan annoying. Sembunyikan kegelisahan Anda agar suara terdengar meyakinkan dan tenang. Tip paling mudah: hirup napas dalam-dalam sebelum mulai bicara.

    7. Awasi juga bahasa tubuh si pewawancara. Yap, Anda pun harus bisa membaca bahasa tubuh orang yang mewawancarai Anda. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah sebetulnya ia benar-benar tertarik atau tidak. Lalu, Anda tinggal menyesuaikan diri.

    8. Telapak tangan menghadap ke atas. Gestur sederhana seperti ini memiliki makna yang cukup dalam, lho. Tandanya, Anda adalah orang yang friendly dan terbuka. Sebaliknya, telapak tangan yang menghadap bawah mengatakan bahwa Anda memiliki sifat dominan atau agresif.

    9. Mata fokus. Memicingkan mata sambil melihat-lihat sekeliling ruangan memberi kesan pada pewawancara bahwa Anda tidak jujur, atau sama sekali tak nyaman.

    10. Aktif menyimak. Dengar baik-baik apa yang disampaikan pewawancara. Buat kontak mata, anggukkan kepala saat ia berbicara, dan sesekali ucapkan kata-kata singkat, seperti "ya" atau "I see" meskipun mungkin Anda tak paham benar dengan apa yang disampaikannya.

    sumber : http://id.she.yahoo.com/lakukan-ini-saat-wawancara-kerja-050300216.html
     
    • Thanks Thanks x 1
  8. rizwansky M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 10, 2012
    Messages:
    959
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +298 / -0
    nice info kk :niceinfo: sangat bermanfaat untuk masuk ke dunia kerja :top:
     
  9. littlecold Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 19, 2010
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    kalo ditanya "motivasi",, saya si biasa jawab :

    mau hidup lebih mandiri lagi biar bisa bantu orang tua
     
  10. rockandrock Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 2, 2012
    Messages:
    243
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    nice share
    semoga bisa dipake ntar pas gw mau bekerja
     
  11. sandybrotherwho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 19, 2012
    Messages:
    845
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +345 / -0
    bisa deh dicoba :tampan:

    itu kedengaran seperti sombong :???:
     
  12. wilson3186 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 20, 2009
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +5 / -0
    Biasanya makin sering interview makin tau tips n triknya..
     
  13. harist01 Members

    Offline

    Joined:
    Mar 28, 2011
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    kalo ini pengalaman pertama anda bekerja.. minta saja gaji yang sesuai dengan standar perusahaan toh nanti pada saat teken kontrak jika gaji yang ditawarkan menurut anda tidak sesuai anda bisa mundur.
    Tapi jika anda sudah berpengalaman patokan ketika ditanya tentang gaji yang diinginkan adalah gaji anda ditempat lama. bukankah pindah kerja salah satu alasannya adalah peningkatan gaji.. CMIIW
     
  14. harist01 Members

    Offline

    Joined:
    Mar 28, 2011
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    jangan sering sering deh kang kalo sering-sering kan artinya banyakan ga diterimanya :peace:
     
  15. czero_99 Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 18, 2010
    Messages:
    12,403
    Trophy Points:
    277
    Ratings:
    +129,402 / -0
    thread nya bagus, cocok buat yang mau ngelamar pekerjaan nanti.:niceinfo:
    sayangnya ane msh kuliah :kecewa:
     
    • Thanks Thanks x 1
  16. sandybrotherwho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 19, 2012
    Messages:
    845
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +345 / -0
    entar pas abis kuliah pasti kerja kaann? :keringat:
     
  17. bayudisko Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2010
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +9 / -0
    wah pas bener ama ane...lagi nyari gawe T___T
     
  18. devid M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    218
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +26 / -1
    cukup membantu
    tp tetap aj nervous
     
  19. sandybrotherwho M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 19, 2012
    Messages:
    845
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +345 / -0
    :top:

    nah, dilatih aja gan biar gk nervous. :unyil:
     
  20. luckylukeneo Members

    Offline

    Joined:
    Sep 3, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info bro :D, , bisa jadi referensi nih :)
     
  21. atharn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    hmm... kebetulan gw lg nyari kerja sih...
    thx ya... :D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.