1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Bisakah Pemanis Buatan Turunkan Berat Badan?

Discussion in 'Lifestyle' started by tokounik, Aug 10, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. tokounik Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 2, 2010
    Messages:
    116
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +56 / -0
    [​IMG]

    Jakarta, Popularitas pemanis buatan sebagai pengganti gula terus meningkat. Pemanis buatan dijadikan alternatif untuk mendapatkan makanan dan minuman manis dengan kalori rendah. Bisakah pemanis buatan turunkan berat badan?

    Pemanis buatan atau pengganti gula lainnya bisanya dipasarkan dengan label 'sugar free' atau 'diet', termasuk minuman ringan, permen karet, jeli, permen, jus buah dan es krim. Sedangkan pengganti gula lain yang juga digemari adalah madu.

    Banyak orang mengurangi gula dan kalori dalam diet sehari-hari dengan menggunakan pemanis buatan atau pengganti gula lainnya. Namun belakang pemanis buatan seperti aspartam dituding tidak baik buat kesehatan meskipun harus perlu pembuktian lebih lanjut. Pemanis buatan seperti Stevia dan nektar agave, juga diakui mempunyai kalori yang rendah.

    Namun seperti dikutip dari MayoClinic, Kamis (25/8/2011) terlepas dari apa yang telah diklasifikasikan, pengganti gula bukanlah senjata jitu untuk menurunkan berat badan. Kenali dulu jenis-jenisnya.

    Pemanis buatan merupakan pengganti gula sintetis yang berasal dari zat alami, termasuk jamu atau gula itu sendiri. Pemanis buatan juga dikenal sebagai pemanis yang intens karena jauh lebih manis dibandingkan dengan gula biasa.

    Pemanis buatan yang telah disetujui oleh Badan Pengawas obat dan Makanan AS (FDA), antara lain:
    1. Asesulfam kalium (Sunett, Manis Satu)
    2. Aspartame (Equal, NutraSweet)
    3. Neotame
    4. Sakarin (SugarTwin, Sweet'N Rendah)
    5. Sucralose (Splenda)

    Beberapa pemanis, seperti siklamat, tidak disetujui di Amerika Serikat tetapi disetujui untuk digunakan di negara lain.

    Pemanis buatan adalah alternatif menarik bagi mereka yang ingin mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, namun tidak menambah jumlah kalori. Pemanis buatan banyak digunakan dalam produk olahan, termasuk minuman ringan, campuran minuman bubuk, permen, puding, makanan kaleng, selai, jeli, produk susu, dan sejumlah makanan lain dan minuman. Periksa label makanan untuk melihat apakah suatu produk mengandung pemanis buatan.

    Pemanis buatan juga populer untuk digunakan di rumah, karena pemanis buatan tidak memberikan massa atau volume seperti halnya gula. Periksa label pada pemanis buatan untuk digunakan di rumah yang dengan tepat.

    Kemungkinan manfaat kesehatan dari pemanis buatan

    1. Mengontrol berat badan
    Salah satu aspek paling menarik dari pemanis buatan adalah bahwa hampir tidak memiliki kalori. Sebaliknya, setiap gram gula biasa mengandung 4 kalori. Jika sedang mencoba untuk menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan, produk manis dengan pemanis buatan mungkin menjadi pilihan yang menarik. Di sisi lain, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi pemanis buatan dapat dikaitkan dengan peningkatan berat badan, namun penyebabnya belum diketahui.

    2. Alternatif bagi penderita diabetes
    Pemanis buatan mungkin alternatif yang baik untuk gula jika seseorang memiliki diabetes. Tidak seperti gula, pemanis buatan umumnya tidak meningkatkan kadar gula darah karena bukan merupakan karbohidrat.

    3. Tidak menyebabkan gigi berlubang
    Tidak seperti gula, pemanis buatan tidak menyebabkan kerusakan gigi.

    Kemungkinan masalah kesehatan akibat pemanis buatan

    Pemanis buatan telah menjadi subjek pengawasan intens selama beberapa dekade. Berbagai kritik untuk pemanis buatan telah diperdebatkan, salah satunya karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker.

    Tetapi menurut National Cancer Institute dan lembaga kesehatan lainnya, tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa salah satu pemanis buatan dapat menyebabkan kanker. Dan banyak studi penelitian mengkonfirmasi bahwa pemanis buatan umumnya aman dalam jumlah terbatas, bahkan untuk wanita hamil.

    Pemanis buatan telah diatur oleh FDA sebagai bahan tambahan makanan. Pemanis buatan harus ditinjau dan disetujui oleh FDA sebelum tersedia untuk dijual. Berdasarkan manfaat dan kerugian pemanis buatan, dapat disimpulkan bahwa pemanis buatan yang telah disetujui FDA aman jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

    Sumber : detik.com
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. vzr25 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 11, 2011
    Messages:
    496
    Trophy Points:
    67
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,035 / -0
    Tapi banyak gan jenis2 pemanis buatan..
    jangan salah pilih, ada juga pemanis buatan yg bisa menyebabkan kanker
     
  4. maydayn M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 10, 2010
    Messages:
    278
    Trophy Points:
    157
    Ratings:
    +7,341 / -0
    daripada pakai pemanis buatan kimiawi yang kita kita gak pernah tahu dampaknya buat badan kita bertahun-tahun mendatang, lebih baik tetep pake gula aja gan, atau pake madu, lebih sehat...

    atau banyak minum air putih aja agan, murah meriah, dan sehat pula... :peace:
     
  5. farucchan29 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 6, 2012
    Messages:
    381
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +29 / -0
    Intinya segala yg berlebihan itu ga bagus kan ?
    Pake pemanis betulan maupun buatan, kalo kebanyakan tetep aja ga bagus.
    Mau ngurangin berat badan, drpada ganti pemanis, mending kurangin makan yg berlebihan, atau makannya di polakan agar teratur dan cukup dgn 4 sehat 5 sempurna, tp ya ini cuma IMO aja kalo saalh maap ya.
    :maaf:
     
  6. kamenrider48 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 25, 2012
    Messages:
    522
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +18 / -0
    wooh
    iya bener kan banyak nih jenis pemanis buatan, dampaknya benar juga ga akan sekrang
    tapi dimasa depan terhadap perkembangan tubuh kita :top:
     
  7. Reyn15 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 16, 2012
    Messages:
    836
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +108 / -0
    Pemanis buatan setau ane sih kurang sehat gan.
    Lebih baik pakai gula murni aja deh
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.