1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Info Tips menyantap sushi dengan benar

Discussion in 'Meramu / Meracik' started by zushioda, Jul 5, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. zushioda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 25, 2011
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +22 / -0
    TIPS MENYANTAP SUSHI DENGAN BENAR

    Memakan makanan khas negara lain tak bisa sembarangan. Kita harus memahami dan menghormati budaya serta kebiasaan yang berhubungan dengan makanan tersebut. Contohnya saat makan sushi. Seperti apa tata cara memakan sushi yang baik dan sopan? Serta mengerti dan memahami bahan bahan pelengkapnya yang ternyata ada fungsi dan manfaatnya masing masing


    [​IMG]
    HASHI - Sumpit

    Jika Anda kesulitan menyuap sushi berukuran besar menggunakan sumpit, Anda diperkenankan langsung menggunakan tangan. Sashimi (potongan ikan mentah tipis-tipis) harus selalu disuap dengan sumpit.
    Jika sumpit sedang tak digunakan, sandarkan sumpit Anda pada hashi oki (kotak kecil tempat sandaran sushi) atau taruh melintang di atas piring Anda. Jangan simpan di atas meja dengan bersandar pada piring.


    [​IMG]
    SHOYU - Kecap asin Jepang

    Sushi dan sashimi biasanya dicelup ke dalam kecap ini sebelum dimakan. Tuangkan secukupnya ke dalam piring kecil wadah kecap, dan jangan celupkan sushi terlalu dalam. Selain dianggap kurang sopan, mencelup sushi terlalu dalam ke piring kecap Jepang membuat rasanya akan jadi terlalu asin dan kemungkinan nasi sushi pun akan pecah berantakan
    Perlu di ingat!! Tidak semua sushi harus menggunakan SHOYU untuk menyantapnya! perhatikan terlebih dahulu, apakah sushi tersebut adalah kategori sushi Authentic? atau menggunakan daging ikan "mentah" sebagai bahan bakunya? apakah sushi tersebut sudah di berikan siraman saus di atasnya? bila iya, kemungkinan besar itu adalah saus yang cocok untuk sushi tersebut, tidak perlu lagi kita menambahkan shoyu waktu menyantapnya yang malah akan merusak cita rasa sushi fusion itu sendiri. biasanya sushi tersebut adalah kategori sushi FUSION ( sushi yang sudah di modifikasi )


    [​IMG]
    WASABI - Horseradish

    Selain sebagai penyedap rasa, rasa pedas pada wasabi yang mengandung isotiosiant ternyata bersifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Jadi memang cocok disajikan bersama dengan makanan mentah seperti sashimi dan sushi yang terdapat daging ikan mentah tentunya. Wajib hukumnya untuk menambahkan wasabi bila ingin menyantap sashimi dan sushi yang menggunakan ikan mentah, karena fungsi wasabi ini adalah untuk membunuh bakteri yang ada di daging ikan mentah. sehingga anda pun terhindar dari resiko sakit perut atau diare setelah menyantap hidangan ikan mentah

    wasabi ini merupakan keluarga dari jenis kubis atau lobak. Tumbuhan wasabi hanya hidup di aliran air yang bersih dan sejuk. Oleh karena itu akan lebih sering ditemui pada daerah pegunungan, seperti di pegunungan Honshu, Kyushu, dan Shikoku di Jepang. Menurut sejarah, awalnya wasabi tumbuh liar di hulu Sungai Abe, Prefektur Shizuoka.

    Bagian utama yang digunakan dari wasabi adalah akarnya. Akar wasabi bentuknya menyerupai lobak dan memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat dari akar wasabi di antaranya, dapat mengaktifkan antioksidan dalam tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan bakteri, mengaktifkan fase enzim untuk proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh, menangkal keracunan makanan yang disebabkan oleh mikroba, membersihkan organ hati sebagai pembentuk cairan empedu, menciptakan berbagai enzim pencernaan makanan, melindungi dari serangan kanker perut, kanker usus besar, dan kenker payudara, mengobati sakit gigi dengan mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan lubang pada gigi, serta membantu proses pembekuan darah. Selain itu wasabi juga berkhasiat sebagai perangsang hasrat seksual bagi laki-laki.

    Penggunaan wasabi tidak hanya dengan dimakan, namun juga bisa diaplikasikan langsung pada kulit. Wasabi yang dapat mengaktifkan antioksidan dapat melindungi dan mengobati kulit dari radikal bebas. Banyak industri perawatan kulit yang memasukkan bahan ini ke dalam produknya. Di antaranya sebagai bahan facial dan perawatan tubuh di spa-spa.

    Sayangnya wasabi hanya bisa dipanen setelah 3-4 tahun masa tanamnya. Hal ini yang menyebabkan harga wasabi menjadi mahal di samping manfaatnya yang sangat besar. Walau sebenarnya ada jenis wasabi yang ditanam di ladang dan dapat dipanen hanya dalam waktu 18 bulan, namun manfaatnya berbeda dengan wasabi yang ditanam di aliran air. sangat jarang sekali ada restoran yang menggunakan wasabi asli dari alam, karena harganya yang sangat mahal. kebanyakan wasabi yang beredar di restoran jepang pada umumnya menggunakan wasabi olahan dalam bentuk bubuk dan pasta

    cara menambahkan wasabi waktu ingin menyantap sashimi dan sushi adalah dengan cara mencuil wasabi yang biasanya sudah berbentuk pasta ke daging atau sushi. banyak yang salah kaprah tentang penggunaan wasabi di sini yang sangat tidak di anjurkan, yakni mencampur wasabi dan shoyu menjadi satu di mangkuk kecil. karena dengan cara tersebut aroma wasabi akan teredam oleh aroma shoyu, yang mengakibatkan penguapan daya pedasnya akan menjadi berkurang.


    [​IMG]
    GARI SOGA - Acar jahe

    Selain wasabi dan kecap Jepang, satu hal yang umum ditemui di meja makan restoran Jepang adalah acar jahe yang berwarna pink dengan rasa asam,manis dan pedas khas jahe. Acar jahe ini bisa Anda makan di sela-sela makan sashimi dan sushi. Fungsinya untuk “membersihkan” atau "menetralisir" lidah dari rasa sashimi dan sushi yang terakhir di santap. Serta dapat berfungsi juga untuk menghilangkan rasa eneg atau mual untuk pemula atau yang sudah kekenyangan. Gari soga atau acar jahe akan tidak diperlukan bila anda menyantap sushi fusion yang tidak menggunakan daging ikan mentah.


    [​IMG]
    ICHIMI TOGARASHI - Bubuk cabe

    anda sering melihat botol kecil berwarna merah di atas meja restoran jepang? bila iya, itu adalah Ichimi Togarashi yakni bubuk cabai. fungsinya adalah untuk menambahkan cita rasa pedas cabai ke dalam makanan yang berkuah seperti ramen atau udon. Ichimi togarashi ini terbuat dari campuran cabai kering, wijen dan aunori (bubuk nori-rumput laut). cita rasa pedas dari Ichimi togarashi tergolong sangat halus dan tidak menggigit, cuma menonjolkan rasa pedas yang sifatnya hanya"sekedar" pedas saja. sangat jauh sekali dari rasa pedas sambal makanan indonesia. walaupun anda menambahkan banyak ichimi togarashi ke dalam makanan anda jangan harap anda bisa mendapatkan cita rasa yang super pedas dari ichimi togarashi ini, malah rasa makanan anda akan cenderung terasa pahit dan asin

    Terlebih lagi bila anda akan menyantap sushi dan menambahkan Ichimi Togarashi, sangat tidak di sarankan untuk memberikan Ichimi Togarashi untuk sushi. jika anda penikmat makanan pedas lebih baik anda meminta cabai rawit saja kepada pelayan.


    [​IMG]
    TATA CARA MENYANTAP SUSHI

    Saat mengambil sushi dengan sumpit atau dengan tangan, celupkan bagian atas sushi ke mangkuk berisi Shoyu. Jangan celupkan bagian nasi, karena akan membuat nasi jadi buyar dan sushi pun akan berantakan. Cara terbaik makan sushi adalah dengan memasukkannya ke dalam mulut dengan posisi terbalik (daging ikan menempel di lidah)

    Usahakan memasukkan seluruh sushi ke dalam mulut sekaligus. Jika ukuran sushi terlalu besar dan Anda harus menggigitnya, tahan sisa sushi di sumpit Anda dan habiskan di suapan selanjutnya. Jangan disimpan di atas piring karena dianggap tak sopan juga jorok.


    [video=youtube;g-fYp_N9kX4]http://www.youtube.com/watch?v=g-fYp_N9kX4[/video]

    --- SUMBER ---


    Warung Sushi Angkringan Ala Jepang

    Jadwal Imsak & Puasa Ramadhan 1433H / 2012M


    [​IMG]
    [/CENTER]
     
    • Thanks Thanks x 11
    Last edited: Jul 10, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. im_the_dark M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 20, 2012
    Messages:
    2,425
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +35,346 / -0
    gile, angkringan tapi sushi, btw gw aja pake supit masih belepotan, tpi gw baca tekninya wkkkw bener² menghayati deh kalo mo makan sushi
     
  4. min2 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 21, 2009
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +16 / -0
    infonya bagus banget, ternyata makan sushi pun ada tata caranya
    biasa sih makan langsung comot ke mulut aja ^^

    baru tahu juga kegunaan wasabi nih
    thanks infonya ^^
     
  5. jazdev1820 Members

    Offline

    Joined:
    Nov 4, 2009
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +7 / -0
    baru tau ternyata makan sushi yg ada ikan mentahnya kudu makannya terbalik...
    biasanya makan sushi semuanya dicelupin ke shoyu, tapi enak-enak aja sih XDD

    ps: foto-foto sushinya bikin ngiler banget kk 8Q________
     
  6. rizkireaper M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    4,265
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,306 / -0
    wah ternyata ada trit beginian juga
    baru tau klo makan sushi ada tata carana segala
    nice share lah :top:
     
  7. rendi13 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 3, 2012
    Messages:
    499
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +13 / -0
    nice inpoh gan, baru tau ane makan sushi hrus ada cara"nya.
    biasanya ane makan langsung aja make tangan..:malu
     
  8. 12345678 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    2,303
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +12,343 / -0
    nica share gan.. br tw klo ada tata carany.. :top:
    br tw jg kegunaan wasabi.. walopun ane ga trlalu suka wasabi ^^!
     
  9. yume_lee93 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2011
    Messages:
    538
    Trophy Points:
    87
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1,341 / -0
    wah ternyata seperti itu cara makan yang bener
    baru tau ada tata cara kayak gitu
     
  10. livyra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 9, 2012
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +1 / -0
    wah jrg makan sushi,lgipula biasanya dimakan gtu aja mngikuti tradisi makan ala indonesia :oghoho: masakan indonesia ga pake aturan makan sgala yg pnting enak dan penuh bumbu
     
  11. randyarmy2000 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 11, 2010
    Messages:
    669
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +178 / -0
    di bandung di bsm ada rumah makan sushi , ngajakin temen tapi pada ill fell makan ginian :panda:

    jikalau ada yg mau menemani coz belum pernah makan ginian takut endeso :malu
     
  12. SEVENWARLORD Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 18, 2012
    Messages:
    1,006
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +29,538 / -0
    :niceinfo:

    karna saya pernah ngalamin makan di resto jepun dengan hidangan sushi :iii:

    nah, malah bingung ini kaya apa dan gmana makannya :malu:

    krna kan ada beberapa item yang disajikan :hihi:

    nah, buat yg mw singgah ke resto/RM sushi bisa baca2 ini dulu nih :keringat:
     
  13. vandvand Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 15, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +11 / -0
    ternyata ada tatacaranya yah ? berarti selama ini gw kurang sopan suka ngebalik2 sasiminya *biar asinnya rata gtu.. :p
     
  14. cincun212 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 18, 2012
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +1 / -0
    Ga doyan sushi...kalo diajak makan sushi ane bawa penggorengan ah buat goreng sushinya hehehe
     
  15. pez_yek M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 18, 2011
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +105 / -0
    Belum pernah nyobain jd lom tau rasanya, apa lagi cara makanx :malu2:
     
  16. Stellae Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 7, 2011
    Messages:
    13
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +4 / -0
    trit mantap lah ini... segala hal yang berbau Asia Timur emang banyak aturan-aturan yang menarik :angel:

    tapi kalau makan sushi yang udah dicampuri wasabi, gak mampu lah ambo... :muntah:
     
  17. wyndh80 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2011
    Messages:
    205
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +130 / -0
    wah rupanya ada tata caranya. thanks info nya.
    selama ini asal masuk mulut aja.
     
  18. miss_fania M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 3, 2010
    Messages:
    1,223
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +6,878 / -0
    dari dulu takut banget ama sushi
    dagingnya mentah takut keracunan :XD:

    tapi ternyata sebenernya sehat yaah. lagian juga ada wasabi jd aman makannya.

    nah kalo masalah sumpit sampe sekarang tetep belepotan make sumpit. wkwkwk
     
  19. darkasuka Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2011
    Messages:
    43
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    hooo... iya biasanya saya kalo makan sushi wasabinya dicampur ke soyu.
    ternyata gak boleh ya? hehehe...
     
  20. globeamaranth Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 11, 2011
    Messages:
    66
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +33 / -0
    hooo... jadi pake shoyu n wasabi juga ada aturannya.. bubuk cabenya juga...
    waktu ini makan sushi segala macam bumbu tambahan yang ada dimeja kucampur jadi satu di mangkuk shoyu.. aih malunyaaa.....
     
  21. mistamoco Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    182
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +157 / -0
    infonya keren nih! makasih banget!
    baru tau makan sushi ternyata ada caranya
    lumayan.. ntar kalo makan sushi bisa faseh gitu kayak orang jepang asli
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.