1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

30 Negara Pengguna Nuklir Terbesar Dunia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by blacksheep, Apr 23, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Offline

    blacksheep Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,600
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +24,943 / -0


    [​IMG]
    China Membangun Reaktor Nuklir 3G
    dan menjadi negara PLTN
    pertama yang menggunakan teknologi mutakhir dalam pembangunan PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir). Energi nuklir mulai dikembangkan pada tahun 1940-an oleh Amerika Serikat guna memenangkan Perang Dunia II. Penggunaan energi nuklir didasarkan dari persamaan Einstein (E=mc2), dan pertama kali dikembangkan oleh Fisikawan Robert Oppenheimersebagai pimpinan proyek bom atom. Sebelum mengebom Jepang, tanggal 16 Juli 1945, Amerika Serikat menguji bom atom di Trinity Site (New Mexico). Tanggal 6 Agustus 1945 bom atom uranium dijatuhkan di Hiroshima dan bom atom plutonium di Nagasaki (9 Agustus). Kedua bom tersebut menewaskan lebih 120.000 orang dalam waktu seketika.
    Barulah setelah tahun 1950-an, energi nuklir digunakan untuk tujuan sipil yakni sebagai pembangkit tenaga listrik Berbagai negara yang menguasi teknologi mulai memanfaatkan energi nuklir secara besar-besaran. Hal ini dikarenakan efisiensi dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) cukup tinggi terutama dengan massa kecil (’bahan bakar’) dapat menghasilkan energi besar. Dan hingga saat ini, energi nuklir menyumbang 16% dari total kebutuhan energi listrik dunia yang hanya tersebar di 30 negara.
    30 Negara Pengguna Energi Nuklir Terbesar
    Berikut daftar 30 negara pengguna energi nuklir yang saya olah dari situs World Nucler Association (WNA) :
    No
    Negara Jumlah Reaktor Nuklir % PLTN
    Jumlah MW 1
    Amerika S 104 101,119 19% 2
    Prancis 59 63,473 77% 3
    Jepang 53 46,236 28% 4
    Rusia 31 21,743 16% 5
    Jerman 17 20,339 26% 6
    Korea Selatan 20 17,716 35% 7
    Ukraina 15 13,168 48% 8
    Kanada 18 12,652 15% 9
    Inggris 19 11,035 15% 10
    Swedia 10 9,016 46% 11
    China 11 8,587 2% 12
    Spanyol 8 7,448 17% 13
    Belgia 7 5,728 54% 14
    India 17 3,779 3% 15
    Rep. Czech 6 3,472 30% 16
    Switzerland 5 3,220 43% 17
    Finlandia 4 2,696 29% 18
    Bulgaria 2 1,906 32% 19
    Brazil 2 1,901 3% 20
    Afrika Selatan 2 1,842 6% 21
    Hungaria 4 1,826 37% 22
    Slovakia 4 1,688 54% 23
    Meksiko 2 1,310 5% 24
    Romania 2 1,310 13% 25
    Lithuania 1 1,185 64% 26
    Argentina 2 935 6% 27
    Slovenia 1 696 42% 28
    Belanda 1 485 4% 29
    Pakistan 2 400 2% 30
    Armenia 1 376 44% Keterangan :
    Jumlah : jumlah unit reaktor nuklir untuk PLTN
    MW : Megawatt
    %PTLN : persentase pengguna energi nuklir untuk kebutuhan domestik listrik negara bersangkutan
    Merah : negara Asia
    Dari daftar/tabel di atas (dan data (WNA)) , dapat disimpulkan fakta-fakta menarik yakni:

    • Amerika Serikat merupakan negara dengan total pembangkit energi nuklir terbesar di dunia yakni 104 unit reaktor nuklir dengan daya 101 ribu megawatt. 104 unit reaktor nuklir Amerika menyumbang sekitar 5% dari total produksi energi listrik dunia yakni mencapai 806,6 miliar Kwh pada tahun 2007.
    • Prancis merupakan negara dengan persentase penggunaan energi nuklir terbesar untuk kebutuhan listrik rakyatnya yakni mencapai 77%. Pada tahun 2007, 59 reaktor nuklir Prancis menghasilkan 420 miliar Kwh atau sekitar 2.6% energi listrik dunia.
    • Jepang merupakan negara pengguna sekaligus pemilik reaktor nuklir terbesar di Asia meskipun struktur geologi negaranya rawan gempa. Jepang memiliki 53 unit reaktor nuklir jauh diatas Rusia yang hanya memiliki 31 reaktor nuklir.
    • Hanya ada 3 negara yang mengantungkan kebutuhan listrik terbesarnya dari nuklir [mencapai 50% lebih) yakni Prancis (77%), Lithuania (64%), Slovakia (54%) dan Ukraina (48%).
    • Penggunaan energi nuklir untuk pembangkit masih didominasi negara Eropa + Amerika Utara dan negara-negara yang maju yang relatif maju dalam teknologi nuklir.
    • Pakistan dan India menjadi negara Asia yang relatif "miskin" secara ekonomi, namun mampu memiliki reaktor nuklir untuk pembangkit listrik.

    [​IMG]Sumber-Sumber Energi untuk Listrik di Dunia

    Energi Nuklir dan Tantangannya
    Pembangkit reaktor nuklir merupakan metode memanfaatkan energi dari hasil radioaktivitas dari atom berat . Atom berat adalah atom dengan nomor atom (Ar) dan massa (Mr) besar dimana perbandingan antara nomor massa terhadap nomor atom jauh diatas 2 atau jumlah neutron jauh lebih banyak dari jumlah proton dalam inti atomnya. Reaktor nuklir umumnya menggunakan reaksi fisi atom (ada juga metode reaksi fusi). Reaksi fisi muncul ketika sebuah energi ataupun partikel (sinar gamma, partikel alfa, partikel elektron) menembak sebuah inti atom radioaktif seperti Uranium-235 atau Plutonium (nomor massa/nomor atom relatif besar) sehingga inti atom tersebut membelah menjadi atom bermassa lebih ringan (Nomor massa/nomor atom lebih kecil). Secara alami, reaksi ini akan menyebabkan reaksi berantai tanpa terkendali dan menghasilkan energi yang sangat besar dalam waktu beberapa detik saja.
    Jika reaksi fisi atom ini dikendalikan, maka energi yang dihasilkan dalam bentuk panas yang teratur digunakan untuk memanas air dan sekaligus menghasilkan uap air bertekanan tinggi. Uap air bertekanan tinggi inilah yang mampu menggerakan turbin pembangkit listrik. Turbin yang berputar menggerakan kumparan generator (kumparan+magnet) yang menghasilan induksi elektromagnetik (atau tegangan listrik). Listrik inilah yang kemudian diatur nilai arus, tegangan, frekuensi dan distribusi daya yang kemudian didistribusikan ke masyarakat.
    Membangun sekaligus memiliki reaktor nuklir sebagai pembangkit listrik bukanlah hal yang mudah, namun bukan pula sesuatu yang tidak mungkin. Istilahnya “tidak ada hal yang tidak mungkin dilakukan selama batas kewajaran”. Kejadian ledakan reaktor nuklir Chernobyl Uni Soviet menjadi momok perkembangan industri nuklir dunia. Sehingga muncul stereotife bahwa hanya negara yang kaya dan majulah yang dapat dan boleh memiliki energi nuklir. Negara-negara berkembang dan miskin diharapkan menggantungkan sepenuhnya energi listrik dari bahan bakar fosil. Sedangkan negara-negara Barat berusaha lepas dari ketergantungan energi fosil yakni minyak bumi dan batubara. Sebagian besar negara-negara Eropa menggunakan energi alternatif sebagai pembangkit listrik, baik dari angin, air, matahari, hingga nuklir.
    Tidak bisa dipungkiri bawha setiap teknologi yang digunakan menghasilkan masalah tersendiri disamping manfaatnya bagi manusia, begitu juga teknologi nuklir. Limbah nuklir sangatlah berbahaya dan dibutuhkan biaya yang relatif sangat mahal untuk mengolahnya sebelum dibuang ke alam. Disamping itu, biaya investasi untuk sebuah reaktor nuklir sangatlah mahal dibandingkan dengan pembangkit listrik berbahan bakar batubara, diesel maupun teknologi panas bumi, air (PLTA) ataupun angin. Dan apabila terjadi kebocoran bahkan ledakan reaktor nuklir, maka bisa dibayangkan berapa korban yang akan ditimbulkan. Belum lagiradiasi yang dihasilkanpun akan terus dipancarkan hingga belasan bahkan puluhan tahun bagi penduduk apabila reaktor bocor.
    Perkembangan Energi Nuklir

    Disaat ini, semua tantangan dan potensi marabahaya reaktor nuklir tentu dapat diprediksi dengan sistem pengamanan berlapis (bukan hanya ganda). Dengan menggunakan teknologi mutakhir (seperti 3G) dan pembangunan dengan super security, maka berbagai kemungkinan bencana nuklir dapat dicegah selama sumber daya manusia dan alat kontrol ler terus dipantau dan dimaintenance. Apalagi dengan menipisnya cadangan minyak bumi di alam, maka penggunaan energi nuklir secara besar-besaran telah dan akan dikembangkan oleh beberapa negara. Berikut daftar negara-negara yang akan memiliki daya pembangkit listrik yang besar (Sumber: WNA)
    No Negara Jumlah Reaktor Nuklir Reaktor yg Sedang Bangun Total *** Jumlah MW Jumlah MW
    1
    Amerika S 104 101,119 1 1,180 102,299 2
    Prancis 59 63,473 1 1,630 65,103 3
    Jepang 53 46,236 2 2,285 48,521 4
    Rusia 31 21,743 8 5,980 27,723 5
    Korea Selatan 20 17,716 5 5,350 23,066 6
    Jerman 17 20,339 - 0 20,339 7
    China 11 8,587 11 11,000 19,587 8
    Kanada 18 12,652 2 1,500 14,152 9
    Ukraina 15 13,168 - 0 13,168 10
    Inggris 19 11,035 - 0 11,035 11
    Swedia 10 9,016 - 0 9,016 12
    Spanyol 8 7,448 - 0 7,448 13
    India 17 3,779 6 2,976 6,755 14
    Belgia 7 5,728 - 0 5,728 15
    Finlandia 4 2,696 1 1,600 4,296 16
    Rep. Czech 6 3,472 - 0 3,472 17
    Switzerland 5 3,220 - 0 3,220 18
    Slovakia 4 1,688 2 840 2,528 19
    Bulgaria 2 1,906 - 0 1,906 20
    Brazil 2 1,901 - 0 1,901 21
    Afrika Selatan 2 1,842 - 0 1,842 22
    Hungaria 4 1,826 - 0 1,826 23
    Argentina 2 935 1 692 1,627 24
    Meksiko 2 1,310 - 0 1,310 25
    Romania 2 1,310 - 0 1,310 26
    Lithuania 1 1,185 - 0 1,185 27
    Iran - 0 1 915 915 28
    Pakistan 2 400 1 300 700 29
    Slovenia 1 696 - 0 696 30
    Belanda 1 485 - 0 485 31
    Armenia 1 376 - 0 376 32
    Indonesia ????
    - 0 - 0 0 Keterangan:
    Jumlah Reaktor Nuklir : merupakan jumlah reaktor nuklir yang sedang dioperasi untuk pembangkit listrik
    Reaktor yang sedang dibangun : merupakan proyek pembangunan reaktor nuklir yang sedang dikerjakan terhitung 1 April 2009 dan akan selesai dalam kurun waktu antara 2-8 tahun kedepan.
    Total*** : total daya yang dihasilkan oleh reaktor saat ini + dengan reaktor yang baru (yang sedang dibangun)
    Kesimpulan daftar/tabel 2:

    • China menjadi negara dengan pertumbuhan reaktor nuklir terbesar didunia yakni mencapai 100% jumlah unit reaktor dengan peningkatan hingga 128% daya PLTN yakni dari 8500 MW menjadi 19500 MW.
    • Iran menjadi negara ke-31 pemilik pembangkit listrik tenaga nuklir di dunia. PLTN milik Iran dikecam oleh Amerika dan negara-negara sekutunya.
    • China, India, Argentina, Slovakia, Finlandia, dan Pakistan akan meningkatkan kapasitas PLTN-nya dalam 1 dekade ke depan minimal 50%.
    Pertanyaannya bagaimana dengan Indonesia? Siap dan mampu kah putra-putri Indonesia memiliki dan sekaligus menggunakan energi nuklir dengan aman dan berwibawa?
    Btw, untunglah 16% sumber energi listrik berasal dari energi nuklir, coba kalau tidak ada sumber energi nuklir dan harus menggunakan energi fosil, bisa dibayangkan berapa harga minyak saat ini? Yah…kan?
    Terima kasih, 22 April 2009
    Regards : ech-nusantaraku
    Referensi:
    Nuclear Energy Institute
    Nuclear World Association (WNA)
     
    Last edited: Apr 23, 2009
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    moks Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,337
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +19,454 / -0
    kl kata gw nuklir mah masih berat, how bout solar panel ? tenaga listrik dari matahari lebih feasible buat indo mah..
     
  4. Offline

    v3rt3x Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,390 / -0
    play with knife then you'll get cut
    play with fire then you'll get burn
    play with nuke then you'll get radiated
    :th_102_:

    IMHO, Indonesia lom mampu SDM n sarana-nye, wong waduk aj bisa jebol, rel kereta amnles, kanal ga selese2 (banjir dimana2), lumpur ga abis2, jalan raya banyak lobang, gimana coba kl semua keteledoran itu terjadi pada reaktor nuklir? :onion-59:
     
  5. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    memang segalanya beresiko...

    tapi Indonesia harus segera masuk jadi negara pengguna tenaga nuklir, supaya g jadi negara gelap gulita, supaya punya udara yang lebih bersih...
     
  6. Offline

    Sandykun Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    1,238
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,070 / -0
    Wah.. ternyata banyak juga ya yang udah make Nuklir sebage PLTnya...

    Menurut gw sih, Indo jangan dulu deh ke Nuklir2an.. Takutnya ntar malah salah "gawe" ngapa2in rakyat yang tak berdosa ...

    Mending solar pake solar panel...

    semua atap rumah warga diganti pake solar panel.
    Body mobil, bahannya dari solar panel...
    Kaca jendela, bahannya solar panel..

    Kalau saja solar panel murah... :lol:
     
    Last edited: Apr 23, 2009
  7. Offline

    deVnyx Post Hunter Veteran

    Joined:
    Jun 5, 2007
    Messages:
    2,917
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +1,687 / -0
    setuju sama bro moks...

    Lebih baik pake solar panel tuh...
    walo pun jumlah energi yg dihasilkan pasti jauh dari nuklir sih...

    Bukannya ga mendukung pemakaian nuklir di Indonesia sih...
    Tapi ya memang kenyataannya belum siap kalo gw bilang sih...
     
  8. Offline

    andywalkman Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 23, 2009
    Messages:
    456
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +853 / -0
    pembangunan reaktor nuklir di indonesia...?
    wahahahha....
    yakin udah siap tuh...
    kalau menurut saia jangan dulu...
    btw hebat jepang walaupun wilayahna rawan bisa jadi reaktorna
    dan tetap running sampe sekarang...
     
  9. Offline

    raynaldo Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 8, 2009
    Messages:
    1,858
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +47,681 / -0
    Klo di Indo mungkin masi lama pake tenaga nuklir
    sarananya aja g memadai, g mungkin jadi2
     
  10. Offline

    achnime Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Sep 19, 2007
    Messages:
    328
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    anda terlalu meremehkan SDM dan sarjana kita. kalau aku bukan meragukan SDM nya tapi meragukan konstruktornya, i mean birokrat yang bertanggung jawab dalam pendanaan dan pengawasan pembangaun fisik reaktornya.
    tapi kalau reaktor kayaknya yagn ngawasin bukan hanya internal tapi juga IAEA kali, jadi seharusnya aman lah..
     
  11. Offline

    Feischmaker Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,021 / -0
    setuju, heee... tapi di Indonesia, Universitas yang punya Program Studi Teknik Nuklir baru satu doang lho... :lol:
     
  12. Offline

    Sunoe Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,945 / -0
    hahahaha....

    ga ad solusi laen pa bt Indo, katanya masih banyak pilihan selain nuklir, energi yang bisa di manfaat
    spt angin, Indo banyak dataran tinggi loh...
    ato gelombang laut, Indo banyak pantainya juga...
     
  13. Offline

    andi msc Senpai Veteran

    Joined:
    Aug 15, 2008
    Messages:
    7,443
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +61,792 / -2
    amerika the first top used..

    gimana juga nuklir gak baik buat negara yang bermusuhan..

    bisa2 saling lempar nuklir lagi :swt:
     
  14. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,759 / -0
    G setuju banget ama v3rt3x. SDM kita masih sangat rendah. JANGAN coba-coba membangun nuklir disini. Teknologi gak sanggup, duit gak ada trus masyarakat masih bodoh. Kalo kecelakaan (kyk Chernobyl) cuma bisa gigit jari (tapi karena Indo, kemungkinan kecelakaan sangat besar). Mending kalo hasil mutasinya jadi Wolverine, cyclops ato Magneto. Kalo cuman dapet kanker gimana? Indonesia uda cukup koq pake PLTA (cuih, PLTA aja sering mati lampu). Kemampuan Indo baru PLTA, jangan ngeliat orang lain pada pake nuklir, trus merasa diri sanggup dan ikut-ikutan. Maksud hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai.
     
  15. Offline

    Lyco Senpai Co Administrators

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,672
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,693 / -0
    waktu itu pernah ada ide membangun raktor nuklir disini, cuma ditentang banyak orang kan. lantaran SDMnya masih kurang dipercaya bisa nanganin.
    dan kalau terjadi kecelakaan macam di Russia perlu berapa tahun buat ngatasinnya
     
  16. Offline

    Marco86 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,817
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,094 / -0
    Indonesia ga usah pake d... Ntar dana dikorup dll, bocor lagi tu reaktor nuklir.. Cilaka semua kita nanti..
     
    • Like Like x 1
  17. Offline

    dekill_nine Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 27, 2009
    Messages:
    155
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +113 / -0
    hahaha, coba bayangkan kalo nulklirnya bocor...
    mendingan nuklirnya di pake buat hukumin para koruptor,..
    kalo ketangkap trus di celupin deh ke nuklir, biar kena radiasi...:innocent:
     
  18. Offline

    chynthia Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Oct 22, 2008
    Messages:
    782
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +20,759 / -0
    dekill_nine:
    Buset, dicelupin ke nuklir? lu kira nyelupin oreo ke susu. Sadis bener lu.:swt::swt: Daripada dicelupin, kan terkesan maksa. Mending ditaro di dalam sel yang pipa PAM nya disambungin ke tangki nuklir. Jadi kalo die mau mandi ato cebok (hihihihi) dia musti make limbah nuklir. Kalo gak mau, ya gak usah mandi ama cebok
     
    Last edited: Apr 26, 2009
  19. Offline

    CY_T_Anezaki Post Hunter Most Valuable Users

    Joined:
    Jan 3, 2009
    Messages:
    2,154
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,698 / -0
    Nuklir ya

    Sdh saatnya indonesia bikin senjata nuklirlah buat pertahanan biar malaysia ga macem2 lg

    Teknologi kan buat sapa aja, memang terkadang barat masih mau memonopoli nih teknik
     
  20. Offline

    dekill_nine Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 27, 2009
    Messages:
    155
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +113 / -0
    saatnya terobosan baru,.. indonesia harus punya nuklir sendiri, tapi harus jangan sampe malingsia tau, ntar di tiru lagi.. :haha:

    Chynthia:
    hahaha, mungkin kalo gitu kayaknya lebih keren..
     
  21. Offline

    -LichKing- Beginner Most Valuable Users

    Joined:
    Aug 21, 2008
    Messages:
    441
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +50 / -0
    gw rasa indonesia tuh belom pantes mengembangkan nuklir sendiri, u tau kan? reaktor nuklir artinya harus dijaga oleh orang teliti tidak malas-malasan dan berskill tinggi, apa u semua yakin dalam 1 fasilitas nuklir itu semua orangnya kek gitu? gw rasa enggak!
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.