1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Halo IDWS Mania, forum Indowebster ada Super Moderator baru lho di lihat di sini
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Info 3 Latihan Terbaik Pembentukan Otot Dada

Discussion in 'Sports Center' started by tiarharezky, Jan 6, 2014.

  1. Offline

    tiarharezky Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 2, 2014
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +8 / -0
    Dari sekian banyak otot di tubuh pria, otot dada lah yang sering menjadi fokus utama kita ketika berlatih di gym, right? Bukan hanya karena dada memiliki pengaruh besar terhadap postur tubuh secara keseluruhan, tapi dada merupakan bagian tubuh yang paling 'seksi' yang kita miliki.

    Dengan dasar berpikir inilah, saya akan mengajak Anda untuk mengetahui dan mempraktikkan tiga latihan yang paling maksimal meningkatkan ukuran dan kekuatan otot dada Anda. Mungkin anda membaca tulisan ini sambil bergumam, "Saya tidak butuh saran untuk memilih latihan otot dada." That's okay! Tetapi, di tengah banyaknya latihan untuk dada yang biasa dipraktikkan orang, hanya ada beberapa yang terbukti sangat efektif, dan tiga latihan yang akan kita bahas ini termasuk diantaranya.

    Sebelum memulai, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu anatomi dada anda agar latihan yang dilakukan beriringan dengan pengetahuan yang benar.

    Anatomi Bagian Dada

    [​IMG]

    Bagian dada terdiri dari dua otot utama: Pectoralis Minor dan Pectoralis Mayor. Inilah alasan mengapa bagian dada sering disebut "pecs".

    Pectoralis Minor berada di bawah lapisan Pectoralis Mayor. Pectoralis Minor berukuran lebih kecil dibandingkan Pectoralis Mayor. Bentuk Pectoralis Minor adalah segitiga dan berfungsi untuk menyeimbangkan bagian di sekitar tulang belikat. Serat dari Pectoralis Mayor memberikan bentuk pada otot dada karena letaknya di luar. Pectoralis Mayor terhubung dengan tulang dada dan tulang selangka serta berperan untuk bagian lengan atas tubuh.

    Jenis Latihan

    #1 Barbell Bench Press


    [​IMG]

    Tambahkan beban yang sesuai pada barbel dan pastikan ia berada di posisi yang benar (Baca juga : Sempurnakan Teknik Bench Press Anda.
    Berbaringlah telentang pada bangku (bench) yang rata.
    Turunkan barbel dari tempatnya dan posisikan sampai berada di atas bagian dada Anda.
    Gunakan kekuatan genggaman tangan untuk memainkan barbel.
    Turunkan barbel sampai bagian tengah dada Anda.
    Naikkan/tekan ke atas barbel sampai tangan Anda lurus. Ini adalah sebuah repetisi.


    #2 Dumbbell Bench Press

    [​IMG]

    Duduk tegak di atas bangku (bench) yang rata dengan dumbbel diletakkan di bawah paha Anda.
    Fokuskan berat dumbbel pada bahu Anda sambil perlahan-lahan berbaring telentang.
    Posisikan dumbbel di samping dada Anda dengan posisi lengan dilipat.
    Untuk mulai latihan, angkatlah dumbbell sampai lengan Anda lurus.
    Turunkan dumbbel ke samping dada Anda perlahan-lahan sehingga tarikan dapat terasa. Ini adalah
    sebuah repetisi. Ulangi sesuai kebutuhan.


    #3 Incline Dumbbell Fly

    [​IMG]

    Untuk memulai latihan ini, pilihlah berat dumbbel yang sesuai.
    Berbaringlah di atas bangku yang miring (kira-kira 150 derajat).
    Angkatlah dumbbel ke arah atas dada Anda sampai lengan benar-benar lurus.
    Secara perlahan, lipatlah siku Anda sampai ia menunjuk ke arah luar.
    Turunkan dumbbel ke arah luar bahu Anda sampai tarikan terasa.
    Saat tarikan sudah terasa, angkat lagi dumbbel ke atas. Ini adalah sebuah repetisi.
    Mengapa 3 Latihan Ini Dipilih?

    Tiga latihan di atas dapat memberikan hasil optimal dalam meningkatkan ukuran dan kekuatan otot dada Anda. Setiap gerakannya mempengaruhi fungsi otot Pectoralis Mayor. Tiga latihan ini dapat digabungkan dengan latihan-latihan otot dada lainnya.

    Variasi dapat Anda lakukan dengan mengubah berat barbell dan dumbbel yang diangkat serta kemiringan bangku (bench). Misalnya, barbell bench press dan dumbbell bench press yang biasa dilakukan di atas bench datar dapat dilakukan di bench yang miring. Incline dumbbell fly yang biasa dilakukan di bench miring dapat dilakukan di bench yang datar. Kombinasi-kombinasi akan mempengaruhi otot Pectoralis Mayor Anda.

    Source: http://malezones.com/artikel/3-latihan-terbaik-pembentukan-otot-dada.html
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

    Silahkan upgrade akun anda menjadi VIP atau Gatot Kaca untuk menghilangkan tulisan dan iklan di bawah ini. Satu klik iklan dari anda, sangatlah berarti bagi forum tercinta ini.




    Promotional Content
  3. Offline

    satria340 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 28, 2010
    Messages:
    669
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,078 / -0
    kalo ane karna ga punya barbel kyk gitu jd gantinya push ups, Diamond push ups, pull ups, chin ups..alhamdullillah, otot dada saya kebentuk dgn jangka waktu yg tidak lama & gratis pula..
     
  4. Offline

    Lavoisier Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 11, 2011
    Messages:
    20
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    ane sih biasa #2 Dumbbell Bench Press, plg enak dan simple bro
     
  5. Offline

    webee Silent Reader Members

    Joined:
    Sep 19, 2010
    Messages:
    185
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +350 / -1
    Diamond push up, pull up, n chin up itu kaya gimana kk?

    Selama ini yg ane terapin cuma push up aja.. Terus kalo boleh tau porsi seharinya berapa set?
     
  6. Offline

    satria340 Lurking Around Most Valuable Users

    Joined:
    Jun 28, 2010
    Messages:
    669
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,078 / -0
    kyk gini
    diamond push ups
    [​IMG]
    pull ups
    [​IMG]
    chin ups
    [​IMG]
    terserah, sekuatnya berapa..kalo msh pemula/blom kuat, sdikit2 dulu..jgn maksain..
     
  7. Offline

    bosenganteng Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 9, 2013
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    sit up mngkn yg plg gampang
     
  8. Offline

    rakuyaba Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 21, 2010
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    3 metode ini bener emank gan, tapi ada baiknya menambahkan variasi, kebetulan ane ada gym..
    nah, untuk pembentukkan atau pembesaran otot dada...
    lebih efektif, beban kita bertambah terus, jangan hanya stuk di beban tertentu, maka itu, ada baiknya personal trainer..
    mereka dapat membimbing agan, masukkan sedikit nih,
    kalo mao fitnes, usaha kan ada temen, baik temen yang baru kenal di gym, atau temen luar yang sama" gym
    guna: saling membantu, jadi proses lebih cepat
     
  9. Offline

    drtron12 Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 9, 2010
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    latihan dada paling bagus gw recommend seling2 1 minggu pake barbel, 1 minggu pake dumbell
     
  10. Offline

    dannyliem Silent Reader Members

    Joined:
    Jan 10, 2012
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +4 / -0
    nice info nih.kebetulan paling demen latihaan dada
     
  11. Offline

    mcabbaz Beginner Members

    Joined:
    Apr 26, 2011
    Messages:
    232
    Trophy Points:
    167
    Ratings:
    +8,161 / -0
    wow jelas bgt penjeasan'a mas bro..
    dulu ane sempet latihan2 metode agan (biasa ngegym + beli amino) tpi gk konsisten:swt:, alhasil kebentuk dikit:top:
    sekarang si bermodal lari pagi trus push up aee yg MUMER:haha:
    liat kya begini jdi ngiler pengen ngegym lagi :ngambek:
     
  12. Offline

    sebutnama Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 7, 2011
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    Kalau untuk otot dada, repetisi lebih mempengaruhi atau beban yang lebih mempengaruhi gan?
     
  13. Offline

    Rchard Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    pull up sama chin up bukannya buat punggung bro?
     
  14. Offline

    3dycosmo Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    82
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +8 / -0
    bukannya Pull-UP itu yg pling kena ke dada ya kan tu semua badan malah kena jg kyknya yg bagian atas
     
  15. Offline

    tsaniarsyad Silent Reader Members

    Joined:
    Oct 1, 2013
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Boleh dicoba nih. tapi kencengin perut dulu ah :D
     
  16. Offline

    wakacipuy Silent Reader Members

    Joined:
    May 11, 2014
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +1 / -0
    Dengan push up aja sudah terbentuk kok...trust me it work! :oghoho::oghoho::oghoho:
     
  17. Offline

    halim333 Silent Reader Members

    Joined:
    Mar 25, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    ane uda workout 3 bulan... tapi dada ane belom nongol2 hiks.. semoga 3 teknik ini bisa menonjolkan dada ane...
     
  18. Offline

    alden24 Beginner Members

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    346
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +79 / -0
    ane jarang olahraga banget apalagi kaya gtu seharian selalu di komputer ajah :suram: :tolong:
     
  19. Offline

    ntlndr Members

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    ane udah latihan kaya gitu tapi 2 bulan kagak keliatan hasilnya, susah bener.
     
  20. Offline

    bangades Silent Reader Members

    Joined:
    Nov 5, 2009
    Messages:
    50
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    mantap gan..

    makasih banget infonya..

    ga perlu ke gym deh buat ngebentuk otot dada
     
  21. Offline

    SC_666 Silent Reader Members

    Joined:
    Jun 28, 2009
    Messages:
    153
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    ada efek negatifnya gak tuh?
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.