1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Ask Ortu Tukang Maksa

Discussion in 'CurHat' started by Inumaru08, Apr 30, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Inumaru08 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 17, 2012
    Messages:
    2,953
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +4,436 / -0
    Sori kalo misalnya ini repost, tapi penting banget soalnya ini pengalaman pribadi yg bikin stress selama saya hidup. Ortu gw selalu maksa. Pertama bokap gw, dia selalu maksa buat bilang bahwa saya benar, padahal jelas" dia salah. Terus nyokap gw, ini dia yg paling maksa di dalam keluarga gw. Nyokap gw kalo lagi bertengkar sama bokap gw, pasti selalu maksain bilang bahwa dia benar beserta alasan yg mendukung kalo dia benar. Tentu aja gw yg waktu kecil ngeliat menganggap nyokap gw benar ketimbang bokap gw, karena penjelasan nyokap gw masuk akal ketimbang pengakuan benar dari bokap gw yg ga jelas benar atau tidaknya.

    Nah, setelah gw masuk SMA gw mulai merasa yg dirasain bokap gw. Karena saat itu keadaan keluarga gw lagi down (bukan hanya dalam bidang ekonomi, semuanya down), gw sebagai anak pertama (laki-laki pula) disuruh buat belajar terus (tanpa hiburan dan bisa menikmati masa remaja). Gw merasa gw ga dikasih pilihan oleh orang tu gw (terutama nyokap). Dan puncaknya, akhirnya gw merasa kalo ortu gw (terutama nyokap) maksa banget. Gw paling merasa tersiksa pas kelas 3 SMA (saat ini). Beberapa kali nyokap gw selalu mengintervensi pengambilan keputusan yg dibuat oleh gw dan ujung"nya gw batal buat ambil keputusan itu.

    Berikut contoh kasus maksanya:
    1.Selama SMA gw ga pernah mikir buat kuliah. Kalo orang nanya, "nanti kamu kuliah dimana?". Jawab gw pasti, "ga tau, tergantung keputusan nyokap". Oke, disini gw sudah salah karena bergantung sama keputusan nyokap. Tapi sejak naik kelas 3, gw mulai berpikir buat mikirin kuliah dan memilih salah satu universitas. Nah saat ada expo pendidikan di sekolah gw, gw mulai mulai memilih universitas dan kebetulan gw udah tentuin yg mana gw masukin yaitu univ. B***s (Terkenal bgt lah namanya). Dan waktu gw kasih tw ke nyokap, nyokap menolak dgn alasan lokasi kampus di Jakarta (menurutnya ga kondusif) dan akhirnya menyuruh gw buat ambil univ. di sekitar Yogya, Solo atau Semarang. Gw akhirnya pasrah sama keputusan nyokap gw. Tapi disini ini yg bikin kesal. Sehari setelah tes masuk B***s, nyokap gw berubah pikiran dan nyuruh buat masuk situ. Gw senang sii nyokap akhirnya mengijinkan, tapi ga gini caranya kali. Usut punya usut, ternyata nyokap gw sudah diskusi dgn kakak sepupu gw mengenai tempat kuliah tsb. Dan nyokap merasa gw cocok di tempat itu, tapi yg paling bikin gw emosi yaitu mereka diskusi tepat saat B***s sedang melaksanakan ujian saringan masuk. Akhirnya gw bilang dgn emosi yg tertahan, "ma, bagaimana cara saya daftar kalau ujiannya sudah berlangsung kemarin? Kenapa ga berubah pikiran dari awal" saja sih?". Nyokap gw menjawab dgn reaksi super biasa, "oh, ya sudah cari gelombang keduanya dan kalo tidak dapat cari univ. lain". Di situ gw sudah marah banget. Apalagi gw yg dibikin repot oleh dia, mulai dari daftar secara online sampai daftar sama perwakilannya di kota gw. Ini yg bikin gw sampe sekarang masih marah sama nyokap dan susah buat maafin dia.

    2.Setelah kasus B***s kelar, gw dapat SNMPTN undangan dari sekolah gw. Gw bangga banget karena ga nyangka bisa dapat. Gw anggap itu sebagai jalan kedua kalo misalnya gw ga lulus ujian saringan masuknya B***s. Nyokap gw senang bukan main dan tanpa gw tw, menyombongkan ini di depan saudara" bokap gw. Gw baru tw setelah gw ditelp sama tante gw yg kasih selamat. Gw kaget, ini berita kok bisa sampai ke keluarga besar gw? Setelah gw tw sapa yg kasih sebar, gw bilang ke nyokap supaya ga usah kasih tw dan berharap terlalu besar. Karena belum tentu lulus di SNMPTN undangan (masih harus disaring lagi). Tapi nyokap berkelit dgn alasan, saya cuma cerita kok supaya om tantemu tw pilihan kamu. Setelah hasil tes B***s keluar dan syukur dapat nilai yg cukup tinggi, gw pikir ga usah ambil SNMPTN undangan lagi deh.... biarin aja. Ternyata ga bisa begitu, nyokap yg tw pikiran gw marah dan berkata, "Wis, jgn" buang" tuh SNMPTN undangan. Kan lebih bagus dan lebih murah daripada B***s". Dalam hal ini gw mw melawan krn gw berpikir, ini keputusan gw. Mw ambil SNMPTN atau B***s, terserah gw dong. Kan yg kuliah gw, bukan nyokap. Tapi mw diapa? Alasan nyokap gw lebih masuk akal ketimbang alasan gw. Dan masih masalah ini. Gw bingung, yg bayarin gw kuliah nanti kan tante gw, kok nyokap gw yg kepikiran?? Kan harusnya yg bilang murah itu tante gw (karena tante gw yg bayar), kok bisa nyokap gw yg intervensi keputusan gw dgn alasan di negeri murah ketimbang swasta???

    3.Nah ini dia yg bikin gw kesal hari ini. Kejadiannya terjadi pagi ini tapi berbuntut dari masalah sebelumnya. Sehabis UN, gw berpikir untuk buat KTP. Gw tw betapa ribetnya ngurus KTP. Tetapi pengalaman waktu nemenin teman gw bikin, ga seribet yg dibilang ortu tuh. Nah, karena gw mw bikin KTP dgn alasan supaya punya identitas diri yg lengkap selama di Jakarta nanti jadi gw pikir bikin KTP dulu. Coba bayangkan, apa coba yg dikatakan nyokap gw. Dia bilang ngurus KTP susah, mungkin waktu itu teman kamu pake makelar atau sejenisnya. Nyokap sarankan buat bikin SIM daripada KTP. Alasan itu bikin gw g berkutik, dan akhirnya mengalah (lagi) dengan kemauan dan paksaan nyokap. Setelah SIM gw jadi, kira-kira seminggu abis bikin SIM nyokap tiba" ngomong," Wis, besok siap" buat bikin KTP. Cepat bangun supaya bisa berangkat sama-sama". Gw nanya, "kok bikin sekarang? minggu depan aja. kan katanya ribet lah atau pake makelar lah." Coba tebak apa yg dikatain nyokap gw. Nyokap gw bilang dgn marah, "pokoknya bangun cepat, besok kamu harus bikin KTP". Dan nyokap gw mukul gw dgn keras sambil marah. Gw diam aja sih. Tapi disini gw betul"berontak. Gw ga habis pikir kalo nyokap betul" maksa banget sama kemauannya. Setelah berjam-jam dalam mobil, akhirnya nyokap bicara alasannya. Dia bilang kalo ada temannya juga mau bikin dan kebetulan bisa bikin mudah, masalahnya ini hari terakhir buat bikin KTP dgn cara mudah. Nah lho, kenapa ga kemarin" aja bikin. Kemarin kan jelas-jelas nyokap punya waktu luang. Kok ga bikin kemarin" di saat mood gw lagi bagus? Kenapa harus pas hari terakhir saat gw sdg bad mood? Dan gw berpikir mungkin saat gw bikin SIM, mungkin KTP itu sudah bisa dibikin dgn mudah karena dari alasan nyokap yg bilang "sebelumnya bisa bikin KTP dgn mudah kok".

    Nah begini kesimpulan ane:
    1. Nyokap gw selalu yg ngambil keputusan dalam keluarga gw. Bokap gw ga pernah ngambil keputusan. Jadi tanggung jawabnya ada di pundak nyokap
    2. Nyokap gw sepertinya punya ketakutan kalo gw bakalan sperti bokap gw yg ga pernah buat bikin dan ambil keputusan, itupun kalo bokap ambil keputusan pasti keputusan yg salah dan bikin keluarga gw menderita (terutama nyokap).
    3. Nyokap gw suka banget memaksakan kebenarannya. Baginya, "kebenarannya" itu yg paling benar di dalam keluarg bahkan di luar keluarga sekalipun. Yg menurut gw jg susah buat dilawan atau buat diargumentasikan karena alasan nyokap gw benar secara logika, etika dan estetika.
    4. Akibat perlakuan nyokap yg suka intervensi gw, akhirnya gw malas buat ngambil (apalagi mikirin) sebuah keputusan. Karena gw sudah tw, ujung"nya keputusan itu bisa batal karena intervensi nyokap. Sekuat atau sekeras kepala apapun gw, pasti bakalan batal. Dan sekarang sy jadi keliatan selalu bergantung sama keputusan nyokap.
    5. Nyokap selalu bilang kalo sy terlalu bergantung pada dirinya. Padahal, dari cerita di atas semua sudah tw kan? Saat gw mau ambil keputusan, pasti nyokap gagalkan dgn alasan kebenarannya. Dan gw melihat ini sebagai usaha nyokap gw buat bikin gw bergantung terus sama dia.
    6. Gara" nyokap, gw selalu ga pernah bisa mengungkapkan emosi gw ke nyokap. Bagaimna caranya mau ungkapin kalo terus nanti disela dgn alasan" ortu yg kebenarannya maksa dan susah buat dilawan.Emosi gw selalu tertahan dan gw tau. Pasti suatu saat nanti, emosi gw bakalan meledak sama nyokap gw.

    Pertanyaan bagi agan" sekalian:
    1. Apa ada yg pernah ngalamin kejadian seperti ini? Maksudnya pernah ga merasa kalo ortu kalian terlalu maksain kemauan bahkan intervensi kita dalam membuat keputusan?
    2. Bagaimana menurut agan" sekalian yg harus sy buat?? Apalagi sy kan sudah umur 17, sudah seharusnya sy ambil keputusan tanpa bergantung sama nyokap.
    3. Sebenarnya menurut agan" sekalian, nyokap gw maunya apa sih? Saat gw mau lepas, mandiri, dan buat keputusan. Pasti nyokap dgn sukses menggagalkan rencana tersebut. Gw pikir kelihatan nyokap ga rela gw mandiri dan cuma di mulutnya doang kalo dia ngomong sy harus mandiri dan ga bergantung sama keputusannya
    4. Menurut agan" sekalian, bagaimana cara gw buat mengungkapkan emosi gw ke nyokap. Karena gw tw, gw pasti bakalan bentak nyokap gw saking emosinya. Gw tw ini durhaka, tapi bagaimana caranya anak ga naik pitam kalo ada nyokap kayak begini?
    5. Gw tw ortu buat demi kebaikan, tapi gimana caranya gw bisa buat keputusan tanpa digagalkan nyokap? Keputusan gw kan diambil karena gw mw masa depan seperti yg gw bayangkan. Bukan sperti yg nyokap bayangkan.

    Maaf kalo postingan gw bersifat repost dan semacam provokative. Tapi tolong pendapat agan" supaya sy bisa mengatasi maslah ini.
    :maaf:
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. boltzz123 M V U

    Offline

    Inocence User

    Joined:
    Jul 8, 2009
    Messages:
    12,152
    Trophy Points:
    257
    Ratings:
    +52,577 / -585
    pernah, dan orang tua gw jg mirip2 tipenya dg anda.


    ya itu bergantung dari tindakanmu sendiri, kalau memang kamu benar2 mau melakukan lain dari perintah Ibu kamu, kamu jg harus bisa meyakinkan dan membuktikan ke Ibu kamu itu kalau kamu bisa


    Ibu kamu tuh mau yang terbaik untuk kamu anaknya. kenapa dia bisa kayak gitu? kemungkinan dulunya dia gak bisa seperti itu..kalau yang gw lihat sih bukan dia yang menggagalkan rencana kamu, tapi kamu sendiri lah yang menggagalkan rencanamu itu.
    jika kamu benar2 ingin melakukan apa yg kamu mau, Utarakan! Jelaskan secara baik2! jaangan dipendam, tp jg jangan diutarakan dengan emosi.

    gak perlu emosi2an, separah apapun Ibu kamu, dia tetap ibu kamu yg ngerawat kamu dari sperma sampai jadi sebesar sekarang, gw sendiri se-kesal2nya dg Ibu saya gak pernah gw ngebentak, yg ada gw menjauh doang.




    nah, disini anda sudah tau jawabannya kalau orangtua kamu berbuat demi kebaikan kamu, lalu bagaimana ngak digagalkan? seperti pada tulisan saya sebelumnya, tetap berpegang kukuh dg pendirian kamu, dan utarakan sebaik2nya dan sejelas2nya niscaya hati Ibumu bisa luluh juga..paling bagus kamu coba hidup mandiri (gak sama orang tua, ngekost atau apa lah)

    gak perlu bentak2, sakit hati boooo.. gak percaya? kalau kamu punya binatang peliharaaan macam anjing/kucing, trus dipanggil malah ngegigit gimana rasanya?





    bersyukurlah kau masih ada Ibu yg tinggal bersamamu, krn suatu saat sebenci2nya kamu dengannya pasti kamu akan merasakan kehilangan yg amat mendalam.
     
  4. saoyuan M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 13, 2009
    Messages:
    2,037
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +364 / -0
    1. pernah, orang tua ane mirip kaya gitu
    2. yah, itu tergantung anda sendiri, kalo anda merasa siap buat menanggung semua resiko dari keputusan anda, anda bisa mengambil keputusan sendiri.
    3. Gak ada orang tua yang pengen anaknya gak bisa mandiri, yang namanya orang tua ya pengen yang terbaik buat anaknya. Menurut ane sih karena nyokap anda mengalami kesalahan pada masa lalu yang membuat dia berpikiran supaya anaknya nanti tidak melakukan kesalahan yang sama dengan dia.
    4. Kalo ane ya, ane cuma menjauh aja meskipun cuma sementara waktu sampe ane tenang dan gak emosi
    5. Itu tau kalo demi kebaikan, sebenarnya sih bukan digagalkan, tapi menurut nyokap anda bukan yang terbaik. satu-satunya cara ya anda harus bisa membuktikan kalo anda memang siap buat hidup mandiri dan dapat mengambil keputusan yang tepat
     
  5. peacelynx M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    1,943
    Trophy Points:
    181
    Ratings:
    +14,161 / -0
    1. ga pernah. bahkan gw cenderung dilepas sebebasnya soalnya gw yg bakal ngejalaninnya
    2. coba yakinin dan buktiin ke nyokap lo kalo keputsan yg pengen lo ambil tuh yg terbaik buat lo
    3. nyokap lo cuma pengen yg terbaik buat lo (menurut dia) tapi tanpa mempertimbangkan pendapat lo
    4. sabar, coba bicara bicara baik2, jgn kebawa emosi, secara nyokap lo cuma pengen yg terbaik buat anaknya (walaupun menurut gw caranya salah)
    5. lo harus coba buktiin kalo lo bisa mandiri, udah bisa milih masa depan lo sendiri, dan kalo pilihan lo lebih tepat dibanding pilihan nyokap lo
     
  6. yuuuuk Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    355
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +282 / -0
    1. Wah, kalo intervensi mah, sering. tapi masi dalam tahap ngingetin, jadi terserah gue mau kemana... tapi berkat gue dikasi kebebasan, gue malah jadi takut gimana - gimana, ujung - ujungnya malah jadi nurut Bokap ato Nyokap. wakakakka.

    2. Turutin aje dulu, gan. Nyokaplo ngga bakal kok njerumusinlo. Kalo dari yang gue tangkep, nyokaplo emang rada old-fashioned gitu. tapi gapapa, lah. kalo lo nurut juga toh ga ada ruginya... buat masalah kuliah, nih. lu kasi aja dulu pengertian baek - baek, jangan kebawa esmoni. kalo nyokap rada g sreg agan kuliah di B****, ya gapapa. kejar aja dulu SNMPTN ama Undangannya. Biarin aja B**** dijadiin cadangan. Santai lah, ga mungkin kan kalo lo masuknya situ ujung - ujungnya nyokap bakal ngelarang?

    3. Kalo menurut gue, ini namanya sindrom mo ngelepas ama nguliahin anak. wakakaka. Dulu, pas awal - awal PMB, bokap gue ( kalo di keluarga gue, yang rada repot gitu malah bokap gue ) sering banget nelpon. Seminggu, ada kali kalo cuma 5 - 6 kali. Padahal yang dibilangin di telpon paling jangan lupa solat, jaga kesehatan, rajin belajar, ama inget2 pesen Bonyok. Rada risih si dulu, tapi gue kira itu mungkin cuma gara - gara Bokap khawatir aje, gue kan anak pertama, cowok lagi kaya agan, jadi kayak harapan Bokap banget lah. Intinya, kayaknya nyokap tu rada khawatir aje ama agan, saking khawatirnya agan ngulangin kesalahannya ( mungkin ), dia ga mau agan salah jalan. Akhirnya, dia ngasi solusi ke agan dari sudut pandang dia.

    4. Waduh, kalo agan masih inget itu durhaka, mustinya paling engga emosi udah keredam 40% lahh. Inget gan, beliau orang yang ngelahirin agan pake taruhan nyawa. Berat lho mikirin anak. Apalagi agan anak laki sulung. Pokoknya jangan sampe ngebentak, bilang aja walopun nahan marah, tapi jangan sampe ngebentak apa lagi kasar ama nyokap. Namanya keluarga, pasti ada saatnya ribut. Gue juga sering ribut dulu ama adek gue ato ama bokap, ama nyokap si jarang banget. Nah, disaat kayak ginilah kesempatan agan buat ngebuktiin diri agan muncul. Agan kan maunya dianggep udah gede, udah bisa ngurus semuanya sendiri, disinilah agan mulai nunjukkin kalo agan bisa berdiri sendiri. Contohnya mampu nahan emosi. Dengan agan bisa nahan emosi, agan bakalan ngasi bukti otentik kalo agan udah berkepribadian dewasa, sikap juga udah punya. Kalo agan udah berhasil nunjukin kalo agan udah gede pake cara yang bener ga pake marah - marah, nyokap juga ga bakalan khawatiran dan biarin agan jalanin hidup agan sesuka agan. Tapi inget, jangan sampe kebablasan di kebebasan yang bakal agan dapet nanti.

    5. Yang ini gue ga bisa jawab. Itu harus agan jawab sendiri. Agan kan udah tinggal 17 taon serumah ama nyokap, mustinya agan lebih tau caranya ngebujuk nyokap agan. Kalo mau dianggap dewasa, ya caranya agan musti buktiin. jangan marah - marah sambil bilang, "gue udah gede, biarin dong gue mandiri!" Marah ga bakal ngelembutin hati nyokap agan, itu malah nambah persepsi noyokap kalo agan belom dewasa dan ga mampu ngambil keputusan pake kepala dingin. itu aja.
     
    Last edited: Apr 30, 2012
  7. gaara_hisoka M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 8, 2009
    Messages:
    8,320
    Trophy Points:
    211
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +79,344 / -0
    Baca ini kayak baca diary orang... rather awkward... but oh well...

    Kalo solusi orang Barat soal kayak gini simpel...

    if you dont want your parents get in your way... then pack your things out of their house and start living on your own... :obgaring:

    selama masih tinggal en terikat orang tua selama itulah orang tua akan turut serta dalam menentukan kehidupan masbrow...

    Makanya orang barat pada udah mandiri sejak SMA... :obhaha:

    Berani? well i guess not...

    we are east culture people... we dont move from out parents house do we :obgaring:


    anak lelaki pertama memang nantinya jadi tumpuan hidup keluarga masbrow kelak... :obiii:
    Jadi, harap wajar, sabar dan maklum kalo orangtua -khususnya ibu- mem-push masbrow untuk mendapatkan yang terbaik... kalo masbrow gagal, sebenarnya sih yang ngerasain masbrow sendiri... tapi orangtua masbrow gak mau kan kalo anaknya gagal...

    pernah ngomong dua arah gak soal ini? kayaknya sih kurang komunikasi aja...
    kalo masbrow gak enak belajar terus, coba diomongin... toh itu masih orangtua sendiri... :obiii: bukan bos yang bakaln mecat kalo membangkang... :obhaha:

    :obhaha:
    tipikal darah muda sekali... cuman liat ada satu jalan untuk mencapai tujuan... :obhaha:
    usia masbrow berapa? 17... :facepalm:

    masih ada tahun depan masbrow meskipun telat... bisa ikut saringan pada saat itu... or seperti kata ibu masbrow "ya sudah cari gelombang keduanya dan kalo tidak dapat cari univ. lain"

    dunia gak akan kiamat kalo gak masuk universitas... :obhaha:


    I mark your words on bold and underline... :obgaring:

    see...
    masbrow aja yang gak sabaran... toh dapet juga tes binusnya :obhaha: :obgaring:

    mending mana... punya satu opsi yang belum jelas apa dua opsi yang belum jelas... :obgaring:

    kalo masbrow yakin 100% keterima di binus that's fine...
    api kalo ngeliat kata-kata masbrow kayaknya juga masih belom yakin terhadap apapun yang sedang dan sudah ikut tesnya... [binus or SNMPTN]
    mending punya pegangan rencana cadangan toh... kan dua-duanya belum jelas... :obiii:
    jadi mudah-mudahan dari dua yang diikuti ya setidaknya ada satu yang nyantol... :obhaha:

    -----------

    Soal urusan intervensi padahal tante yang bayar... :obiii:
    Pernah berpikir seperti ini...

    bayangkan betapa sungkannya ibu anda yang seharusnya membiayai pendidikan tinggi anda, justru malah adik[kakak] dari ibu anda yang malah membiayai biaya pendidikan anaknya... :obiii: :panda:

    Kebayang dong gimana perasaan ibu anda di mata keluarga besar... seakan gagal mengurus pendidikan anaknya sendiri... sampe harus melibatkan orang lain ikut mengurus... :panda:

    anda sih enak tinggal kuliah regardless di mana pun itu toh yang bayar bukan anda... :obgaring:

    tapi, argumen anda soal yang bayar siapa...

    it's a PHAIL ARGUMENT...

    you look like a spoiled little brat... :dead:

    yang berani membangkang orangtua tapi gak tau susahnya jadi orangtua... :dead:

    lagi-lagi gejolak kawula muda + hanya melihat satu jalan untuk mencapai tujuan... :facepalm:

    Pernah berpikir seperti ini masbow?

    KTP itu yang buat bukan ibu masbrow seorang...

    ada kakak kelas, tetangga bahkan teman sepermainan masbrow...

    kenapa gak meminta second or third opinion dari mereka... jangan cuman minta pendapat nyokap... :obiii:

    harus berani berdikari lah -bukan membangkang loh ya-

    masa urusan buat KTP aja masih ditemenin orang tua :obiii:



    semua yang ada di kutipan di atas adalah salah satu bukti bahwa masbrow belum dewasa... masih pikiran remaja...

    menyalahkan ibu -meskipun dia salah- tidak akan membawa apa-apa bahkan memecahkan masalah pun tidak... :obhaha:

    ya memang gejolak remaja sih seperti itu, saya juga dulu rebel sama orangtua tapi gak gini-gini amat... :obhaha:

    cara yang paling baik, alias win-win solution...

    buktikan bahwa masbrow bisa...

    tuduhan masbrow

    itu cuman perasaan masbrow doang... :obhaha:
    karena sesungguhnya yang menggagalkan itu ya masbrow sendiri... :obhaha:

    kenapa? lah wong masbrow nya mundur di saat yakin mampu... kalo masbrow percaya dan yakin sama kemampuan masbrow untuk mandiri... ya tunjukkan... bilang ke nyokap, situ mampu hidup jauh dari orangtua dan mampu bertanggungjawab...

    kalo masbrow gak sanggup bicara hati ke hati dengan nyokap dan gagal berusaha meyakinkan beliau untuk percaya tanpa hardikan dan emosi... selamat... berarti masbrow masih anak mama yang bisanya merengek kalo keinginannya gak tercapai... :top:

    ini keluarga kan :obiii: bukan hierarki kerajaan or hierarki perusahaan di mana atasan selalu benar...

    KOMUNIKASI adalah solusi terbaik...
    PENGERTIAN dibutuhkan dalam KOMUNIKASI...

    kalo anda gak berusaha mengerti ibu anda gimana ibu anda bisa mengerti anda... :obiii:

    gudlak :elegan:
     
  8. Inumaru08 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 17, 2012
    Messages:
    2,953
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +4,436 / -0
    Yah ia sih, sy rsa karena emosi masih labil... Dan betul seperti yg agan" semua katakan. Saya sih sedang berusaha buat mandiri dan menunjukkan ke mereka kalo sy bisa. Namun namanya masih belum punya pengalaman dan karena over-care dari ortu makanya kayak merasa tergantung sama ortu. Sy sih, secara kemauan pernah komunikasi dgn ortu cuma menurut mereka (ini betulan lho), saya cuma bicara saja. Soal realisasi susah. Apalagi kalo mau pergi kuliah dsb. Sy sih pernah berpikir untuk melepaskan diri dari rumah (bukan kabur, cuma mau hidup sendiri tanpa ortu) cuma tetap aja pasti ujung"nya bergantung sama ortu terutama modal dan pengalaman. Okelah kalo pengalaman kerja household dsb bisa. Tapi kalo sudah menjurus ke pengalaman kerja yg sampe membutuhkan spesialisasi? Oh, justru karena itu sy mau kuliah. SUpaya punya modal berupa pengalamn pendidikan. Wah... betul" deh, spoiled brat betulan gw.... Mungkin karena selalu nonton anime makanya emosi juga sama dgn karakter di anime. Bukannya gimana, tapi sy sudah memikirkan buat ga merepotkan ortu. Sebenarnya sih bertentangan banget sama prinsip hidup sy kalo misalnya sy harus bergantung sma dana yg berasal dari saudara ortu. Tapi agar ga bikin ortu repot yah terpaksa sy harus setuju dgn penawaran ortu. Yah.. Keliatan banget yah, kalo di atas seakan-akan cari alasan??? :maaf: deh....
     
  9. pucapuca M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 1, 2012
    Messages:
    676
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,330 / -0
    1. Apa ada yg pernah ngalamin kejadian seperti ini? Maksudnya pernah ga merasa kalo ortu kalian terlalu maksain kemauan bahkan intervensi kita dalam membuat keputusan?
    2. Bagaimana menurut agan" sekalian yg harus sy buat?? Apalagi sy kan sudah umur 17, sudah seharusnya sy ambil keputusan tanpa bergantung sama nyokap.
    3. Sebenarnya menurut agan" sekalian, nyokap gw maunya apa sih? Saat gw mau lepas, mandiri, dan buat keputusan. Pasti nyokap dgn sukses menggagalkan rencana tersebut. Gw pikir kelihatan nyokap ga rela gw mandiri dan cuma di mulutnya doang kalo dia ngomong sy harus mandiri dan ga bergantung sama keputusannya
    4. Menurut agan" sekalian, bagaimana cara gw buat mengungkapkan emosi gw ke nyokap. Karena gw tw, gw pasti bakalan bentak nyokap gw saking emosinya. Gw tw ini durhaka, tapi bagaimana caranya anak ga naik pitam kalo ada nyokap kayak begini?
    5. Gw tw ortu buat demi kebaikan, tapi gimana caranya gw bisa buat keputusan tanpa digagalkan nyokap? Keputusan gw kan diambil karena gw mw masa depan seperti yg gw bayangkan. Bukan sperti yg nyokap bayangkan.

    =====================================================================================
    1] pasti pernah lah orang tua intervensi anaknya
    2] kalo saran nyokap lo lebih bagus yah terima aja, kalo tidak tolak beserta alasannya
    3] namanya ibu takut kalo anaknya sudah dewasa sudah tidak mau denger lagi omongan ibunya
    4] ajak ngomong baik baik, kalo bisa tahan emosi jgn sampai membentak orang tua
    5] karena merasa pendapat lo lebih bagus jalanin aja, kalo perlu lewat jalan belakang alias ngumpet2
     
  10. dewinda04 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 13, 2012
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    coba jwb dikit sapa tau bs ngbantu :D
    1. smua anak sih pasti ngalamin hal kyk gini, orgtua psti mengintervensi anakny. cm kadarny aja yg beda, ada yg intensitasny rendah, ada yg tinggi. kykny emg rejeki2an jg sih dpt orgtua yg kyk gmna. ane sharing aja deh pngalaman ane, biar jd prtimbangan. orgtua ane bkn orgtua yg suka intervensi bgt sih, pling2 hal2 kyk les dll, itu ane gak boleh bolos. klopun misal ada unsur2 paksaan scr halus n ane gak suka sih ane berontak, ane tipe yg gak suka dcampurin urusannya :D prnah jg krna itu smpe brantem, ayah ane smpe mukul (dkit bgt, cm sking gemesny, itupun skali2ny. ane ank cewe sih.) gra2 ayah ane gak suka ane pulang malem, pdhl ane udh jelasin klo ada urusan organisasi. yah sbnrny ceritany beda sm agan, tp konsepny sama lah, ada intervensi orgrtua dkhidupan kita. klo ane rasa sih, kita mesti bisa teges soal pndpt kita. bgmnpun yg ngejalanin hidup kita kan kita sndiri. jgn smpe klo tiba2 ada yg salah, trus nyalahin orgtua. lah mreka bisa apa klo udh terlanjur salah? akibatny kan psti kena di kita, konsekuensiny pasti kita yg nanggung. soalny bgmnpun jg gak bisa nyalahin mreka : kputusan utk mngikuti/mnolak pndpt mreka tetep mutlak ada di diri kita.

    2. udh kjwb sama yg di atas :D

    3. soal mau apa gak, sih mgkn simpel aja. kdng kita yakin sm pndpt kita kan? sama halny dgn mreka, mreka jg pny keyakinan akan pndpt mreka. tp kdng bbrp org suka bgt mmksakan itu ke org lain termasuk ke anak mreka. ane rasa sih tetep segi positifny adalah mreka ngelakuin itu krena mereka emg sayang sm anakny, beda kan sm orgtua yg nelantarin anakny, ngbuang anakny, dll? jd tetep sklipun ane blng mesti teges, kita jg mesti tetep coba nglakuin itu dgn pelan2 dan lembut, alias jgn smbil emosi dan ngasarin mreka jg. tp jgn mau ngikut gtu aja, tetep klo emg agan udh pny kputusan jalanin itu terus. blng terus sm mreka klo agan mauny "begini" bkn "sperti yg ibu bilang"

    4. idem sm di atas. tp tmbahan sih, klo soal emosi siapapun bisa meledak, cm mgkn jgn ngomong pas lg emosi. tp klo ibu agan lg emosi, agan diem aja, jgn ngebales dlu, pendem dlu smpe keadaan tenang. klo pas lg tenang itu, baru deh agan bicara baik2. masalah kyk gini emg mesti dhadepin dgn pelan dan sabar sih, soalny kan ibu agan jg klo mau berubah pasti gak skejap mata, dan sklipun dia mau brubah jg pasti butuh proses. jd agan jg tetep mesti tenang dan sabar. tp inget : tetep tegesin mau ny agan gmn. klo perlu, pas dia marah diemin, pas dsuruh diemin, tp pas dlakuin ya agan lakuin aja yg agan mau...minimal kan gak pake gontok2an tuh... :hahai:

    5. ya teges aja. klo smpe ibu agan ngambil "langkah2 lain" bwt ngegagalin, mnding kluar rmh dri skrg ngekos. kyk temen ane lgsg kluar pulau berbekal 300rbu (pas lulus SMA) dan muter otak bwt nyari duit, bahkan smpe biayain kuliah sndri... :peace:

    mdh2n ngebantu ya gan...dan mdh2n jgn jd korban eksploitasi orgtua jg :hahai: soalny nnt pertanggungjawabanny yg susah. klo udh salah jalur, mau nyalahin orgtua jg mreka gak bakalan bisa apa2...lah wong mreka gak ngejalanin hidup kita... :D
     
  11. happybratboy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    5,239
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,349 / -0
    yang penting harus inget gan, walopun ortu kaya gitu tapi klo dipikir2 \tujuannya pasti baik
    pastiiii
     
  12. brianlasta M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    297
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +1,024 / -0
    mau tau gk perkiraan endingnya?
    saat agan sukses, ibunda agan akan bilang agan sukses karena keputusan ibunda agan.
    klo (amit2) agan gk sukses, ibunda gan akan nyalahin agan karena ngambil keputusan ibunda agan.
    siapin aja jawaban2 buat kedua kemungkinan diatas di masa depan nanti gan.
    sukses terus~ :)
     
  13. almanet666 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 15, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +200 / -0
    Persis banget sama ane :keringat:

    Emang bikin malesin sih, lama2 jadi kesel banget :hulk:

    Tapi mau gimana lagi, melawan orang tua = dilaknat tuhan :dead:

    Paling coba aja ngobrol ber2, yakinin nyokap ente tentang pilihan ente, karena yg akirnya kuliah kan ente, bkn nyokap :hmm:

    Sent from my LG-P500 by Kepo Massager
     
  14. Koplak7 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 22, 2011
    Messages:
    764
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +244 / -0
    beh.. yang sabar ya gan.. legowo..
    punya ortu kek gitu emang cobaan yg sulit, coba deh agan deketin dan ajak ngobrol dari mulai yg rendah sampe ke inti masalah yg ngebuat agan jadi kesiksa gitu..
    tapi ada kemungkinan juga kalo nyokap agan itu punya maksud baik ke agan tapi dia salah mengaplikasikannya ke diri agan yg malah buat agan jadi kesiksa..
    taat sama ortu itu lebih baik kok, selama itu ga maksiat. :peace:
     
  15. haseo1993 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +5 / -0
    Ambil hikmahnya aja gan :hmm:
     
  16. iobyband Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 30, 2012
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +7 / -0
    masa2 SMA masa2 labil
    masa2 menuju kedewasaan
    masa2 dmn karakter seseorg terbentuk
    masa2 berat ABG menjadi dewasa atau larut tetap mjd ABG atau kriminil (tdk bs mengatur emosi)
     
  17. verdianalex Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 26, 2011
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    1. Apa ada yg pernah ngalamin kejadian seperti ini? Maksudnya pernah ga merasa kalo ortu kalian terlalu maksain kemauan bahkan intervensi kita dalam membuat keputusan?

    ~> jawabnya ya pernah.

    2. Bagaimana menurut agan" sekalian yg harus sy buat?? Apalagi sy kan sudah umur 17, sudah seharusnya sy ambil keputusan tanpa bergantung sama nyokap.

    ~> ya nurut, mau digimanain lagi, ya lo masih dibiayain inii.

    3. Sebenarnya menurut agan" sekalian, nyokap gw maunya apa sih? Saat gw mau lepas, mandiri, dan buat keputusan. Pasti nyokap dgn sukses menggagalkan rencana tersebut. Gw pikir

    ~> kelihatan nyokap ga rela gw mandiri dan cuma di mulutnya doang kalo dia ngomong sy harus mandiri dan ga bergantung sama keputusannya
    lo gak pernah nunjukin bukti nyata ke nyokap lo bahwa lo bener" mau mandiri.

    4. Menurut agan" sekalian, bagaimana cara gw buat mengungkapkan emosi gw ke nyokap. Karena gw tw, gw pasti bakalan bentak nyokap gw saking emosinya. Gw tw ini durhaka, tapi bagaimana caranya anak ga naik pitam kalo ada nyokap kayak begini?

    ~> kadang-kadang kemarahan dapat membantu anda bertahan hidup, ya skali"(jgn keseringan juga, yg ia jd anak durhaka) marah dalam arti lo komentar dong bahwa lo itu bukan lagi anak", terkadang orang tua itu lupa kalau kita itu bukan anak" lagi yang harus meng-ia-kan semua kata" mereka. tp jgn omongan doang, tunjukkan bukti nyatanya.

    5. Gw tw ortu buat demi kebaikan, tapi gimana caranya gw bisa buat keputusan tanpa digagalkan nyokap? Keputusan gw kan diambil karena gw mw masa depan seperti yg gw bayangkan. Bukan sperti yg nyokap bayangkan.

    ~> selalu berusaha meyakinkan ortu dan banyak" berdoa.
     
  18. verdianalex Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 26, 2011
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0

    bener tuuuuuu. banyak" doa.
     
  19. haseo1993 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 24, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +5 / -0
    Jangan lupa usaha keras :hmm:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.