1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Other Rapat Gelap Bung Karno – Tan Malaka

Discussion in 'History and Culture' started by blacksheep, Jun 1, 2009.

  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,594
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,114 / -0
    “Rapat Gelap” Bung Karno – Tan Malaka

    [​IMG]
    Hingga hari ini, nama Tan Malaka tetap menyimpan misteri. Tidak satu pun catatan sejarah yang menafikan peran Tan Malaka dalam perjuangan mewujudkan Indonesia merdeka. Bahkan sejarah juga mengungkap, Tan Malaka-lah tokoh progresif revolusioner pertama yang mencatatkan gagasan Indonesia Merdeka pada tahun 1925, melalui tulisan berjudul Naar de Republiek Indonesia (Menuju Republik Indonesia). Itu atinya, gagasan yang mendahului ide merdeka seperti ditulis Mohammad Hatta, yang menulis Indonesia Vrije (Indonesia Merdeka) sebagai pleidoi di depan pengadilan Belanda di Den Haag (1928), dan Bung Karno, yang menulis Menuju Indonesia Merdeka (1933).
    [​IMG]Yang menarik, sejumlah kalangan menganggap, Tan Malaka sebagai Che Guevara-nya Indonesia. Dia pula yang berperan besar menggerakkan massa pada rapat akbar di lapangan Ikada pasca proklamasi kemerdekaan. Sejak itu, garis pro kemerdekaan dan pro status quo jadi tampak nyata. Gerakan menentang Jepang pun marak di mana-mana. Api revolusi, euforia kemerdekaan menyeruak di setiap dada pemuda Indonesia.
    Dari satu catatan sejarah, tertoreh catatan adanya “rapat gelap” empat mata antara Bung Karno dan Tan Malaka, awal September 1945, di malam takbiran, menjelang Idul Fitri. Saksi penutur adalah Dr. R. Soeharto, yang tak lain adalah dokter pribadi Bung Karno. Kebetulan, rumah Soeharto di Jl. Kramat Raya 128 Jakarta Pusat itu pula yang dijadikan ajang pertemuan dua tokoh kemerdekaan kita.
    Wanti-wanti Bung Karno kepada Soeharto adalah, selama pertemuan berlangsung, semua lampu harus dimatikan. Benar-benar rapat gelap dalam arti harfiah. Intinya, pertemuan itu sangat dirahasiakan. Anehnya, Soeharto sendiri tidak tahu, siapa “lawan rapat gelap” Bung Karno. Sebab ketika datang diantar Sayuti Melik, si tokoh itu memperkenalkan diri sebagai Abdulrajak dari Kalimantan.
    Setahun kemudian, 1946, Soeharto baru tahu bahwa Abdulrajak adalah Tan Malaka. Dan rapat malam itu ternyata membahas tentang siapa yang akan memegang pimpinan nasional, seandainya Bung Karno dan Bung Hatta secara fisik tidak dapat melajutkannya karena dibunuh atau ditawan pihak Jepang, Belanda, atau Sekutu. Dalam kegelapan malam, Tan Malaka usul kepada Bung Karno, agar dirinyalah yang ditunjuk sebagai pewaris tunggal. Bung Karno dalam beberapa kesempatan, memuji Tan Malaka sebagai tokoh yang mahir dalam pergerakan revolusi. Sekalipun begitu, ia tidak serta merta menyetujui usul Tan Malaka. Kesimpulan rapat di kegelapan malam itu adalah, Bung Karno akan membuat testamen berisikan penunjukan siapa yang akan meneruskan pimpinan nasional, jika terjadi hal-hal seperti dikhawatirkan di atas.
    [​IMG]Pertemuan kedua dilangsungkan di rumah Mr. Subardjo, yang memang sudah dikenal baik oleh Tan Malaka. Dalam kesempatan itu, Bung Karno tidak datang sendiri, melainkan mengajak serta Wakil Presiden Bung Hatta. Rapat kedua itu memutuskan empat nama penerus tampuk pimpinan nasional, jika Bung Karno – Bung Hatta terbunuh, ditawan, atau tidak menjalankan tugasnya sebagai presiden dan wakil presiden. Adapun keempat nama itu adalah: Tan Malaka, Mr. Iwa Kusuma Sumantri, Sjahrir, dan Mr. Wongsonegoro.
    Masuknya nama Sjahrir dan Wongsonegoro atas usul Hatta, alasannya Sjahrir punya pengaruh di kalangan terpelajar, sedangkan Wongsonegoro dkenal kalangan pangreh praja. Nama Iwa Kusumasumantri atas usul Mr. Subardjo, karena tokoh Pasundan ini memang dikenal berpengaruh luas di kalangan buruh dan suku Sunda.
    Di kemudian hari, Bung Hatta mengakui ihwal hubungan personalnya dengan Tan Malaka yang disebutnya sebagai “tidak baik”. Karenanya, atas statemen Tan Malaka yang mengatakan bahwa ia tidak bersahabat dengan Hatta, memang dibenarkan oleh Hatta. Bisa jadi, karena itu pula, Bung Karno dan Bung Hatta tidaklah mungkin menyerahkan kekuasaan pimpinan nasional kepada Tan Malaka seorang. (roso daras)
    http://rosodaras.wordpress.com/2009/05/30/rapat-gelap-bung-karno-tan-malaka/
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,024 / -0
    ...mari kita kroscek dengan hasil karya sejarawan belanda peneliti Tan Malaka... oya, bukunya setebal hampir 5000 halaman... males bacanya :haha:
     
  4. dhe_dhel M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    487
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +7,655 / -0
    wah...bro Feischmaker, bleh dunk bukunya..., da link nya g??
     
  5. utun Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +25 / -0
    :innocent: kapan pemuda harapan bangsa seperti mereka
     
  6. Shinclair_R2 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2009
    Messages:
    288
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +738 / -0
    bila mereka melihat bagaimana indonesia sekarang pasti mereka kecewa...
    kepemimpinan suharto yang otoriter dan cenderung diktator, minjem duit seenaknya n akhirnya kita jadi bangsa yang kelilit utang, anaknya debat aja ngomong berputer2 ga jelas sampe penontonnya lupa apa pertanyaan awalnya (ato gw doank ya), negara sempet dipimpin sama orang yang baca text aja ga bisa, generasi muda (termasuk mahasiswa)yang cenderung hidup hedonis n mulai terpengaruh budaya luar beserta *** bebasnya, dan makin banyaknya otaku di indonesia.... bahkan yang ngepost ini sendiri adalah otaku

    *kabur sebelum dirape penduduk kampung*
     
  7. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,453
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,473 / -0
    avara kdavra, open sesame...
    auto lock open.



    Regards,
     
  8. dhanu56 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 24, 2012
    Messages:
    54
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    wah klo ketigany bs berjalan beriringan trs bs jd kaya triumvirat nih..tp sayang pemikiran tan malaka mungkin terlalu kontroversial bwt sukarno-hatta
     
  9. lagoedjadoel Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 10, 2011
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +601 / -0
    Pendapat pribadi nih:
    Tan Malaka tersingkir dari panggung sejarah karena aura sosialis yang dibawanya berbeda dengan kebanyakan sosialis yang dianut oleh tokoh lainnya, seperti adam malik, sajuti melik, dll. Sosialis tan malaka lebih keras tanpa kompromi, sedang tokoh2 lain berkompromi dengan situasi dan nilai-nilai lokal. Mungkin ini yang menjadi jarak antara mereka. Sialnya lagi, sosialis tan malaka di adop oleh kaum komunis yang kebetulan juga para penganutnya adalah kawan-kawannya juga. Sehingga tatkala meletus peristiwa madiun 1948, namanya terseret dan pelan tersingkir dari panggung sejarah Indonesia. Semakin hilang ditelan orde baru yang mengharamkan semua bau-bau komunis, walaupun sosialis berbeda dengan komunis, tetapi orde baru melarangnya juga karena ada beberapa persamaan konsep dengan komunis.
     
  10. big_man Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 29, 2013
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +7 / -1
    Tan malaka, tokoh penting dalam perjalanan berdirinya negara Indonesia. bahkan disebt sebagai Che Guevaranya Asia.tp masih menjadi misteri...banyak yg masih belum jelas sampai sekarang...tp menarik mengikuti cerita ttg tokoh seperti ini..
     
  11. w1d4d Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    17
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +10 / -0
    sebenarnya banyak pejuang kemerdekaan kita yang tidak di kenal tapi berpegnaruh terhadap negara kita...
    tapi sayangnya di jaman orde barulah para pejuang tadi seperti di hilangkan apalgi kalo tidak sealiran dengan orde baru...
    sudah saatnya kita mengenal para pejuang yang hilang..
    tapi bagaimana??????
     
  12. reka69 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 2, 2013
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +2 / -0
    Ane baru tahu ada nama Tan Malaka dlm sejarah perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia itu pas jaman SMA. Itu pun bukan dari buku sejarah "resmi" yang dipakai untuk pelajaran sejarah di kelas, tapi dari memoar seseorang (ane lupa namanya) yang ditugaskan untuk mencari jejak tan malaka.
     
  13. superpanda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 3, 2013
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +8 / -0
    wah bro bagi link bukunya, ane punya sejarah tan malaka cuma yang 210 nhalaman
     
  14. zaborg_2400 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 1, 2012
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    sayang kan. pahlawan negara tpi dilupakan. guru sejarah ane juga sering cerita ttg tan malaka nih. sayang aja ideologi beliau bnyk di pengaruhi rusia dkk. mka ny tersingkir. apa lgi ada kasus G30 S PKI. tambah ilang lah nama ini.. padahal ga ada dia, indo ga merdeka ini..
     
  15. platinumbyakko Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    41
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    Tan Malaka sosok paling misterius dalam kemerdekaan indonesia
    sayang ga ada keluarga tan malaka yg bisa menceritakan awal sejarah sebenarnya indonesia
    sejarah yang ada sekarang banyak pemutar balikan fakta
     
  16. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,598
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,407 / -2
    Gelar pahlawan Tan Malaka tak pernah dicabut walaupun namanya hilang dlm buku" pelajarn sejarah d sekolah.... Tan Malaka ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI No 53 tahun 1963, yang ditandatangani Presiden Soekarno 28 Maret 1963
     
  17. LazyDog_ M V U

    Offline

    ~ Haram ~

    Joined:
    Feb 28, 2014
    Messages:
    1,598
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,407 / -2
  18. claudiabrigita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 27, 2013
    Messages:
    534
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +234 / -0
    jadi sebenernya Tan malaka memang termasuk pahlawan kemerdekaan, tapi karena belakangan beliau menganut ideologi kiri, dan dianggap mengkhawatirkan oleh tokoh lain maka beliau cenderung dikucilkan...
    tapi belakangan ada surat kepres yang mengangkat beliau jadi pahlawan tapi karena masih banyak yang nggak suka sama beliau, maka surat itu dibikin blur dan nggak banyak yang tahu tentang itu..
     
  19. kingstons Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 28, 2014
    Messages:
    37
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    Ironis sjarah tan malaka seperti hilang begitu saja sekarang.
     
  20. 0572081 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +7 / -0
    emang mestinya bisa jadi salah satu pahlawan nasional sih tan malaka ini.
    nice info gan..
     
  21. thekey Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 8, 2011
    Messages:
    97
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    sayang mereka berdua memiliki cara pandang yang berseberangan,,, padahal orang hebat itu
     

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.