1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Untuk kamu yang mendapatkan peringatan "Koneksi tidak aman" atau "Your connection is not private" ketika mengakses forum IDWS, bisa cek ke sini yak.
  3. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  4. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  5. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mau Sukses di Bisnis Properti? Ini Kiat Dapat dan Pertahankan Klien

Discussion in 'Lifestyle' started by GuruRumah, Feb 10, 2012.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. GuruRumah Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 29, 2011
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +10 / -0
    Sumber : http:www.rumah.com/berita-properti

    RumahCom - Kenaikan harga properti belakangan ini, membuat sebagian orang berfikir untuk menyewa, ketimbang membeli properti. Hal ini tentu berita bagus buat para investor dan pemilik properti yang ingin menyewakan properti mereka. Untuk itu, PropertyGuru belum lama ini bekerjasama dengan agen penyewaan properti online di Inggris, uPad (www.upad.co.uk), untuk merumuskan beberapa kiat menggaet dan mempertahankan penyewa yang baik. Beberapa tip berikut ini adalah tulisan James Davies, CEO uPad, yang telah lebih dari 12 tahun menyewakan propertinya.

    Properti berkualitas akan menarik penyewa yang berkualitas
    Properti dengan kualitas yang baik akan menarik minat penyewa yang lebih baik pula. Makin baik produk properti Anda, maka Anda akan lebih mudah menentukan standar kualitas penyewa. Beberapa karakteristik properti yang diminati antara lain, dekat dengan sarana transportasi, rumah sakit, sekolah atau universitas, dan kawasan perkantoran. Properti dengan karakteristik seperti ini biasanya diminati kalangan profesional. Karakteristik lain yang juga diminati adalah properti yang bersih, rapi, memiliki pelayanan yang baik, serta beragam fasilitas seperti wi-fi dan TV kabel.

    Tampilan yang baik
    Bagaimana menampilkan properti Anda adalah hal integral dengan menemukan penyewa yang baik. Untuk itu, ada baiknya Anda memiliki foto-foto yang bagus. Gunakan jasa fotografer profesional jika diperlukan. Dengan menampilkan foto berkualitas buruk, dapat membuat minat calon penyewa turun sampai 75%. Akan lebih baik jika Anda juga menampilkan denah bangunan (floorplan). Saat ini, denah bangunan jadi standar bagi pemilik properti profesional. Dengan menampilkan denah bangunan, Anda bisa menaikkan jumlah permintaan.

    Tentukan sudut pandang Anda
    Salah satu cara untuk mendapatkan penyewa berkualitas adalah dengan menentukan sudut pandang Anda. Anda tentu tahu properti Anda lebih baik. Dan dengan pengetahuan Anda, Anda dapat menaikkan kualitas dan menonjolkan kelebihan properti Anda. Bisa juga Anda lebih fleksibel daripada agen-agen sewaaan, dengan membuat open house saat malam hari atau akhir pekan. Hal ini akan meningkatkan potensi untuk mendapatkan tenant berkualitas. Dengan menemani calon penyewa melihat properti sewa Anda secara langsung, Anda dapat melihat, apakah si calon penyewa tertarik atau tidak dengan properti Anda.

    Izinkan memelihara binatang
    Dengan mengizinkan penyewa memelihara binatang, akan meningkatkan permintaan terhadap properi sewa Anda. Biasanya, pemilih hewan peliharaan akan tinggal lebih lama, karena tak semua pemilik properti mengizinkan penyewanya memelihara binatang.

    Beriklan di tempat yang tepat
    Cara yang paling baik mendapatkan penyewa yang baik adalah menghindari beriklan di tempat dimana kualitas calon penyewa tidak diketahui. Jika properti Anda diiklankan di situs-situs profesional, maka biasanya kualitas calon penyewa lebih baik.

    Bagaimana Mempertahankan penyewa yang baik?
    Jika Anda memperlakukan penyewa dengan baik, mereka tentu akan menghormati Anda, memelihara properti Anda, dan menyewa lebih lama. Memperlakukan dengan baik, artinya memperbaiki kerusakan properti dengan cepat, termasuk menempatkan beberapa barang yang membuat properti Anda lebih menarik untuk dihuni. Pemilik properti yang menghargai penyewa akan menghadirkan relasi yang baik antara pemilik dan penyewa properti.

    Ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan penyewa:

    Berikan welcome gift di hari pertama tenant masuk.
    Jangan membeli furnitur murah dengan kualitas jelek yang mudah rusak.
    Lakukan sedikit renovasi dan perbaikan saat masih disewa. Jangan tunggu properti tersebut kosong.
    Jangan ganggu penyewa, karena biasanya mereka senang dengan kesendirian. Jangan terlalu sering mengunjungi mereka.
    Kreatif saat mendekati akhir masa sewa. Jangan hanya menaikkan harga sewa, tetapi coba tawarkan sesuatu, seperti kartu ucapan terimakasih telah menjadi penyewa yang baik.



    Anto Erawan
    (antoerawan@rumah.com)


    Mau cari info atau update tentang investasi properti, klik Berita Properti
     
Thread Status:
Not open for further replies.

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.